Gakuen Babysitters: Pentingnya Penitipan Anak di Tempat Kerja

9 months ago

Ada satu anime menarik bertema slice of life yang sedang tayang di awal tahun ini: Gakuen Babysitters. Anime Gakuen Babysitters ini tayang sebanyak 12 episode dan saat ini sudah memasuki episode keempat.

Saya paling senang dengan anime-anime singkat yang hanya berjalan sepanjang 12 episode seperti ini, karena tidak memerlukan usaha keras untuk up to date dengan setiap episodenya. Biasanya untuk anime dengan episode panjang (apalagi jika episode filler-nya banyak), saya lebih memilih untuk membaca manganya saja. Saya juga tidak bisa membayangkan menjadi wibu akut. Hehehe.

01 gakuen babysitters

Rugrats versi anime? (Sumber: Lost in Anime)

Hal lain yang membuat saya senang dengan anime ini: anak kecil! Kyaaa! Anyway, Gakuen Babysitters awalnya adalah serial manga yang diciptakan Hari Tokeino dan diterbitkan secara bertahap di majalah shoujo Hakusensha, sebelum akhirnya diadaptasi menjadi anime di awal Januari ini.

Anime ini bercerita tentang sebuah klub babysitter di akademi Morinomiya yang diperuntukkan kepada para guru perempuan yang mengajar di akademi tersebut. Uniknya, para pengasuh yang berada di klub babysitter itu adalah para laki-laki. Anime ini mengingatkan saya dengan Return of Superman, acara televisi Korea yang menampilkan para ayah yang mengasuh anaknya.

02 tablo

Haru dan Tablo di Return of Superman (Sumber: KBS World)

Tak perlu berlama-lama, yuk kita kenalan dengan anak-anak unyu nan lucu di anime ini!

Kotaro Kashima

03 kotaro

Kotaro Kashima (Sumber: Zerochan)

Kotaro merupakan adik Ryuichi Kashima, salah satu pengasuh di klub babysitter ini. Karakternya kalem dan datar, seolah-olah tanpa ekspresi. Tapi, sebenarnya dia menyimpan emosi yang besar kepada kakaknya, dan akan merasa sangat sedih jika terpisah dari sang kakak. Salah satu momen yang paling saya suka adalah ketika Kotaro kesusahan memeras lemon saat membuat minuman agar kakaknya sembuh dari sakit pilek. Uuh!

Taka Kamitani

04 taka

Taka Kamitani (sumber: Zerochan)

Taka merupakan adik Hayato Kamitani, salah satu anggota klub baseball di akademi yang nantinya akan ikut bergabung dalam klub babysitter. Berbeda dengan hubungan Kotaro dan kakaknya yang manis, Taka sering kali bertengkar dengan kakaknya, apalagi Hayato tak jarang memarahinya dengan kasar. Taka merupakan karakter yang banyak bicara dan banyak tingkah, tapi bukannya menjengkelkan. Justru karakternya itu membuatnya semakin unyu!

Kirin Kumatsuka

05 kirin

Kirin Kumatsuka (sumber: Zerochan)

Kirin merupakan satu-satunya anak perempuan yang diasuh dalam klub babysitter, selain Midori yang masih bayi. Kirin merupakan anak yang ceria dan sering membanggakan kepang rambut yang dibuat oleh ibunya. Sosok Kirin membuat saya ingat kepada Haru dalam Return of Superman.

Midori Sawatori

06 midori

Midori Sawatori (sumber: Zerochan)

Satu-satunya anak yang masih berusia bayi dan dibawa oleh Usaida kemana-mana. Ia belum bisa banyak berbicara, namun sering ikut menimbrung dengan kata-kata yang ia ucapkan secara tidak jelas tapi tentu saja, manis.

Takuma & Kazuma Mamizuka

07 takuma

Anak pertama, Takuma (Sumber: Pinterest)

Kazuma dan Takuma merupakan saudara kembar dengan karakter yang bertolak belakang. Takuma, sang kakak, mempunyai karakter yang lebih ceria. Sedangkan Kazuma, adiknya, seringkali memperlihatkan wajah yang seolah-olah akan menangis. Kembar ini mengingatkan saya kepada The Triplet dalam Return of Superman.

08 kazuma

Anak kedua, Kazuma (Sumber: Pinterest)

Mereka mempunyai ayah yang bekerja sebagai seorang aktor yang jarang mereka temui, sehingga ayahnya merasa bahwa mereka tidak mengenalinya. Hal itu berujung pada sebuah adegan mengharukan ketika Kazuma dan Takuma mendatangi ayah mereka yang dikerubungi fans dan memanggilnya “Papa!” Meski demikian, menurut saya adegan Kotaru memeras lemon untuk kakaknya masih jauh lebih mengharukan. Hehehe.

Pentingnya Tempat Penitipan Anak di Tempat Kerja

09 guru

Beberapa guru perempuan di akademi Morinomiya yang menitipkan anaknya di klub babysitter. (sumber: Lost in Anime)

Sejak awal menonton Gakuen Babysitters, melihat bagaimana anime ini menceritakan bahwa klub babysitter itu diperuntukkan untuk para guru perempuan yang bekerja di akademi Mironimiya, saya langsung teringat beberapa guru di sekolah saya dulu. Setiap saat setelah melahirkan anak, mereka sangat kerepotan dengan tugas mengurus anak dan mengajar, sehingga kadang mereka harus menitipkan anaknya kepada guru perempuan lain yang sedang tidak bertugas mengajar.

Merepotkan sekali, batin saya kala itu. Saya pun teringat akan hal lain; sesuatu yang diucapkan oleh Dian Sastrowardoyo dalam sebuah wawancara di film Kartini: pentingnya tempat penitipan anak di tempat kerja di Indonesia.

10 penitipan

Sebuah tempat penitipan anak di Pekanbaru. (Sumber: Youtube)

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sendiri, pada tahun 2015 pernah mengeluarkan Peraturan Menteri yang mewajibkan seluruh instansi pemerintah dan swasta menyediakan tempat penitipan anak dan Ruang khusus ASI. Namun, entah isu ini ditanggapi secara serius atau tidak sampai hari ini. Tempat penitipan anak di tempat kerja membuat orangtua lebih efisien dalam mengawasi anaknya, apalagi jika anak itu masih membutuhkan ASI.

Jepang sendiri, berama negara lain seperti Turki dan Belanda, mulai mewajibkan perusahaan untuk menyediakan tempat penitipan anak. Untuk tempat kerja lain, saya sendiri belum mendapatkan informasinya. Meski demikian, hal ini bukan sekedar isu sepele. Kesetaraan gender dan tuntutan ekonomi telah membawa perempuan yang dulunya hanya ibu rumah tangga menjadi salah satu tenaga penggerak industri. Maka demikian, isu ini harus dibahas secara serius. Bukan begitu, bro sis?

About Author

Muhammad Al Fatih Hadi

Muhammad Al Fatih Hadi

Mempunyai dua nama panggung yaitu Nocturne dan Buluidung. Book nerd, movie freak. Sedang merantau ke Al-Ain, Uni Emirat Arab, entah sebagai pelajar atau sebagai TKI. Jika tertarik menghubunginya, bisa lewat akun instagramnya @Fatihnokturnal14. Jika tidak tertarik, ya sudah.

Comments

Most
Popular

The Kasuaris – Episode 6: Si Cantik Vivi Kasuari

Hello, I’d like to introduce myself to you guys and gals, my name is Vivi Kasuari... more

Sumber : life-is-strange.wikia.com

Life is Strange: Ketika Waktu Tidak Berpihak

Lho, kok baru di review sekarang sih? Yap, alasannya karena yang pertama, Game Life is Strange (LIS) lagi gratis di Stea.. more

thumb-3

Krypton: Serial TV Tentang Planet Asal Superman

Seperti apa kehidupan di planet asal Superman, jauh sebelum planet itu hancur? Pertanyaan itu akan terjawab lewat serial.. more

Print faza

Know Your Judges #2: Faza Meonk

Kreator komik anti mainstream Si Juki, Faza Meonk adalah juri selanjutnya di CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Apa arti Red.. more

Sumber gambar: littleanimeblog.com

Fist of the North Star & Girls’ Last Tour: Dua Pendekatan Berbeda Untuk Kisah Dunia Post Apocalyptic

Dari begitu banyak judul, di tulisan ini saya akan fokus pada dua judul manga yang sama-sama bertema post apocalyptic na.. more