Extraordinary Love: Menilik Kisah Cinta Stan Lee dan Joan Lee

1 year ago
Stan Lee dan Joan Lee (Sumber: stuff.co.nz)

Baru-baru ini industri film dan komik superhero diramaikan dengan kabar meninggalnya istri Stan Lee. Joan Lee meninggal dunia di usia 95 pada 6 Juli 2017 di Los Angeles karena menderita Stroke. Padahal di bulan Desember nanti, mereka akan merayakan wedding anniversary-nya ke 70.

Pasangan sehidup semati (Sumber: Comingsoon.net)

Pasangan sehidup semati (Sumber: Comingsoon.net)

Bagi beberapa orang pasti bertanya-tanya siapa itu Stan Lee? Mengapa Stan Lee sering menjadi cameo di film-film Marvel? Well, banyak yang gatau kalau ternyata, Stan Lee merupakan penulis, editor dan direktur dari Marvel Comics di era-nya. Stan Lee juga merupakan creator dari tokoh-tokoh favorit dan terkenal di Marvel seperti Spider-man, The Fantastic Four, X-men, Daredevil, Thor, Iron Man, Hulk dan lain-lain. Bersama dengan Steve Ditko dan Jack Kirby, Stan Lee berperan besar dalam mengubah sejarah perindustrian komik superhero sampai seperti sekarang ini.

Banyak sumber yang mengatakan bahwa Joan Lee merupakan ‘Muse’ dari komik–komik Marvel buatan Stan Lee. Bahkan Joan Lee adalah inspirasi karakter Gwen Stacy di komik Spiderman. Maka itu, tak heran kalau nama lain dari Joan Lee adalah Marvel Muse.

(Rekaman video yang berisi keceriaan dan kebahagiaan Stan Lee, Joan Lee dan anjing peliharaan mereka.)

Menjalani hubungan selama hampir 70 tahun lamanya tentunya merupakan sebuah cerita indah yang ingin orang dengar. Kira-kira bagaimana perjalanan cinta Stan Lee dan Joan Lee?

Dilansir dari telegraph.co.uk, saat bertemu dengan Joan Lee, hal pertama yang terdapat di benaknya, Joan adalah the girl I had been drawing all my life”. Mereka menikah hanya seminggu sebelum ulang tahun Stan Lee, dan Stan Lee menganggap Joan adalah hadiah terbaik yang pernah dia dapat di hidupnya.

Stan Lee dan Joan Lee semasa muda. (Sumber: telegraph.co.uk)Stan Lee dan Joan Lee semasa muda. (Sumber: telegraph.co.uk)

Stan Lee dan Joan Lee semasa muda. (Sumber: telegraph.co.uk)

Semasa muda, Stan Lee sering menggambar sosok perempuan yang dianggapnya paling sempurna dan ideal. Lalu setelah sepupunya melihat gambar tersebut, ia pun berinisiatif untuk memperkenalkan Stan Lee dengan seorang perempuan cantik bernama Betty, model topi perusahaan Laden Hats. Ia berkata, “Stan, ada seorang perempuan yang sangat cantik dan cocok denganmu, Dia mungkin juga akan menyukaimu. Mengapa kau tidak coba untuk mengajaknya berkencan dan makan siang?”

Tak lama setelah itu, Stan Lee pun menghampiri Betty untuk mengajaknya makan siang. Namun saat mengetuk pintu, Joan lah yang membukakannya, disitulah, Stan menyadari bahwa Joan adalah, sosok nyata perempuan ideal yang digambarnya selama ini. Apalagi Joan mempunyai British accent yang amat disukai oleh Stan Lee.

Saat itu juga, Stan Lee mengajaknya makan siang dan langsung melamarnya. Dan lucunya, hingga saat ini, Stan Lee belum pernah bertemu dengan Betty. By the way, Joan pernah menikah sebelumnya dengan seorang tentara Amerika. Namun, hidupnya tidak terlalu bahagia. Satu jam setelah menikahi Stan Lee, hakim pun mengabulkan gugatan cerai Joan dengan suami pertamanya.

Lee's Family (Sumber: telegraph.co.uk)Lee's Family (Sumber: telegraph.co.uk)

Lee’s Family (Sumber: telegraph.co.uk)

Mengapa Joan disebut ‘Marvel Muse’?

Singkat cerita, saat itu Stan Lee sedang dilanda depresi antara karir dan impiannya (menjadi novelis). Saat itu, industri komik sedang diramaikan dengan cerita-cerita perang, science-fiction dan romance. Genre-genre yang populer saat itu adalah genre yang tidak ia sukai. Ia pun mempertimbangkan untuk meninggalkan industri tersebut.

Namun, diambang kegalauan Stan Lee, Joan pun mengusulkan, “Sebelum kamu keluar, gimana kalau kamu coba menulis satu komik sesuai dengan seleramu?” dan BOOM! Saat itu lah Fantastic Four lahir. Bisa dibilang, tanpa saran dan Joan, Marvel tidak akan sebesar ini.

Yuk kita saksikan kebahagiaan manis mereka melalui wawancara Stan Lee berikut:

Gimana? Extraordinary sekali bukan kisah Stan Lee dan Joan? Nah, itu merupakan kisah extraordinary versi Stan Lee. Bagaimana dengan versi kamu? Punya ide extraordinary yang mau dilombain? CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2 kembali hadir loh dengan hadiah yang lebih dahsyat tentunya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi ini, bro sis bisa cek di sini.

Diambil Diambil dari official twitter Stan Lee. Sungguh mengharukan sekali pasangan sehidup semati, Stan Lee dan Joan Lee.dari official twitter Stan Lee.

Diambil dari official twitter Stan Lee. Rest in Peace our Marvel Muse, Joan Lee.

 

Referensi:

  1. www.hollywoodreporter.com
  2. www.telegraph.co.uk

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Sumber: www.ciayo.com

Patrick Jonbray: Komik Saya Paling Gak Ada Faedahnya

Sebagai penulis komik Komplek Tanpa Faedah, komiknya sukses bikin kita senyum tanpa arti, Kira-kira orangnya absurd juga.. more

CIAYO Pictures

CIAYO Games dan Niji Games Berkolaborasi dalam Sebuah Games (Spoiler Alert)

Pada tangggal 15 September 2017, CIAYO Games bertemu dengan Niji Games untuk melakukan kolaborasi. Kedatangan Tim CIAYO .. more

Sumber: POPCON Asia

Yuk Kenalan Sama 4 Nominasi Upcoming Game Terbaik Versi Archipelageek 2017

Namun tahukah kamu, kalau ternyata game-game yang lolos di kategori upcoming ini bukan game sembarangan. Dijamin, pastin.. more

00-d-indienesia-bundle

Sambut Hari Game Indonesia, Developer Lokal Rilis Indienesia Bundle

Asosiasi Game Indonesia merilis Indienesia Bundle untuk rayakan Hari Game Indonesia 2018. 5 game lokal bisa didapat deng.. more

Sumber: CIAYO Comics / Vigilante

Vigilante, Komik Detektif Terbaru di CIAYO Comics

Seperti komik-komik detektif yang sudah ada, karakter utamanya memiliki kemampuan menganalisa yang tajam sehingga mampu .. more