Film-Film Alien Science Fiction Menegangkan yang Harus Kamu Tonton!

3 months ago
Sumber gambar: youtube.com

“Apakah kita sendirian di alam semesta?”

Pertanyaan abadi dari umat manusia planet Bumi ini belum ada jawabannya. Usaha-usaha untuk mendapatkan jawaban tentu selalu dilakukan oleh manusia sepanjang peradaban dan pencatatan sejarah. Di setiap generasi selalu lahir ahli astronomi yang berusaha mendapatkan jawaban akan pertanyaan tadi. Bangsa dan peradaban kuno dikenal mengindikasikan keberadaan ekstraterestrial sebagai sesuatu yang berasal dari langit dan dipuja di dunia.

Karena teknologi semakin maju, manusia modern mulai tidak sabaran menanti jawaban yang datang dan memutuskan untuk membuktikan sendiri apakah hanya mereka makhluk hidup ber-intelejensia tinggi di alam semesta. Teknologi roket zaman sekarang memungkinkan usaha berbahaya ini.

Tapi hey! Tak melulu teknologi. Manusia punya fantasi. Daya imajinasi. Dan rasa penasaran akan adanya makhluk di luar planet Bumi sering ditampilkan oleh manusia ke dalam medium hiburan. Seperti film.

Tidak terhitung banyaknya film yang mengambil tema fiksi ilmiah makhluk asing dari luar angkasa.

Secara general, di film mereka dibagi dengan dua kategori besar: makhluk baik dan makhluk jahat. Beberapa film bertema alien bercerita dengan komedik dan penuh spirit menyenangkan. Misalnya E.T ataupun My Favorite Martian. Tapi lebih banyak film bertema alien yang menggambarkan mereka sebagai makhluk jahat, invader, dan ingin menguasai Bumi. Film bertema ini lebih seru karena biasanya dibarengi adegan aksi, horor dan terkadang psikologi.

E.T merupakan film bertema alien yang ramah keluarga. Sumber gambar: mentalfloss.com

E.T merupakan film bertema alien yang ramah keluarga. Sumber gambar: mentalfloss.com

Film-film fiksi ilmiah menegangkan bertema alien jahat antara lain misalnya:

Prometheus (2012). Sutradara: Ridley Scott. Distributor: 20th Century Fox.

Sumber gambar: benjaminherman.wordpress.com

Sumber gambar: benjaminherman.wordpress.com

Ini adalah prequel dari film legendaris “Alien” (1979). Scott mengatakan kalau Prometheus memang berbagi universe dengan film Alien tapi Prometheus punya jalur dan mitologinya sendiri. Promethues mengisahkan perjalanan pesawat luar angkasa “Prometheus” beserta awaknya dalam mengikuti ‘peta bintang’ yang ditemukan di planet Bumi di akhir abad ke-21.

Trailer:

Alien (1979). Sutradara: Ridley Scott. Distributor: 20th Century Fox.

Sumber gambar: amazon.com

Sumber gambar: amazon.com

Film klasik dengan desain alien yang memorable. Alien yang seram, buas, dan berusaha menghabisi seluruh awak kapal tambang “Nostromo”. Film ini sering dianggap sebagai salah satu film terbaik yang pernah diciptakan. Pemerintah Amerika Serikat melalui Library of Congress malah sudah memasukkan film ini sebagai film yang dilindungi negara dalam “United States National Film Registry”. Jadi bisa dibayangkan sepenting apa film ini dalam sejarah perfilman Amerika Serikat.

Trailer:

Starship Trooper (1997). Sutradara: Paul Verhoeven. Distributor: TriStar Pictures.

Sumber gambar: amazon.com

Sumber gambar: amazon.com

Alien jahat berbentuk serangga. Kombinasi yang ngeselin ‘kan, bro sis? Starship Trooper bercerita tentang perjuangan manusia melawan invasi Bugs; alien serangga yang jumlahnya banyak banget. Film ini juga dibintangi Casper Van Dien, yang juga membintangi film aksi B-movie “Showdown in Manila” https://blog.ciayo.com/news/jika-expendables-adalah-film-kelas-maka-showdown-manila-adalah-film-kelas-b/ .

Trailer:

War of the Worlds (2005). Sutradara: Steven Spielberg. Distributor: Paramount Pictures & DreamWorks Pictures.

Sumber gambar: imagozo.ro

Sumber gambar: imagozo.ro

Alien datang ke Bumi dengan tujuan menguasai. Mereka datang menggunakan mesin perang mirip ‘Tripod’ kamera yang menghancurkan apapun yang menghalangi. Walau dibintangi aktor kelas AAA seperti Tom Cruise dan disutradarai sutradara kelas atas Steven Spielberg, buat saya yang menarik dari film ini malah narasi yang dilakukan aktor kulit hitam bersuara dewa, Morgan Freeman. Ini adalah film ketiga Spielberg bertema alien setelah E.T & Close Encounters of the Third Kind.

Trailer:

The Abyss (1989). Sutradara: James Cameron. Distributor: 20th Century Fox.

Sumber gambar: villagemachine.com

Sumber gambar: villagemachine.com

Tidak selalu datang dari atas langit, alien juga bisa nongol dari bawah laut. The Abyss juga merupakan film yang membawa pesan anti perang dan perdamaian di antara umat manusia, karena berlatar belakang perang dingin antara Uni Soviet versus Amerika Serikat yang mengancam keselamatan planet Bumi dengan kemungkinan perang nuklir.

Trailer:

Independence Day (1996). Sutradara: Roland Emmerich. Distributor: 20th Century Fox.

Sumber gambar: criticforhire.wordpress.com

Sumber gambar: criticforhire.wordpress.com

Siapa yang bisa lupa (untuk yang sudah pernah nonton, tentunya) adegan kolosal di film ini: piring terbang raksasa yang bayangannya mampu menutupi satu kota dan menghancurkan Gedung Putih / Kantor Presiden Amerika Serikat dengan sekali tembakan. Walau sangat bernuansa ‘superioritas Amerika Serikat di Bumi’ tapi film ini memang keren banget. Visual effect yang luar biasa membuat pengalaman menonton Independence Day selalu seru.

Trailer:

Cloverfield (2008). Sutradara: Matt Reeves. Distributor: Paramount Pictures.

Sumber gambar: 1zoom.net

Sumber gambar: 1zoom.net

Film ini rada spesial karena perlu fisik prima untuk menontonnya. Kenapa begitu? Karena kamera yang digunakan bergaya ‘handheld camera’ yang tidak stabil/fokus karena selalu goyang. Untuk yang nggak kuat dengan tampilan model begini bakal mabok dan puyeng. Kisahnya sendiri bercerita tentang alien super gede yang menginvasi Bumi. Adegan ikonik di film ini adalah saat kepala patung Lady Liberty yang putus dihajar alien yang berbentuk kurang jelas sepanjang film-nya; kecuali bagian kaki.

Trailer:

Species (1995). Sutradara: Roger Donaldson. Distributor: Metro-Goldwyn-Mayer Pictures.

Sumber gambar: garethrhodes.wordpress.com

Sumber gambar: garethrhodes.wordpress.com

Apa resiko menggabungkan DNA alien dengan DNA manusia? Resikonya adalah kematian untuk umat manusia. Sekelompok ilmuwan dan agen pemerintah memburu alien hasil percobaan genetika antara sel alien dengan manusia yang kabur dari laboratorium. Alien tersebut berbentuk seorang anak perempuan yang kemudian mengalami pertumbuhan menjadi dewasa dalam waktu singkat dan dalam kondisi siap bereproduksi. Walau mendapatkan review buruk dari kritikus tapi film fiksi ilmiah menegangkan ini meraih penghasilan tinggi $113 juta dengan modal hanya $35 juta saja. Film ini bahkan punya tiga sekuel, satu novel dan dua seri buku komik terbitan Dark Horse Comics.

Trailer:

Tentunya masih banyak lagi film-film fiksi ilmiah mengenai makhluk asing yang menegangkan karena tujuan mereka yang jahat. Kita akan bahas lain kali. Bro sis belum pernah nonton yang mana nih? Atau ada favorit lain? Bisa ditulis di bagian komentar ya!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: HorribleSubs

Kesan Awal TV Anime Terbaru Lupin The Third: Part 5

Lupin The Third salah satu dari beberapa serial manga atau anime klasik favorit buat kamu yang suka kisah-kisah ala dete.. more

Kembalinya Sang Legenda dari Gua Hantu

Momen booming-nya industri komik digital saat ini tidak disia-siakan oleh Bumi Langit sebagai management IP yang konsist.. more

Tessa: Menjadi Komikus Bukan Panggilan Semua Orang

Tidak semua orang punya ketertarikan yang besar di bidang komik. Tapi bagi Tessa, menjadi penulis cerita komik adalah pa.. more

Wanita Yakuza. Sumber: pinterest

Ternyata Beginilah Peran Wanita Yakuza di Jepang!

Tapi tahukah kamu, kalau gak semua yakuza itu berisikan laki-laki loh. Meski hal ini kurang populer, namun Yakuza juga m.. more