Gak Selalu Happy Ending, Film Drama Romantis Ada yang Berakhir dengan Kematian

8 months ago
Sumber: Pinterest

Pada umumnya, film drama romantis selalu berakhir dengan adegan indah tentang menyatunya kedua pasangan. Namun pada kenyataannya, aturan baku tersebut tidaklah berlaku terhadap film – film ini. Yang ada, film – film drama romantis ini berakhir dengan meninggalnya salah satu pasangan yang tentunya sukses membuat kita (tidak peduli pria atau wanita) nangis sendiri ketika menyaksikan filmnya.

Penasaran? Langsung aja baca sampai habis. Psst, bagi bro sis yang mungkin belum menyaksikan sama sekali salah satu atau semua filmnya, penulis hanya bisa memberikan dua kata bagi kalian: SPOILER ALERT!!!

8. Harold and Maude (1971)

Sumber: The Athena Cinema

Sumber: The Athena Cinema

To be fair, wajarlah apabila film arahan Hal Ashby (The Landlord) ini berakhir dengan kematian salah satu pasangannya. Pasalnya film ini menampilkan kisah percintaan antara pria berusia sekitar 20-an dengan seorang nenek berusia 79 tahun. Meskipun mungkin belum menyaksikan, bro sis sudah pasti bisa menerka dong pasangan mana yang berakhir di liang lahat?

Walau pada awalnya konsep kisah cinta ini terdengar ngelenyeh, tapi pada akhirnya Harold and Maude, sukses menjadi salah satu film cult classic sepanjang masa. Alasannya, film ini sukses mengajarkan sekaligus mengingatkan kita semua bahwasanya hidup adalah anugerah dari Tuhan yang tidak boleh kita sia-siakan sama sekali. Sweet!

7. Love Story (1970)

Sumber: The Ace Black Blog

Sumber: The Ace Black Blog

Menurut saya film super klasik ini mungkin terasa lebih pas apabila diberi judul “Tragic Love Story”. Ya, bagaimana tidak? Film ini memang benar – benar mengisahkan kisah cinta yang awalnya indah namun, berakhir dengan tragis.

Film arahan Arthur Hiller (Tobruk, Silver Streak) ini mengisahkan Oliver Barrett IV (Ryan O’ Neal) yang jatuh cinta dan menikahi pujaan hatinya Jennifer Cavalleri (Ali McGraw). Sayangnya kisah bahagia mereka harus berakhir menyedihkan ketika Jennifer meninggal akibat penyakit kanker yang dideritanya.

Film ini sukses meraih box-office, sayangnya hampir sebagian besar kritikus film termasuk almarhum Roger Ebert, kala itu sangat membenci film ini. Gak diketahui secara jelas alasannya. Mungkin karena kisahnya yang terlalu “generik”?

Tapi hei, yang penting sekali lagi film ini menuai banyak pundi-pundi keuntungan dan soundtrack-nya, yang dinyanyikan oleh Andy Williams itu sangat melegenda bukan?

6. Moulin Rouge! (2001)

Sumber: IndieWire

Sumber: IndieWire

Film musikal yang dibintangi oleh Nicole Kidman (Batman Forever) dan Ewan McGregor (Star Wars) ini mengisahkan kisah cinta antara penyair muda Christian (McGregor) dan bintang cabaret Moulin Rouge! Satine (Kidman).

Sayangnya, keduanya harus berhenti bernyanyi bersama setelah Satine meninggal dunia akibat penyakit Tuberkolosis yang dia derita. Lebih mirisnya, Satine meninggal beberapa detik setelah melakukan pertunjukan. Super drama!

Film arahan Baz Luhrmann (Romeo + Juliet) ini sangatlah sukses. Terbukti, film ini sukses dinominasikan di kategori Best Picture dan membawa pulang 2 piala Oscar untuk kategori Best Costume Design dan Best Art Direction di penghargaan 74th Academy Awards.\

5. Keith (2008)

Sumber: Twitter

Sumber: Twitter

Menceritakan kisah cinta antara dua teman sekolah, Keith Zetterstorm (Jesse McCartney) dan Natalie Anderson (Elisabeth Harnois) yang dibumbui dengan Keith yang kerap ingin melakukan percobaan bunuh diri.

“Loh, kenapa memangnya?” Hmm, mending nonton sendiri. Pasalnya memang yang membuat film independen arahan Todd Kessler (Damages) ini begitu menarik adalah motif ingin bunuh dirinya tersebut. Oh ya hampir lupa, penyebab kematian Keith menarik juga loh. Makin penasaran?

4. Bright Star (2009)

Sumber: consciouspolyamory

Sumber: consciouspolyamory

Satu-satunya film berlatar tahun 1800-an yang diangkat dari kisah nyata di daftar ini, Bright Star mengisahkan 3 tahun dari masa-masa akhir penyair (penulis puisi) legendaris John Keats (Ben Whishaw).

Kehidupan kerja sekaligus percintaannya dengan sang kekasih, Fanny Brawne (Abbie Cornish) berakhir ketika dirinya meninggal akibat penyakit Tuberkolosis (TBC) yang dideritanya. Kayaknya kebanyakan film drama seperti ini, kalau gak sakit TBC ya kanker, ya?

Tapi gak apa, soalnya film ini sukses Ddtampilkan dengan begitu indah. Gak heran kalau kemudian film ini begitu sukses di mata fans dan pihak akademi ketika mereka menominasikan Bright Star sebagai salah satu nomine kostum terbaik di penghargaan 82nd Academy Awards.

3. Me Before You (2016)

Sumber: ABC News

Sumber: ABC News

Sejujurnya, penulis agak ragu untuk menyaksikan film yang diadaptasi dari novel karya Jojo Moyes ini. Namun dikarenakan film ini dibintangi oleh Emilia Clarke (Game of Thrones), alhasil saya pun memberanikan diri saja untuk menyaksikan film arahan Thea Sharrock (Henry V) ini.

Nyatanya, keputusan tersebut tepat sekali. Me Before You bukanlah kisah romantis “kacangan” seperti kebanyakan sekarang. Film ini benar-benar tragis nan menyayat hati. Perasaan tersebut semakin menjadi ketika lagu Photograph milik Ed Sheeran yang menjadi soundtrack menghiasi adegan klimaks film ini.

Film ini pada dasarnya mengisahkan Louisa Clark (Clarke) yang setelah kehilangan pekerjaannya sebagai pelayan kafe, menjadi pengurus pemuda kaya raya, Will Traynor (Sam Claflin) yang harus berada di kursi roda setelah mengalami kecelakaan sepeda motor 2 tahun sebelumnya.

Setelah melalui masa pengenalan yang cukup intens, keduanya pun memadu kasih. Sayangnya kisah cinta keduanya kandas, setelah Will meninggal dunia akibat komplikasi yang dideritanya.

Melihat betapa keren dan suksesnya film ini, rasanya tidaklah berlebihan apabila kini banyak orang berharap sekuelnya, After You, jugalah dirilis adaptasi live-action nya.

2. A Walk to Remember (2002)

Sumber: Hollywood.com

Sumber: Hollywood.com

Perlu diakui, saya memang sangat terlambat untuk menyaksikan film yang diadaptasi dari novel karya Nicholas Sparks ini. Selama 1 dekade terakhir saya hanya menyaksikan potongan-potongan adegan filmnya dari video klip soundtrack film ini, “Someday We’ll Know” dan “Only Hope” yang keduanya dinyanyikan juga oleh bintang utama film ini, Mandy Moore.

Setelah akhirnya menyaksikan filmnya 2-3 tahun lalu, saya akui saya tidak menyesali keterlambatan itu. Karena A Walk to Remember benar-benar merupakan film cinta tragis yang patut untuk disaksikan.

Kisah mengenai percintaan antara Landon Carter (Shane West) dan Jamie Sullivan (Moore) yang berakhir dengan kematian Jamie akibat Leukemia ini benar-benar menyayat, inspiratif dan tentunya, klasik.

1. The Fault in Our Stars (2014)

Sumber: Steller.ie

Sumber: Steller.ie

Ayo bro sis mengaku saja deh. Pastinya sebagian besar dari bro sis langsung banjir air mata ketika menyaksikan klimaks film yang diadaptasi dari novel karya John Green ini. Kisah mengenai dua kekasih yang sama – sama pasien kankerm Hazel Grace (Shailene Woodley) dan Augustus Waters (Ansel Elgort) ini sangatlah tragis nan menyedihkan.

Hazel yang sangat sayang dengan Augustus, sangat terpukul ketika akhirnya Augustus kalah perang dengan kanker tulang akut yang dideritanya. Ketotalitasan Woodley serta pengarahan Josh Boone (Stuck in Love) yang gemilang, sekali lagi sukses membuat kita menangis rame-rame dengan di dalam ruang teater.

Nah, itu dia tadi deretan film drama romantis yang berakhir dengan kematian salah satu pasangannya. Gimana bro sis? Setuju dengan daftar ini? Atau punya rekomendasi lain? Tinggalkan komentar kalian, ya.

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Ternyata Microsoft Punya Banyak Maskot Dan Mereka Semua Sangat Kawaii!

Masih belum percaya? Di Jepang, Microsoft punya strategi tersendiri untuk memasarkan produk-produk mereka. Di setiap pro.. more

cookingwithdog.com

Cuma di Acara Ini, Takoyaki Jadi Rebutan!

Di acara yang satu ini, takoyaki jadi bahan rebutan orang-orang. Gimana enggak, di acara Inari Matsuri IPB kemarin ada l.. more

Plant Lily, Chit Chat Bareng Cosplayer Dari Vietnam

Jika ada yang bertanya “Eh gimana sih rasanya bertemu idola secara langsung, bisa duduk bareng dan ngobrol dalam suasa.. more

Sumber : CIAYO Comics

Spooky Sweetheart, Jatuh Cinta dengan Hantu Cantik?

Gak cuma di film-film aja, di komik hantu juga bisa jatuh cinta sama manusia, loh. Sama kayak di Spooky Sweetheart ini. .. more

Sumber : pinterest.com

Setelah Mjolnir Hancur, Senjata Apa yang Akan Dipakai Oleh Thor?

Seperti yang kita tau, senjata andalan Thor sudah hancur. Meskipun Thor memiliki kekuatan baru sebagai God of Thunder, a.. more