Fenomena Overwork di Korea yang Semakin Parah

2 months ago
Sumber: money.cnn.com

Gak cuma Indonesia yang merayakan imlek, di Korea Selatan juga ikut merayakan, lho! Di Korea, Imlek ini disebut sebagai 설날(Seollal) yang berarti Lunar New Year. Tradisi ini mengharuskan mereka untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. Di hari Seollal ini, orang akan datang ke makam leluhur dan keluarga yang sudah meninggal, lalu berdoa untuk mereka.

Sayangnya, gak semua orang bisa menikmati hari libur ini. Kamu pasti pernah dengar kan kalau orang Korea adalah masyarakat yang sangat bekerja keras? Nah, menurut berita di Korea sendiri, ada banyak sekali warganya yang rela menghabiskan waktu liburan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Hal ini yang disebut sebagai 과로하다(gwarohada) atau overwork alias kerja berlebihan.

Sumber: theculturetrip.com

Sumber: theculturetrip.com

Seketika pasti langsung pada inget sama para idol dan aktor ataupun aktris Korea, kan? Tapi gak usah jauh-jauh mikir sampai kesana. Fenomena lembur kayak gini gampang banget ditemukan, contohnya di perusahaan – perusahaan Korea. Kadang, meskipun perusahaan sudah memberikan waktu libur, justru karyawannya yang berinisiatif sendiri untuk lembur demi mendapatkan bonus gaji. Hal ini dikarenakan  biaya hidup di Korea yang relatif tinggi, jadi masyarakatnya harus bekerja keras. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk keluarga.

Budaya overwork ini bahkan sudah diterapkan sejak masih remaja. Di mana semua anak sekolah dituntut untuk belajar lebih dari 14 jam sehari. Setelah pulang sekolah, mereka harus pergi les. Sementara untuk anak SMA atau mahasiswa, mereka melakukan kerja part-time hingga malam. Jadi gak usah kaget kalau saat kalian berkunjung ke sana, kalian akan bertemu dengan pelajar di malam hari.

Remaja di Korea Selatan (Sumber: beyondhallyu.com)

Remaja di Korea Selatan (Sumber: beyondhallyu.com)

Secara hukum, di Korea selatan seorang karyawan diperbolehkan bekerja hingga 40 jam per-minggu. Ironisnya menurut survey, orang Korea bekerja rata-rata 53 jam per-minggu. Belum lagi ditambah hari libur yang dipakai untuk bekerja.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae In (Sumber: time.com)

Presiden Korea Selatan, Moon Jae In (Sumber: time.com)

Biasanya karyawan yang overwork ini memiliki pekerjaan yang memiliki dateline atau project terus-menerus, seperti perusahaan software atau game development. Baru aja bulan Januari lalu, ketua dari departemen perekonomian negara di Korea, Jung Ki Joon, dikabarkan meninggal dalam tidur karena jantungnya berhenti. Dugaan terkuat adalah karena overwork dan stress dalam pekerjaannya. Peristiwa overwork ini gak hanya terjadi di Korea, aja. Tapi juga di Jepang dan Cina.

Sumber: asiaone.com

Sumber: asiaone.com

Di Jepang, peristiwa ini dinamakan karoshi (meninggal karena overwork). Penyebab utamanya bisa karena serangan jantung mendadak, stroke, atau depresi dan memilih untuk bunuh diri.

Presiden Korea Selatan yaitu Moon Jae In sedang berusaha untuk membuat peraturan hukum baru mengenai permasalahan ini. Dengan cara memotong waktu kerja yang kenyataannya sampai 68 jam per-minggu menjadi maksimal 50 jam-an saja. Banyak orang yang berpendapat kalau usulan ini sebenarnya kurang realistis karena kenyataannya banyak perusahaaan yang lebih memilih untuk mempekerjakan karyawan lembur dibanding menambah jumlah karyawan.

Meskipun begitu, pemerintahan Korea berusaha untuk mencari jalan keluar dari permasalahan ini secepatnya. Karena permasalahan ini ternyata juga ikut menjadi alasan dari kecilnya angka kelahiran baik di Korea maupun Jepang.

Kira-kira menurut kalian gimana? Masih mau coba tinggal di sana?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

youtube.com

Fans Membuat Petisi Untuk Me-Remake Film Star Wars: The Last Jedi; Perlu Atau Tidak?

Petisi yang menuntut remake The Last Jedi demi menebus karakter.. more

00 comic frontier x d

Seru-seruan Bareng CIAYO Comics Di Comic Frontier X!

CIAYO Comics akan hadir di Comic Frontier X; event kreatif, pop culture, dan doujinshi Indonesia. Bakal ada meet and gre.. more

Sumber: www.dccomics.com

Review “Batman Gotham By Gaslight”: Misteri Pembunuhan Berdarah Jack The Ripper

Spin-off dari cerita Batman terus dikembangkan, baik dalam bentuk komik ataupun film animasi. Kali ini Batman hadir deng.. more

Para pemenang CIAYO Comics Awards (CIAYO Pictures)

Tantangan dan Harapan Komikus Indonesia

Gak hanya merayakan hari ulang tahun CIAYO yang sudah berumur satu tahun, event CCC atau CIAYO Comics Club juga menjadi .. more

Sumber gambar: gonintendo.com

Game Nintendo Switch & 3DS Yang Akan Menyerbu Pasar Tahun 2018, Part. II

Berikut beberapa judul game untuk Nintendo Switch dan Nintendo 3DS yang akan menyerbu pasar game dunia. [PART II].. more