Bumi Manusia Difilmkan, Iqbaal Ramadhan Dapat Peran Utama!

4 months ago
00-d-film-bumi-manusia

Bumi Manusia merupakan salah satu karya novel paling berpengaruh di Indonesia. Ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer saat menjadi tahanan politik di Pulau Buru, buku pertama dari Tetralogi Buru ini mendapatkan respon positif dari para pembaca, diedarkan dan diterjemahkan ke dalam 43 bahasa, dan bahkan sempat dicekal peredarannya oleh pemerintah era Orde Baru (isi novelnya sebenarnya nggak berbahaya sih).

Sumber: Wow Keren

Sumber: Wow Keren

Setelah bertahun-tahun beredar di masyarakat, nampaknya sudah saatnya Bumi Manusia mendapatkan penghormatan yang pantas. Falcon Pictures mengumumkan adaptasi film dari novel Bumi Manusia.

film bumi manusia

Sumber: IDN Times

Produser Falcon Pictures, Frederica mengaku tersanjung mendapatkan kesempatan untuk memproduksi film Bumi Manusia. “Film Bumi Manusia adalah satu langkah ke depan yang penting buat Falcon Pictures. Dan ini jadi tantangan buat kami bagaimana film Bumi Manusia akan bisa diterima, bukan hanya oleh pencinta novel ini, tapi juga bisa diterima oleh penikmat film pada umumnya dan generasi muda sekarang,” ungkap produser yang sukses lewat film Warkop DKI Reborn dan My Stupid Boss ini.

Bumi Manusia yang bersetting di periode Kebangkitan Nasional ini berkisah tentang perjalanan Minke, anak pribumi yang bersekolah di sekolah elit HBS. Ia adalah sosok cerdas dan radikal yang berani menentang tradisi lama Jawa hingga diskriminasi teman-teman Eropa di sekolahnya.

Sumber: IDN Times

Sumber: IDN Times

Terpilih memerankan tokoh Minke adalah Iqbaal Ramadhan, yang sebelumnya tampil memukau dalam film Dilan 1990. Turut menemani Iqbaal adalah Mawar Eva sebagai Annelies, pasangan Minke. Keduanya ditantang untuk dapat berakting dalam tiga bahasa berbeda: Indonesia, Belanda, dan Jawa.

Sosok sutradara Bumi Manusia dipercayakan kepada Hanung Bramantyo. Ia mengaku film Bumi Manusia memiliki tantangan yang cukup sulit. “Saya harus bisa menyuguhkan film Bumi Manusia ini agar bisa diterima semua kalangan Bagi saya ini tidak mudah,” ujarnya.

Sumber: IDN Times

Sumber: IDN Times

Hal yang sama pun diamini oleh putri ketiga Pram, Astuti Ananta Toer. “Karya-karya Pram dibuat berdasarkan catatan sejarah, statistik, dan riset mendalam. Saya berharap, mungkin juga Pram, setelah menonton film ini penonton akan diberikan kekuatan agar lebih berani, mencintai keadilan dan kebenaran, berpihak kepada yang benar, berpihak kepada yang adil, dan mencintai keindahan,” ungkap Astuti.

Untuk mengejar keotentikan film Bumi Manusia, proses syuting akan segera dimulai bulan Juli 2018, dengan lokasi di Yogyakarta, Semarang, dan juga Belanda. Tentunya sangat menarik karena akhirnya sineas Indonesia mulai berani membuat film adaptasi dari karya sastra yang berat dan sangat berpengaruh. Akankah film Bumi Manusia sukses? Mari kita nantikan.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Yogadanu: Di Balik Kesuksesan Soekirman, Mbok De dan Galaxin

Ga cuma pinter bikin cerita, tapi pria kelahiran Bogor ini memang pandai dalam mengelola Intellectual Property... more

00-d-gundam-malang

Gundam Malang, Tempat Kumpulnya Perakit Gundam Jawa Timur

Fans anime dan model kit Gundam ternyata nggak cuma di kota besar saja, tapi ada juga di daerah dan kota-kota kecil. Sal.. more

(Sumber: Google)

Rekomendasi Komik Korea yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan!

Korea Selatan memang saat ini sedang menunjukkan taringnya di bidang perkomikan. Industri komik di Korea Selatan ini mem.. more

Manga Koi wa Ameagari no You ni Siap Dinikmati dalam Bentuk Serial dan Film Live-Action

Versi Live-Action dari Koi wa Ameagari no You ni dirilis dalam dua tipe: serial dan film. .. more

Teriakan Berdarah – File 001 Terbangun

Hal yang tak terduga dapat muncul kapan saja. Antara nyata dan fana, aku bahkan tak bisa mempercayainya... more