Film Ghost In The Shell Masuk Pertimbangan Nominasi Academy Awards

11 months ago
Sumber: The Art of VFX

Rilis di bulan Maret lalu, film Ghost in the Shell meraih kesuksesan yang agak di ambang rata-rata. Diadaptasi dari serial manga dan anime berjudul sama, Ghost in the Shell dikritik karena menyederhanakan plot dan esensi filosofis dari dunia cyberpunk, dimana batasan antara manusia dan mesin sudah sangat tipis. Kontroversi yang melibatkan Scarlett Johansson dan perannya sebagai Mayor Kusanagi Motoko tidak membantu mensukseskan perolehan box office film tersebut.

Namun apa yang dieksekusi dengan benar oleh Ghost in the Shell, adalah aspek visual dan hiburannya. Ghost in the Shell menampilkan adegan aksi yang memukau dan keras. Efek visual yang memanfaatkan teknik CG dan properti fisik menghasilkan sebuah dunia cyberpunk yang ciamik. Secara keseluruhan, Ghost in the Shell bukanlah adaptasi film yang jelek, setidaknya tidak separah Dragon Ball Evolution.

Atas kerja keras yang dicurahkan untuk efek visual tersebut, film Ghost in the Shell berhasil meraih penghargaan color grading terbaik dalam Hollywood Post Alliance Awards ke-12. Ghost in the Shell juga dinominasikan untuk penghargaan efek visual terbaik di penghargaan yang sama, serta nominasi promosi inovatif dalam Golden Reel Awards.

Coba lihat semua hologram dan lampu neon itu. Cantik, kan? (Sumber: The Art of VFX)

Coba lihat semua hologram dan lampu neon itu. Cantik, kan? (Sumber: The Art of VFX)

Kini, Ghost in the Shell bersiap-siap untuk nominasi terbarunya. Dilaporkan bahwa Academy of Motion Picture Arts and Sciences memasukkan film Ghost in the Shell ke dalam daftar penerima nominasi efek visual terbaik untuk penghargaan Academy Awards ke-90. Ghost in the Shell akan bersaing dengan 19 film lainnya untuk memperebutkan 10 kursi nominasi.

Nantinya Ghost in the Shell bakal bersaing dengan beberapa film sains fiksi lain yang juga menerapkan efek visual cantik. Sebut saja Star Wars: The Last Jedi, Valerian and the City of a Thousand Planets, Guardians of the Galaxy Vol. 2, Thor: Ragnarok, Alien: Covenant, Blade Runner 2049, dan masih banyak lagi film dari genre lainnya.

Komite eksekutif dari Academy Awards akan menyeleksi film mana yang berhak menerima nominasi, dan akan mengumumkan hasilnya pada tanggal 23 Januari 2018. 10 film tersebut akan kembali bersaing untuk memberebutkan piala Oscar, pada malam penganugerahan di Dolby Theatre Hollywood, tanggal 4 Maret 2018.

Tenang saja, mata Batou tidak dicongkel demi menjiwai perannya sebagai “The Sleepless Eye.” (Sumber: The Art of VFX)

Tenang saja, mata Batou tidak dicongkel demi menjiwai perannya sebagai “The Sleepless Eye.” (Sumber: The Art of VFX)

Bagaimana kans Ghost in the Shell untuk bisa tembus ke nominasi final piala Oscar? Cukup besar. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ghost in the Shell menyatukan efek-efek praktikal serta teknologi CG terkini. Masalah dari beberapa film masa kini yang mengandalkan teknik CG adalah sering kali kamu bisa melihat mana adegan yang menggunakan CG dan mana yang tidak. Buktinya kemarin ada saja orang yang masih bisa melihat kumis Henry Cavill di film Justice League.

Namun dalam Ghost in the Shell, CG yang diterapkan mampu menyatu dengan setting. Kualitas dan detil tinggi menjadikan visual Ghost in the Shell bagaikan candu yang bisa memuaskan para geek cyberpunk. Adegan shelling di atas yang menjadi intro ikonik dari Ghost in the Shell menjadi satu bukti bagaimana adegan dalam anime dapat disadur dengan sempurna ke dalam ranah live action.

Satu alasan mengapa efek visual Ghost in the Shell sangat sangkil adalah Weta Workshop. Studio efek spesial kenamaan ini menciptakan properti dan robot animatronik yang digunakan selama proses shooting. Robot?

“Jeroan” wajah dari robot geisha buatan Weta Workshop. (Sumber: Kotaku)

“Jeroan” wajah dari robot geisha buatan Weta Workshop. (Sumber: Kotaku)

Ingat dengan robot geisha dari film Ghost in the Shell? Weta Workshop benar-benar membangun robot tersebut. Robot itu dapat melakukan berbagai fungsi yang bisa kamu lihat dalam film, seperti membuka plat wajahnya, tanpa bantuan efek CG. Plat wajah tersebut dimodelkan dari wajah aktris Rila Fukushima.

Motor tunggangan Mayor, dalam konsep rancangan Honda. (Sumber: Motor Authority)

Motor tunggangan Mayor, dalam konsep rancangan Honda. (Sumber: Motor Authority)

Selain itu, beberapa properti kendaraan juga dibuat dalam versi fisik dan mampu dikendarai juga. Honda misalnya, merancang motor milik Mayor Kusanagi dengan basis dari Honda NM4 Vultus. Ia mengkombinasikan desain motor turing yang besar dengan karakter motor sport ber-fairing.

Dengan segala totalitas yang dikedepankan dalam aspek visual, saya rasa Ghost in the Shell punya kesempatan besar untuk lolos dalam fase pemilihan nominasi Oscar. Namun saingan yang berada di depan pun tak kalah kerennya menampilkan efek-efek cantik. Di antara semua daftar pertimbangan nominasi, Blade Runner 2049 bakal menjadi lawan terberat Ghost in the Shell. Dua-duanya punya tema sains fiksi/cyberpunk, dan keduanya juga memiliki efek spesial berkualitas tinggi.

Bagaimana menurutmu sendiri? Apakah Ghost in the Shell bisa lolos dan bahkan memenangkan piala Oscar?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Game Smartphone Naruto x Boruto: Ninja Voltage Kini Tersedia Untuk Seluruh Region

Seperti game “tower defense” lain di smartphone (atau bahkan di PC sekalipun), game Ninja Voltage ini dapat di-downl.. more

00-d-vin-diesel-meme

Vin Diesel Hobi Mengoleksi Meme Dirinya Sendiri

Vin Diesel adalah sosok aktor tangguh namun inspiratif dan juga hangat. Selain itu, dia juga suka mengoleksi meme diriny.. more

Iron Man akan tewas di Avengers: Infinity War? (sumber: hdqwalls)

Iron Man, Mengapa Kemungkinan Besar Si Playboy Miliarder yang Akan Tewas di Avengers Infinity War?

Kalian pastinya sudah mendengar kabar yang mengatakan kalau di Avengers: Infinity War, bakalan ada sosok superhero Marve.. more

Dari kiri-kanan: Sherina Munaf (Komite Studio Ghibli), Willawati (CEO Kaninga Pictures), Toshio Suzuki (Direktur Eksekutif Studio Ghibli), Tommy Fukuda (Marubeni Indonesia), Kaonashi (Spirited Away), dan Tetsuya Sakurai (Hakuhodo DY Media Partners). Photo by CIAYO Pictures.

Indonesia Kedatangan Studio Ghibli. Ada Apa Ya?

Wah, Studio Ghibli mau ngapain nih di Indonesia?.. more

Monster Hunter. Game berburu monster buatan Capcom sejak 2004. Sumber gambar: monsterhunter.wikia.com

Monster Hunter: Sebuah Game Monster vs Sekelompok Hunter

Inilah game yang popularitasnya termasuk tinggi di kalangan gamers yang doyan melakukan sesuatu secara bersama-sama. Mon.. more