Game Asal Jepang Ini Malah Populer di Cina, Lho!

9 months ago
Sumber: michibiku.com

Ada sebuah mobile game menarik asal Jepang bernama “Tabi Kaeru” / “Travel Frog” yang sedang nge-hits banget di Cina. Kenapa bisa ya? Mobile game ini bahkan menduduki peringkat pertama pada aplikasi game gratis yang paling banyak di download di Apple App Store Cina.

Buat bro sis yang belum tau, “Tabi Kaeru” adalah sebuah game yang dikenal sebagai Travel Frog. Permainan ini hampir mirip dengan permainan Tamagotchi. Di mana dalam game ini, pemain akan memelihara seekor kodok yang sangat suka berpetualang. Kodok yang kita pelihara ini tinggal pada sebuah gua kecil. Nah, sebelum sang kodok berangkat untuk meninggalkan rumah dan pergi berpetualang, tugas pemain adalah memastikan kalau si kodok mempunyai makanan yang cukup sebagai bekal perjalanannya. Gitu aja, mudah banget kan?

Sumber 2: chinaplus.cri.cn

Sumber: chinaplus.cri.cn

Untuk beberapa orang, mungkin merasa game ini terasa sangat membosankan. Terutama karena pace game ini yang lambat dan gak seperti game RPG lainnya yang udah banyak hadir pada Apple Store. Tapi bagi sebagian orang lainnya, karakter kodok yang dipelihara pada game Tabi Kaeru malah menggemaskan. Seakan punya kepribadian sendiri, sang kodok tidak bisa disuruh dalam melakukan apapun.

Sumber 3: michibiku.com

Sumber: michibiku.com

Kodok yang dipelihara bahkan bisa hanya berdiam saja di rumah sambil membaca buku di kamar. Ketika kodok ini pergi untuk berpetualang, dia bisa gak kembali ke rumah dalam waktu dua sampai empat hari. Udah kayak bang toyib aja, ya? Haha. Parahnya lagi, yang pemain bisa lakukan hanya menunggu si kodok yang akan pulang sambil membawa kenang-kenangan foto hasil pertualangannya. Kekinian banget. Mungkin ini dia yang jadi alasan kenapa game ini jadi sangat popular.

Sumber: themarysue.com

Sumber: themarysue.com

Kalau pada game lain, ada banyak hal yang harus dilakukan pemain untuk menang atau mendapat reward pada game, Tabi Kaeru malah membuat pemain jadi sangat santai. Peran dari pemain gak begitu signifikan selain memberi makan si kodok. Selain itu juga, game ini gak menghabiskan uang dan waktu yang banyak. Kita malah jadi rileks dan nyaman melihat si kodok yang sangat santai di rumahnya yang terlihat lucu dan penuh visual aesthetic.

Sumber: itunes.apple.com

Sumber: itunes.apple.com

Hampir seperti mempunyai seorang anak, tugas pemain memastikan kalau makanan si kodok selalu cukup. Lalu sang kodok akan menunjukkan foto beberapa tempat sebagai bukti kalau ia sudah melakukan perjalanan. Hampir mirip kayak apa yang dilakukan orang pada umumnya kan?

Banyak pendapat yang bilang kalau game ini sangat menggambarkan keseharian anak muda generasi saat ini. Di mana banyak sekali anak muda yang memutuskan untuk tinggal sendiri dibandingkan bersama dengan orang tua, karena lebih less stressful dan bisa belajar untuk lebih mandiri. Anak muda yang tinggal sendiri juga lebih bisa untuk memutuskan pilihan dalam jalan hidup mereka.

Sumber: www.shine.cn

Sumber: www.shine.cn

Sama seperti karakter si kodok yang gak bisa diatur sesuka hati pemain. Game Tabi Kaeru juga mungkin bakal mengingatkan kita dengan game memelihara kucing bernama “Neko Atsume” dengan visual design yang indah. Gimana? Ingin coba download game-nya? Pas banget buat bro sis yang mau mengisi kegabutan, deh!

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Heboh Langit Berpetir di Instagram Marcelino, Ini Penjelasannya

Lama vakum dari layar kaca, aktor berbadan tegap Marcelino Lefrandt tetap berkiprah di dunia hiburan. Namun, kini ia leb.. more

Ngomik Berbagi Kebaikan untuk #PejuangExtraordinary

Ngomik Untuk Berbagi Kebaikan Dengan #PejuangExtraordinary

Kebaikan dapat disalurkan melalui media apa saja. Asalkan ada niat baik yang ikhlas, pasti ada jalannya. Misalnya nih, a.. more

Kolaborasi Avengers dan My Hero Academia Adalah Crossover Superhero Paling Ambisius

Di Jepang, film Avengers Infinity War berkolaborasi dengan anime My Hero Academia. Ternyata karakter anime MHA sangat me.. more

Yuma Soerianto, Bocah yang Menuai Pujian Bos Apple. Sumber: detik

Fenomena Kids Jaman Now yang Ramai di Dunia Maya

Banyak sisi positifnya, tapi yang tenar malah sisi negatifnya... more

(Sumber: bleach.wikipedia.com)

Kata-kata Ini Gak Ada di Kamus Namun Memiliki Makna Yang Dalam

Pernah mau ngungkapin perasaan tapi merasa gak ada kata yang tepat dalam kamus Bahasa Indonesia? Tenang! Gak cuma kamu a.. more