Fakta Unik Perjalanan Game Persona, Dulu dan Sekarang

2 months ago
00-d-persona

Sudah lebih dari 1 tahun Persona 5 rilis. Game JRPG milik Atlus ini sudah banyak mendapatkan berbagai penghargaan, mulai dari nominasi Game of The Year, Best Art Direction, Best Score/Music, dan Best Role Playing Game di acara Game Awards 2017. Di negeri kampung halamannya sendiri, Persona 5 juga mendapatkan 2 penghargaan Playstation Awards 2016. Masih ada banyak lagi penghargaan yang didapatkan dari game andalan milik Atlus ini yang tidak bisa disebutkan satu persatu. So, literally The Phantom Thieves take our hearts, huh?

“Take Your Heart” menjadi ciri khas dari The Phantom Thieves (Sumber: Persona 5 Official Design Works)

“Take Your Heart” menjadi ciri khas dari The Phantom Thieves (Sumber: Persona 5 Official Design Works)

Kali ini saya akan membahas sedikit sejarah unik perjalanan game Persona milik Atlus, mulai dari apa itu Shin Megami Tensei, koneksi antara game ini dengan Shin Megami Tensei, fakta unik sebelum dan sesudah rilis Persona 5 rilis serta para pendahulunya.  Oh btw, no spoiler about story or something like that. So, everyday great’s at your Junes.

I’m gonna protect her smile (Sumber: LP Archive)

I’m gonna protect her smile (Sumber: LP Archive)

Shin Megami Tensei atau disingkat SMT adalah game milik Atlus yang sangat terkenal dan merupakan remake dari seri sebelumnya yaitu Megami Tensei. Ciri khas seri game ini adalah tingkat kesulitannya yang bisa dibilang hardcore untuk JRPG. Mulai dari sistem grinding level, farming, gotta catch them all hunting,fusion, talk to demon, lunar phase, dan yang paling khas dari game ini yaitu encounter rate dungeon yang tinggi (melangkah sedikit langsung battle). Selain itu hal paling nyentrik dalam Shin Megami Tensei ini adalah story nya. Hampir semua seri ini memiliki unsur cerita post-apocalypse, law-neutral-chaos side, serta pengambilan setting mitologi dari berbagai budaya dan agama.

Jangan tanya kenapa Dante bisa muncul disalah satu game Shin Megami Tensei (Sumber: Know Your Meme)

Jangan tanya kenapa Dante bisa muncul disalah satu game Shin Megami Tensei (Sumber: Know Your Meme)

Kalau kalian masih belum tahu, sebenarnya seri Persona itu adalah spin off dari Shin Megami Tensei. Dulu ada banyak sekali seri Shin Megami Tensei yang mereka rilis, baik itu cerita baru, sekuel, prequel, what-if, dan ada juga game kekinian mengikuti genre game dari perusahaan game lain. Jadi kalo kalian merasa penasaran untuk main seri utama dari game Persona ini tidak ada salahnya mencoba. Bahkan saya sendiri sampai sekarang belum menyelesaikan beberapa game jadul SMT dan masih menunggu yang belum di translate english.

Inilah seluruh franchise game Shin Megami Tensei dan pendahulunya dulu sampai saat ini (Sumber: Imgur)

Inilah seluruh franchise game Shin Megami Tensei dan pendahulunya dulu sampai saat ini (Sumber: Imgur)

Walaupun dianggap spin off, game ini semakin hari namanya semakin naik sejak Shin Megami Tensei: Persona 3. Karena game ini menghadirkan sistem gameplay bond dengan karakter lain yang akan berpengaruh dengan perkembangan karakter (bisa nge-date dengan karakter cewek pilihan kita selain dari party). Unsur sekolah yang awalnya hanya sebuah pajangan kini semakin ditekan dengan kita menjalani kehidupan sehari hari selayaknya anak sekolah. Dengan suksesnya Shin Megami Tensei: Persona 3, Atlus melanjutkan cerita seri ini ke Shin Megami Tensei: Persona 3 FES dengan cerita lanjutan setelah story utama selesai. Kemudian Atlus melanjutkan seri game ini dengan Shin Megami Tensei: Persona 4. Dengan beberapa upgrade gameplay, event story dan tentunya karakter protagonist yang lebih menarik daripada game sebelumnya (mirip anak emo yang biasa ada di sekitar pasar).

Salah satu event tercyduk di Persona 3 FES (Source: Youtube)

Salah satu event tercyduk di Persona 3 FES (Source: Youtube)

Melihat kesuksesan seri game Persona versi modern ini, Atlus memutuskan untuk merilis game lama mereka seperti Persona, Persona 2: Innocent Sin dan Persona 2: Eternal Punishment ke PSP dengan beberapa upgrade tambahan gameplay, karakter design, aransemen musik dan lain-lain. Selain itu juga Persona 3 dirilis ke PSP dengan variasi pilihan protagonist cewek (mereka sadar kalo protagonist cowok mereka biasa saja). Player akan diberikan variasi yang berbeda dari versi cowok dan tentunya karakter bond juga akan menggunakan sudut pandang dari cewek. Beberapa aransemen musiknya pun berbeda dari versi cowok yang dikerjakan oleh Shoji Meguro. Tidak lupa juga versi cowok juga mendapat beberapa tambahan di versi PSP ini.

Jujur saja, saya lebih suka jadi MC cewek daripada MC cowok (Sumber: Zerochan)

Jujur saja, saya lebih suka jadi MC cewek daripada MC cowok (Sumber: Zerochan)

Sebelumnya Atlus sempat akan merilis Persona 4 ke PSP yang sayangnya dibatalkan karena pada saat itu PS Vita baru saja rilis. Alasan lain adalah kemampuan PSP yang tidak sesuai dengan project planning untuk variasi upgrade Persona 4. Dan akhirnya Persona 4 rilis ke PS Vita dengan banyak sekali upgrade, seperti gameplay, event story, persona, dan karakter baru.

Awal mula Persona 4 menguasai seluruh seri Persona (Sumber: Hcgameshop)

Awal mula Persona 4 menguasai seluruh seri Persona (Sumber: Hcgameshop)

Masih belum puas, Atlus merilis anime dari game ini, mulai dari Persona 4 The Animation, Persona 4 The Animation Movie Recap, Persona 3 The Movie, dan Persona 4 The Golden Animation. Dan ada satu anime lagi yang sedikit tenggelam, yaitu Persona Trinity Soul. Secara teknis, Persona Trinity Soul merupakan lanjutan dari Persona 3 karena ceritanya masih berhubungan. Bukan itu saja, salah satu karakter dari game tersebut juga muncul.

Dari semua adaptasi anime Persona, inilah yang menjadi favorit saya (Sumber: Zerochan)

Dari semua adaptasi anime Persona, inilah yang menjadi favorit saya (Sumber: Zerochan)

ONE MORE! Atlus juga merilis game lanjutan Persona 4, mulai dari Persona 4 Arena, Persona 4 Arena Ultimax sampai ke genre joget-joget Persona 4 Dancing All Night. Semua game ini tidak kalah suksesnya dengan game yang lain meski banyak kritik pedas mengenai absurdnya ide mereka.

(Sumber: Cultura Colectiva)

(Sumber: Cultura Colectiva)

Jika kalian bertanya sejak kapan Atlus melepas nama brand Shin Megami Tensei dari game Persona, jawabannya ada pada saat rilisnya game Persona 2: Eternal Punishment di PSP. Pasti ada yang mengira bahwa Persona 4 Golden yang memulai brand Shin Megami Tensei tidak digunakan di seri ini. Tetapi jawabannya adalah tidak. Menurut rumor yang beredar Atlus mulai berpikir seri Persona ini lebih baik mulai berdiri sendiri tanpa menggunakan brand Shin Megami Tensei. Karena kesuksesan game Persona 3 dan 4, makanya seri Persona mulai tidak menggunakan brand Shin Megami Tensei. Tetapi Atlus masih menganggap game ini adalah bagian dari Shin Megami Tensei.

(Sumber: Peda)

(Sumber: Peda)

Jauh sebelum Persona 5 rilis, Atlus sudah menyiapkan beberapa hal seperti engine yang akan dipakai. Untuk melakukan uji coba engine tersebut, Atlus merilis game yang sedikit berbeda dari apa yang telah mereka kerjakan, yaitu Catherine. Catherine adalah game dengan tema adult-horror-puzzle. Meski Catherine bukan game Shin Megami Tensei ataupun Persona, game ini masih bisa dibilang satu universe dengan seri game tersebut. Seperti munculnya karakter utama Catherine di Persona 3 Portable, atau beberapa karakter dari game Persona 3 dan 4 muncul di Catherine sebagai cameo. Dan ternyata Catherine mencapai kesuksesan besar sebagai debut awal Atlus di console Playstation 3 dan Xbox360.

Perbedaan cover box versi PS3 dengan Xbox360. Good Job Atlus (Sumber: 3rd World Geeks)

Perbedaan cover box versi PS3 dengan Xbox360. Good Job Atlus (Sumber: 3rd World Geeks)

Pada akhir 2013, Atlus memberikan hint mengenai project Persona 5. Dan tentu saja semua orang sangat antusias dengan Persona 5. Selama pengerjaan Persona 5, Atlus memberikan beberapa hint teaser mengenai tema yang akan digunakan nanti. Dan hint yang paling populer dan menjadi tema dalam game adalah “You are a slave. Want emancipation?“. Dilanjutkan dengan teaser dalam konser musik bertajuk Persona Music Live. Persona 5 juga mengembalikan sistem talk to demon yang menjadi ciri khas seri Shin Megami Tensei. Walaupun proses pengerjaan Persona 5 membutuhkan waktu lama dan sering mengalami delay, Atlus menjanjikan semua yang akan kita dapat akan sangat memuaskan.

"You are a slave. Want emancipation?" (Sumber: Youtube)

“You are slave. Want emancipation?” (Sumber: Youtube)

Ada kejadian unik dalam dunia game, dimana Persona 5 dan Final Fantasy XV sempat akan rilis di hari yang berdekatan. Melihat situasi ini Square Enix terpaksa menunda rilis Final Fantasy XV. Mereka melakukan hal tersebut karena menurut penjualan di amazon pre-order game Persona 5 di Jepang sangat tinggi. Akhirnya Andika Kangen Band dan kawan  Square Enix terpaksa mengalah dengan Atlus.

OOOOOOOOOOOHHHHHH (Sumber: mysteriouskusajo)

OOOOOOOOOOOHHHHHH (Sumber: mysteriouskusajo)

Persona 5 sukses besar dimana-mana dan dengan cepat game ini meraih banyak penghargaan. Dan tentu saja Atlus masih belum puas, mereka juga merilis game joget-joget Persona 5 Dancing Star Night yang akan rilis 24 Mei tahun ini. ONE MORE! Atlus tidak lupa dengan pencetus kesuksesan seri Persona modern, yaitu Persona 3 Dancing Moon Night (bisa lihat door-kun joget joget) yang rilis bersamaan dengan Persona 5 joget-joget. Hampir kelupaan dengan Persona 5 the Animation yang saat ini sedang tayang di Jepang. Dan saat ini Persona 5 telah terjual hingga 2,2 juta copy diseluruh dunia.

The Three Musketeer yang bikin Atlus kaya raya sukses besar (Sumber: Persona Music Live 2015 Cover Art Official)

The Three Musketeer yang bikin Atlus kaya raya sukses besar (Sumber: Persona Music Live 2015 Cover Art Official)

Meski Persona zaman modern ini banyak rilis ini itu oleh Atlus, saya sebagai penggemar berat mau tidak mau harus menerima keputusan mereka demi kelangsungan hidup franchise ini. Jadi menurut kalian, game Persona mana yang menjadi favorit sampai saat ini? Silahkan berikan tanggapan kalian di kolom komentar.

About Author

Faisal

Faisal

Mahasiswa semester akhir yang terjebak ke dalam jurang gacha mobage. Berpikir untuk pensi dari FGO, GBF dan sejenisnya, tapi Dev berkata lain. Koleksi SSR semakin banyak, jadi sayang akun nya kalo gak dimainkan...

Comments

Most
Popular

Suasana CIAYO Comics Club (CIAYO Comics)

Satu Tahun CIAYO Comics, Perlahan Merasuki Hati Penggemar Komik Indonesia

Para penikmat komik yang awalnya ragu, perlahan mulai penasaran akan perkembangan komik Indonesia. CIAYO Comics menjadi .. more

Sumber gambar: nerdmuch.com

Harry Potter Hogwarts Mystery: Game RPG Harry Potter untuk Smartphone

Harry Potter akan kembali muncul di tahun 2018 dalam bentuk game. Kali ini game untuk platform smartphone iOS dan Androi.. more

00 pong mobile

Punya Style Berkarya Sendiri? Jangan Minder!

Kurang pede dengan karya bro sis sendiri? Pesimis bisa bersaing dengan karya lain di industri kreatif yang udah mainstre.. more

00-d-dragon-ball-legends

Review Dragon Ball Legends, Game PvP Real Time Dalam Dunia Dragon Ball

Dragon Ball Legends tidak hanya menawarkan semua tombol combo yang disederhanakan, tapi juga menghadirkan potongan sinem.. more

Mas Is, Teh Alti, dan Kang Ario di event Anime Matsuri (CIAYO Pictures)

Bagaimana Perkembangan Industri Komik Indonesia di Tahun 2018? Yuk, Simak Pendapat Para Kreator!

Perkembangan industri komik di Indonesia terus berkembang tiap tahunnya. Bagaimana perkembangan indutri komik Indonesia .. more