Fan Work Berupa Lagu dari Adriana Figueroa!

1 year ago

Fan work adalah karya buatan fans yang dibuat untuk mengungkapkan perasaan mereka terhadap cerita atau karakter tertentu yang disukai, atau bahkan hanya sekedar memuaskan “fantasi pribadi” mereka untuk dinikmati oleh fans lainnya. Biasanya ketika mendengar kata fan work, pikiran kita akan tertuju pada tulisan berupa fan fiction, gambar berupa komik maupun fan art saja. Namun tahukah kamu kalau ada juga fan work yang berupa lagu?

Adriana Figueroa adalah salah satu youtuber yang cukup populer dalam menyanyikan lagu-lagu fan work dari western fandom hingga telah mencapai 400 ribu subscriber. Ia lahir tanggal 30 Desember 1992, dan seperti kebanyakan youtuber terkenal, ia lahir dan besar di Amerika Serikat.

Adriana Figueroa (Sumber: Facebook)

Pada tahun 2010, Adriana mengunggah karya pertamanya melalui youtube dengan nama akun adrisaurus. Lagu tersebut berjudul Fragrance of Dark Coffee yang menggunakan tema dari game Ace Attorney dengan lirik yang ia tulis sendiri berdasarkan karakter Godot dari fandom tersebut. Kemudian ia terus membuat cukup banyak lagu bertema Ace Attorney yang lebih banyak dibandingkan lagu dari fandom lain, menunjukkan bahwa sepertinya Adriana memang berdedikasi pada fandom tersebut.

Godot (Sumber: gametimewm)

Popularitas Adriana mulai berkembang saat ia mengunggah lagu bertema Legend of Zelda: Majora’s Mask yang berjudul Song of Healing. Video tersebut adalah video pertamanya yang mencapai jumlah satu juta penonton.

Legend of Zelda: Majora’s Mask (Sumber: zeldadungeon)

Kemudian popularitas Adriana kembali melejit pada tahun 2011 setelah ia mengunggah video lagu bertemakan Hunger Games yang berjudul The Hanging Tree. Tak tanggung-tanggung, ia mendapatkan enam juta lebih penonton.

Ia membuat melodi dan aransemen sendiri berdasarkan lirik yang terdapat dalam novel terakhir dari seri Hunger Games. Fans seri tersebut merespon baik aransemen milik Adriana. Namun setelah film official The Hunger Games: Mockingjay rilis, video tersebut sempat hilang terkena kasus copy right karena dalam film tersebut terdapat lagu yang sama meskipun memiliki melodi yang berbeda. Untungnya kemudian video tersebut kembali muncul dan bisa dinikmati hingga kini.

Adriana On Camera (Sumber: Youtube)

Tapi jika mesti membandikan popularitas semua lagu yang ia unggah, tentu lagu yang paling terkenal hingga mendapatkan embilan juta lebih penonton tak lain dan tak bukan datang dari fandom Undertale.

Selain lagu-lagu yang memang melodi atau liriknya sudah ada dari soundtrack aslinya, Adriana juga membuat lagu original yang melodi, lirik, serta aransemennya benar-benar ia buat sendiri. Meskipun tetap saja sih terinsipirasi dari unsur fandom tertentu seperti lagu berjudul Daughter of The Moon yang terinspirasi dari Princess Yue, karakter dari Avatar: The Last Air Bender yang berubah menjadi bulan untuk menyelamatkan banyak orang.

Princess Yue (Sumber: fanpop)

Adriana sendiri menyebut lagu-lagunya sebagai “magically nerdy” melalui laman patreon miliknya. Tidak salah juga karena memang aransemen serta suaranya bisa menyihir orang-orang “nerd” untuk kembali merasakaan “feels” mereka terhadap karakter atau kejadian tertentu dalam game, buku, atau tv series kesukaannya. Apalagi suaranya memang cocok untuk lagu-lagu dark dan slow dengan lirik yang biasanya erat dengan unsur-unsur cerita angst, konten sedih nan menyakitkan dan cenderung menyiksa yang entah kenapa sangat dinikmati beberapa orang termasuk penulis (tapi bukan berarti masokis ya).

Untuk mendengarkan karya Adriana, selain melalui youtube, beberapa lagu Adriana juga bisa diakses melalui i-Tunes dan Spotify dengan mencari nama adrisaurus pada aplikasi tersebut, sementara lagu-lagu lamanya juga bisa di download melalui link yang terdapat pada setiap video sehingga bisa dinikmati kapan saja tanpa bergantung pada koneksi internet.

Adriana Figueroa (Sumber: adrisaurus)

About Author

Nana Hanifah

Nana Hanifah

Salah satu penulis dalam circle Rimawarna. Baru lulus SMA dan sekarang butuh uang karena supply uang jajan berhenti.

Comments

Most
Popular

00-d-ralph-breaks-the-internet-disney-princess

Siapa Saja Disney Princess Yang Muncul Dalam Ralph Breaks the Internet?

Dalam Ralph Breaks the Internet, Disney Princess tampil sebagai cameo dalam petualangan Ralph dan Vaneloppe di dunia Int.. more

00-tips-event-d

Mau Pergi Ke Event Pop Culture? 10 Tips Berikut Ini Harus Kamu Ikuti!

Dengan semakin ramainya event pop culture di Indonesia, ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Ini dia 10 tips event .. more

sumber: http://variety.com

“Lady Bird”, Film Terbaik Di National Society of Film Critics

Setiap tahun NSFC selalu mengadakan acara penghargaan kepada para penggiat film. Tahun ini tepatnya 6 Januari 2018 pengh.. more

elseworlds arrow

Elseworlds: Tamparan Super Telak Bagi DCEU

Elseworlds lebih dari sekedar crossover Arrowverse terbaik. Ia menjadi motivator bagi rekan mereka di layar lebar untuk .. more

ciayo comics rewards

CIAYO Comics REWARDS Kembali Dengan Hadiah Yang Lebih Menarik!

CIAYO Comics Rewards kembali dengan challenge baru dan hadiah baru. Kumpulkan Scrolls dan tukar dengan berbagai hadiah k.. more