Film Glass, Sebuah Univers Yang Tidak Terduga Sekaligus Penuh Harapan Penggemar

4 months ago
00-d-glass

Membicarkaan sutradara M. Night Shyamalan tentu membuat banyak orang teringat film The Sixth Sense. Film yang dibintangi oleh Bruce Willis ini sukses menghadirkan thriller misteri yang tidak tertebak, membekas, dan sekaligus iconic. Wajar saja jika akhirnya The Sixth Sense banyak masuk nominasi dan memenangkan hampir 32 penghargaan pada tahun 1999 sampai 2000. Selain itu The Sixth Sense juga mendapat review positif serta rating yang sangat tinggi di situs-situs film.

Maka di tahun 2000, M Night Shyamalan membuat Unbreakable yang disebut sebagai teranspormasi dari The Sixth Sense. Lewat Unbreakable, Shyamalan tidak hanya menghadirkan sosok Bruce Willis kembali yang punya indra ke-6, tapi juga menciptakan karakter iconic lainnya yang diperankan oleh Samuel L. Jackson. Unbreakable memang tidak mampu mengulangi kehebatan The Sixth Sense akan tetapi, Unbreakable menjadi semacam batu loncatan yang membuat para penggemar menuntut bagian terbaru dari cerita ini. Bahkan seperti pengakuan Shyamalan saat diwawancarai oleh Conan di Comic-Con beberapa waktu lalu, banyak yang bertanya tentang sekuel terbaru dari film ini, pertanyaan yang datang bertubi-tubi sampai akhirnya selama 18 tahun pertanyaan itu tidak kunjung terjawabkan.

glass unbreakable

Elijah dan David Dunn dalam film Unbreakable. Sumber: Noset

Pada tahun 2016, Shyamalan membuat film Split, kisah psikopat dengan 23 kepribadian yang diperankan oleh James McAvoy. Tidak ada petunjuk apa pun tentang keterkaitan Split dengan Unbreakable, atau mungkin memang tidak ada yang benar-benar menyadarinya. Sampai akhirnya baru-baru ini muncul sebuah kejutan yang membuat banyak orang kaget tapi juga berharap begitu besar, tentang skuel dari Unbreakable, dan hebatnya lagi ternyata cerita Split punya hubungan kuat dengan Unbreakable.

Maka lahirlah film Glass yang menjadikan Bruce Willis, James McAvoy, dan Samuel L. Jackson sebagai gaya tarik paling kuat. Lalu akan seperti apa film Glass nantinya, berikut analisanya.

Apa Hubungan Antara Film Glass Dengan Unbreakable dan Split?

Jika kalian sudah menonton Unbreakable tentu kalian bisa mengingat adegan di kuarter awal ketika Elijah memperlihatkan gambar sampul sebuah komik pertama miliknya, di gambar itu terlihat sosok superhero dan monster, dan entah ini kebetulan, sosok monster di cover komik itu sangat mencerminkan kepribadian The Beast dalam film Split. Saya rasa ini semacam petunjuk yang sudah dipikirkan oleh Shyamalan bahwa nanti akan ada film tentang itu.

glass split

James McAvoy sebagai Kevin Wendell dalam film Split. Sumber: Slate

Unbreakable memang berakhir dengan banyak rasa tanggung, bahkan memasuki kuarter terakhir pun bagian film bergerak terlalu cepat, oleh sebab itu semua orang berharap Unbreakable punya lanjutan. Dan Glass bisa jadi merupakan jawaban yang sangat menarik untuk membuka semesta Unbreakable yang penuh obsesi terhadap karakter dalam komik.

Hal mendasar yang membuat Glass cukup mengherankan adalah, mengapa film terbaru ini berjudul Glass? Tentu kita semua tahu Glass yang di maksud di sini adalah Elijah Price alias Mr. Glass (Samuel L. Jackson). Apakah film ini akan fokus pada kehidupan Glass  pasca Unbreakable? Sedangkan di film ini, karakter David Dunn (Bruce Willis) dan Kevin Wendell (James McAvoy) juga harus punya sorotan yang banyak, sebab keduanya juga karkater penting.

glass elli staple

Sarah Paulson sebagai Dr. Elli Staple dalam Glass. Sumber: Bustle

Dilihat dari trailer yang sudah rilis, ketiga karakter utama ini berada di sebuah tempat semacam rehabilitasi untuk orang-orang yang menderita sindrom percaya dengan adanya superhero dalam komik, hal ini dikemukakan oleh Dr. Elli Staple (Sarah Paulson).

Melihat tiga karakter utama dengan kepribadian yang unik berada dalam satu ruangan, tentu ini jadi sangat menarik. Apa yang sebenarnya terjadi dalam rentan waktu setelah film Unbreakable dan Split? Tentu inilah misteri terbesarnya!

Baca Juga: 6 Film Superhero Yang Berani Tampil Unik dan Beda

Saya rasa trailer yang dirilis hanya menjadi sebuah petunjuk singkat perkenalan kembali tiga karater utama dengan kelebihan mereka masing-masing, seperti David Dunn yang punya indra ke-6 serta tak pernah terluka, lalu Kevin Wendell dengan sosok The Beast serta kepribadian lainnya, dan yang terakhir ada Elijah sebagai Mr. Glass yang punya kecerdasan otak di atas rata-rata.

glass karakter

3 karakter penting dalam satu ruangan. Sumber: Screen Rant

Apakah ketiga karakter ini akan saling serang, atau dikumpulkan untuk memecahkan sebuah masalah, lalu apakahb obsesi Joseph Dunn (Spencer Treat) anak dari David Dunn yang di Unbreakable diungkit kembali, sebab beberapa bagian dari trailer memperlihatkan sosoknya yang sangat terobsesi pada komik.

Beberapa adegan juga memperlihatkan David Dunn dan The Beast berkelahi, lalu adegan terjun ke air yang jelas sudah menjadi momok terbesar bagi David Dunn sejak Unbreakable. Dan penutup trailer lagi-lagi hanya membuat semua orang semakin penasaran dengan Mr. Glass sebagai narator yang menyatakan bahwa semua itu adalah nyata.

glass joseph dunn

Spencer Treat sebagai Joseph Dunn juga akan kembali hadir. Sumber: Empire

Melihat besarnya antusias penonton, dan semkain besarnya semesta Unbreakable, kemungkinan Glass tidak hanya akan dibuat satu film seja, kemungkinan besar ini akan jadi 2 atau 3 film di tahun berikutnya. Sebab satu film terasa begitu singkat untuk menelusuri lebih dalam tentang 3 karakter yang super unik ini.

Apa kalian termasuk orang yang mengikuti perkembangan Unbreakable? Jika iya tentu kalian semua juga sangat penasaran bukan. Dan jika kalian belum sama sekali menonton Unbreakable,  ada baiknya kalian mulai menontonnya dari sekarang. Paling tidak mulai lah dari film The Sixth Sense yang sangat luar biasa itu. Dijamin kalian tentu akan sangat penasaran dengan cerita seri Unbreakable ini.

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

00-playstation-classic

Apa Yang Salah Dari PlayStation Classic?

PlayStation Classic adalah jawaban Sony atas tren rilisan konsol klasik akhir-akhir ini. Sayang fans berpikir dua kali s.. more

Seorang Bapak Menantang Pacar Anaknya Dalam Duel Video Game! Siapa Yang Menang?

Ketika sedang ngapel ke rumah pacarnya, ia malah ditantang main video game oleh bapaknya!.. more

(Sumber : CIAYO Comics)

Blue Serenade, Komik Romance Terbaru yang Bikin Baper

CIAYO Comics punya komik romance baru yang seru banget dan pastinya bisa jadi komik favorit bro sis, komik tersebut adal.. more

Sumber gambar: Kotaku

Saat Nintendo Mengabaikan Sumpah dan Akhirnya Merilis “Night Trap”

Melalui publisher ‘kecil-kecil cabe rawit’ Limited Run Games & Screaming Villains, “Night Trap: 25th Anniversary E.. more

Sumber: streetfighter.com

Street Fighter V Arcade Edition: Versi Street Fighter V yang Sempurna

Di akhir tahun 2017, Capcom merilis kabar bahwa mereka akan mengeluarkan Street Fighter V Arcade Edition di awal tahun 2.. more