EroManga-Sensei: Karakter Imouto yang Langsung Menghipnotis Para Penontonnya

2 weeks ago

Bagi para penikmat anime yang menyukai cerita tentang Imouto, sudah pasti menonton anime yang satu ini; EroManga-Sensei! Tak hanya ceritanya yang menghibur dan lucu, juga penggambaran karakter Imouto yang manis dalam diri Sagiri Izumi membuat para penontonnya seketika jatuh cinta. Namun bagi yang belum pernah menontonnya, ada baiknya melihat ulasan cerita singkat tentang anime ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menontonnya.

Izumi Sagiri yang membuka pintu kamarnya untuk pertama kali. (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Izumi Sagiri yang membuka pintu kamarnya untuk pertama kali. (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Setahun sebelumnya, Sagiri Izumi memiliki kakak tiri baru, yaitu Masamune Izumi, anak dari ayah tiri Sagiri dalam pernikahan sebelumnya. Namun wafatnya kedua orangtua mereka dalam kecelakaan membuat keluarga itu seketika hancur. Sagiri pun menjadi seorang hikikomori dan menghabiskan waktu dengan mengurung diri dalam kamarnya, memutuskan hubungan dengan kakak dan kehidupan sosialnya.

Eromanga Sensei PV (Sumber: https://youtu.be/wIHgd3VY9Uo)

Demi menjaga adik tirinya dan merawat peninggalan orangtuanya, Masamune mencoba menghidupi diri mereka dengan menjadi penulis light novel sembari bersekolah. Kerjasamanya dengan illustrator berbakat, EroManga-Sensei, membuat novelnya cukup laris di pasaran dan mampu menghidupi dirinya dan Sagiri. Namun, meskipun telah 3 tahun menjalin kerjasama, Masamune tidak pernah sekalipun bertemu dengan EroManga-Sensei.

Ketika EroManga-Sensei sedang live-streaming, Masamune kemudian mengetahui identitas asli EroManga-Sensei yang ternyata adalah adiknya sendiri. Dari situlah cerita berawal.

Tatapan mata Sagiri yang berkaca-kaca. (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Tatapan mata Sagiri yang berkaca-kaca. (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Dari segi cerita, banyak yang membandingkan EroManga-Sensei dengan anime yang menonjolkan karakter Imouto lainnya seperti Ore no Imouto ga Konnani Kawaii wake ga nai (my little sister can’t be this cute) atau yang lebih dikenal dengan nama OreImo. Walaupun demikian, karakterisasi Sagiri yang pemalu jauh bertolak belakang dengan Kousaka Kirino di OreImo yang tampil enerjik dan cenderung ceria. Itulah yang membuat EroManga-Sensei bisa membuat penasaran dan layak untuk ditonton meskipun ratingnya tidak terlalu baik (hanya mendapat 6.95 di myanimelist.net per 3 Desember 2017). Hanya mendapat 12 episode yang ditayangkan di Jepang pada musim semi 2017, cerita dianggap belum selesai dan hanya meninggalkan rasa penasaran bagi penonton sehingga lebih baik beralih membaca manganya.

Cerita tentang EroManga-Sensei memang tak lepas dari penggambaran kehidupan sehari-hari penulis light novel. Namun karena penggambaran yang tak sesuai dengan realita (tidak ada penulis yang kaya raya dari menulis, walaupun menghasilkan karya best seller di Jepang sekalipun), karakter Imouto dari anime ini lebih cocok untuk diulas.

Siapa yang hatinya tidak luluh apabila ditatap seperti ini? (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Siapa yang hatinya tidak luluh apabila ditatap seperti ini? (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Imouto atau adik perempuan, terbagi menjadi 2: sedarah dan tidak sedarah. Dalam arti yang lebih umum, adik sedarah bisa berarti adik kandung, sedangkan yang tidak sedarah yaitu adik tiri, adik ipar, ataupun adik angkat. Dalam karakterisasinya bisa terbagi menjadi beberapa tipe: adik yang harus selalu dilindungi, adik yang sudah bisa mandiri, maupun adik yang masih ingin dimanja oleh kakaknya walau sebenarnya sudah bisa mandiri.

Hampir setiap karakter Imouto dalam anime merupakan adik yang harus selalu dilindungi. Namun ada pula adik yang sudah bisa hidup mandiri, seperti Nazuna Takanashi, adik dari Souta Takanashi dalam anime Working! Karakter adik yang serba bisa dalam segala hal membuatnya dikagumi oleh orang di sekitarnya.

Sagiri yang terlihat malu-malu ketika berbicara hal pribadi. (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Sagiri yang terlihat malu-malu ketika berbicara hal pribadi. (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Dalam cerita EroManga-Sensei, Izumi Sagiri digambarkan sebagai karakter adik perempuan yang masih ingin dimanja oleh kakaknya walaupun sudah bisa mandiri. Sagiri adalah gadis 12 tahun yang sangat pemalu sehingga harus berlindung di balik topengnya, ataupun membuat EroManga-Sensei sebagai karakterisasi dirinya yang lain. Kesehariannya hanya mendekam di kamar sambil terus mengasah kemampuannya dalam menggambar.

Dari segi penggambaran, studio A1 melakukan dengan cukup baik. Karakter Izumi Sagiri digambarkan dengan detail yang sangat baik sehingga mampu terlihat atraktif, terlepas dari usia Sagiri sebenarnya yaitu 12 tahun. Meskipun adegan tentang Sagiri lebih banyak berkutat di kamarnya, namun justru di situlah letak kelebihannya. Keseksian Sagiri muncul kala mengenakan baju tidur ataupun pakaian yang longgar dan hanya pantas dikenakan di kamar. Ditambah dengan peranan Akane Fujita sebagai pengisi suara yang sangat imut didengar. Wajar saja apabila Sagiri dinobatkan sebagai adik terseksi dalam anime di tahun 2017 oleh para penikmat anime di Jepang.

Sagiri dan kondisi kamarnya. (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Sagiri dan kondisi kamarnya. (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Tak hanya di dunia anime, karakter imut Izumi Sagiri pun muncul ke dunia nyata dalam bentuk cosplay. Enako, cosplayer asal Jepang yang datang ke Indonesia untuk memeriahkan C3AFA 2017, pernah memerankan Izumi Sagiri dalam acara World Cosplay Summit yang diadakan di Jepang pertengahan tahun 2017 ini.

Penampilan Enako dalam karakter Izumi Sagiri (Sumber gambar: Facebook Page Enako)

Penampilan Enako dalam karakter Izumi Sagiri (Sumber gambar: Facebook Page Enako)

Momo, cosplayer asal Taiwan yang baru-baru ini datang ke Jakarta dalam acara Neo Comicfest ID pada 2-3 Desember kemarin pun pernah mengunggah foto dirinya yang sedang berperan sebagai Izumi Sagiri.

Momo yang berperan sebagai Izumi Sagiri (Sumber gambar: Facebook Official Momo Cosplayer)

Momo yang berperan sebagai Izumi Sagiri (Sumber gambar: Facebook Official Momo Cosplayer)

Tak hanya mereka berdua, banyak sekali yang cosplay dengan karakter Izumi Sagiri, sehingga membuatnya menjadi salah satu karakter yang paling sering digunakan oleh cosplayer di tahun ini. Bagaimana menurutmu, apakah Izumi Sagiri lebih cantik versi 2D atau versi cosplay yang diperankan oleh Momo dan Enako? Atau kamu memiliki cosplayer favoritmu sendiri yang dianggap pantas untuk memerankannya? Share jawabanmu ya.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

[CONFIRMED] Pemeran Live Action Mulan Sudah Ditetapkan, Kenalan Yuk!

Para netizen banyak yang berprediksi, film tersebut kemungkinan besar gagal. Why?.. more

Teriakan Berdarah – File 002 Flashback

Aku adalah wanita bernama Nadine yang hidup kesepian. Kesekian kalinya aku bermimpi tentang masa laluku... more

Akhmad Fadly. Sumber: CIAYO Pictures

Akhmad Fadly: Berkarya Untuk Mengenalkan Budaya Lokal

bagaimana jadinya kalau ada komikus yang berkarya karena terinspirasi dari sebuah keris yang ia punya?.. more

Sumber: Detik.com

Brawl Stars: Game Top Down Shooter Besutan Supercell

Siapa nih penggemar Clash Of Clans atau Clash Royale disini?  Kedua game keluaran Supercell tersebut sempat mengguncang.. more

Sabrina – Chapter 10: Kejutan dari Orang Asing

Baru beberapa hari menghabiskan waktu di Bali, Sabrina sudah mengalami banyak hal yang tidak terduga... more