Game Seru Dari E3 2019 Day 1: Keanu dan Ikumi-chan Memukau Penonton

2 weeks ago
e3 2019 day 1

E3 2019 telah berlalu, dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada banyak game baru yang dimumkan.

E3 tahun ini terasa beda dengan tahun-tahun sebelumnya dan bisa dikatakan “sepi” dari momen-momen menggemparkan. Ini karena Sony memutuskan untuk tidak hadir di E3 2019 dan EA tidak mengadakan konferensi rutin (meski tetap hadir di lokasi acara di Los Angeles). Meski demikian, perusahaan game lainnya berani mengisi kekosongan yang ditinggalkan Sony dan EA dengan puluhan judul game menarik.

Baca Juga: E3 2019 Belum Dimulai, Tapi Banyak Game Baru Diumumkan

Suasana E3. Sumber: Kotaku
Suasana E3. Sumber: Kotaku

Apa saja pengumuman di E3 2019? Simak artikelnya berikut ini, yang terbagi menjadi beberapa bagian. Kita mulai dari E3 2019 Day 1. Sudah siap untuk berbagai game baru?

Stadia

Baldur's Gate 3. Sumber: IGN
Baldur’s Gate 3. Sumber: IGN

Diumumkan di GDC 2019, Stadia adalah produk baru dari Google yang menyediakan layanan gaming berbasis cloud. Artinya game yang kamu mainkan akan di-stream langsung dari data center Google dan nantinya bisa dimainkan di PC, laptop, tablet, smartphone, hingga Smart TV. Google telah bekerja sama dengan puluhan developer dan publisher game terkemuka untuk membawa game mereka ke Stadia. Apa saja game tersebut? Ini dia beberapa game dari Stadia yang diumumkan jauh hari sebelum acara E3 2019.

  • Baldur’s Gate 3 (TBA) – Game ketiga dari serial Baldur’s Gate ini akan diproduksi oleh developer yang mengembangkan seri game Divinity. Buat kamu pecinta Dungeons & Dragons, game ini jangan sampai terlewat!
  • Gylt (TBA) – Jangan sampai penampilannya mengecoh kamu karena Gylt adalah game horor yang sangat mencekam. Gylt akan rilis eksklusif di Stadia untuk saat ini.
  • Get Packed (2020) – Satu lagi game eksklusif Stadia. Kamu harus bekerja sama dengan gamer lain untuk memindahkan barang dari satu rumah ke tempat baru. Dengan gameplay dan kontrol yang sangat lebay, memindahkan kursi saja bakal menjadi sebuah tantangan yang sulit!

EA

Star Wars Jedi: Fallen Order. Sumber: USA Today
Star Wars Jedi: Fallen Order. Sumber: USA Today

Berbeda dari tahun lalu, kali ini EA tidak mengadakan konferensi besar dan memilih untuk mengadakan talkshow untuk beberapa game baru mereka. Selain itu, game yang dibawa ke E3 pun tidak sebanyak biasanya. Hmmm, kenapa ya?

  • Star Wars Jedi: Fallen Order (15 November 2019) – Bersetting di antara Star Wars episode 3 dan 4, seorang Padawan bernama Cal Kestis harus melarikan diri dari kepungan Second Sister, pasukan penjagal Jedi yang dilatih langsung oleh Darth Vader.
  • FIFA 20 (27 September 2019) – FIFA 20 kini punya mode baru bernama Volta Football. Singkatnya, Volta merupakan game sepak bola jalanan 3v3 yang dimainkan di lapangan futsal. Mirip game FIFA Street yang rilis di masa lalu.
  • The Sims 4: Island Living (21 Juni 2019) – Expansion pack terbaru The Sims 4 memberikanmu berbagai aktivitas menarik di pantai dan pulau mulai dari berjemur hingga mengendarai jetski. Kamu juga bisa membuat karakter mermaid!
  • Madden 20 (2 Agustus 2019) – Madden 20 punya career mode baru yang memungkinkan gamer meniti karir dari tim rugby universitas hingga tim NFL tertinggi. Selain itu kini beberapa pemain NFL top mendapatkan skill unik yang disebut Superstar X-Factor.

Microsoft

Halo Infinite. Sumber: PC Gamer
Halo Infinite. Sumber: PC Gamer

Absennya Sony dari E3 2019 membuat Microsoft tampil total untuk tahun ini. Tak tanggung-tanggung, Microsoft mengumumkan lebih dari 50 game terbaru untuk Xbox, kontroler Xbox One Elite versi baru, Xbox Game Pass untuk PC, hingga bocoran konsol Xbox terbaru bernama Project Scarlett yang akan hadir tahun 2020. Mereka bahkan mengundang Keanu Reeves untuk mempromosikan game yang menampilkan dirinya! Ini dia berbagai game yang mereka umumkan.

  • Halo Infinite (Musim gugur 2020) – Master Chief kembali lagi di game Halo terbaru. Sayangnya tidak ada banyak informasi baru di E3 kali ini, mungkin karena Microsoft akan merilis Halo Infinite untuk Project Scarlett.
  • The Outer Worlds (25 Oktober 2019) – Sci-fi RPG dari developer Fallout: New Vegas ini nampaknya bakal mengambil banyak inspirasi dari game tersebut, terutama dari sisi cerita dan atmosfirnya.
  • Ori and the Will of the Wisps (11 Februari 2020) – Game platformer super cantik ini kini mendapatkan tanggal rilis baru. Developernya nampak ingin berhati-hati untuk memastikan game kedua Ori ini tampil sempurna saat dilepas ke pasar.
  • Blair Witch (30 Agustus 2019) – Film horor cult classic Blair Witch Project mendapatkan adaptasi game. Gamer bermain sebagai polisi yang mencari orang hilang di tengah hutan misterius. Akankah game ini menyaingi kesuksesan filmnya?
  • Cyberpunk 2077 (16 April 2020) – Game RPG ambisius dari CD Projekt Red ini akhirnya akan rilis di tahun 2020, bertepatan dengan setting game tabletop RPG yang mereka adaptasi, Cyberpunk 2020. Kejutan muncul ketika Keanu Reeves tampil memerankan karakter Johnny Silverhand!
Cyberpunk 2077. Sumber: Engadget
Cyberpunk 2077. Sumber: Engadget
  • Battletoads (TBA) – Battletoads merupakan game beat em up klasik yang menampilkan karakter kodok tempur yang jago berantem. Game kjasik ini kini dibuat ulang dengan grafik 2.5D dan bisa dimainkan 3 orang secara bersamaan.
  • Microsoft Flight Simulator (TBA) – Flight simulator belum mati! Microsoft Flight Simulator terbaru ini akan diperkuat data satelit serta Microsoft Azure AI untuk menambah realisme selama kamu menerbangkan pesawat kecil hingga jumbo jet.
  • Wasteland 3 (TBA) – Setelah sukses menghidupkan game turn based RPG klasik Wasteland lewat Kickstarter, inXile Entertainment siap merilis game ketiganya. DI Wasteland 3, kali ini settingnya ada di Colorado dimana peradaban telah hancur di tengah cuaca yang sangat dingin.
  • PsychoNauts 2 (TBA) – Microsoft mengakuisisi studio game Double Fine yang merilis game-game cult seperti Brutal Legend hingga PsychoNauts yang kini tengah dikembangkan sekuelnya. Jika film punya Inception dan anime punya Paprika, maka video game punya Psychonauts.Di game kedua ini, tokoh utama Raz harus menyelidiki perubahan dalam organisasi PsychoNauts.
  • Dragon Ball Z Kakarot (2020) – Menurut mangaka Akira Toriyama, game Dragon Ball Z Kakarot bakal jadi game Dragon Ball paling otentik. Game ini akan mengangkat beberapa cerita penting dalam Dragon Ball Z seperti kemunculan orang-orang Saiyan seperti Raditz dan Vegeta, hingga lahirnya musuh terbesar Son Goku yaitu Frieza.
Gears 5. Sumber: Variety
Gears 5. Sumber: Variety
  • Gears 5 (10 September 2019) – Game shooter populer Microsoft ini akan segera merilis game ke-5 nya yang akan dilengkapi berbagai mode permainan co-op baru. Selain itu ada juga game mobile Gears Pop yang bekerja sama dengan produsen figurin Funko Pop.
  • Forza Horizon 4: Lego Speed Champions (13 Juni 2019) – Expansion Pack terbaru untuk Forza Horizon 4 akan menampilkan mobil-mobil Forza yang dijadikan Lego. Bakal ada map baru dan sirkuit baru yang dibentuk dari balok Lego.
  • Lego Star Wars: The Skywalker Saga (2020) – Masih soal Lego, bakal ada game Lego Star Wars baru. Game yang satu ini tidak hanya menampilkan cerita dari Episode 1-6, namun juga trilogi sekuel dari The Force Awakens hingga Rise of Skywalker. Semoga game ini nantinya menggunakan dubbing dari filmnya seperti Lego Avengers.
  • Phantasy Star Online 2 (Musim Semi 2020) – Setelah terkatung-katung entah berapa lama dan dikotak-kotakkan oleh server regional, akhirnya game MMORPG Phantasy Star Online 2 akan hadir buat para gamer di seluruh dunia. Nantinya PSO2 versi barat ini akan dilengkapi konten yang sama seperti di server Jepang.
  • Crossfire X (2020) – Siapa yang masih main Crossfire Online? Counter Strike-nya Korea Selatan ini akan menyambangi konsol lewat Crossfire X. Game ini nantinya akan punya mode single player yang dikerjakan Remedy.
Forza Horizon 4: Lego Speed Champions. Sumber: US Gamer
Forza Horizon 4: Lego Speed Champions. Sumber: US Gamer
  • Minecraft Dungeons (Musim semi 2020) – Kini Minecraft merambah game RPG dengan game terbarunya ini. Meskipun merupakan game Minecraft, sayangnya gamer tidak bisa membangun dan menambang apapun di sini.
  • Tales of Arise: 2020 – Game terbaru dari serial RPG Tales ini kini tampil lebih cantik dari game-game sebelumnya. Sayang belum ada info lebih banyak soal Tales of Arise. Tapi yang penting dunia game ini terihat sangat indah, dan itu yang penting.
  • Borderlands 3 (13 September 2019) – Game looter shooter dari 2K dan Gearbox ini konon bakal punya ribuan senjata yang bisa kamu koleksi. Salah satu senjatanya bahkan punya kaki dan bisa berjalan sendiri. Jika kamu punya Borderlands 2, ada DLC gratis yang menghubungkan game tersebut dengan sekuel terbaru ini.
  • Elden Ring (TBA) – Dark Souls adalah game yang sangat kompleks. Sementara itu, Game of Thrones adalah serial TV dan novel yang tidak kalah kompleksnya. Elden Ring merupakan game original ciptaan From Software dan penulis George R.R. Martin menggabungkan kualitas terbaik dari game Souls serta franchise Game of Thrones.

Bethesda

GhostWire Tokyo. Sumber: Den of Geek
GhostWire Tokyo. Sumber: Den of Geek

Bethesda sedang dalam posisi sulit karena berbagai kasus kontroversial yang berhubungan dengan game Fallout 76. Meski begitu, hal ini tidak memghalangi mereka untuk merilis banyak game baru di E3 2019. Buktinya game-game baru mereka berhasil menarik perhatian sementara kemunculan Ikumi Nakamura membuat banyak fans jatuh hati padanya.

  • GhostWire Tokyo (TBA) – Game terbaru dari Shinji Mikami ini bersetting di Tokyo dimana orang-orang menghilang secara misterius ala film Left Behind. Gamer harus mencari tahu penyebab peristiwa itu, yang berhubungan dengan konspirasi dan alam gaib. Game ini diperkenalkan oleh Shinji dan Ikumi Nakamura yang sudah dianggap sebagai muridnya.
  • Commander Keen (Musim panas 2019) – Satu lagi game klasik yang dihidupkan di E3 2019. Game Commander Keen akan rilis di smartphone dan sangat cocok untuk anak-anak, dimana karakter superhero anak menyelamatkan dunia dari alien.
  • Wolfenstein: Youngblood (26 Juli 2019) – Game ketiga dari reboot Wolfenstein ini menampilkan Jessica dan Sophia Blazkowics, anak kembar BJ Blazkowics yang mencari sang ayah di Paris. Di sana mereka membantu pemberontak untuk mengusir Nazi dari Perancis. Game bisa dimainkan secara solo atau co-op.
  • Deathloop (TBA) – Dua pembunuh bayaran terjebak dalam timeloop dan harus bisa meloloskan diri dengan membunuh target mereka serta satu sama lain. Sayangnya belum ada banyak info tentang game ini.
  • Doom Eternal (22 November 2019) – Aksi Doom Slayer memberantas para setan dari neraka semakin beringas saja dengan berbagai senjata baru setra kemampuan baru seperti grappling hook dan wall climb. Ada juga fitur asymmetric multiplayer dimana kamu bisa diganggu gamer lain yang memainkan monster.

Devolver Digital

Fall Guys. Sumber: Rock Paper Shotgun
Fall Guys. Sumber: Rock Paper Shotgun

Kuda hitam E3 dalam dua tahun terakhir ini kembali di tahun 2019 dengan presetasi nyeleneh mereka. Karena MC Nina Struthers “tewas ditembak” tahun lalu, kali ini konferensi Devolver Digital bakal di-stream langsung dari otak Nina.

  • Fall Guys (2020) – Fall Guys merupakan game battle royale yang sangat unik karena mengambil inspirasi dari Benteng Takeshi. Bagaimana bisa? Kamu memainkan avatar imut dan harus bersaing melewati berbagai jenis rintangan fisik. Jika bisa bertahan sampai akhir dan menyentuh garis finish, maka dia menjadi pemenangnya.
  • Devolver Bootleg (10 Juni 2019) – Pasti kamu pernah main game Game Boy yang isi kasetnya 100 in 1 dan dipenuhi game-game Nintendo bajakan kan? Devolver Bootleg punya konsep yang sama, namun Devolver “membajak” game-game mereka sendiri menjadi sebuah game baru dengan kualitas yang… pas-pasan?
  • Carrion (2020) – Carrion merupakan game horror terbalik; maksudnya aloh-alih bermain sebagai manusia yang harus lari dari monster, kamu akan memai kan monsternya dna harus menyerang para manusia! Semakin banyak manusia yang dimangsa, maka monsternya akan semakin kuat.
  • Enter the Gungeon: House of the Gundead (2020) – Game Enter the Gungeon akan dibuat ke dalam versi arcade. Gunakan pistol light gun ala Time Crisis untuk menembak target. Jika kamu bukan pemilik game center, kamu juga bisa membeli kabinet gamenya seharga 5000 USD.

Itu dia berbagai pengumuman game baru dari E3 2019 day 1. Stay tune di CIAYO Blog karena besok akan ada recap dari E3 2019 day 2 dan 3. Mana game yang paling kamu tunggu?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-senjata-mitologi-paling-berbahaya

Ngeri! Inilah Senjata Mitologi Paling Berbahaya!

Meski zaman sudah modern, senjata mitologi paling berbahaya ini konon mampu mengalahkan pasukan militer terkuat!.. more

Anime Fall 2018 - thumb

TV Anime Jepang Pilihan untuk Musim Gugur 2018!

Saat ini di Jepang sedang dalam suasana musim gugur atau Fall. Dan seperti biasanya, ada beragam anime musim panas yang .. more

Call of Duty: WW II (sumber: Kotaku)

Selalu Berlatar Perang Dunia 2: Apakah Latar Non Perang Dunia 2 Memang Kurang Komersil Untuk Dijadikan Latar Game Perang?

Game Berlatar Belakang Perang Dunia ke-2 memang selalu jadi hal seru. Tapi apa iya selalu harus tentang Perang Dunia ke-.. more

Sumber: clairelichtenstein.com

Film Pendek Penuh Makna, The Employment Sukses ‘Menampar’ Batin Para Pekerja

Sebuah film pendek berjudul El Empleo (The Employment) ini mengisahkan tentang seorang pria dalam perjalanannya menuju k.. more

Sumber: CIAYO Comics/ Bhurloka

Bhurloka: Mengungkap Keberadaan Roh Jahat (Nirjiva) di Bali

Menyambut Halloween yang akan tiba sebentar lagi, memang pas waktunya buat ngebahas segala sesuatu yang bersifat horor a.. more