Film Komik The Crow akan Di Remake dengan Aktor “Aquaman” Jason Momoa

8 months ago
Sumber gambar: nydailynews.com

Oleh: @HarryRezqiano

Nama “The Crow” buat penggemar komik Barat rasanya tidak terlalu asing. walau komik ini tidak berasal atau diterbitkan oleh publisher komik superheroes raksasa seperti DC Comics atau Marvel Comics. The Crow adalah sebuah komik superhero ciptaan komikus James O’Barr yang diterbitlan pertama kali oleh Caliber Comics tahun 1989.

Tidak pernah mendengar nama Caliber Comics? Wajar saja, karena mereka merupakan perusahaan indie yang bermarkas di Wayne County, Michigan, Amerika Serikat. Tapi produk-produk mereka cukup dikenal di dunia underground comic Amerika. Salah satunya ya, The Crow.

The Crow. Art by James O’Barr. (Sumber gambar: YouTube)

The Crow. Art by James O’Barr. (Sumber gambar: YouTube)

Awalnya merupakan coping mechanism (mekanisme penanganan kesedihan) O’Barr yang kehilangan pacar akibat ditabrak pengemudi mabuk, The Crow menjelma menjadi sebuah komik percampuran antara elemen horor dengan superhero sukses. The Crow diadaptasi menjadi film bioskop pada tahun 1994 dengan tiga sekuel lanjutan yang menyusul satu per satu. Ada pula serial televisi dan berbagai jenis buku serta komik bertema The Crow yang muncul di pasaran. Hampir semuanya sukses dan disukai fans.

Tema komik The Crow gelap dan suram. Kisahnya berpusat pada seorang pemuda bernama Eric. Dia dan tunangannya, Shelly, diserang secara brutal oleh sekawanan geng jalanan saat mobil mereka mogok. Eric ditembak di bagian kepala, namun tidak mati. Saat sekarat dia hanya bisa melihat tunangannya dipukuli, diperkosa dan ditembak di bagian kepala seperti dirinya.

Mereka berdua lantas ditinggalkan begitu saja dipinggir jalan meregang nyawa. Eric meninggal di atas meja operasi sementara Shelly meninggal tak lama setelah tiba di rumah sakit. Eric secara misterius dan magis dibangkitkan dari kematiannya oleh burung gagak dan mulai melancarkan balas dendam pada mereka yang bertanggung jawab atas kematian dirinya dan Shelly.

Desain hitam putih yang hidup dan pekat (Sumber gambar: collider.com)

Desain hitam putih yang hidup dan pekat (Sumber gambar: collider.com)

Dengan tampilan komik hitam putih bernuansa suram, kisah perjalanan Eric yang bertransformasi menjadi The Crow memikat pembaca komik Amerika. Bahkan The Crow, sebuah komik yang tidak berasal dari penerbit besar seperti DC maupun Marvel, mampu meyakinkan pihak studio Miramax Films untuk membuat film teatrikal berdasarkan komik ini.

Jadilah film “The Crow” besutan sutradara Alex Proyas dengan aktor utama yang kelak juga kehilangan nyawa seperti karakter yang dia perankan; Brandon Lee.

The Crow (Sumber gambar: moviepostersetc.com)

The Crow (Sumber gambar: moviepostersetc.com)

Film The Crow yang dirilis tahun 1994 itu memang terkenal dan kontroversial karena kematian Brandon Lee di proses syuting. Brandon Lee adalah putra dari aktor laga kenamaan sejagad, Bruce Lee. Tidak perlu menerangkan siapa itu Bruce Lee ‘kan? Sama seperti ayahnya, Brandon meninggal dunia di usia relatif muda. Senjata api props Magnum kaliber .44 berisi peluru modifikasi menyebabkan kematiannya walau sempat dilakukan operasi penyelamatan hingga enam jam.

Brandon kecil bersama ayah dan neneknya (Sumber gambar: pinterest.com)

Brandon kecil bersama ayah dan neneknya (Sumber gambar: pinterest.com)

The Crow dirilis pasca kematian Brandon Lee dan menjadi film cult dan memiliki fans garis keras. Film itu sendiri sukses meraih pendapatan lumayan. Dengan modal US$ 23 juta, film The Crow mampu mendapatkan profit lebih dari US$ 50.7 juta. Berita kematian Brandon Lee di syuting film The Crow sedikit banyak membuat orang ingin melihat film tersebut dan menjadi ‘promosi’ walau berkesan tidak etis.

Film The Crow tidak berhenti sampai disana dan diteruskan dengan aktor berbeda. “The Crow: City of Angels” dirilis tahun 1996 dengan tokoh berbeda: Ashe Coven (Vincent Perez). Ada pula serial televisi “The Crow: Stairway to Heaven” ; drama 22 episode bertema supranatural yang dirilis tahun 1998. Serial ini menggunakan karakter Eric Draven dari film pertama The Crow. Disini Eric diperankan oleh Mark Dacascos yang juga berperan di film Showdown in Manila.

Review buruk yang didapat oleh City of Angels tidak membuat produser kapok untuk membuat sekuel film The Crow lagi. “The Crow: Salvation” (2000) dan “The Crow: Wicked Prayer” (2005) dianggap tidak lebih baik ketimbang City of Angels; bahkan Wicked Prayer dikatakan sebagai yang terburuk dari empat film The Crow sampai saat ini.

Sumber gambar: kungenslya.se

Sumber gambar: kungenslya.se

Dengan status sebagai film cult, mencoba ‘mengolah’ film klasik seperti The Crow original merupakan tindakan penuh resiko. Tapi sepertinya Sony Pictures cukup pede dengan keputusan mereka melakukan reboot The Crow dengan aktor macho Jason Momoa sebagai pemeran utama.

Tidak semua senang dengan adanya reboot ini; bahkan sutradara reboot itu sekalipun! Corin Hardy, sutradara yang dipilih Sony Pictures untuk membuat film ini mengatakan “Ide untuk membuat ulang The Crow bukan sebuah ide cemerlang karena saya mencintai film aslinya”.

Corin Hardy (Sumber gambar: YouTube)

Corin Hardy (Sumber gambar: YouTube)

Penolakan reboot The Crow dari fans bisa dilihat dari misalnya di Twitter dimana fans garis keras The Crow menyuarakan ketidaksetujuan mereka akan film itu.

Sumber: twitter.com

Sumber: twitter.com

Sumber: twitter.com

Sumber: twitter.com

Sumber: twitter.com

Sumber: twitter.com

Tapi sepertinya Sony Pictures akan tetap maju. Mereka bahkan sudah memberikan tanggal rilis film tersebut, yaitu di 11 Oktober 2019. Jadi kita tunggu saja aksi raja ikan mendadak jadi burung gagak yang membalas dendam pada penjahat pembunuh tunangannya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: Kerrang

Selain Paramore, Musisi-Musisi ini juga Pernah Batal Konser di Indonesia loh!

Lumayan banyak juga musisi-musisi top dunia yang pernah membatalkan konsernya di Indonesia karena alasan tertentu... more

Sumber: ScreenRant

5 Fakta Keren Film Maze Runer: The Death Cure, Yang ke-3 Bikin Merinding!

Yuk kita simak lima fakta behind the scene keren (fun fact) dari film ini... more

Sumber gambar: technobuffalo.com

Komputer Gaming Mulai Lamban? Ini Solusinya Sebelum Di-Lembiru!

Secara umum komputer hanya akan bekerja sesuai kapasitas terbaiknya di tiga tahun pertama... more

presdir nintendo d

Profil Presiden Baru Nintendo: 11 Tahun Tinggal Di Jerman

Di bulan Juni tahun 2018 nanti, jabatan prestisius Presiden Nintendo Co. Ltd akan dipegang oleh Shuntaro Furukawa, eksek.. more

Faza Meonk & Walikota Seoul, Park Won Soon (pionicon.com/blog)

Faza Meonk, Duta Pariwisata Kehormatan Seoul

Kalo yang udah follow Instagramnya, pasti tahu dong timeline nya kemaren-kemaren. Faza main ke Korea!.. more