Game God of War Akan Mengeksplor Legenda Mesir Atau Maya: Kenapa Tidak India Saja?

9 months ago
Sumber gambar: godofwar.playstation.com

God of War adalah sebuah franchise penting untuk Sony dan platform PlayStation mereka. Game action ini lahir di era PlayStation 2 dan menjadi game hits yang popularitasnya tetap tinggi bertahun-tahun kemudian. Dengan karakter sentral yang tetap sama sejak awal, yaitu Kratos, game God of War meraih kesuksesan di setiap rilisannya (kecuali di versi terakhir “God of War: Ascension” yang secara penjualan ternyata tidak begitu memuaskan).

Kratos The Spartan. Sumber gambar: technobuffalo.com

Kratos The Spartan. Sumber gambar: technobuffalo.com

Dengan berlatar belakang konflik di dunia mitologi Yunani klasik, God of War membuat kisah versi mereka sendiri dari latar belakang dewa-dewa Yunani yang sudah dikenal luas oleh dunia. Dewa-dewa seperti Zeus, Ares dan Athena muncul di game God of War dalam jalinan kisah yang diciptakan oleh team Santa Monica Studio; studio bawahan Sony selain Naughty Dog (yang juga menciptakan game fenomenal lainnya “Uncharted” series).

Kratos adu jotos dengan Dewa Zeus dari Olympus. Sumber gambar: pinterest.com

Kratos adu jotos dengan Dewa Zeus dari Olympus. Sumber gambar: pinterest.com

Sejak semula God of War memang fokus pada mitologi dewa-dewa Olympus. Dengan pintar team Santa Monica Studio (saat itu dipimpin oleh David Jaffe yang juga dianggap sebagai bapak/kreator game God of War ini) memasukkan karakter fiksi ciptaan mereka Kratos, seorang Spartan, ke dalam kisah mitologi Yunani. Hasilnya memang baik sekali. Dengan total penjualan melewati angka 21 juta unit menjadikan serial game ini andalan untuk platform Sony. Beberapa seri buku komik dan novel bertema God of War juga pernah terbit. Dan walaupun masih tetap berupa wacana namun film live action God of War tetap menjadi gosip hot di dunia gaming hingga kini.

Sosok dibalik lahirnya God of War. Sumber gambar: youtube.com

Sosok dibalik lahirnya God of War. Sumber gambar: youtube.com

Game terkini dari franchise God of War direncanakan rilis tahun ini https://blog.ciayo.com/news/menanti-deretan-video-games-terbaik-yang-rilis-2017-2018/ dan akan menawarkan sesuatu yang baru, yaitu perubahan mitologi.

God of War PS4 tidak lagi soal dewa dewi Yunani. Sumber gambar: youtube.com

God of War PS4 tidak lagi soal dewa dewi Yunani. Sumber gambar: youtube.com

Jika seluruh game God of War sebelumnya merupakan adaptasi kisah para dewa Yunani maka di game terkini God of War ini mitologi Yunani akan ditinggalkan. Tokoh utama masih berupa Kratos, dan kini dia berada dalam mitologi Norse alias Norwegia.

Tetap penuh dengan makhluk mitologi dunia. Kali ini dari Norwegia. Sumber gambar: youtube.com

Tetap penuh dengan makhluk mitologi dunia. Kali ini dari Norwegia. Sumber gambar: youtube.com

Mitologi Norwegia memang tidak kalah seru dengan Yunani. Dewa dan kejadian-kejadian dalam mitologi Norwegia cukup dikenal oleh dunia https://blog.ciayo.com/news/mitologi-ragnarok-mulai-dari-komik-marvel-hingga-game-online-rpg-korea/ sehingga mungkin karena alasan itulah team Santa Monica Studio memutuskan untuk membawa Kratos ‘mengacau’ dunia dewa Odin setelah sebelumnya meluluh-lantakkan dunia dewa Zeus.

Gameplay baru. Mitologi baru. Sumber gambar: hdwallpapers.in

Gameplay baru. Mitologi baru. Sumber gambar: hdwallpapers.in

Walau game terkini God of War itu belum resmi rilis di pasaran, namun trailernya sudah beredar lama di YouTube dan menghidupkan ‘hype’ akan God of War secara konstan. Aksi Kratos, yang kini memiliki seorang putra, di dunia mitologi Norse terasa fresh dan baru setelah sebelumnya penuh dengan referensi mitologi Yunani.

Kratos dan putranya. Sumber gambar: twitter.com/playstation

Kratos dan putranya. Sumber gambar: twitter.com/playstation

Tapi ada info menarik yang muncul langsung dari Cory Barlog, sutradara game God of Wars PS4 saat di wawancarai majalah “Game Informer”. Yaitu soal kemungkinan lokasi/mitologi yang digunakan untuk game God of War berikutnya, yakni antara Mesir ataupun Maya.

Cory Barlog. Sumber gambar: youtube.com

Cory Barlog. Sumber gambar: youtube.com

Cliff Bleszinski, kreator game franchise populer lainnya “Gears of War”, mengomentari informasi itu melalui akun Twitter-nya sambil me-mention Barlog dengan mengatakan kalau ide tersebut adalah ide bagus untuk kesinambungan God of War. Di dalam wawancara Barlog juga menyatakan kalau mereka (team Santa Monica Studio) mencoba hal-hal baru agar God of War tidak terjebak dalam monotonitas game-game sebelumnya, dan salah satu cara yang mereka lakukan serta pertimbangkan adalah dengan mengekspansi mitologi yang digunakan.

Arah selanjutnya dari God of War? Sumber gambar: twitter.com/therealcliffyb

Arah selanjutnya dari God of War? Sumber gambar: twitter.com/therealcliffyb

Iseng, saya mencoba ikutan nimbrung di Tweet tersebut dengan mengatakan “seharusnya mereka mengeksplorasi mitologi India, karena Mahabharata adalah situasi epik peperangan yang cocok dengan atmosfir God of War selama ini”.

Nimbrung di tweet game developers hehehe. Sumber gambar: twitter.com/therealcliffyb

Nimbrung di tweet game developers hehehe. Sumber gambar: twitter.com/therealcliffyb

Mitologi dewa-dewa India tidak lepas dari konflik dan peperangan sehingga jika dikelola secara tepat akan jadi sebuah skenario game God of War yang tidak akan kalah epik dibandingkan seri-seri sebelumnya. Bayangan saja kalau Kratos ada di dalam situasi Mahabharata! Siapa yang akan berurusan dengan dia? Apakah Khrisna? Ghatotkacha? Tentu bakal seru banget ‘kan?

Salah satu ilustrasi Mahabharata. Sumber gambar: indiaopines.com

Salah satu ilustrasi Mahabharata. Sumber gambar: indiaopines.com

Dan tidak saya sangka, Tweet saya itu direspon oleh Cory Barlog.

Memang bukan hal istimewa sih, karena Barlog tidak berkomentar akan idea tersebut dan hanya memberi ‘like’. Tapi saya cukup puas karena setidaknya saya tahu kalau ide mitologi India bukan sesuatu yang mustahil untuk berada dalam lore game God of War menurut sutradara game God of War sendiri. Walaupun mungkin akan sedikit sulit karena mitologi India juga berkaitan erat dengan agama Hindu serta kepercayaan agamis yang dianut banyak pemeluknya. Merecoki sesuatu elemen agama dapat menimbulkan hal-hal yang bikin rumit situasi.

Menurut bro sis sendiri, apakah ada mitologi dewa-dewi lain yang cocok dimasukkan ke dalam game God of War? Bisa kasi pendapatnya di bagian komen.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Tahun 2017 Waktunya Berkolaborasi Dengan CIAYO Comics

Yes guys! Tahun ini adalah awal yang tepat untuk berkolaborasi dengan CIAYO Comics!.. more

Merayakan 30 Tahun Usia Mega Man Capcom Mengumumkan Mega Man 11

Tapi walaupun popularitas Mega Man tinggi dan terbukti menjual, perlakuan Capcom pada IP mereka yang satu itu di era mod.. more

00-d-ponimu-indonesia

Kami Mencoba Menonton Anime Secara Legal di Ponimu Indonesia

Hadirnya Ponimu Indonesia memberikan alternatif tontonan anime yang resmi, praktis, dan terjangkau bagi fans anime di In.. more

The Other Side - CIAYO Comics

Percaya Nggak Percaya, Makhluk Lain Itu Ada

Bro sis percaya nggak sama keberadaan "makhluk lain"? The Other Side punya penggalan kisah-kisah yang bikin merinding... more