Film Live Action Resmi ‘Dora the Explorer’ Beneran Dibuat – Segera Rilis di Musim Panas 2018

6 months ago
Sumber gambar: nickelodeonafrica.com

“We did it!” “Berhasil! Berhasil!”

Bahkan saya yang tidak mengikuti Dora the Explorer juga tahu ‘quote’ populer dari kartun yang terkenal sejak tahun 2000 ini. Itulah salah satu contoh kepopuleran Dora the Explorer buat penggemar kartun secara general.

Dora The Explorer adalah serial kartun bertema ‘educational animated TV series’. Menggunakan televisi sebagai sarana pendidikan merupakan suatu langkah pintar, mengingat target yang dituju (biasanya anak usia sekolah dasar) banyak menghabiskan waktu mereka di depan televisi. Republik Indonesia bahkan sempat mencoba mengadopsi mekanisme pembelajaran publik lewat tayangan televisi dengan “Televisi Pendidikan Indonesia” atau TPI. Namun sayang metode ini ditinggalkan, TPI berubah nama dan fokus jadi televisi konvensional, dan publik tidak mendapatkan pengganti yang lebih baik hingga hari ini.

Konsep bagus, eksekusi tidak bagus. Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Konsep bagus, eksekusi tidak bagus. Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Anyway! Dora The Explorer berkisah soal Dora, anak perempuan keturunan Hispanic berusia 7 tahun yang gemar melakukan perjalanan bersama seekor monyet bernama Boots dan tas ransel ungu Backpack. Serial ini diciptakan oleh Chris Gifford, Valerie Walsh Valdes dan Eric Weiner. Dora The Explorer pertama ditayangkan di stasiun televisi khusus tayangan kartun Nickelodeon Nick Jr. mulai tahun 2000 hingga 2014, yang membuatnya menjadi serial kartun terlama di channel Nick Jr. (melewati 8 season dengan total episode 172). Dan karena Dora ber-etnis Hispanic maka tak heran jika versi dubbed Spanyol juga dibuat untuk pasar Meksiko serta negara pengguna bahasa Spanyol lain.

Dora, Backpack dan Boots! Sumber gambar: cartoon-clipart.co

Dora, Backpack dan Boots! Sumber gambar: cartoon-clipart.co

Yang membuat Dora menarik, terutama untuk anak-anak seusianya, adalah adanya interaksi dari Dora kepada penonton. Tayangan kartun edukasi ini memberikan penonton sebuah ‘kesempatan untuk terlibat’ di dalam petualangan Dora. Seperti misalnya saat Dora mencari sebuah petunjuk dan petunjuk tersebut terlihat di sebelah kanan atas layar televisi, Dora akan berkata “Aku harus mencari petunjuknya. Dapatkah kalian membantuku?”. Akan ada jeda interval saat itu, memberikan kesempatan pada penonton dirumah untuk ‘membantu Dora / memberitahukan dia lokasi petunjuk yang diperlukan’, hingga kemudian Dora akan berkata “Oh lihat! Itu petunjuknya ada disitu!” sambil menuju lokasi kanan atas layar televisi.

Contoh tampilan di kartun Dora yang melibatkan penonton. Sumber gambar: fungyung.com

Contoh tampilan di kartun Dora yang melibatkan penonton. Sumber gambar: fungyung.com

Agar selalu seru, harus ada pula karakter jahat ‘kan? Powerpuff Girls punya musuh bebuyutan di petualangan mereka. Di serial Dora The Explorer, karakter jahatnya adalah Swiper; seekor rubah maling bertopeng yang sering mencuri barang. Jika itu terjadi, Dora akan meminta bantuan penonton untuk mencari barang-barang yang dicuri oleh Swiper. Disinilah interaksi antara penonton dengan Dora terbangun.

Rubah maling di serial Dora the Explorer. Sumber gambar: businessinsider.com

Rubah maling di serial Dora the Explorer. Sumber gambar: businessinsider.com

Eksplorasi Dora, Boots dan Backpack melewati berbagai daerah tujuan. Dan sepanjang perjalanan penonton akan disuguhi berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, puzzles, dan interaksi menarik untuk membuat penonton merasa terlibat ikut di dalam perjalanan Dora The Explorer. Terkadang hal menarik dan sulit terjadi, seperti saat Dora membantu Swiper yang berusaha agar namanya dihapus dari ‘Daftar Anak Nakal Yang Tidak Mendapat Hadiah Natal’ Santa Claus. Atau saat Dora mencoba menolong putri duyung yang terperangkap. Episode-episode tertentu akan terasa sedikit berbeda dibandingkan episode reguler dari Dora The Explorer.

Oke, Boots… Kenapa kau masih tetap jadi monyet disini? Sumber gambar: youtube.com

Oke, Boots… Kenapa kau masih tetap jadi monyet disini? Sumber gambar: youtube.com

Jadi bagaimana jika kartun berkonsep edutainment seperti Dora The Explorer di-adaptasi ke film live action Hollywood?

Sebelum film, Dora The Explorer sudah pernah di-adaptasi ke pertunjukan panggung teater. Dua kali. Pertunjukan pertama berjudul “City of Lost Toys / Kota Mainan Hilang” dan “Dora’s Pirate Adventure” sebagai pertunjukan kedua. Kedua show ini dilakukan di Amerika Serikat, dengan Perancis dan Inggris direncanakan sebagai tujuan berikutnya.

Dora Stage Show. Sumber gambar: whatsonxiamen.com

Dora Stage Show. Sumber gambar: whatsonxiamen.com

Dan Hey! Jangan lupakan video game Dora The Explorer! Ada beberapa game Dora The Explorer, walau sejujurnya tidak begitu menarik sehingga pemasarannya juga kurang oke. Game PS1 Dora berjudul “Dora the Explorer: Barnyard Buddies” dirilis 2003 di Amerika Serikat dan Eropa di tahun 2005. Ada juga game untuk Game Boy Advance tahun 2004 “Dora the Explorer: Super Star Adventures”. Game untuk platform seperti PS2 dan Nintendo DS juga ada. Semua game Dora the Explorer mendapat review yang bervariasi, antara bagus dengan so-so alias biasa saja.

Game Dora the Explorer. Sumber gambar: freecovers.net

Game Dora the Explorer. Sumber gambar: freecovers.net

Yang terbaru dari Dora the Explorer saat ini jelas soal film live action-nya.

Kepastian dibuatnya film ini diumumkan 23 Oktober 2017 oleh Paramount Picture (studio film yang membatalkan rilis worldwide film fiksi ilmiah Annihilation karena alasan absurd) Film itu dijadwalkan akan ditayangkan 2 Agustus 2019. Belum ada info maupun pengumuman valid soal aktris pemeran Dora maupun sutradaranya selain penulis screenplay adalah Nick Stoller dengan duo produser Andrew Form dan Brad Fuller. Dora dikabarkan akan dalam format remaja, bukan anak berusia 7 tahun seperti di kartun TV.

Mungkin akan terasa berbeda. Tapi setidaknya fans Dora the Explorer kini punya kesempatan membantu Dora dalam eksplorasinya; kali ini di format layar lebar bioskop. Bakal gokil ‘kali yah?

Menurut beberapa fans, Selena Gomez akan cocok memerankan Dora. Sumber gambar: ballstatedaily.com

Menurut beberapa fans, Selena Gomez akan cocok memerankan Dora. Sumber gambar: ballstatedaily.com

Bro sis penggemar Dora the Explorer? Excited dengan film bioskop Dora? Tag saya jika ada komentar ya!

 

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Steven dan Millie menjadi Captain America dan Agent Carter sumber: Facebook.com/cosplayparents

Manisnya, Apa yang Dilakukan Pasangan ini Setelah Pensiun Benar-Benar Tidak Wajar!

Kira-kira apa yang akan kamu lakukan ketika kamu pensiun nanti?.. more

00 el desktop

Rahasia Dibalik Laku Kerasnya Fiksi Baper-baperan

Cerita fiksi romantis - entah itu dalam novel hingga sinetron dan anime nampaknya laku keras. Kok bisa begitu ya, bro si.. more

(Sumber: www.ciayo.com)

Animasi Pendek Asal Indonesia Ini Sukses Bikin Mewek

Kali ini komik viral ini dibalut dengan versi berbeda dan lebih menyentuh. Sudah siap nangis bareng animasi ini? Yuk, la.. more

(reddit.com)

9 Bentuk Transformasi Tony Tony Chopper di Anime One Piece

Karakter yang paling imut, ikonik dan super lucu di anime One Piece ini memang gak boleh kelewat untuk dibahas. Yups, si.. more

Consilium

Consilium, Komik Bergenre Action Sci-fi yang Penuh Drama

Bro sis waktu kecil pernah nonton film-film tentang agen rahasia? Kayak James Bond, Kingsman, Mission Impossible, dan la.. more