First Impression Violet Evergarden: Anime Netflix Tercantik Saat Ini?

6 months ago
00-violet desktop

Kyoto Animation membangun reputasinya sebagai studio anime yang tak pernah kompromi soal kualitas animasi. Setiap anime TV yang mereka produksi selalu memiliki visual yang cantik, penuh efek, dan memiliki detail tinggi. Mengejar estetika tingkat tinggi selalu menjadi misi utama bagi Kyoani; sehingga anime TV yang mereka produksi memiliki nilai jual tinggi yang bisa disetarakan dengan film anime bioskop.

Di tahun 2018 ini, Kyoani nampaknya bakal kembali mendorong standar baru dalam anime lewat serial terbaru mereka, Violet Evergarden. Anime ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Akatsuki Kana, yang diterbitkan oleh imprint milik Kyoani sendiri. Violet Evergarden tayang bersamaan di Jepang dan seluruh dunia lewat jaringan TV nasional dan layanan streaming Netflix.

05-violet novel

Violet Evergarden versi novel diilustrasikan oleh Takase Akiko. (Sumber: The Weekly Spoon)

Bukan sekali dua kali ini saja Netflix menayangkan anime. Raksasa streaming tersebut bahkan turut membantu memproduksi beberapa judul anime. Beberapa anime yang mereka produksi diantaranya adalah film Godzilla terbaru hingga anime Neo Yokio. Jika biasanya anime rilisan Netflix dilepas langsung hingga tamat, maka dalam Violet Evergarden Netflix merilis episodenya dalam interval mingguan, mengikuti jadwal tayang di TV. Plus, Violet Evergarden di Netflix dapat dinikmati dalam dua versi dubbing (Inggris & Jepang) serta subtitle tiga bahasa.

02-violet war

Menyusuri kekacauan medan perang sembari menahan luka. (Sumber: Youtube)

Kisahnya menceritakan tentang kehidupan gadis bernama Violet. Dahulu ia adalah tentara yang bertugas di bawah naungan mayor Gilbert Bougainvillea. Keduanya memiliki hubungan yang sangat dekat. Naas hubungan itu tak bertahan lama setelah keduanya mendapatkan serangan dan terluka parah. Violet selamat, meskipun kini ia harus mengenakan lengan prostetik. Entah beruntung atau naas bagi Violet, mayor Gilbert tewas di medan perang.

06-violet hospital

Violet masih belum bisa menerima akhir dari kehidupannya di medan perang bersama mayor Gilbert. (Sumber: Atelier Emily)

Terkatung-katung di rumah sakit setelah perang berakhir, Violet kemudian dibawa pulang oleh mantan komandan Claudia Hodgins, sekaligus seorang rekan mayor Gilbert. Menjalankan wasiat Gilbert, Hodgins membawa Violet kepada keluarga Evergarden yang hendak mengadopsinya, namun Violet yang telah didoktrin sebagai tentara tak bisa menyesuaikan diri dalam kehidupan yang tenang dan santai. Violet memutuskan untuk bekerja kepada Hodgins di perusahaan pos miliknya, CH Postal Company.

Di CH Postal inilah, Violet bertemu dengan karyawan bagian Auto Memory Doll. Mereka menulis surat untuk orang-orang tuna aksara (tidak bisa baca-tulis). Melihat bagaimana karyawan Auto Memory Doll dapat menangkap maksud orang-orang dan menerjemahkannya menjadi kata-kata, Violet pun berminat untuk bekerja di bagian itu. Alasannya singkat, yaitu agar ia bisa memahami maksud dari kata-kata terakhir mayor Gilbert sebelum ia wafat.

04-violet letter

Kyoani kembali memanjakan mata para penonton lewat presentasi visual yang cantik. (Sumber: Ultramunch)

Kyoani sejak awal mampu menciptakan anime yang eye-candy secara independen. Namun dengan “sedikit” bantuan dari Netflix, mereka bisa benar-benar mendorong batasan. Komposisi adegan dan efek dibuat sinematik dan memiliki kualitas setara dengan film anime bioskop. Coba lihat sendiri deh bro sis. Semua animasi yang bisa dikerjakan secara manual, dilakukan dengan manual. Efek 3DCG hanya digunakan sepatutnya saja, sementara sisanya merupakan animasi tradisional dengan tangan.

03-violet gilbert

Walau tidak punya banyak peran penting, karakter mayor Gilbert tetaplah krusial dalam penokohan Violet. (Sumber: Anime Solution)

Narasi yang dibawakan nampaknya akan menjurus ke arah format episodik yang fokus pada keseharian Violet selama bekerja di bagian Auto Memory Doll. Meski demikian, plot tetap bakal berjalan, yang akan membawa Violet selangkah lebih dekat menemukan maksud dari kalimat terakhir mayor Gilbert. Begitu pula dengan konten drama yang secara harfiah bakal bermain-main dengan perasaan. Violet yang hanya mengetahui kehidupan di medan perang akan mengenal berbagai macam perasaan dan emosi yang sudah sepatutnya dirasakan oleh setiap insan manusia.

Musik pengiringnya juga patut diberikan apresiasi karena mampu mendukung estetika sinematik dan setting dunia klasik. Pujian patut dihaturkan kepada Evan Call, komposer ekspat dari grup Elements Garden. Nampaknya jasa musisi luar negeri mulai populer dalam industri anime Jepang. Lihat saja bagaimana komposer musik asal Australia, Kevin Penkin yang mendapatkan pujian lewat karyanya di anime Made in Abyss. Juga simak Rasmus Faber, DJ house yang malang melintang di event taraf Djakarta Warehouse Project, yang beberapa kali terlibat dalam proyek anime besar.

01 violet evergarden

Anime cantik laiknya batu emerald yang dipegang Violet. (Sumber: Pisanieprac)

Violet Evergarden sekali lagi menjadi salah satu anime andalan Kyoto Animation yang patut bro sis awasi. Ia tak hanya cantik, namun juga punya narasi dan drama yang sangat kuat. Jangan lupa siapkan sebungkus tisu sebelum menonton, karena bro sis nggak bakal tahu dimana kisahnya bakal mencengkram hati.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 7: Pulau Dewata

Sabrina sampai di Pulau Dewata. Saat itu bulan Oktober. Panas menyeruak, 32 derajat celcius... more

Hati Hati Techno Menggabungkan Musik EDM Dengan Keimutan Grup Idol Jepang

Datang dari Jepang, dan diproduseri Kevin Aprilio. Hati Hati Techno mencoba untuk menggebrak pasar musik pop Indonesia l.. more

Sumber: Saint-ism (http://www.saint-ism.com/2012/12/what-exactly-can-you-expect-in-initial-d-5th-stage/)

NGEENG, HATI-HATI! 10 ANIME OTOMOTIF INI BISA MEMACU ADRENALINMU!

Di dalam dunia anime, balapan bukanlah sesuatu yang asing. Baik sekedar balap sepeda di Yowamushi Pedal atau balap Tamiy.. more

sumber: www.traileraddict.com

The Vanishing of Sidney Hall, Kebrutalan dalam Bentuk Dialog Minim Visual

“The Vanishing of Sidney Hall” membuka kisah dengan sebuah narasi liar yang dibacakan oleh Sidney Hall (Logan Lerman.. more

(Vandaria Saga – Redfang)

Resensi Novel Redfang: Kakak Bunuh Adik, Dikubur, Eh Si Adik Malah Muncul Lagi

Kolaborasi CIAYO Comics dan Vandaria Saga membuahkan komik baru yang nantinya akan meramaikan hikayat Vandaria, lho. Kab.. more