Filmnya Belum Tayang, Joker Dapat Standing Ovation Dari Penonton Festival

10 months ago
Joker ditayangkan di Venice Film Festival tanggal 31 Agustus lalu. Para penonton dan kritikus memberikan standing ovation selama 8 menit!

Film Joker digadang-gadang sebagai interpretasi alternatif dari sosok supervillain lawan Batman yang diperankan Heath Ledger dalam The Dark Knight. Dalam film kedua trilogi Christopher Nolan tersebut, musuh bebuyutan Bruce Wayne ini digambarkan sebagai seorang mastermind yang mengusung nilai-nilai anarkisme untuk merobek borok di dalam tatanan masyarakat kota Gotham.

Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck/Joker. Sumber: Collider
Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck/Joker. Sumber: Collider

Joaquin Phoenix memerankan Arthur Fleck, komedian yang mengalami gangguan kejiwaan setelah mendapatkan berbagai tekanan dalam hidupnya. Menurut Joaquin sendiri, ia tidak mengambil inspirasi dari Joker versi aktor lain: Heath Ledger, Jack Nicholson, Jared Leto, hingga Mark Hamill. Ia ingin menciptakan Arthur Fleck versinya sendiri.

Sebelum tayang mulai 4 Oktober nanti, film Joker sudah tayang lebih dulu di Venice Film Festival tanggal 31 Agustus lalu, dan nanti akan kembali tayang di Toronto International Film Festival pada tanggal 9 September (di sana juga bakal tayang film Gundala). Tak disangka-sangka, reaksi penonton di Venice Film Festival sangat positif. Penonton melakukan standing ovation, berdiri untuk bertepuk tangan, sepanjang 8 menit!

Baca Juga: Apa Jadinya Jika Dua Film Joker Dibuat Bersamaan?

Kritikus menyebut film Joker sebagai masterpiece. Sumber: Unilad
Kritikus menyebut film ini sebagai masterpiece. Sumber: Unilad

Reaksi para reviewer pun tak kalah positifnya. Cinema Blend menyebut bahwa akting Joaquin Phoenix sangat berkesan sehingga membutuhkan diskusi akademik untuk memahami karakternya. Variety membandingkan film Joker dengan Taxi Driver sebagai sebuah film adaptasi komik yang merefleksikan isu-isu penting di dunia nyata.

Reviewer lain pun sepakat dan tiba pada konsensus bahwa Joker sangat memuaskan. Di situs agregat Rotten Tomatoes, film ini mendapatkan skor 89% dan menyebutnya sebagai evolusi kelam film superhero. Sementara itu, Metacritic memberikan skor agregat 75 dengan 13 review positif, 4 review biasa, dan 1 review negatif.

Diprediksi meraih keuntungan besar dan nominasi Oscar. Sumber: Layar
Diprediksi meraih keuntungan besar dan nominasi Oscar. Sumber: Layar

Kritikus kemudian memprediksi bahwa film arahan Todd Phillips ini bisa meraup untung besar. Film ini diprediksi meraup 60-90 juta USD dalam opening weekend. Jika Joker mampu memaksimalkan pembukaannya, bukan tidak mungkin film ini bisa mengalahkan rekor Venom yang mendapatkan 80,2 juta USD di pembukaannya.

Tapi tentu saja ini masih spekulasi. Kita belum tahu seperti apa tanggapan para penonton reguler yang kadang-kadang punya pendapat berseberangan dengan para kritikus film. Apakah film Joker akan menjadi film berkelas yang tampil loyo di box office, atau sebaliknya? Sepetinya kita harus menunggu hingga 4 Oktober nanti.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: Nerdist

The Walking Dead, Seri Zombie Hit yang Harus Segera Dihentikan Perjalanannya

AMC harus segera menghentikan saja keseluruhan seri ini, “Loh kok begitu? Kenapa memangnya?”.. more

Poster Inktober (mrjakeparker.com)

Inktober, Berkarya Lewat Gambar

Waktu kecil kalau disuruh gambar kita sudah terdoktrin  dengan menggambar gunung, matahari beserta sawahnya. Nah, di me.. more

00-d-film-tengkorak

Film Tengkorak: Menyinggung Kepercayaan Manusia

Sutradara Yusron Fuadi mempertanyakan arti manusia lewat film Tengkorak. Fosil tengkorak sepanjang 2 kilometer gemparkan.. more

[COMIC HACK] Belajar Digital Coloring Bersama Beny Maulana Yuk!

Terdapat tiga rumus dasar yang harus diperhatikan saat mewarnai... more