Game Dari Indonesia Ini Di-review Sebagai Game Casual Terbaik Di Russia

6 months ago

Indonesia patut berbangga, karena dewasa ini, game-game buatan anak bangsa mulai dilirik pasar Internasional. Industri yang ‘kurang populer’ di masyarakat awam Indonesia ini memang diam-diam sedang mengepakkan sayapnya. Masih ingat dengan Google Play Indonesia Game Contest yang baru diselenggarakan bulan lalu? Ya, antusiasme yang tinggi dari event tersebut membuktikan ternyata banyak sekali karya anak bangsa yang ga kalah keren dibandingkan dengan game dari negara lain.

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, game keluaran CIAYO Games, CHIPS: Monster Tap berhasil masuk ke ajang Indonesia Game Contest. Prestasi ini sungguh gemilang mengingat game ini masih berusia sangat belia. Dengan tim yang belum begitu besar, CIAYO Games mampu bersaing dengan game-game keren lainnya di ajang tersebut. Prestasi lainnya yang diraih adalah, baru-baru ini CHIPS: Monster Tap diberikan kehormatan besar untuk di feature oleh Google Play Store! Dan tentunya hal ini berdampak baik bagi CHIPS: Monster Tap.

CHIPS: Monster Tap di-feature oleh Google Play Store (Sumber: CIAYO Games)

CHIPS: Monster Tap mengalami kenaikan jumlah download yang sangat pesat. Awal dirilis, CHIPS: Monster Tap hanya berhasil meraih puluhan ribu jumlah download. Puncaknya adalah saat di feature oleh Google Play, jumlah download mencapai 200k++ padahal usia game ini masih seumur jagung, yaitu 2 bulan lebih sejak perilisannya pada 19 Maret 2017 lalu.

CHIPS: Monster Tap (Sumber: CIAYO Games)

CHIPS: Monster Tap pun mulai dilirik oleh gamers internasional, terlihat dari beberapa gamers luar negeri yang me-review game ini, seperti Rusia, Thailand, dll. Bahkan terdapat gamer asal Rusia, menjadikan CHIPS: Monster Tap sebagai salah satu Game Casual Terbaik di Russia pada bulan Mei. (Wow!) Bahkan, jika dibocorkan, Indonesia hanya meraih urutan ke-5 dari total negara terbanyak yang men-download game ini. Jumlah download tertinggi dari CHIPS: Monster Tap adalah di negara Brazil, kemudian diikuti Amerika, Russia, dan Thailand.

CHIPS: Monster Tap yang baru berusia 2 bulan lebih sejak perilisannya 19 Maret 2017 lalu. (Sumber: CIAYO Games)

Pertumbuhan Industri game di Indonesia memang sangat pesat, terlebih game mobile-nya. Dan sepertinya pemerintah juga sedang giat-giatnya membangun industri ini, hal ini terlihat dari banyaknya event-event game yang akan berlangsung, seperti di bulan-bulan mendatang. Salah satu event yang akan diadakan pemerintah melalui BEKRAF, sebagai Badan Ekonomi Kreatif Indonesia adalah Game Prime 2017 di bulan Juli mendatang yang bertempat di Kartika Expo, Balai Kartini Jakarta.

BEKRAF GAME PRIME 2017 (Sumber: eventbrite.com)

Masih ingat dengan game Tahu Bulat yang booming di tahun 2016? Tahu Bulat bahkan sukses masuk ke lima besar bersama dengan game-game populer lain seperti Clash of Clans dan Pokemon Go. Memang campaign ‘cintai karya anak bangsa’ terkesan cliché, namun jika kita tidak mencintai game buatan negeri sendiri, bagaimana bangsa lain bisa tertarik untuk mencintai game-game kita? Ayo dukung terus game Indonesia untuk bisa go international!

Tim CIAYO Games, dukung terus game buatan Indonesia! (Sumber: CIAYO Games)

Penasaran dengan game CHIPS: Monster Tap? Seasik dan se-bikin nagih apa sih game nya? Yuk buruan langsung aja download CHIPS: Monster Tap, sudah tersedia di versi Android dan iOS.

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

(Sumber: tvshow.me)

Indonesia Diserbu Promosi Film Terbaru Spiderman Homecoming!

Perilisan film terbaru Marvel, Spiderman Homecoming tentunya tidak disia-siakan oleh perusahaan-perusahaan dengan produk.. more

Sumber: telegraph

Gawat! Pahlawan Wannacry ini Terancam 40 Tahun Penjara

Masih ingat dengan Marcus Hutchins? Pahlawan Wannacry yang waktu lalu disanjung-sanjung akibat berhasil 'membunuh' virus.. more

Zero Cosplay Indonesia

Zero Cosplay Indonesia, Jagonya Cosplayer Jakarta

Nama komunitasnya Zero Cosplay Indonesia. Seru juga tuh bahas tentang komunitas cosplay yang aktif dan cukup eksis di Ja.. more

Sumber: imdb.com

Review: The Lego Batman Movie

Udah pada nonton The Lego Batman Movie belom? Yang penasaran, nih Sultan Beny bakal kasih review nya. Cekidot! .. more

Interview Sweta Kartika: Membumi, Untuk Karya Komik Mendunia

Sweta Kartika adalah seorang komikus lulusan S2 FSRD ITB. Ia mulai menggeluti dunia komik sejak SD, dan selalu memasukka.. more