Film Anime Robot Mazinger Z Terbaru Akan Tayang Januari 2018

9 months ago
Sumber: youtube.com

Pengen tau seberapa populer dan berpengaruhnya manga/anime “Mazinger Z” di kalangan fans di Jepang? Hanya dengan launching poster promosi film terbaru, Mazinger Z sudah cukup membuat fans yang berjubel di distrik Roppongi, Tokyo bersorak sorai dengan gembira menyambut pengumuman tersebut.

Poster film terbaru Mazinger Z / Infinity. (Sumber gambar: facebook.com/MazingerZ.Infinity0113)

Poster film terbaru Mazinger Z / Infinity. (Sumber gambar: facebook.com/MazingerZ.Infinity0113)

Mazinger Z memang termasuk judul legendaris di dunia manga dan anime dunia. Manga Mazinger Z digambar serta ditulis sekaligus oleh mangaka senior Go Nagai. Go Nagai bukanlah nama asing di dunia manga serta anime. Selain Mazinger Z, karya Nagai-sensei lainnya yang populer antara lain Devilman & Cutie Honey.

Beliau juga dianggap sebagai sesepuh pencipta genre super robot dengan mecha yang di piloti / kendarai oleh manusia. Mazinger Z juga merupkan cikal bakal berbagai robot dengan karakteristik yang sama dalam genre super robot.

Go Nagai adalah pencipta genre Super Robot. (Sumber gambar: manga-audition.com)

Go Nagai adalah pencipta genre Super Robot. (Sumber gambar: manga-audition.com)

Mazinger Z dalam format manga pertama kali rilis tahun 1972 lewat serialisasi majalah manga Weekly  Shonen Jump. Sementara anime-nya muncul tahun 1972 hingga 1974 di saluran televisi Fuji TV. Mazinger Z juga mendapatkan sekuel serta spin-off sepanjang penerbitannya seperti Great Mazinger, UFO Robot Grendizer dan Mazinkaiser. Semuanya tetap dalam format / genre super robot.

Anime ini rilis tahun 1972. (Sumber gambar: pinterest.com)

Anime ini rilis tahun 1972. (Sumber gambar: pinterest.com)

Plot dari Mazinger Z pada dasarnya adalah perseteruan pihak baik dengan pihak jahat. Keduanya memiliki senjata yang sama kuat serta canggih berbentuk robot yang dapat dipiloti dari dalam robot itu sendiri.

Go Nagai pernah menyatakan kalau dia sangat menyukai manga Tetsuwan Atom serta Tetsujin-28 yang secara tidak langsung menjadi inspirasinya saat menciptakan Mazinger Z. Saat itu konsep “robot yang dikendalikan manusia seperti menyetir mobil” belum terpikirkan oleh mangaka lain, dan Go Nagai dapat dikatakan sebagai mangaka pertama yang punya ide se-ekstrem itu.

Tapi terbukti konsepnya berhasil, dan menjadi sebuah genre yang terus hidup dan populer hingga hari ini di berbagai belahan dunia. Tidak hanya di Jepang, genre super robot memiliki basis fans sangat besar di banyak negara; termasuk Indonesia.

Pionir robot dengan pilot di dalam badan robot. (Sumber gambar: alfaris.net)

Pionir robot dengan pilot di dalam badan robot. (Sumber gambar: alfaris.net)

Mazinger juga punya peran penting di video game, seperti di game serial “Super Robot Wars” keluaran Banpresto. Game battle simulation ini sejak era “Super Famicom” merupakan game yang keren dalam hal teknikal dengan grafis. Apalagi suasana anime peperangan antar robot yang keren banget.

Rocket Punch!! (Sumber gambar: youtube.com)

Rocket Punch!! (Sumber gambar: youtube.com)

Bahkan sutradara Guillermo Del Toro pernah mengatakan kalau salah satu inspirasi dia saat membuat Pacific Rim adalah Mazinger Z, berhubung populernya serial itu di Mexico saat era 80an.

Desain Jaeger terinspirasi Mazinger Z. (Sumber gambar: miradasdecine.es)

Desain Jaeger terinspirasi Mazinger Z. (Sumber gambar: miradasdecine.es)

Produk terakhir dari Mazinger Z yang beredar adalah spin-off berjudul “Mazinkaiser SKL” yang berbentuk OVA dan rilis tahun 2011. Sambutannya cukup lumayan dan mampu menjaga hype nama Mazinger agar tetap menyala di tengah sesaknya persaingan genre super robot saat ini.

Desain lebih garang. (Sumber gambar: mazinger.wikia.com)

Desain lebih garang. (Sumber gambar: mazinger.wikia.com)

Kabar baiknya, penggemar Mazinget akan dimanjakan kembali dengan kemunculan film anime Mazinger Z. Film ini jadi terasa penting karena inilah kali pertama Mazinger Z muncul lagi setelah 45 tahun berlalu. Film berjudul “Mazinger Z/Infinity” tersebut akan rilis di Jepang tanggal 13 Januari 2018 nanti.

Film ini dimaksudkan sebagai bagian dari perayaan 50 tahun karir Go Nagai sebagai mangaka profesional. Sementara kisah di film ini akan menceritakan soal pilot Mazinger Z, Koji Kabuto, yang harus mengambil keputusan penting yang akan menentukan nasib kemanusiaan.

Mazinger Z tampil lebih kinclong. (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Mazinger Z tampil lebih kinclong. (Sumber gambar: crunchyroll.com)

Untuk mempromosikan film ini, diadakan event khusus “YouTube Music with Ichiro Mizuki feat. Mazinger Z/Infinity” di Roppongi, Tokyo. Ichiro Mizuki sendiri adalah veteran penyanyi dengan lagu bertema anime Jepang, salah satunya anime Mazinger Z original dulu.

 Ichiro Mizuki kembali menyanyikan theme song Mazinger Z. (Sumber gambar: gonagaiworld.com)


Ichiro Mizuki kembali menyanyikan theme song Mazinger Z. (Sumber gambar: gonagaiworld.com)

Film Mazinger Z/Infinity ini diprediksi akan menjadi film terlaris di bulan Januari 2018 ini. Jadi kita tunggu saja laporan box office dari film Mazinger Z/Infinity ini ya, bro sis?

Atau bro sis mau pergi ke Jepang buat nonton? Cocoknya menginap di penginapan tradisional biar traveling-nya makin seru. Hehehe.

Trailer Mazinger Z/Infinity

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Yuk, Ikutan Voting dan Tentukan Juara CIAYO Comics Challenge!

CIAYO Comics Challenge udah masuk ke fase final. Yuk ikutan voting dan tentukan juaranya!.. more

(CIAYO Comics)

Setahun Perjalanan CIAYO Comics

Setahun sudah, CIAYO Comics sebagai platform komik digital Indonesia hadir dengan deretan komik-komik favorit. Para peci.. more

Sumber: www.thedailybeast.com

Pesona Novel-Novel Haruki Murakami yang Aneh, Getir, dan Sepi

Tahun 2017 kemarin mungkin saja menjadi tahun yang sangat besar bagi hidup Haruki Murakami, karena pertanda bahwa diriny.. more

Sumber: YouTube

Ternyata Lirik Lagu Havana Milik Camila Cabello Menyindir Donald Trump Loh!

Lirik lagu Havana ini sebenarnya secara tidak langsung (secara halus) menyindir dan mengkritik pemerintahan Presiden Ame.. more

00-d-Granblue-Summer-Fes-2018

Panasnya Granblue Summer Fes 2018 Dengan Berbagai Kolaborasi

Granblue Summer Fes 2018 telah berlangsung. Apa saja fitur baru yang diumumkan untuk game mobile super populer Granblue .. more