Game Klasik Favorit “Secret of Mana” Mendapatkan Treatment Remake Modern

3 months ago
Sumber gambar: gamespot.com

Square Enix. Siapa bro sis gamers yang tidak mengenal nama sebesar ini?

Walau terkenal sebagai pabriknya game-game RPG berkualitas tinggi tapi sepertinya mayoritas gamers (terutama yang tidak mengenal/mengikuti sepak terjang Squaresoft di era 16 & 32-Bit) hanya mengenal beberapa judul saja dari Square.

Ambil contoh misalnya Final Fantasy VII atau Final Fantasy XV. Gamers modern tentu mengenal kedua judul besar ini. Final Fantasy merupakan franchise besar RPG dari Square Enix yang sudah berusia lebih dari 30 tahun    [Kejutan di Gala Event Final Fantasy 30th Anniversary Exhibition]. Berkat Final Fantasy pula nama Square melambung tinggi ke jajaran elites developer/publisher dunia. Apalagi ditambah merger mereka dengan Enix, yang juga super populer dengan franchise RPG mereka sendiri seperti Dragon Quest ataupun Star Ocean, menjadikan Square Enix raksasa game RPG dunia.

Dragon Quest konon lebih populer lagi di Jepang ketimbang Final Fantasy. Sumber gambar: kotaku.com

Dragon Quest konon lebih populer lagi di Jepang ketimbang Final Fantasy. Sumber gambar: kotaku.com

Tapi Square Enix tidak melulu soal Final Fantasy. Atau Dragon Quest. Ada setumpuk judul game Square Enix lainnya; baik saat mereka masih berupa Squaresoft maupun Enix. Salah satu dari begitu banyak game Squaresoft adalah “Seiken Densetsu 聖剣伝説 ”.

Seiken Densetsu: Final Fantasy Gaiden. Sumber gambar: amazon.com

Seiken Densetsu: Final Fantasy Gaiden. Sumber gambar: amazon.com

Dirilis untuk platform Game Boy di Jepang tahun 1991 dengan judul “Seiken Densetsu – Final Fantasy Gaiden 聖剣伝説 ~ファイナルファンタジー外伝~ / Holy Sword Legend: Final Fantasy Side Story”, game action RPG ini mirip game Nintendo “The Legend of Zelda” namun dengan mekanisme khas RPG seperti levelling dan HP/MP. Karena merupakan ‘cerita sampingan’ untuk Final Fantasy maka elemen khas dari Final Fantasy seperti Chocobo juga muncul disana. Tapi dalam perjalanannya, game Seiken Densetsu mampu melepaskan diri dari bayang-bayang Final Fantasy dan menjadi franchise sendiri. Yaitu “The Mana” series.

Seiken Densetsu: Final Fantasy Gaiden screenshot. Sumber gambar: gramunion.com

Seiken Densetsu: Final Fantasy Gaiden screenshot. Sumber gambar: gramunion.com

Saat dijual di Amerika dan Eropa, Seiken Densetsu mengalami perubahan judul (dan sedikit alterasi/perubahan di plot) menjadi “Final Fantasy Adventure” dan “Final Fantasy Mystic Quest”. Ini memang biasa terjadi untuk game Jepang saat dirilis di luar Jepang.

Versi Amerika Seiken Densetsu. Sumber gambar: gamefaqs.com

Versi Amerika Seiken Densetsu. Sumber gambar: gamefaqs.com

Seiken Densetsu kemudian berubah menjadi serial “Mana” untuk pasar di luar Jepang.

Jika sekuel dari Seiken Densetsu dirilis untuk SNES/SuFami Jepang diberi judul “Seiken Densetsu 2 聖剣伝説 2 ”, maka di versi internasional game ini berjudul “Secret of Mana”.

Game klasik favorit banyak gamers RPG. Sumber gambar: pinterest.com

Game klasik favorit banyak gamers RPG. Sumber gambar: pinterest.com

Versi Amerika dari Seiken Densetsu 2. Sumber gambar: geekqc.ca

Versi Amerika dari Seiken Densetsu 2. Sumber gambar: geekqc.ca

Setelah Seiken Densetsu 2 / Secret of Mana, game franchise ‘Mana’ ini terus berlanjut.

“Seiken Densetsu 3 聖剣伝説 3 ” dirilis tahun 1995 untuk SNES/SuFami. Tadinya game ini akan dirilis juga untuk pasar Amerika Serikat tapi berbagai masalah dan besarnya biaya untuk lokalisasi membuat Squaresoft angkat tangan dan membatalkan rencana tersebut.

Game berikutnya dari ‘Mana’ series bisa muncul di pasar internasional melalui tangan dingin Sony dan PlayStation mereka. Di Jepang game tersebut diberi judul “Seiken Densetsu: Legend of Mana”, sementara di pasar internasional game ini dikenal dengan judul “Legend of Mana”. Itu terjadi di tahun 1999. Legend of Mana disutradarai langsung oleh kreator asli Seiken Densetsu, Koichi Ishii dengan musik ditangani oleh salah satu maestro musik game RPG dunia, Yoko Shimomura. Game PlayStation One ini sukses terjual 400.000 unit di minggu pertama penjualannya, terlepas dari kritik di bagian storyline yang dianggap lemah dan tidak sebagus game ‘Mana’ lain.

Seiken Densetsu pertama untuk 32-Bit. Sumber gambar: game-oldies.com

Seiken Densetsu pertama untuk 32-Bit. Sumber gambar: game-oldies.com

Franchise ‘Mana’ memiliki cukup banyak game spin-off seperti misalnya “Children of Mana” (2005 | NDS). Ada juga “Dawn of Mana” (di Jepang diberi judul Seiken Densetsu 4 聖剣伝説 ”) yang dianggap canonical karena memakai judul dan nomer seri seperti Seiken Densetsu sebelumnya. Dawn of Mana dirilis tahun 2006 untuk PlayStation 2. Koichi Ishii kembali terlibat sebagai designer dan sutradara game. Sayang kesuksesan game ini tergolong biasa-biasa saja untuk ukuran game ‘Mana’ series karena hanya terjual 410.000 unit sampai akhir tahun 2008. Kebanyakan kritik ada di bagian sistem levelling dan kontrol yang dianggap menjengkelkan serta story yang tidak keren walau banyak pujian untuk grafis dan musiknya.

‘Mana’ game untuk PlayStation 2. Sumber gambar: emuparadise.me

‘Mana’ game untuk PlayStation 2. Sumber gambar: emuparadise.me

Mungkin karena dianggap sebagai yang paling sukses, Seiken Densetsu 2 kemudian di-remake oleh Square Enix untuk pasar RPG modern saat ini.

Pasar Jepang yang pertama mendapatkan game remake tersebut. Tiga game pertama Seiken Densetsu (Seiken Densetsu: Final Fantasy Gaiden, Seiken Densetsu 2 & Seiken Densetsu 3) digabung dalam satu game “Seiken Densetsu Collection” untuk Nintendo Switch dan dirilis tahun 2017 kemarin.

Spesial untuk pasar Jepang. Sumber gambar: kotaku.com

Spesial untuk pasar Jepang. Sumber gambar: kotaku.com

Trailer “Seiken Densetsu Collection” :

Tapi sayang, sepertinya hanya game kedua (Seiken Densetsu 2 alias Secret of Mana) yang akan dirilis untuk pasar internasional. Entah apa yang jadi pertimbangan Square Enix dalam langkah ini, karena saya yakin fans menginginkan game komplit ketimbang satu judul saja.

Secret of Mana remake. Sumber gambar: kotaku.com

Secret of Mana remake. Sumber gambar: kotaku.com

Trailer “Secret of Mana” remake:

Secret of Mana remake akan dirilis 15 February 2018 untuk PS4, PSVita dan PC. Jika bro sis penggemar action RPG maka bro sis perlu memainkan game ini untuk merasakan sendiri seperti apa game Seiken Densetsu / Secret of Mana yang jadi favorit banyak fans ‘Mana’ series. Happy gaming!

Sumber gambar: kotaku.com

Sumber gambar: kotaku.com

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

00-d-april-mop-2018

Kecele? Ini 7 April Mop 2018 Yang Paling Menarik!

Setiap tahunnya ada saja lelucon April Mop yang lucu dan kreatif. Ini dia 7 April Mop 2018 yang segar dan menarik... more

Sumber: Eeyant

Selamat Memperingati Hari Game Nasional! Ada yang Masih Ingat Dengan Game-Game Ini?

Dalam rangka hari game nasional, mari kita telaah lebih dalam mengenai sejarah perkembangan game online di Indonesia. Si.. more

Sabrina – Chapter 6: Sexy Bikini

Perempuan Rusia itu berlarian di pinggir pantai sambil tertawa renyah. Ia memakai sexy bikini bercorak tribal... more

Sumber: WikiHow

Hati-hati, Attitude Jelek Bisa Menghancurkan Karir Berkarya!

Attitude, inilah satu hal yang tidak boleh gagal kita pahami dalam kehidupan berkarya... more

(www.comifuro.net)

Comic Frontier, Comiket Ala Indonesia

Bro sis ada yang datang ke Comic Frontier? Itu loh, acara yang lebih dikenal dengan sebutan Comifuro. Tapi udah pada tau.. more