Final Fantasy XV Poket Edition, Versi Mobile yang Merangkum Versi Konsolnya

6 months ago
Sumber: techraptor.net

Mungkin banyak para gamer yang bertanya-tanya, apa yang sebenarnya diinginkan oleh Square Enix sehingga mengeluarkan versi mobile dari “Final Fantasy XV”? Padahal sebelum ini mereka baru saja mengumumkan bahwa pada bulan Maret nanti, mereka akan merilis “Final Fantasy XV Royal Edition” yang merupakan versi lengkap (plus semua DLC) “Final Fantasy XV”.

Jawabannya mungkin hanya satu; peluang bisni. Meskipun demikian, usaha Square Enix untuk menghadirkan pengalaman bermain “Final Fantasy XV” dalam perangkat mobile tidak digarap dengan sembarangan. Berbeda halnya ketika “Final Fantasy XV: A New Empaire” dirilis untuk mobile pada tahun 2017 silam. Banyak penggemar yang protes, mengapa game kesayangan mereka malah berubah dari JRPG menjadi simulasi building yang membosankan.

Final Fantasi XV: A New Empaire banyak mendapat protes. (Sumber: www.vg247.com)

Final Fantasi XV: A New Empaire banyak mendapat protes. (Sumber: www.vg247.com)

“Final Fantasy XV Poket Edition” baru saja memulai debut perilisannya beberapa hari yang lalu. Lalu seperti apa keseruan game ini, ya? Mengingat versi konsolnya hadir dengan sangat megah, grafis yang realistis, dan gameplay yang seru. Apakah “Final Fantasy XV Poket Edition” bisa membawa semua nuansa versi konsolnya ke dalam perangkat mobile yang punya banyak keterbatasan? Berikut ulasan lengkapnya:

Cerita Sama Namun dengan Gaya yang Lebih Ringkas

Seperti yang sudah dijanjikan oleh Square Enix, “Final Fantasy XV Poket Edition” akan memiliki cerita yang sama dengan versi konsolnya (sama persis). Masih bercerita tentang pertualangan Pangeran Noctis Lucis Caelum, pewaris tahta kerajaan Lucis yang saat itu diperintah oleh ayahnya, Regis Lucis Caelum CXIII.

Sumber: spaceofgames.com

Sumber: spaceofgames.com

Konflik utama cerita ini masih berpusat pada perebutan kembali krystal yang dicuri oleh Kerajaan Niflheim dari Lucis, yang diyakini memiki kekuatan maha besar. Konflik utama ini semakin melebar pada permasalahan lain yang juga tidak kalah seru karena apa yang terjadi berpengaruh besar pada keseimbangan dunia “Final Fantasy XV” itu sendiri.

Noctis bersama tiga sahabatnya; Gladiolus, Ignis, dan Prompto mencoba bertahan hidup dan merebut kembali krystal tersebut, sebab kerajaan Lucis telah runtuh. Sebagai penerus sah tahta kerajaan, Noctis yang pendiam dan anti sosial pun harus memberanikan diri untuk menghadapi semua kemungkinan yang tidak pernah dibayangkannya sebelumnya.

Kisah juga berputar pada romansa cinta Noctis dengan seorang putri dari Kerajaan Tenebrae bernama Lunafreya Nox Fleuret. Luna sendiri adalah figur politik penting dalam dunia internasional Eos dan pengaruhnya mengijinkan Tenebrae mendapatkan status otonomi dalam kekaisaran Niflheim sebagai perjanjian damai antara Niflheim dan Lucis. Peliknya lagi status Luna juga merupakan tunangan Noctis yang juga sahabatnya sejak kecil.

Oke, premis cerita “Final Fantasy XV” memang sempat dikatakan sebagai cerita paling kelam yang pernah dibuat dalam seri “Final Fantasy”. Namun hal ini bukan berarti akan sulit jika dibuat ke dalam versi mobile, Square Enix mencoba untuk merangkum semua cerita ke dalam permainan yang lebih sederhana tapi dengan rasa yang tidak kalah seru.

Sumber: play.google.com

Sumber: play.google.com

Jadi perbedaan versi mobile dengan konsolnya (dari segi cerita), “Final Fantasy XV Poket Edition” lebih fokus pada cerita utama dan hanya punya sedikit side mission.

Sejauh ini untuk versi mobile, Square Enix memberikan secara gratis bagi para gamer untuk mencoba bagian pembuka dari game ini. Impresi awal ini akan memberikan gambaran baru pada para gamer untuk memutuskan apakah di chapter selanjutnya mereka masih ingin terus memainkan game ini.

Game ini sendiri terbagi atas 10 chapter (mungkin saja nanti bertambah) jadi jika kalian ingin merasakan sensasi penuh pertualangan Noctis maka kalian harus membeli 9 chapter lainnya. Ini memang bukan hal baru untuk game mobile dewasa ini, paling tidak kita bisa mencoba chapter 1 terlebih dahulu untuk memantapkan diri apakah kita harus membeli chapter lainnya.

Grafis Cibi dengan Sudut Pandang Isometrik

Ini adalah sorotan paling utama yang akan membuat banyak orang tertarik mencoba “Final Fantasy XV Poket Edition”. Jika versi konsol tampil begitu maksimal dan realistis, maka versi mobile disesuaikan dengan kemampuan perangkat mobile itu sendiri. Semua gambar diubah menjadi sederhana, cibi, namun masih 3D. Penulis rasa ini adalah pencapaian yang sangat luar biasa. Siapa sangka pengerjaan maksimal yang dilakukan oleh Square Enix atas game ini memberikan pemandangan baru yang lebih segar dan nyaman dilihat untuk sebuah game di perangkat mobile.

Sudut pandang isometrik yang diputuskan juga memberikan kesan sederhana yang gak terkesan memaksa. Dengan sudut pandang ini, pemain jadi lebih mudah mengontrol setiap ruang gerak yang akan dilakukan oleh karakter mereka. Potongan sinematis juga dibuat dengan grafis yang sama imutnya, namun dengan adegan yang sama persis seperti versi konsolnya.

Gameplay yang Mudah Diakses Sesuai Perangkat Mobile

Gameplay dan kontrol adalah dua hal yang sering kali menimbulkan masalah besar, sebab kenyamanan bermain terletak pada dua hal ini. Awalnya penulis kira game ini akan hadir dengan banyak tombol serta kontol analog yang akan membuat layar penuh. Tapi ternyata semua itu dapat terbantahkan.Square Enix sepertinya tahu betul apa yang harus dilakukan untuk membuat gamer merasa nyaman dan betah saat bermain.

Tidak ada analog dan tombol yang sampai menutupi layar permainan. Semua kontrol permianan disesuaikan dengan perangkat mobile yang lebih nyaman dengan touch dan swipe. Kita bisa menggerakkan karakter, mengunci target (monster) dengan melakukan touch di beberapa tempat atau pada target yang ingin dikunci. Karena karakter Noctis memungkinkan kita menggunakan cukup banyak senjata dalam sebuah pertarungan, maka disediakan juga tombol mengganti pedang dengan cepat pada bagian bawa kanan. Dengan semua kenyamanan kontrol yang ada, pertarungan “Final Fantasi XV” versi konsol yang cepat dan seru bisa terpenuhi dalam perangkat mobile.

Sumber: www.finalfantasyxv.com

Sumber: www.finalfantasyxv.com

Selain itu  versi mobile juga masih mempertahankan gaya status karakter, pemilihan item, update skill karakter semirip mungkin dengan versi konsol. Jelas ini menjadikan “Final Fantasy XV Poket Edition” juga memiliki pendalaman gameplay yang hampir mirip dengan versi konsolnya.

Jika versi konsol memungkinkan kita untuk mengeksplorasi dunia “Final Fantasi XV” yang sangat luas. Maka versi mobile membatasi hal itu, namun masih dalam cara yang menarik. Pemain akan diberikan map yang cukup luas (untuk sebuah game mobile) agar bisa di eksplor dengan beberapa side ques khas RPG pada umumnya.

Sumber: mobilesyrup.com

Sumber: mobilesyrup.com

Pemain akan diberi kesempatan menikmati pemandangan indah saat berkendara dengan mobil untuk menuju sebuah lokasi tertentu, Atau juga kesempatan lain seperti berkemah, mengumpulkan bahan untuk membuat makanan saat berkemah, membantu beberapa orang kota untuk menyelesaikan misi sampingan dan menambah status karakter dalam ruang lingkup leveling. Hal menarik lainnya adalah, pemain bisa melakukan beberapa aktivitas seperti menunggangi Cocobo dan memancing.

~

Sejauh ini “Final Fantasy XV Poket Edition” berhasil membawa nuansa konsol yang megah menjadi sangat berbeda namun masih nyaman untuk dimainkan ke dalam perangkat mobile.

Jadi bagi para penggemar “Final Fantasy”, game ini wajib untuk kalian coba. Atau jika kalian belum sempat dan tidak bisa memainkan versi konsolnya, “Final Fantasy XV Poket Edition” adalah alternatif yang baik untuk mengetahui seperti apa keseruan cerita utama dari game yang satu ini. Sudah mulai tertarik? Mending coba dulu, deh. Mumpung masih gratis.

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

(pixabay.com)

Lowongan Kerja Remote atau Magang Jadi Jurnalis dan Blogger!

Buat yang suka menulis tentang pop culture (komik, game, film animasi), dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya, K.. more

(pixabay.com)

Ringo Ame: Camilan Jepang yang Menggoda Selera

Kalian suka buah apel?? Kalian pecinta makanan manis?? Gimana kalau buah apel utuh dicampur, terus dicelupin dengan kara.. more

Gundam Live-Action, Akankah Kerjasama Sunrise dan Legendary Pictures Memuaskan Penggemar?

Lewat acara Anime Expo 2018, tiba-tiba saja pihak studio Sunrise membuat kejutan lewat Presiden dan CEO Sunrise, Yasuo M.. more

Sumber: Pinterest

Gak Selalu Happy Ending, Film Drama Romantis Ada yang Berakhir dengan Kematian

Pada umumnya, film drama romantis selalu berakhir dengan adegan indah tentang menyatunya kedua pasangan. Namun pada keny.. more

00 game boy desktop

Game Boy: Konsol Handheld Anak Emas Nintendo

Sebelum Switch, 3DS dan DS, Nintendo sudah jadi raja video game handheld. Semuanya berkat Nintendo Game Boy... more