Etika, Youtuber Game Nintendo, Ditemukan Meninggal

4 months ago
etika

Desmond Amofah, lebih dikenal sebagai Etika, meninggal dunia di usia 29 tahun. Youtuber yang fokus pada topik game Nintendo tersebut ditemukan mengambang di sungai East River.

Kabar tentang meninggalnya Etika dimulai sejak satu minggu lalu saat sang Youtuber mengunggah video “perpisahan” pada tanggal 19 Juni lalu. Dalam video yang telah dihapus oleh Youtube tersebut, ia menyampaikan permohonan maaf dan membuka berbagai masalah pribadinya. Fans dan keluarga dekat merespon video tersebut sebagai “surat wasiat” serta berharap Etika masih belum terlambat untuk diselamatkan.

Proses evakuasi tubuh Etika oleh kepolisian New York. Sumber: BNO News
Proses evakuasi tubuh Etika oleh kepolisian New York. Sumber: BNO News

Pencarian terus dilakukan dari sisi fans dan keluarga hingga kepolisian. Tanggal 24 Juni lalu, kepolisian menemukan barang-barang pribadi Etika yang tertinggal di jembatan Manhattan berupa tas, dompet, SIM, ponsel, dan konsol Nintendo Switch.

Tanggal 25 Juni kemarin, polisi merespon panggilan 911 yang melaporkan tubuh orang yang mengambang di sungai East River. Proses identifikasi membuktikan bahwa tubuh tersebut adalah Etika itu sendiri. “Dengan berat hati kami menginformasikan bahwa Desmond Amofah alias Etika telah meninggal dunia,” tulis kepolisian New York melalui akun Twitter mereka.

Baca Juga: Jonghyun SHINee Meninggal: Sebuah Pesan Untuk Fans K-Pop

Etika dalam salah satu videonya. Sumber: BBC
Etika dalam salah satu videonya. Sumber: BBC

Sudah sejak lama Etika mengaku memiliki permasalahan mental. Youtuber dengan lebih dari 800 ribu subscriber Youtube ini telah beberapa kali melakukan aksi yang membahayakan dirinya sendiri. Di bulan Oktober 2018, ia mengunggah film porno ke akun Youtubenya. Lalu di bulan April 2019 lalu, Etika me-live stream dirinya berseteru dengan polisi yang mencoba menyelamatkannya dari percobaan bunuh diri. Ia kemudian dibawa ke RS Brooklyn, namun di bulan Mei ia kedapatan menyerang seorang polisi dan harus dirawat kembali di rumah sakit.

Selama menghilangnya Etika sampai tubuhnya ditemukan, komunitas Youtube terus memberikan tribute terhadap sang Youtuber. Fans dan sesama kreator membagikan momen-momen terbaik yang menjadikannya seorang Youtuber favorit. Youtuber veteran Keemstar menyebutnya sebagai seorang entertainer yang hebat. “(Etika) salah satu streamer terhebat saat ini. Dia kehilangan channel dengan 800 ribu subscriber, kemudian dia membuat channel baru dan berhasil mengumpulkan kembali penontonnya,” tulis Keem di Twitter.

Meskipun kesulitan untuk sembuh dari masalah mentalnya, Etika tidak segan untuk berbagi masalahnya dengan para subscriber. Ia pun bukan yang pertama karena ada banyak Youtuber lain dengan masalah serupa dan mencoba mengubah stigma masyarakat tentang penyakit mental.

Dalam video perpisahannya, Etika memperingatkan para penontonnya tentang bahaya media sosial dan dampaknya terhadap kesehatan mental. “(Media sosial) bisa mempengaruhi kehidupan ideal yang ingin kamu jalani,” ucap Etika yang menyebutkan media sosial telah “melahap” dirinya.

Kasus Etika kembali membuktikan bahwa semua orang bisa menderita penyakit mental. Sumber: ETcanada
Kasus Etika kembali membuktikan bahwa semua orang bisa menderita penyakit mental. Sumber: ETcanada

Jika kamu atau teman kamu membutuhkan bantuan seputar kesehatan mental, silakan menghubungi hotline Indopsycare (admin@indopsycare.com), International Wellbeing Center (081290529034), Yayasan Pulih (pulihcounseling@gmail.com), Save Yourselves (hi@saveyourselves.id), atau Into The Light (intothelightid.org).

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Agent Carter Keren, Tapi Kurang Digubris Oleh Fans MCU. Kenapa?

Agent Carter, film pendek Marvel yang mengisahkan kehidupan mantan kekasih Steve Rogers (Evans), Peggy Carter (Hayley At.. more

Presiden Amerika Serikat fiktif dari game “Metal Wolf Chaos”. Sumber gambar: twitter.com/devolverdigital

Presiden Amerika Serikat Fiktif Dalam Pop Culture, Yang Mana Favoritmu?

Presiden Amerika Serikat sering digambarkan dalam pemberitaan sebagai karakter penting dunia... more

Fanboy Wars: Perang yang Jauh Lebih Sadis Dari Perang Real-Life yang Mungkin Tidak Akan Pernah Berhenti Hingga Dunia Kiamat

Fanboy Wars selalu terjadi. Tapi apasih yang menyebabkan awal terjadinya perang antara penggemar media penceritaan fikt.. more

(from : otakukart.com)

Meski Kalah Rating, One Piece Tetap Terpopuler

Jika kita membicarakan tentang kepopuleran, tentu saja anime One Piece lebih populer karena selalu mendapatkan rating ya.. more

00-d-seishun-buta-yarou

Seishun Buta Yarou: Komedi Romantis di Balik Anehnya Pubertas

Dalam Seishun Buta Yarou, Azusagawa Sakuta bertemu dengan berbagai karakter yang mengalami fenomena yang disebut "Pubert.. more