Film Pendek Penuh Makna, The Employment Sukses ‘Menampar’ Batin Para Pekerja

1 year ago
Sumber: clairelichtenstein.com

Sebuah film pendek berjudul El Empleo (The Employment) ini mengisahkan tentang seorang pria dalam perjalanannya menuju kantor untuk bekerja. Kalau yang uda pernah nonton, bro sis pasti udah nangkep deh kalau semua yang dilakukan oleh pria itu uda jadi daily activity-nya. Terdengar simple ya? Film pendek yang berdurasi hampir 7 menit ini terkesan asthetic banget karena ilustrasinya sendiri dibuat dengan menggunakan cat air. Film pendek karya illustrator dan animator bernama Santiago Grasso udah berhasil memenangkan 75 penghargaan film Internasional loh semenjak rilis di tahun 2008! Selain bercerita tentang perjalanan pria di film untuk kerja, kalau kamu pahami lebih dalam lagi, pasti merasa kalau ada makna dibalik film The Employment ini.

Sumber: clairelichtenstein.com

Sumber: clairelichtenstein.com

Yang membuat film pendek ini unik adalah tanpa naskah dan tanpa background suara. Tokoh yang ada di film gak mengucapkan apapun dan gak berbicara dengan siapapun. Salah satu alasan kenapa karakter pria dalam film ini gak mengatakan apapun karena memang setiap orang yang berada dalam film seakan punya peran kedua. Selain sebagai manusia, mereka juga sebuah objek. Lampu, cermin, lift, bahkan loker. Semua objek tersebut digantikan dengan sosok manusia yang bekerja sebagai alat-alat tersebut. Dengan ilustrasi setiap ‘objek’ yang terlihat pasrah dan menerima perlakuan dari karakter utama, membuat siapapun yang nonton pasti tersenyum. Atau bahkan sempat terbesit dalam pikiran “aneh tapi… kok sangat understandable ya?”

Sumber: clairelichtenstein.com

Sumber: clairelichtenstein.com

Film pendek The Employment ini singkat, tapi puitis. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari apa yang lihat dalam durasi hampir 7 menit. Sang sutradara, Santiago Buo Grasso tentu aja ingin menyampaikan sebuah pesan dalam karyanya. Keseharian yang dilakukan tokoh dalam film semenjak dia bangun tidur dan bekerja di kantor (sebagai keset kaki) mengandung makna tentang bagaimana manusia sering dianggap sebagai objek. Sedikit sekali koneksi nyata antar manusia yang terjadi dalam keseharian kita. Rasanya hal ini sangat related bagi setiap orang yang sibuk bekerja. Sekalipun kita berbicara dengan orang lain, kebanyakkan hanya jika butuh bantuan atau demi menyelesaikan pekerjaan. Terkoneksi sih, tapi dengan WiFi. Semakin teknologi maju, orang-orang jadi semakin individualist dan menganggap orang lain sebagai objek atau media yang hadir untuk membantu pekerjaan kita.

Sumber: atchuup.com

Sumber: atchuup.com

Sumber: marcianosmx

Sumber: marcianosmx

Terlihat jelas juga tentang karakter setiap manusia yang mengambil peran sebagai benda di dalam film The Employment ini. Mereka semua bermuka datar dan merasa oke oke saja diperlakukan seperti objek. Karena memang itu tugas yang harus dijalani oleh mereka. Orang yang memiliki jabatan lebih tinggi memperlakukan bawahan seperti objek karena memang itu peran mereka. Dalam film pendek The Employment , memberikan kita sebuah pemikiran kalau bekerja adalah sebuah aksi pengorbanan/sacrifice kalau kita gak menyukai pekerjaan yang dilakukan. Manusia disamakan seperti benda yang membantu orang lain dalam kehidupan sehari-hari. The question is: Do you treat yourself and other people as a human too?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

00-d-aquaman

Villain Film Aquaman Terungkap! Seperti Apa Kisahnya?

Gimana jadinya kalau pecinta alam ningrat muak sama orang-orang yang suka buang sampah sembarangan? Inilah motif dari Or.. more

Sumber: wallpapersin4k.net

Valentine semakin dekat. Yuk, Ajak Gebetan Nonton Film-Film Ini!

Bulan Februari yang identik dengan bulan kasih sayang ini, rasanya pas banget buat deketin gebetan. Nah, biar suasana le.. more

The Kasuaris – Episode 3: Ranjau di Rumah

Sampe rumah, masih ada rintangan yang kudu dihadepin sebelum santai-santai di kamar. Nggak cuman satu, tapi ada beberapa.. more

Dua robot. Satu manusia. Masa depan akan dikendalikan oleh siapa? Sumber gambar: youtube.com

Saat Dua Robot Berdebat Soal Masa Depan Kemanusiaan

Beberapa waktu yang lalu di acara “RISE Conference 2017”, sebuah konferensi para pelaku IT dunia, sebuah perusahaan .. more

00-d-game-kekerasan

Tuduhan Video Game Sebagai Penyebab Kekerasan Bersenjata Sepertinya Hanya Terjadi Di Amerika?

Game kekerasan dituding menjadi penyebab meningkatnya kejahatan bersenjata di Amerika Serikat. Benarkah demikian?.. more