Fakta Menarik Deadpool Yang Harus Kamu Tahu

2 months ago
00-d-fakta-deadpool

Pasti kalian pernah berpikir Deadpool adalah orang gila yang memakai baju ketat berwarna merah dengan 2 buah katana (bukan samurai) di punggungnya dan pistol di pinggangnya. Yup, itulah Deadpool. Salah satu karakter anti-hero dari Marvel yang beberapa tahun ini namanya semakin terkenal berkat kemunculannya di bioskop. Meski sebenarnya Deadpool sudah lama hadir di dunia Marvel sejak tahun 1991, karakter gila ini memang memiliki banyak keunikan yang berbeda dari karakter lain.

So sweeeeet! (Sumber: Why So Serial)

So sweeeeet! (Sumber: Why So Serial)

Sebelum dimulai mari kita sejenak flashback mengenalkan cerita awal Wade Wilson alias Deadpool. Saya disini ingin menjelaskan kisah masa kecil Wade Wilson, tapi karena informasinya tidak bisa dijamin 100% karena Deadpool sering menceritakannya dengan berbeda-beda versi tiap kali momen penting mengenai masa lalu dia. Jadi mari kita skip saja dan langsung menuju saat-saat sebelum Wade menjadi Deadpool.

Wade Wilson adalah seorang mercenary yang sangat handal dan berbakat dalam menyelesaikan misi. Meski kesuksesan dia menjadi seorang mercenary manusia tidak akan lepas dari kesialan. Wade mengidap penyakit kanker yang dapat mengancam nyawa. Kemudian, seseorang menawarkan sebuah project kepada Wade dengan memberikan kesempatan hidup serta menyembuhkan penyakit kanker yang dia alami. Wade menerima tawaran untuk ikut ke dalam project. Ternyata, Wade hanya menjadi bahan percobaan dalam project dan menjadi mutant. Lalu Wade mendapatkan kemampuan super power. Di suatu kejadian, Wade berhasil kabur dari project, membalaskan dendam kepada orang yang telah membuat dia menjadi seperti saat ini, dan hidup bahagia selamanya.

Siapa namanya? Yup, Francis. (Sumber: fishinktattoo)

Siapa namanya? Yup, Francis. (Sumber: fishinktattoo)

Di artikel ini saya akan membantu kalian yang baru mengenal Deadpool dari film, game ataupun pernah membaca sedikit komiknya. Nah, mari kita mulai saja fakta-fakta unik yang perlu kamu ketahui tentang deadpool.

I HAVE SUPER DUPER MEGA EXTRA CHIMICHANGA REGENERATION HEALING

Kemampuan yang menjadi salah satu ciri khas Deadpool diturunkan dari Wolverine. Seperti yang kalian ketahui, Wade/Deadpool adalah korban bahan percobaan project Weapon X dimana dia secara paksa menjadi mutant. Mungkin kalian masih ingat dengan kejadian pada film X-Men Origins: Wolverine. Dengan sampel dari Wolverine, Deadpool diubah secara paksa menjadi mutant. Dan dari sanalah dia memiliki kemampuan regenerasi yang bisa dibilang hampir sama dengan Wolverine. Tapi penyakit kanker yang dialami dia masih ada, terbukti dari bentuk wajah yang menyeramkan. Itu adalah tumor dia yang terus-menerus tumbuh di tubuhnya. Berkat penyembuhan Deadpool yang cepat, dia masih dapat hidup sampai saat ini. Deadpool yang memiliki regenerasi yang cepat masih bisa merasakan rasa sakit, walaupun sering kali hal itu dijadikan joke bagi dia.

Saat ini kalian sedang melihat kaki bayi kecil kita, Deadpool. (Sumber: Tribun News)

Saat ini kalian sedang melihat kaki bayi kecil kita, Deadpool. (Sumber: Tribun News)

EVEN ONE TINY CELL, I STILL ALIVE…. JUST GIVE ME A MINUTE, OKAY

Kalau kalian sudah pernah lihat regenerasi penyembuhan Wolverine di beberapa film X-Men, kalian pasti akan kaget setelah membaca bagian artikel ini. Deadpool yang memiliki kemampuan beregenerasi yang hampir sama dengan Wolverine bisa dibilang immortal atau tidak bisa mati. Walaupun bagian tubuhnya terpotong, hancur, ataupun rusak, Deadpool tetap hidup. Bahkan tinggal kepalanya saja pun Deadpool masih bisa hidup. Bisa dibilang kemampuan Deadpool ini versi upgrade dari Wolverine. Bagaimana kalau kepala Deadpool hancur? Dia masih bisa hidup.

Dari apa yang saya dapat dari berbagai forum diskusi komik marvel, Deadpool akan tetap terus hidup meskipun hanya tersisa satu sel. Dari satu sel tersebut dapat membentuk sel-sel lain dan tumbuh seperti seorang bayi didalam kandungan seorang ibu. Jadi bagaimana cara membunuh Deadpool? Ada beberapa cara dan berbagai versi Deadpool mati, salah satunya adalah dengan menghancurkan seluruh tubuh Deadpool hingga tidak ada tersisa sedikit pun dari dia. Cara lainnya adalah menekan kemampuan mutant penyembuhan Deadpool sehingga penyakit kanker menggerogoti tubuh dan akhirnya mati.

Tembakan fatal di kepala, Deadpool masih bisa hidup. (Sumber: Comic Vine)

Tembakan fatal di kepala, Deadpool masih bisa hidup. (Sumber: Comic Vine)

SPIDER-MAN IS MY BFF, OR MY BAE, AAH WHATEVER

Kostum Deadpool kok sekilas mirip Spider-Man? Bukan mirip, tapi kostum Deadpool memang berdasarkan dari kostum Spider-Man. Menurut creator Deadpool saat pertama kali dibuat, awalnya dia hanya parodi dari Deathstroke (komic DC), walaupun kostumnya berdasarkan dari Spider-Man. Karena itulah Deadpool sering di duetkan dengan Spider-Man. Mereka pernah beberapa kali muncul berdua dalam satu komik dan kartun. Deadpool juga tidak merasa malu dengan menyebut Spidey-Deadpool BFF (Best Friend Forever). Spidey yang biasanya sering berbicara tiap melakukan aksi, kini posisi dia terbalik saat ada Deadpool. Meskipun begitu Spidey tetap bersabar dan ikhlas dengan bacot dari Deadpool.

Persahabatan bagai kepompong tidak terputus oleh jaring Spidey. (Sumber: Inverse)

Persahabatan bagai kepompong tidak terputus oleh jaring Spidey. (Sumber: Inverse)

SPEECH BUBBLE IS AWESOME &^%$$#@@#$!%

Di komik, Deadpool memiliki kebiasaan yang aneh, yaitu ngobrol sendiri dengan speech bubble. Speech bubble adalah bagian panel dimana teks pada komik dimasukkan. Speech bubble terdiri dari berbentuk kotak dengan warna putih, berbentuk balon dengan warna kuning dan berbentuk kotak dengan warna kuning. Tiap speech bubble diwakili dari berbagai suara, kotak putih untuk suara creator/narator, balon kuning untuk suara Deadpool dan kotak kuning untuk suara otak Deadpool. Speech bubble ini sering menghabiskan panel komik halaman dimana kita melihat mereka saling mengobrol satu sama lain. Saya sendiri bingung mau menjelaskannya bagaimana, karena Deadpool ini susah ditebak apa yang dia pikirkan dan apa yang dia lakukan. Kok bisa Deadpool ngobrol dengan speech bubble yang ada di komik. Nah itu akan saja jelaskan selanjutnya.

Ini yang disebut dengan “percayalah dengan diri sendiri.” (Sumber: Comic Vine)

Ini yang disebut dengan “percayalah dengan diri sendiri.” (Sumber: Comic Vine)

4th WALL BREAK?? HOW ABOUT 16 WALLS!!!

Deadpool memiliki kemampuan untuk berbicara kepada “kamu”. Yang dimaksud dengan “kamu” adalah “kamu” yang sedang membaca artikel ini. Deadpool selalu melakukan 4th Wall Break dalam berbagai kesempatan. Dalam berbagai cerita komik, Deadpool sering sekali melakukan joke yang tidak normal di dalam komik. Terkadang juga Deadpool melakukan hal taboo didalam komik, seperti mengatakan kalo dia adalah karakter fiksi dari komik, protes terhadap objek atau seseorang di dunia nyata, dan paling parah adalah membunuh para creators di dalam komik. Meskipun banyak teman-teman dia yang kebingungan, mereka mau tidak mau mengikuti permainan Deadpool. Selama promosi film, Deadpool tidak lepas dengan kebiasaannya melakukan joke-joke yang diluar batas dimensi antara film dan realita

“4th wall break inside a 4th wall break? That’s like, 16 walls.” (Sumber: The Cosmic Frustration)

“4th wall break inside a 4th wall break? That’s like, 16 walls.” (Sumber: The Cosmic Frustration)

HOW I MET WITH YOUR DEATH, THANOS

Death yang saya maksud disini bukanlah kata harfiah dalam bahasa, tapi salah satu karakter dari Marvel. Death adalah salah satu orang yang paling di cintai Thanos. Antagonis yang hobi mencari batu akik infinity stones cinta mati kepada Death. Tapi apa daya, Death pernah beberapa kali (dalam berbagai versi) tertarik dengan Deadpool. Alasannya? Karena Deadpool susah untuk mati sampai Death sendiri bingung mau bagaimana. Sebenarnya karena Deadpool sering nge-gombal ini itu kepada Death. Padahal Death sering mengatakan kepada Deadpool bahwa mereka tidak bisa hidup bersama.

Melihat romantisnya hubungan Death & Deadpool, Thanos pun murka. Thanos memberikan kutukan kepada Deadpool untuk hidup immortal atau abadi. Melihat penderitaan Deadpool yang ingin mati, akhirnya Thanos mencabut kutukannya dan membunuh Deadpool. Tapi ternyata Thanos kehilangan keberadaan Death. Thanos pun sadar bahwa untuk menemukan Death dia memerlukan Deadpool. Karena Cuma Deadpool yang bisa berkomunikasi dan bertemu langsung dengan Death. Dia menghidupkan kembali Deadpool agar bisa mengetahui keberadaan Death. Oh, sungguh ironis sekali…

Abah kutuk kamu tidak bisa mati, Deadpool! (Sumber: Ocin Perspektif)

Abah kutuk kamu tidak bisa mati, Deadpool! (Sumber: Ocin Perspektif)

ONCE UPON TIME, I KILL ALL CHARACTER IN MARVEL UNIVERSE….AND CREATORS

Jika kalian ingin membandingkan Deadpool dengan karakter-karakter yang ada di komik Marvel baik dari segi kemampuan, power, intelligence atau apapun itu sebaiknya hal itu dihentikan. Percaya atau tidak, Deadpool pernah membunuh semua karakter Marvel dalam di salah satu komik one-shot. Captain America, Iron Man, Hulk, Wolverine, Fantastic, Four, Spider-Man, semuanya dibunuh oleh Deadpool. Dengan kejamnya Deadpool membunuh semua karakter favorit para penggemar dengan mudahnya. Hal itu tidak berhenti sampai segitu saja. Deadpool kemudian mencari target selanjutnya, yaitu para Creators. Lalu setelah itu apa?

fakta deadpool

!!! (Sumber: io9)

Masih banyak lagi yang ingin saya jelaskan disini seperti Deadpool takut dengan sapi atau bahasa kerennya bovinophobia, kebiasaan Deadpool mengatakan kata chimichanga, Deadpool versi cewek, Deadpool symbiote, dan lain lain. Bagaimana? Tertarik untuk membaca komik Deadpool? Atau malah pengen buat kostum Deadpool. Atau mungkin kalian pengen beli mainan Deadpool? Jangan lupa juga kalian baca review film Deadpool 2 dari Ciayo Blog. Warning!!! Isi artikel banyak mengandung spoiler. Bacalah review dengan bijak kalau kalian belum menonton film Deadpool 2.

About Author

Faisal

Faisal

Mahasiswa semester akhir yang terjebak ke dalam jurang gacha mobage. Berpikir untuk pensi dari FGO, GBF dan sejenisnya, tapi Dev berkata lain. Koleksi SSR semakin banyak, jadi sayang akun nya kalo gak dimainkan...

Comments

Most
Popular

Final Fantasy paling fenomenal dalam sejarah Final Fantasy. Sumber gambar: thenerdstash.com

Final Fantasy VII, Bukan Final Fantasy yang Terbaik Tapi Paling Fenomenal

Baru tiga hari di rilis di Jepang, FF VII sudah terjual melebihi 2,3 juta unit. .. more

(CIAYO Comics)

Sekarang Kamu Juga Berkesempatan Jadi Author Official CIAYO Comics!

Tidak terasa, CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2 sudah memasuki tahap penjurian. Masih ada kesempatan buat jadi auth.. more

Gundam Live-Action, Akankah Kerjasama Sunrise dan Legendary Pictures Memuaskan Penggemar?

Lewat acara Anime Expo 2018, tiba-tiba saja pihak studio Sunrise membuat kejutan lewat Presiden dan CEO Sunrise, Yasuo M.. more

Sumber: heyeonni.com

Patut Dicontoh! Berikut Strategi Korea Untuk Meningkatkan Minat Membaca Masyarakatnya

Sebenarnya ada strategi menarik yang bisa dicontoh lewat drama Korea... more

Film superhero yang kini berstatus klasik. Sumber gambar: theactionelite.com

Film X-Men Terkini Akan Berjudul ‘X-Men: Dark Phoenix’

Tak perlu lama menunggu, pihak Marvel dan 20th Century Fox sebagai pemegang lisensi film bertema X-Men baru-baru ini men.. more