Film Terlalu Tampan Sajikan Kisah Mas Kulin Yang Realistis

7 months ago

Sejak terbit di bulan Maret 2017, komik Terlalu Tampan karangan M. Ahmes Avisiena Helvin (Mas Okis) dan Savenia Melinda Sutrisno ini menampilkan kehidupan komedik Witing Tresno Jalaran Soko Kulino, alias Mas Kulin yang punya wajah terlalu tampan. Setiap hari ada saja kehebohan dalam kehidupan Kulin yang disebabkan oleh ketampanannya. Dengan fanbase yang besar, tak heran jika Terlalu Tampan menarik perhatian beberapa sineas yang antusias mengadaptasi kisah Mas Kulin ke layar lebar, lewat film Terlalu Tampan.

Cuplikan komik Terlalu Tampan. Sumber: LINE Today
Cuplikan komik Terlalu Tampan. Sumber: LINE Today

CIAYO Blog berkesempatan untuk memghadiri gala premiere film Terlalu Tampan di CGV Grand Indonesia pada tanggal 30 Januari 2019 lalu. Acara premiere ini dihadiri oleh seluruh pemeran utama film Terlalu Tampan. Mereka adalah Ari Irham (Mas Okis), Nikita Willy (Amanda), Rachel Amanda (Rere), Calvin Jeremy (Kibo), Dimas Danang (Sidi), Tarra Budiman (Mas Okis), Iis Dahlia (Bu Suk), dan Marcelino Lefrandt (Pak Archewe).

Acara dibawakan oleh Dimas Danang sendiri dan berlangsung sangat meriah. Turut hadir pula dalam acara premiere tersebut adalah para kru film Terlalu Tampan, seperti aktor serta produser eksekutif Chicco Jerikho dan sutradara Sabrina Rochelle Kalangie.

Para cast film Terlalu Tampan, minus Dimas Danang yang sedang nge-MC. Sumber: CIAYO Pictures
Para cast film Terlalu Tampan, minus Dimas Danang yang sedang nge-MC. Sumber: CIAYO Pictures

Meskipun merupakan adaptasi dari komik, film Terlalu Tampan memiliki perbedaan alur dengan komiknya. Dalam filmnya, Mas Kulin diceritakan sangat terganggu dengan ketampanannya yang membuatnya selalu dikejar kaum hawa. Keluarga Mas Kulin yang terdiri dari Pak Archewe, Bu Suk, dan sang kakak Mas Okis berusaha menolong Mas Kulin agar ia bisa percaya diri untuk menjelajah dunia luar.

Mas Kulin akhirnya sepakat menyelesaikan sekolahnya di SMA Horridson, namun langsung dilibatkan dalam rencana prom gabungan bersama SMA BBM yang disiapkan Sidi dan teman-teman gengnya. Ketampanan Mas Kulin akhirnya terekspos ke dunia luar dan menggegerkan seisi kota.

Kibo jadi teman pertama Kulin yang melihatnya sebagai seseorang yang biasa. Sumber: BookMyShow
Kibo jadi teman pertama Kulin yang melihatnya sebagai seseorang yang biasa. Sumber: BookMyShow

Meski kini kehidupannya menjadi semakin tidak karuan, Kulin menemukan ketenangannya karena bertemu dengan Kibo, teman sekolahnya, dan juga Rere dari SMA BBM. Kedua teman baru Kulin tersebut mampu melihat Kulin sebagai teman tanopa terpengaruh ketampanannya. Sementara itu, Amanda dari SMA BBM membidik Kulin sebagai pasangan promnya.

Cerita versi film ini menampilkan beberapa karakter original dan juga plot yang lebih story driven, namun inti dari film Terlalu Tampan adalah mengeksplor dilema yang dihadapi oleh Mas Kulin terhadap ketampanannya. Baik dalam versi film maupun komik, Mas Okis berkontemplasi tentang mukjizat dan kutukan yang ia terima, dimana ia ingin diterima sebagai anak normal dan apa adanya yang juga memiliki ketidak sempurnaan.

Rere jadi pemicu bagi Kulin untuk mencari orang yang bisa melihatnya apa adanya. Sumber: BookMyShow
Rere jadi pemicu bagi Kulin untuk mencari orang yang bisa melihatnya apa adanya. Sumber: BookMyShow

Realisme bisa jadi adalah kata kunci yang ingin ditonjolkan sutradara Sabrina Rochelle, bagaimana ia bisa menyadur kisah Terlalu Tampan secara down to earth dan fokus pada plot, namun masih diliputi kegilaan dari komik aslinya. Mas Kulin dibuat lebih self-conscious dan sangat insecure terhadap ketampanannya, sementara sang keluarga besar menjadi karakter comic relief yang tetap suportif. Mas Okis yang awalnya merupakan adik Kulin, dijadikan sosok kakak yang sangat perhatian dan siap menolong jika dibutuhkan.

Begitu pula dengan sosok Kibo dan Rere, yang menjadi jangkar bagi Kulin untuk bisa lebih percaya diri. Sebagai teman yang melihat Kulin apa adanya, keduanya sangat menolong Kulin untuk mengatasi masalahnya. Dengan kemunculan Kibo dan Rere, kisah film Terlalu Tampan dirancang untuk benar-benar fokus dalam kehidupan Kulin dan masalahnya, bagaimana setiap kejadian dan kebodohan yang dilakukan Kulin dan teman-temannya membuat sang cowok menjadi semakin dewasa.

Baca Juga: Maraknya Film Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon

Kegalauan hati memaksa Kulin mengambil keputusan-keputusan bodoh. Sumber: Kincir
Kegalauan hati memaksa Kulin mengambil keputusan-keputusan bodoh. Sumber: Kincir

Komedi jadi hal yang tidak bisa lepas dalam kisah Terlalu Tampan, dimana aspek ini nampak dijinakkan jika dibandingkan dengan versi komik. Walaupun ketampanan Kulin ditampilkan bisa menyebabkan perempuan pingsan hingga kesurupan, setidaknya momen-momen lucu ini dibuat membumi agar tidak sampai terlihat absurd dan surreal layaknya versi komik. Sutradara Sabrina Rochelle juga nampak memasukkan berbagai visual comedy yang tidak hanya subtil, namun mudah ditangkap penonton.

Apakah Terlalu Tampan bisa menjadi film komedi romantis terbaik tahun ini? Mungkin tidak, mengingat dalam beberapa adegan ada beberapa hal yang kurang logis jika bicara soal masalah percintaan. Intinya sih, nggak ada yang baru jika berbicara soal elemen romance. Namun dalam aspek technical Terlalu Tampan boleh dikatakan sebagai salah satu yang terbaik. Dengan sinematografi cantik, skenario yang membumi dan terarah, serta eksekusi yang rapi, menonton Terlalu Tampan jadi sebuah pengalaman yang menghibur.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Menguak Asal Usul Komik

Kamu-kamu yang suka baca komik udah pada tahu belum asal-usul komik? Tim Blog CIAYO Comics bakal flashback ke masa awal .. more

CIAYO Comics

Ada Fitur Baru di CIAYO Comics

Bro sis sadar ga sih kalau ada yang baru dari CIAYO Comics? Yup, ada beberapa fitur baru yang berhasil dikembangkan seir.. more

Grup band J-Rock paling kondang sejagat. Sumber gambar: larc-en-ciel.com

L’Arc~en~Ciel: Grup Band J-Rock Gaek Yang Tetap Bertahan

Seharusnya grup J-Rock legendaris seperti L’Arc~en~Ciel, alias “Laruku”, tidak memerlukan introduksi lagi... more

Suasana CIAYO Comics Club (CIAYO Comics)

Satu Tahun CIAYO Comics, Perlahan Merasuki Hati Penggemar Komik Indonesia

Para penikmat komik yang awalnya ragu, perlahan mulai penasaran akan perkembangan komik Indonesia. CIAYO Comics menjadi .. more

comiconnect tour 2019

Sukses di 11 Kota, CIAYO COMICONNECT Tour Kembali Lagi!

Setelah sukses di COMICONNECT Tour 2018, CIAYO Comics kembali lagi di COMICONNECT Tour 2019; Kali ini dengan konsep dan .. more