Fate Series: Dari Game PC Hingga Meraih Popularitas Di Smartphone

5 months ago
Series Fate. (Sumber: wallpaper abyss)

Serial Fate. Sebenarnya game apa ini?

Well, jika melihat dari asal muasalnya, serial Fate dimulai dari game ‘adult visual novel’ yang berjudul “Fate/Stay Night”, di rilis tahun 2004 (di-remaster tahun 2007 dengan judul “Fate/Stay Night: Réalta Nua” disertai sejumlah penambahan elemen seperti voice acting) untuk platform PC.

Cover adult visual novel game Fate/Stay Night. Sumber gambar: wikipedia.org

Cover adult visual novel game Fate/Stay Night. Sumber gambar: wikipedia.org

Ide dasar game ini berasal dari sebuah event yang disebut “Holy Grail Wars”. Event ini melibatkan tujuh orang Magi, atau praktisi sihir (dalam game disebut ‘Master’) bersama asisten mereka (disebut ‘Servant’).  Yang menarik bukan hanya tentang Holy Grail yang bisa mengabulkan segala permintaan, tapi juga sosok para Servant dari Master tersebut.

Para Servant merupakan reinkarnasi ataupun hasil summon/materialisasi dari tokoh-tokoh penting dalam sejarah peradaban manusia. Tak hanya manusia, tokoh-tokoh sejarah seperti King Arthur atau Jeanne D’Arc, tokoh mitologi klasik seperti Hercules dan Medusa pun ada disini. Dan sepanjang cerita bergulir, tokoh-tokoh ini akan berperang demi memperebutkan Holy Grail.

“King Arthur of Great Britain” di versi game Fate. Sumber gambar: fategrandorder.wikia.com“King Arthur of Great Britain” di versi game Fate. Sumber gambar: fategrandorder.wikia.com

“King Arthur of Great Britain” di versi game Fate. Sumber gambar: fategrandorder.wikia.com

Serial Fate mengalami perubahan serta evolusi gameplay seiring berjalannya waktu. Awalnya Fate/Stay Night dibuat dalam bentuk visual novel dengan elemen “fan service” yang lumayan dominan. Jangan mainin game-nya kalau belum berusia 18+ yah, bro sis. hehe

Fate/Stay Night: Réalta Nua ‘hehe’ scene. Sumber gambar: imgur.com

Fate/Stay Night: Réalta Nua ‘hehe’ scene. Sumber gambar: imgur.com

Namun game-game berikutnya dari serial Fate mulai meninggalkan elemen ‘dewasa’ yang sebelumnya ada di ‘adult visual novel’ lalu. Kali ini, Fate lebih fokus ke genre petualangan dan aksi seru di Holy Grail Wars antar para Masters dengan Servants mereka.

Dan tidak hanya di PC, serial game Fate mulai merambah ke berbagai platform video game. Handheld dan console juga ikut diramaikan dengan berbagai jenis game serial Fate. Misalnya game “Fate/Extra” untuk handheld Sony PlayStation Portable atau “Fate/Unlimited Codes” untuk console Sony PlayStation 2. Kedua game ber-genre fighting ini berisikan tokoh-tokoh populer dari serial Fate seperti Saber dan Gilgamesh.

Fate/Extra untuk PSP. Sumber gambar: wikipedia.org

Fate/Extra untuk PSP. Sumber gambar: wikipedia.org

Screenshot game Fate/Unlimited Codes. Sumber gambar: emuparadise.me

Screenshot game Fate/Unlimited Codes. Sumber gambar: emuparadise.me

Tapi sepertinya game Fate untuk smartphone lebih populer dibanding versi lainnya, yaitu “Fate/Grand Order” yang tersedia untuk platform Android & iOS.

Title screen FGO game. Sumber gambar: youtube.com

Title screen FGO game. Sumber gambar: youtube.com

Mengapa FGO sangat populer saat ini? Alasannya ada beberapa.

Misalnya karena platform yang digunakan. Saat ini smartphone bro sis mempermudah memainkan game kapanpun dan dimana saja.

Promotional poster FGO game. Sumber gambar: twitter.com/fatego_usa

Promotional poster FGO game. Sumber gambar: twitter.com/fatego_usa

Kemudian juga, seperti game-game Fate series lainnya, desain karakter dari game “Fate/Grand Order” juga dibuat menarik dan keren. Karakter yang ada dibuat dengan cantik, ganteng, seksi, serta eye-catching sehingga akan membuat gamer terpikat untuk memainkan game ini.

Desain karakter yang menarik ‘kan? Sumber gambar: pinterest.com

Desain karakter yang menarik ‘kan? Sumber gambar: pinterest.com

Dan jangan lupakan “elemen untung-untungan” alias gacha. Karena bagian ini yang paling bikin kesal/happy dari game Fate/Grand Order buat sebagian gamernya. Gacha System adalah sebuah mekanisme ‘drawing item’. Sebenarnya sistem Gacha ini bukanlah hal baru, karena sudah diterapkan puluhan tahun lalu lewat ‘capsule toys dispenser’ yang banyak terdapat di Jepang. Namun, pada dasarnya sistem ini merupakan sebuah roulette yang mengandalkan nasib baik si pemain game pada saat itu. Sistem ‘Random Number Generator’ akan menentukan apakah gamer Fate/Grand Order akan mendapatkan karakter yang sesuai keinginan mereka, atau malah mendapatkan jenis karakter kelas SSR (alias Super Special Rare), atau bahkan hanya mendapatkan karakter ampas?

Contoh tampilan GUI di Fate/Grand Order. Sumber gambar: youtube.com

Contoh tampilan GUI di Fate/Grand Order. Sumber gambar: youtube.com

Sistem Gacha ini sedang populer; bahkan sering dijadikan lelucon dan meme di berbagai kalangan gamer. Komik online media sosial seperti “Ghosty Comic” misalnya; mereka beberapa kali melakukannya dalam komik mereka.

Jaret yang mencoba peruntungannya hari itu di gacha. Sumber gambar: ghosty-comic.com

Jaret yang mencoba peruntungannya hari itu di gacha. Sumber gambar: ghosty-comic.com

Jadi intinya, game serial Fate mengalami evolusi mulai dari format ‘adult visual novel’ di PC dengan judul “Fate/Stay Night”, hingga saat ini dalam bentuk game RPG Online berjudul “Fate/Grand Order”.

Tidak hanya dua judul tadi, ada beragam jenis game “Fate” lainnya di luar sana. Dalam berbagai format, dan di berbagai platform. Termasuk manga dan dojinshi. Tema mereka beragam, namun biasanya tetap mengikuti format plot dan karakter populer dari serial Fate itu sendiri.

Seperti Saber, misalnya. Saya pikir dia yang paling populer dan monumental dari serial “Fate” ini.

Saber dari serial Fate. Sumber gambar: vsbattles.wikia.com

Saber dari serial Fate. Sumber gambar: vsbattles.wikia.com

Kalau bro sis berminat untuk mulai memasuki dunia game “Fate” series ini, bro sis bisa mulai dari mana saja. Bisa dari ‘adult visual novel’-nya, game console-nya, atau langsung ke yang saat ini populer di kalangan fans: yaitu game RPG Online mobile phone “Fate/Grand Order”. Dan siapkan diri bro sis dalam pertempuran sengit sampai mati di “Holy Grail Wars” antar Masters dengan Servants mereka!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Wonder Boven Wonder: Serasa Kembali ke Jaman Dulu!

Tuan, Nona, apakah Anda tidak penasaran, kira-kira apa aja ya yang terjadi 100 tahun yang lalu di Indonesia?.. more

Istilah Komik Dari Berbagai Belahan Dunia

Mau tahu istilah komik yang macem-macem dan aneh-aneh dari berbagai bahasa di dunia? Baca artikel ini!.. more

[COMIC HACK] Belajar Digital Coloring Bersama Beny Maulana Yuk!

Terdapat tiga rumus dasar yang harus diperhatikan saat mewarnai... more

Siap-siap, Komik Terbaru Vandaria Saga “Red Deimos” Akan Diluncurkan

Komik terbaru dari seri Vandaria Saga akan segera diluncurkan di CIAYO Comics. Dengan judulnya yaitu Red Deimos, komik i.. more

Marvel’s The Defenders. Sumber gambar: inquisitr.com

Marvel’s The Defenders vs Marvel’s The Avengers

Teman-teman yang doyan baca komik Amrik atau nonton film Hollywood sepertinya sudah mengenal nama “The Avengers”. Se.. more