Ini Game Seru 2018 Yang Harus Kamu Coba Sekarang!

9 months ago
Game seru 2018

Sebuah video game yang seru tidak selalu merupakan game yang memenangi penghargaan seperti misalnya di “The Game Awards”-nya Geoff Keighley. Game yang seru adalah game yang bisa memberikan kita sebuah perasaan spesifik.

Rasa mendominasi saat mengalahkan lawan di game fighting alias berantem, misalnya. Atau rasa puas karena berhasil menjadi yang terdepan di game racing atau balapan. Perasaan seperti itulah yang men-definisikan sebuah game “seru” untuk dimainkan.

Bukan semata soal grafis yang super kinclong atau tata suara yang menggelegar.

Sebuah game yang seru adalah game yang mampu membentuk sebuah perasaan di dalam jiwa pemainnya. Dan sepanjang tahun 2018, ada banyak sekali game yang memenuhi kategori seperti itu. Beberapa dari mereka diganjar penghargaan dari sesama pelaku industri video game. Beberapa lainnya mengalami penjualan dengan angka yang oke. Dan segelintir dari mereka tidak begitu menonjol, baik di pasaran maupun pemberitaan, namun menyandang (atau menuju ke arah) gelar “cult”; yang berarti game tersebut menciptakan barisan pendukung garis keras walaupun game-nya tidak terlalu laku dan tidak banyak dipuji oleh media gaming dunia.

Dari begitu banyaknya judul game seru 2018, beberapa diantara mereka perlu untuk diketahui eksistensinya sebagai game-game yang seru sepanjang tahun tersebut.

Baca Juga: The Game Awards 2018 Apresiasi Video Game Terbaik 2018

Berbagai Game Seru 2018

Soul Calibur VI 

(Sumber: Just Push Start)

(Sumber: Just Push Start)

Sejak versi original di PlayStation Classic, game duel bersenjata ini merupakan ekuivalen dari game duel tangan kosong “Tekken”. Keduanya berasal dari pabrikan yang sama: Namco. Soul Calibur series merupakan game fighting seru serta dapat dimainkan oleh siapa saja; walau tentu butuh skill serius jika ingin dianggap jagoan di game ini. Soul Calibur bisa dimainkan hanya dengan “asal pencet tombol” ; tapi cara bermain seperti itu akan keok saat berhadapan dengan mereka yang bermain secara taktis.

Baca Juga: Soul Calibur VI dan Kebebasan Kustomisasi Karakter

Overcooked! 2 

(Sumber: Steam)

(Sumber: Steam)

Dari judul saja bisa ditebak kalau game ini sepertinya soal masak-memasak. Sebagai game yang memenangi penghargaan “Best Family Game” di ajang The Game Awards 2018, Overcooked! 2 memberikan perasaan seru sebuah kompetisi memasak yang bergaya ‘arcade’. Seru-seruan di dapur digital bisa dilakukan di game ini secara beramai-ramai. Dijamin akan heboh.

Yakuza 6: The Song of Life

(Sumber: Game Rant)

(Sumber: Game Rant)

Sejak lahir di PlayStation 2 tahun 2005 dulu, game ini fokus pada kehidupan seorang Yakuza (preman terorganisir di Jepang) yang penuh drama serta lika-liku kehidupan. Di game ini kita tidak melulu menghajar lawan yang menghalangi. Kita dapat bermain Mahjong, memancing ikan, dan bahkan bermain video game arcade! Bermain video game di dalam video game? Gokil dan seru.

Baca Juga: Game Yakuza Dimainkan Yakuza Betulan?!

Call of Duty: Black Ops 4 

(Sumber: Comic Book)

(Sumber: Comic Book)

Serial Call of Duty memang enggak ada matinya. Walau banyak saingan dari berbagai developer/publisher di genre FPS (First-Person Shooter), serial Call of Duty masih bertengger di puncak popularitas sebagai game ‘military shooter’ terkemuka dunia. Dengan gaya permainan yang menempatkan pemain seperti seakan-akan memegang senjata dan berada di tengah-tengah pertempuran sengit, game Call of Duty adalah hal terdekat yang bisa dirasakan seseorang yang ingin jadi tentara dan maju ke medan tempur tanpa membawa resiko mati konyol diterjang peluru lawan.

Baca Juga: 4 Hal Ini Bikin Call of Duty Black Ops 4 Beda Dari CoD Sebelumnya!

Red Dead Redemption II 

(Sumber: YouTube)

(Sumber: YouTube)

Nominator game terbaik tahun 2018 menurut event The Game Awards 2018 ini memang keren. Selain grafis menawan dan musik khas era cowboy jaman dulu, Red Dead Redemption II juga memiliki jalinan kisah kuat serta dramatis. Lebih dari sekedar game dimana kita menjadi seorang cowboy, RDR II merupakan sebuah karya seni digital yang mengagumkan. Tak heran game ini laris dan menghasilkan ratusan juta dollar dalam waktu sekejap saja.

Baca Juga: Band Senyawa Dari Yogya Isi Soundtrack Read Dead Redemption 2

The Messenger 

(Sumber: Wikipedia)

(Sumber: Wikipedia)

Tampilan game ini mungkin akan bikin alergi gamers yang tidak pernah merasakan kejayaan era grafis 16-Bit ala SNES atau Genesis. Tapi percaya deh… Game ini seru banget untuk dimainkan. Dengan gameplay side-scrolling action khas game era ‘90an, The Messenger memberikan sebuah pengalaman menarik memainkan game aksi tanpa sentuhan modern seperti pergerakan 3-D. Game ini juga memenangi penghargaan sebagai game indie terbaik di ajang The Game Awards 2018.

Assassin’s Creed: Odyssey 

(Sumber: Steam)

(Sumber: Steam)

Saya pribadi merasa heran dengan usaha Ubisoft untuk terus menghidupkan franchise Assassin’s Creed nyaris setiap tahun. Beberapa gamers menyatakan kalau formula game Assassin’s Creed sudah membosankan. Tapi buat fans, tentu saja hal itu dibantah oleh mereka. Setelah sebelumnya mengambil lokasi di Mesir kuno, kini game terkini serial Assassin’s Creed menggunakan tema Perang Peloponnesia antara bangsa Sparta melawan Athena/Yunani. Saya pribadi penasaran: kapan mereka akan membuat Assassin’s Creed dengan tema Asia Tenggara ya?

Shadow of the Tomb Raider

(Sumber: Xbox)

(Sumber: Xbox)

“Tomb Raider” adalah franchise penting di industri video game dunia. Sudah banyak game Tomb Raider tercipta sejak game pertamanya di PlayStation Classic. Ingat game itu? Shadow of the Tomb Raider merupakan game terkini franchise Tomb Raider (yang kini dimiliki oleh Square Enix). Grafis ‘wow’, gameplay ketat serta kisah klasik khas Tomb Raider menjadikan game ini sebagai salah satu game seru tahun 2018 yang perlu dimainkan semua gamers dunia.

Monster Hunter: World

(Sumber: Steam)

(Sumber: Steam)

Saya bisa di protes oleh beberapa kenalan kalau tidak menyertakan judul ini. Memang jangan harapkan sebuah game dengan kisah seru dan mendalam seperti layaknya RPG (yang mana merupakan sebuah ironi; berhubung game ini memenangkan penghargaan sebagai “Best RPG” di event The Game Awards 2018) karena kekuatan game Monster Hunter selalu ada di bagian hunting monster bareng-bareng bersama teman secara online. Serunya game ini ya disitu itu.

Baca Juga: Monster Hunter: Sebuah Game Monster vs Sekelompok Hunter

Marvel’s Spider-Man

(Sumber: YouTube)

(Sumber: YouTube)

Game Spider-Man? Tentu saja bakal seru! Hal ini sudah terasa sejak game Spider-Man di PlayStation Classic dan terbukti kembali di PlayStation 4. Melompat, berayun, menyelamatkan sesuatu di area perkotaan super luas dijamin akan memberikan perasaan seru saat bereksplorasi kesana kemari secara bebas dalam pergerakan 3-D.

Baca Juga: Menyambut Game Spider-Man PS4, Ini Dia Game Spider-Man Jaman Dulu!

God of War 

(Sumber: PlayStation)

(Sumber: PlayStation)

Mustahil untuk tidak menyertakan “Game of the Year” versi The Game Awards 2018 ini… boy! God of War PS4 mengalami perubahan signifikan jika dibandingkan dengan game-game God of War sebelumnya. Mulai dari sudut pandang kamera hingga grafis yang mengilap berkat kekuatan PlayStation 4 yang dimanfaatkan Studio Santa Monica untuk menciptakan soft-reboot franchise God of War ini.

Baca Juga: Dapat Ulasan Positif, Developer God of War Tak Kuasa Menahan Tangis

Forza Horizon 4 

(Sumber: Auto Trader)

(Sumber: Auto Trader)

Game ini juga memenangi penghargaan The Game Awards 2018 dan menurut saya memang layak. Grafis keren serta gameplay open world racing dan full customizing yang jadi ciri khas Forza Horizon selama ini menjadikan seri ke-4 dari Forza Horizon sebuah game balapan seru yang menantang skill pemainnya saat melawan pemain dari berbagai belahan dunia lewat koneksi internet.

Super Smash Bros Ultimate 

(Sumber: DeviantArt)

(Sumber: DeviantArt)

Masih sangat baru serta fresh from the Nintendo’s oven, Smash Bros terkini ini sedang digandrungi semua penggemar Nintendo. Game berantem keroyokan para karakter-karakter populer Nintendo (kecuali kamu, Waluigi!) ini diyakini akan mencapai penjualan yang besar dan melampaui game-game Smash Bros sebelumnya. Belum ada laporan angka penjualan; berhubung game ini masih berumur hitungan minggu sejak diluncurkan. Tapi analis media industri video game sudah yakin kalau game seru ini tidak akan mengecewakan Nintendo.


Judul-judul game seru 2018 di atas tentunya tidak mewakili semua judul game seru yang beredar di pasaran sejak awal tahun hingga menjelang penutupan 2018 ini. Kamu punya judul game seru 2018 lainnya yang nggak kalah keren? Sampaikan opini kamu!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

e3 2019 day 1

Game Seru Dari E3 2019 Day 1: Keanu dan Ikumi-chan Memukau Penonton

E3 2019 day 1 menyajikan banyak game asyik serta momen-momen tak terlupakan. Ada kelucuan Ikumi Nakamura sampai kemuncul.. more

header alex desktop

Who Killed Captain Alex – Bukti Kalau Film Asyik Bisa Dibuat Dengan Dana Terbatas

Who Killed Captain Alex dibuat dengan budget kurang dari 3 juta Rupiah di Uganda. Meski kualitasnya di bawah rata-rata, .. more

Sumber: kpopexpose.com

Good Deeds Fans Kpop Lakukan Untuk Idol

Ada banyak kegiatan yang fans lakukan biar bisa di-notice oleh idol mereka. Walaupun sering kali muncul berita negatif s.. more

Komik Strip Indonesia di Instagram. Haruskah Lucu?

Komik strip digital udah membanjiri Instagram. Di artikel ini, gua mau bahas "Komik strip macam apakah yang paling banya.. more

00-d-vandaria-mini-series-challenge

Vandaria Mini Series Challenge: Kompetisi Komik Vandaria Saga X CIAYO Comics!

Vandaria dan CIAYO Comics mengadakan Vandaria Mini Series Challenge. Bentuk tim komikmu dan ciptakan komik dari dunia Va.. more