FIFA Battle Royale? Mode Baru FIFA 19 Ini Bikin Beda Dari PES!

2 months ago
00-d-fifa-19

Bertahun tahun, perseteruan antara game sepak bola FIFA dan PES seakan nggak ada habisnya. Tahun ini pun game terbaru mereka, FIFA 19 dan PES 2019 akan kembali bertarung untuk mencari tahu game sepak bola mana yang terbaik.

Sebelumnya dilaporkan bahwa PES kehilangan lisensi resmi dari UEFA, badan sepak bola Eropa. Yang artinya, gamer PES nggak bisa lagi memainkan Liga Champions dan Liga Eropa di game terbaru PES. Dan nampaknya, PES 2019 juga tidak menghadirkan berbagai fitur mencengangkan yang bisa membuatnya beda dengan FIFA 19.

Baca Juga: Setelah 10 Tahun, Lisensi UEFA Untuk PES Tidak Dilanjutkan

fifa 19 kick off

Kick Off di FIFA 19 akan lebih mengasyikkan dengan fitur baru. Sumber: EA Sports

Hal ini semakin dimantapkan lewat fitur game baru yang dikenalkan dalam FIFA 19. EA Sports memperkenalkan fitur baru FIFA 19 bernama House Rules. Fitur ini menambah berbagai peraturan baru di mode Kick Off. Lewat House Rules, gamer bisa mencoba berbagai tantangan unik selama memainkan game.

House Rules punya lima mode utama. Pertama ada Survival, mode ala “battle royale” dimana setelah mencetak gol, satu pemain dari tim gamer (kecuali kiper) akan dikirim ke luar lapangan. Misalnya jika memulai pertandingan dengan 11 pemain, maka setelah memasukkan 1 gol pemain di lapangan akan berkurang menjadi 10 pemain saja. Ada lagi No Rules dimana wasit tidak akan menghentikan pertandingan jika terjadi offside dan pelanggaran apapun. Wasit juga tidak akan memberikan kartu kuning dan merah pada setiap pelanggaran.

fifa 19 house rules

Beberapa mode baru dalam Kick off. Sumber: EA Sports

Dalam Long Range, pemain yang melesakkan gol di luar kotak penalti, skornya akan dihitung dua. Kemudian di First To…, gamer hanya bisa memenangkan pertandingan apabila memenuhi kriteria tertentu saja (meraih golden goal, lebih dulu memasukkan 3 gol, dll). Dan dalam Header & Volleys, pemain hanya bisa memasukkan gol dari sundulan atau tendangan voli.

Selain House Rules, FIFA 19 menambahkan settingan lain dalam mode Kick Off. Misalnya ada Best Of Series dimana gamer bermain dalam 3-5 pertandingan. Siapa yang berhasil menang lebih banyak akan jadi pemenangnya. Ada juga sistem Home & Away dimana gamer bermain secara kandang dan tandang. Pemenangnya ditentukan dari skor agregat.

fifa 19 champions

Liga Champions jadi fitur utama dari FIFA 19. Sumber: Engadget

Fitur terakhir yang ditambahkan ke dalam mode Kick Off adalah Cup Final. Di mode ini gamer bisa bermain dalam suasana final kompetisi sepak bola seperti final Liga Champions, Liga Eropa, Piala FA, dan kompetisi lainnya.

Bicara soal Liga Champions, gamer juga bisa memilih mode Liga Champions untuk bermain dalam suasana pertandingan sepak bola kasta tertinggi di Eropa tersebut. Gamer bisa memilih untuk memainkan satu pertandingan di fase grup, babak knockout, hingga final.

FIFA 19 Masih Punya Banyak Fitur Tambahan

fifa 18 the journey

Alex Hunter bersama Thierry Henry di FIFA 18. Seperti apa perjuangan Alex di FIFA 19? Sumber: SegmentNext

Itu sajakah fitur terbaru dari FIFA 19? FIFA 19 memantapkan sistem kontrol dari FIFA 18, mulai dari bagaimana pemain mengendalikan bola, duel dengan pemain lain, teknik finishing, hingga sistem taktik. Mode Ultimate Team semakin dimantapkan, dan gamer juga bisa menyaksikan akhir dari trilogi perjalanan Alex Hunter yang mencoba menjuarai Liga Champions dalam story mode The Journey: Champions.

Meski demikian, fitur-fitur ini nggak lantas membuat FIFA 19 lebih baik dari PES 2019. Setiap gamer punya kecocokannya sendiri: mereka yang main PES suka dengan kontrolnya yang menantang dan realistis; sementara mereka yang main FIFA suka dengan atmosfir pertandingan yang otentik selayaknya mereka ada di stadion dan menonton pertandingan di dunia nyata.

Baca Juga: Winning Eleven/Pro Evolution Soccer: Game Wajib Sejuta Umat Gamers PS Indonesia

FIFA 19 akan rilis tanggal 28 September 2018. Apa kamu akan memainkan FIFA 19 atau PES 2019?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Isle Of Dogs: Propaganda Historis untuk Memanipulasi Massa Melalui Xenofobia

Wes Anderson membuat film animasi stop motion lagi? Gimana pendapat kalian? Sudah jelas ini merupakan hal yang sangat me.. more

00-d-sonic-the-hedgehog

Tanggal 23 Juni Nanti, Sonic Berulang Tahun Ke-27

Di tanggal 23 Juni nanti, maskot Sega, Sonic the Hedgehog akan berulang tahun ke-27. Apa saja yang telah diraih si landa.. more

Boss WhatsApp Hengkang Dari Facebook – Ada Apa?

Pendiri WhatsApp Jan Koum mengundurkan diri dari perusahan yang ia bina, menyusul rekannya Brian Acton. Ada apa gerangan.. more

00-d-reverse-project

Reverse Project: Kisah Post Apocalypse Dalam Sajian Artwork dan Musik

Reverse Project menggabungkan elemen ilustrasi dan musik untuk menyampaikan cerita bertema post apocalypse... more

00-d-roger-moore-james-bond

James Bond Versi Roger Moore: Dari Yang Terjelek Sampai Terbaik

Roger Moore adalah salah satu aktor James Bond populer karena konsistensinya. Film mana yang menampilkan James Bond terb.. more