Game 3D Super Mario: Dari Era Super Mario 64 Sampai Super Mario Odyssey

4 months ago
Game klasik sepanjang masa. Sumber gambar: nintendo.co.uk

Game Super Mario dari Nintendo, secara tradisional, adalah sebuah game platform yang berada dalam alam dua dimensi/2D dengan pergerakan statis dari kiri ke kanan pada layar. Ini sudah dimulai sejak era Super Mario Bros di Famicom/NES. Hingga beberapa waktu, pola game Mario pakem di bagian ini.

Hingga kemudian masuk era baru console Nintendo, yaitu Nintendo64.

Di titik ini, terjadi pertukaran drastis pada pola game platforming Mario. Kecanggihan teknologi console yang diciptakan Nintendo pada tahun 1996 di Jepang tersebut memungkinkan terciptanya sebuah game platforming dalam format tiga dimensi/3D. Tidak lagi terkurung dalam keharusan side-scrolling. Bergerak dari kiri ke kanan, kanan ke kiri, atau atas ke bawah.

Dengan teknologi baru, kini sebuah game platforming dapat dibuat bergerak ke segala arah, 360 derajat. Hal inilah yang mendasari game 3D Mario pertama di dunia. Yaitu game berjudul “Super Mario 64”.

Box art Super Mario 64. Sumber gambar: amazon.com

Box art Super Mario 64. Sumber gambar: amazon.com

Game yang boleh dibilang sebagai eksperimen pertama Nintendo di ranah 3D ini sukses besar di pasaran, dengan terjual lebih dari 11 juta kopi dan mendapatkan berbagai penghargaan serta pujian kritikus game di seluruh dunia.

Super Mario 64 masih berkutat di bagian klise dari game Mario selama ini. Princess Peach yang diculik Bowser, dan kita sebagai Mario harus menyelamatkannya. Dengan wilayah gaming yang berwujud 3D, kini Mario dapat melakukan berbagai hal seru yang dulu tidak dapat dilakukannya di alam side-scrolling 2D. Mario kini dapat berlari dengan rotasi memutar, misalnya. Atau berenang dengan sudut tampilan layar yang tidak lagi hanya dapat terlihat dari samping. Atau bahkan terbang secara 3D kini dapat dilakukan oleh Mario.

Fly high, Mario! Sumber gambar: videogamesblogger.com

Fly high, Mario! Sumber gambar: videogamesblogger.com

Konsep 3D di game Super Mario terus berlanjut setelah era Super Mario 64.

Saat Nintendo merilis console selanjutnya yang mereka beri nama GameCube pada tahun 2001, mereka merilis tidak hanya satu tapi dua game 3D Mario (walau salah satunya tidak dibintangi oleh Mario melainkan saudaranya Luigi) sekaligus. Game tersebut berjudul Super Mario Sunshine dan Luigi’s Mansion.

Screenshot game Super Mario Sunshine. Sumber gambar: emuparadise.me

Screenshot game Super Mario Sunshine. Sumber gambar: emuparadise.me

Karena secara hardware GameCube jauh lebih bertenaga jika dibandingkan dengan Nintendo64, maka tidak mengherankan kalau game Super Mario Sunshine dan Luigi’s Mansion terlihat lebih halus dan indah jika dibandingkan dengan Super Mario 64. Saat itu juga sempat ada pertanyaan mengapa Luigi’s Mansion yang lebih dulu dirilis ke pasaran (Super Mario Sunshine dirilis tahun 2002), namun hal itu tidak terlalu jadi masalah buat fans Nintendo karena pada akhirnya kedua game ini sama-sama sukses di console GameCube.

Screenshot game Luigi’s Mansion. Sumber gambar: youtube.com

Screenshot game Luigi’s Mansion. Sumber gambar: youtube.com

Game 3D Mario berlanjut di console berikutnya. Nintendo Wii.

Super Mario Galaxy dirilis tahun 2007 dan menyajikan gameplay 3D yang serupa dengan game-game Mario 3D sebelumnya, dengan satu twist: kali ini Mario berpetualangan antar planet.

Dengan Wiimote Controller yang unik dan berbasis motion alias pergerakan, game Super Mario Galaxy menyajikan sebuah game platforming 3D yang semakin seru untuk dimainkan karena kontrol unik yang dimilikinya.

 Bermain game 3D Mario dengan lebih interaktif. Sumber gambar: amazon.co.uk


Bermain game 3D Mario dengan lebih interaktif. Sumber gambar: amazon.co.uk

Saat Nintendo memperkenalkan console penerus Wii, yang mereka beri nama Wii U, game 3D Mario yang diciptakan untuk console ini adalah Super Mario 3D World.

Kali ini ada sedikit perbedaan yang diberikan oleh Nintendo, karena Super Mario 3D World kini menggabungkan elemen 3D dan 2D di dalam satu game sekaligus.

Jadi akan ada situasi dimana game akan berada dalam mode 3D Free Roaming, dan kemudian game akan “memaksa” gamers untuk bermain dalam mode 2D Side-Scrolling ala game-game klasik Mario sebelum era 3D. Cukup seru dan fresh untuk dimainkan.

Screenshot Super Mario 3D World. Sumber gambar: gamerspack.com

Screenshot Super Mario 3D World. Sumber gambar: gamerspack.com

Game 3D terkini Mario akan dirilis Oktober 2017 ini untuk console hybrid Nintendo yang sedang populer, yaitu Nintendo Switch. Judul game tersebut adalah Super Mario Odyssey.

Dari beragam video trailer dan screenshots yang banyak beredar di internet, bisa dipastikan kalau gameplay yang diusung akan full 3D seperti game-game sebelum Super Mario 3D World. Terlihat seru dan unik, karena Mario kini memakai topinya sebagai “multipurpose gadget”. Bagaimana nanti pengaruhnya di dalam game, baru akan bisa dirasakan saat game ini dirilis nanti tidak lama lagi.

Screenshot trailer Super Mario Odyssey. Sumber gambar: nintendo.co.uk

Screenshot trailer Super Mario Odyssey. Sumber gambar: nintendo.co.uk

Dengan sederet game 3D yang mereka punya, Nintendo akan terus memberikan Mario petualangan-petualangan seru yang dapat bro sis mainkan di console ataupun handheld Nintendo yang bro sis miliki. Happy gaming!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 5: Teriakan Memekakkan Telinga

Sang kakak hanya terdiam menerima hujanan pukulan itu. Sampai suara hantaman keras dan teriakan dari arah kamar, membuat.. more

Ngobrol Bareng Komikus Cantik Bergenre Ganda

Yuk, ngobrol bareng komikus cantik yang multitalenta ini. Nan Nan selalu membuat ilustrasi dan komik lewat dua genre yan.. more

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kepribadian Yandere, Is It Real?

kepribadian, kepribadian yandere, otaku, sasaeng fans, penyakit jiwa, attached, sakit jiwa, gila, ocd, yandere.. more

Sumber: Jakarta Games Week

Jakarta Games Week 2017: Jawaban Indonesia Untuk Komunitas FGC Dunia

Sebagai bagian dari gamer yang antusias dengan FGC dan game fighting secara general, pasti kalian uda ga asing dengan b.. more

Kontroversi Kemono Friends Yang Sedang Heboh Di Jepang

Beberapa hari belakangan ini jagat internet khususnya di bagian penggemar anime Jepang sedang heboh soal berita & rumor .. more