10 Film yang Sering Dianggap Sebagai Film Terkutuk, Faktanya Bikin Merinding!

5 months ago
Sumber: grunge

Istilah “Cursed Movie” atau film yang dikutuk, mungkin terdengar sangat konyol atau dibuat-buat. Namun believe it or not, istilah ini nyatanya memang ada dan nyata bro sis. Istilah ini biasanya diasosiasikan dengan sebuah film yang tanpa direncanakan atau diduga-duga, memiliki proses behind the scene yang diwarnai oleh peristiwa-peristiwa menyeramkan / mistis baik ketika syuting sedang berlangsung atau ketika filmnya sudah dirilis.

Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, istilah ini juga kerap diasosiasikan dengan film yang proses behind the scene atau setelahnya diwarnai oleh peristiwa-peristiwa buruk (non-mistis) yang terjadi begitu saja secara misterius.

Hingga detik ini, terdapat lumayan banyak film yang kerap dicap sebagai film yang dikutuk / terkutuk. Dan berikut adalah 10 diantaranya. Siap-siap merinding disko ya bro sis!

1. The Man Who Killed Don Quixote (Masih Dalam tahap pengembangan)

Sumber: Criticalhit

Sumber: Criticalhit

Kalau bro sis masih menganggap game hit The Last Guardian (2016) adalah contoh dari “development hell” yang teramat sangat di seluruh industri hiburan, sepertinya kini kalian harus menghilangkan anggapan tersebut.

Pasalnya, film milik sutradara Terry Gillam (Fear and Loathing in Las Vegas) ini, memiliki rentang waktu pengembangan yang jauh lebih lama ketimbang game tersebut. Spesifiknya, kalau The Last Guardian memakan waktu pengembangan selama 9 tahun, maka film ini terhitung, sudah memakan waktu hampir 20 tahun lamanya!

WOW kok bisa selama itu ya? Usut punya usut, ternyata ini dikarenakan peristiwa demi peristiwa buruk yang kerap mewarnai proses produksinya. Diawali dengan suara fighter jet bising yang otomatis membuat proses syuting tertunda, peristiwa demi peristiwa buruk lainnya pun ikut menyusul.

Banjir yang otomatis menghancurkan seluruh properti di lokasi syuting, kesulitan finansial hingga aktor Jean Rochefort (Who is Killing the Great Chefs of Europe?) yang dijadwalkan untuk memerankan Don Quixote, mengalami cedera tulang belakang parah setelah melakukan pengambilan gambar berkuda.

Terlepas telah 8 kali gagal untuk memproduksi film ini, Gillam tetap tidak menyerah. Dan terbukti, kegigihannya ini terbayarkan ketika film ini akhirnya melakukan syuting perdananya di awal 2017 lalu dengan Jonathan Pryce (Pirates of the Caribbean) sebagai Don Quixote-nya.

Bahkan menurut Gillam, proses syuting sudah hampir selesai loh bro sis. Wah, syukur deh kalau begitu. Semoga saja film ini akhirnya nanti bisa dirilis tanpa ada masalah yang aneh-aneh lagi.

2. Superman (1978)

Sumber: Rotten Tomatoes

Sumber: Rotten Tomatoes

Siapa yang mengira kalau memerankan sosok pahlawan super pembela kebenaran, justru malah menjadi petaka bagi seluruh aktor yang memerankannya? Yap, tercatat sejauh ini hampir seluruh aktor yang memerankan si manusia baja berakhir dengan kematian atau karirnya tidak berkembang sama sekali.

Pertama tentunya adalah pemeran Superman pertama, Kirk Alyn yang mana, setelah memerankan Clark Kent di Superman (1948), karir aktingnya hanyalah berada di sekitar ranah film Superman saja.

Kemudian ada George Reeves yang setelah tampil di Superman and the Mole Man (1951), tewas ditembak oleh penembak misterius. Dan tentunya, ada the one and only, Christopher Reeve yang setelah tampil di 4 film Superman pertama, mengalami kelumpuhan setelah jatuh dari kuda.

Sejauh ini memang, nama-nama pemeran Superman lain seperti: Dean Cain (Lois & Clark: The New Adventures of Superman), Tom Welling (Smallville), Brandon Routh (Superman Returns) dan Henry Cavill (Man of Steel), masih sehat walafiat dan masih terus akting.

Namun terkecuali Cavill. Cain, Routh, dan Welling, sayangnya tidak memiliki perkembangan karir yang signifikan. Routh, kini memang sukses memerankan superhero DC lainnya, Ray Palmer AKA Atom di seri Arrowverse, Legends of Tomorrow, tapi ya that’s it bro sis, perkembangan karirnya hanya di sekitar ranah adaptasi komik DC saja.

Dan sekali lagi percaya atau tidak, hingga kini masih banyak yang berasumsi bahwa karir datar yang dialami oleh Routh ini terjadi karena dirinya memerankan Supes di Superman Returns (2006) dulu.

3. The Wizard of Oz (1939)

Sumber: Publicbroadcasting

Sumber: Publicbroadcasting

Siapa sangka bahwa film drama fantasi anak hit yang notabene tidak berbau horor atau mistis ini, justru memiliki kisah di belakang layar yang mengerikan?

Pertama ada aktor pemeran Tin Man, Bobby Ebsen yang mengalami komplikasi paru-paru yang diakibatkan efek dari make-up yang dikenakannya. Lalu pemeran penyihir jahat AKA The Wicked Witch of the West, Margaret Hamilton menderita luka bakar serius setelah terkena efek dari kecelakaan pyrotechnics.

Mungkin bro sis menganggap hal tersebut hanya kecelakaan semata dan bukan berarti film yang mempopulerkan lagu Over the Rainbow ini, dikutuk. Tetapi, percaya atau tidak bertahun-tahun kemudian (setelah filmnya dirilis), peristiwa mengerikan kembali menimpa 2 bintang lainnya.

Spesifiknya, pemeran Oz, Frank Morgan yang mengalami kecelakaan mobil fatal serta tentunya pemeran Dorothy Gale, Judy Garland, yang meninggal karena overdosis di tahun 1969.

Dan setelah membaca dua peristiwa buruk terakhir tersebut, rasanya sekali lagi sangatlah wajar, apabila film ini dianggap sebagai salah satu film yang dikutuk.

4. The Dark Knight Trilogy (2005-2012)

Sumber: Legion of Leia

Sumber: Legion of Leia

To be fair, ya bro sis film pertama dari trilogi ini, Batman Begins (2005) tidaklah memiliki cerita-cerita seram baik di balik layar maupun setelah filmnya dirilis. Namun justru peristiwa-peristiwa real-life mencekam barulah terjadi di dua sekuel selanjutnya, The Dark Knight (2008) dan The Dark Knight Rises (2012).

Mari kita bahas dulu yang The Dark Knight. Terlepas film ini dianggap sebagai film live-action Batman terbaik sejauh ini, nyatanya film ini memiliki kisah-kisah di balik layar yang benar-benar bikin merinding.

Pertama, adalah peristiwa kematian yang dialami oleh salah stau stuntman yang meninggal di Cina setelah truk yang dikendarainya hancur. Lalu, pemeran Lucius Fox, Morgan Freeman mengalami kecelakaan mobil yang sangat parah. Untunglah nyawanya masih bisa terselamatkan.

Dan tentunya yang paling top adalah peristiwa kematian tragis yang dialami oleh pemeran Joker terbaik sejauh ini, Heath Ledger. Akan tetapi bro sis, terlepas peristiwa-peristiwa ngeri ini sudah terjadi, sayangnya banyak audiens dan fans yang menggap ini adalah kecelakaan biasa dan bukan berarti film ini dikutuk.

Namun, ketika peristiwa penembakan seluruh penonton  yang sedang menyaksikan The Dark Knight Rises di bioskop Century 16 Cinema, Aurora, Colorado terjadi 4 tahun kemudian, barulah audiens dan fans yakin bahwa proyek Batman milik Christopher Nolan ini memanglah dikutuk.

5. Rebel without a Cause (1955)

Sumber: Letterboxd

Sumber: Letterboxd

Mungkin pada awalnya, bro sis beranggapan bahwa seharusnya saya tidak menyertakan film ini ke dalam daftar mengingat, peristiwa menyedihkan yang terjadi paska film ini hanyalah kematian bintang utamanya saja, James Dean.

Akan tetapi bro sis, setelah ditelusuri, ternyata memang bukanlah Dean saja yang mengalami peristiwa buruk setelah perilisan Rebel without a Cause ini. Pemeran John Crawford, Sal Mileno, mengalami “macet karir” paska film ini.

Pada tahun 1976, ketika baru saja memulai permulaan yang baru nan segar dalam karirnya, Mileno tewas ditusuk oleh pengantar Pizza, Lionel Ray Williams. Walau Williams di persidangan mengatakan bahwa dirinya tidak sadar bahwa Mileno adalah seorang aktor, tetap saja akibat perbuataannya ini, dirinya dihukum kurungan penjara selama 57 tahun.

Selain Williams, pemeran Judy yang menjadi love-interest karakter Jim Stark yang diperankan oleh Dean, Natalie Wood, jugalah mengalami peristiwa buruk atau malah bisa dibilang hampir sama tragisnya dengan Dean.

Ketika sedang menjalani syuting film Brainstorm (1983), Wood yang kala itu sedang off syuting, melakukan plesir kapal bersama suaminya Robert Wagner dan rekan mainnya, Christopher Walken ke Pulau Santa Catalina yang terletak di California, Los Angles, AS.

Entah bagaimana kronologis pastinya, yang jelas ketika sedang melakukan perjalanan, Wood tiba-tiba ditemui telah tewas tenggelam di pulau tersebut. Gilanya, hingga detik ini, motif mutlak dari kematian Wood, belumlah diketahui lagi walau, baru-baru ini, pihak kepolisian telah memberikan status “Person of Interest” terhadap Wagner.

6. Poltergeist Trilogy (1982-1988)

Sumber: drafthouse

Sumber: drafthouse

Bukan bro sis. Ini bukan remake filmnya yang dirilis pada tahun 2015 itu. Melainkan ini adalah film orisinilnya yang super populer itu. Dan siapa sangka, film horor supranatural yang menurut saya pribadi tidak seram sama sekali ini, memiliki kisah menyeramkan di balik pembuatannya?

Ya, tercatat dua bintang utamanya, Dominique Dunne dan Heather O’ Rourke meninggal dunia setelah menyelesaikan film yang diproduseri oleh sutradara top, Steven Spielberg (Jurassic Park) ini.

Dunne yang memerankan Dana Freeling, meninggal pada tanggal 4 November 1982 setelah dicekik hingga tewas oleh kekasihnya sendiri kala itu, John Thomas Sweeney.  Dunne meninggal di usia 22 tahun.

Sedangkan pemeran karakter vital seri ini, Carol Anne Freeling, O’ Rourke meninggal ketika masih menjalankan syuting Poltergeist III (1988) setelah menderita penyakit radang usus akut. O’ Rourke meninggal di usia 12 tahun.

Selain keduanya, dalam beberapa bulan / tahun selanjutnya, terdapat aktor-aktor lain dari film ini yang juga ikut meregang nyawa. Banyak yang mengatakan bahwa salah satu penyebab utama terjadinya kutukan seri ini adalah dikarenakan di salah satu adegan di film pertamanya, film ini menggunakan tengkorak (skeleton) sungguhan dan bukannya tengkorak properti (mainan).

7. The Exorcist (1973)

Sumber: WhatCulture

Sumber: WhatCulture

Apabila film bro sis dianggap sebagai salah satu film terseram sepanjang masa, maka sangatlah aneh bila film bro sis, tidak memiliki peristiwa mistis nan menyeramkan ketika sedang syuting maupun setelah filmnya dirilis.

Namun untungya (well, tidak untung juga sih), The Exorcist memiliki itu semua. Pertama, beberapa aktor dan kru yang mengerjakan film ini meninggal dunia  ketika dan setelah mengerjakan filmnya.

Lalu, tanpa dingana nan diduga-duga, terjadi kebakaran hebat di rumah yang dipakai sebagai lokasi rumah keluarga McNeil di film ini. Anehnya bro sis, kamar yang ditempati oleh karakter utama film ini, Regan MacNeil (Linda Blair), tidaklah terkena kobaran api sama sekali.

Seakan kedua hal tersebut belum cukup menyeramkan, ketika akhirnya film ini premier pada tanggal 26 Desember 1973 di AS, seluruh audiens yang menyaksikan film ini, mengalami berbagai macam masalah yang cukup mengerikan seperti: pingsan, jerit-jerit sendiri, muntah-muntah dan bahkan menurut rumor, ada yang kesurupan seperti karakter Regan di filmnya.

Ketika premier di Itali, salib di salah satu gereja, tiba-tiba tersambar petir yang tentunya membuat salib menjadi terbakar.

8. Rosemary’s Baby (1968)

Sumber: Bloody-Disgusting

Sumber: Bloody-Disgusting

Salah satu film horor terseram di tahun 60an ini, tidak hanya terkenal karena filmnya yang keren dan ikonik saja, Rosemary’s Baby jugalah terkenal karena kisah behind the scene yang mengerikan.

Produser William Castle terkena penyakit ginjal setelah film ini dirilis pada tanggal 12 Juni 1968. Ngerinya bro sis, ketika dirinya dijenguk oleh salah satu kerabatnya, Castle tanpa diduga langsung berteriak “Rosemary, for god’s sake drop that knife”.

Satu tahun kemudian, komposer Krzysztof Komeda, meninggal dunia setelah mengalami pembekuan pembuluh darah di otak. Ngerinya, penyebab kematiannya tersebut sama persis dengan penyebab kematian salah satu teman Rosemary di filmnya.

Dan mungkin peristiwa mengerikan terkenal yang terjadi paska film ini adalah tewasnya istri sutradara Roman Polanski, Sharon Tate, yang dibunuh oleh geng pimpinan psikopat terkenal, Charles Manson.

9. The Omen (1976)

Sumber: Dailystar

Sumber: Dailystar

Dengan judul dan tampang Harvey Spencer Stephens yang super creepy sebagai Damien Thorn, wajarlah apabila pembuatan The Omen dibumbui oleh peristiwa-peristiwa mengerikan di dalamnya.

Pertama, pemeran Robert Thorn, Gregory Peck, mengalami insiden yang cukup mengerikan ketika pesawat yang ditumpanginya untuk ke lokasi syuting, tersambar petir yang membuat mesin pesawat terbakar.

Untunglah, pesawat masih bisa melanjutkan pendaratan. Seakan belum cukup sampai di situ, entah ketika atau setelah menyelesaikan syuting film ini, anak kandung Gregory, Jonathan Peck, tiba-tiba meninggal dunia. Menurut kabar, Jonathan meninggal karena bunuh diri.

Selain itu, di hari pertama syuting, seluruh kru yang menangani film ini, tiba-tiba mengalami kecelakaan mobil dan beberapa hari kemudian, salah satu anjing yang ada di set, tiba-tiba menyerang salah satu krunya.

Lalu bagaimana dengan Stephens sendiri? Dapat ditebak dirinya pun juga terkena kutukan film ini. Selain tidak bisa menemukan kesuksesan lagi paska peran Damian-nya yang ikonik, baru-baru ini dirinya terkena masalah hukum serius.

Spesifiknya, Stephens harus mendekam 1 tahun dibalik bui setelah berkelahi hebat dengan dua pengendara sepeda motor di tengah jalan.

10. Atuk (tidak pernah diproduksi bahkan dirilis)

“Atuk? Belum pernah dengar sepertinya” Wajar apabila bro sis berkata demikian. Pasalnya film yang diadaptasi dari novel karya Mordecai Richler yang berjudul The Incomparable Atuk ini, belum atau lebih tepatnya disini, tidak pernah diproduksi sama sekali.

Alasannya, setiap aktor sekaligus komedian yang menyatakan ketertarikannya untuk memerankan Atuk, entah itu langsung atau beberapa bulan kemudian, meninggal dunia dengan penyebab yang berbeda-beda.

Aktor pertama yang menyatakan ketertarikannya adalah John Belushi yang beberapa bulan setelah membaca dan bahkan membantu sedikit pembuatan naskah adaptasinya, meninggal dunia akibat overdosis.

Selanjutnya adalah komedian Sam Kinison yang meninggal akibat kecelakaan mobil setelah mendatangi lokasi syuting. Namun diantara dua nama tersebut, tidaklah dipungkiri bahwa sosok komedian 90an, Chris Farley dan pentolan SNL Phil Hartman yang paling menyita perhatian.

Kedua aktor ini (di waktu terpisah) sama-sama meninggal setelah ditawari naskah film ini. Farley meninggal pada tahun 1997 akibat overdosis, sedangkan Hartman meninggal pada tahun 1998 setelah ditembak oleh istrinya sendiri, Brynn Omdahl.

Melihat peristiwa-peristiwa ini, maka tidaklah mengherankan sama sekali apabila Hollywood, hingga detik ini sangat enggan untuk merealisasikan proyek adaptasi Atuk yang otomatis, membuat film ini dikenal sebagai proyek film paling terkutuk di dalam sejarah.

————————

Nah bro sis, itulah tadi 10 film atau proyek film yang dianggap terkutuk / dikutuk. Sekali lagi terlepas bro sis percaya atau tidak, nyatanya kesepuluh peristiwa menyeramkan ini mengalah terjadi. Sekarang, bagaimana pendapat kalian terkait pembahasan ini? Apakah kalian lumayan merinding ketika membacanya? Silahkan sampaikan komentarnya ya!

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Sumber: grunge

10 Film yang Sering Dianggap Sebagai Film Terkutuk, Faktanya Bikin Merinding!

Siapa yang mengira kalau memerankan sosok pahlawan super pembela kebenaran, justru malah menjadi petaka bagi seluruh akt.. more

Festival Mesin Waktu

Naik Mesin Waktu Bersama Generasi 90an

Bro sis yang ngaku generasi 90an, gimana rasanya kalau diajak nostalgia ke jaman dulu nih? Masih ingat gak kira-kira keb.. more

5 Gaya Vlog Kids Zaman Now Ini Dijamin Bakal Bikin Ngakak!

Kesuksesan para Vloggers sepertinya berhasil menginspirasi para Kids Zaman Now untuk membuat Vlog juga. Jenis videonya p.. more

Sumber : CIAYO Comics

Pakdhe & Geng Bhinneka, Problematika Indonesia yang Dikemas dengan Santai

Pakdhe dan Geng Bhinneka, komik lokal yang membahas problematika di Indonesia. .. more

Lightstick

World War Z atau Fanwar, Lebih Seram Mana?

Bro sis punya idola? Atau kepikiran untuk menjadi seorang artis? Biasanya ketika kita mengidolakan seorang idol atau art.. more