Game Tembak Klasik The House of the Dead Kembali dengan ‘Scarlet Dawn’

8 months ago
Sumber gambar: playground.ru

Bro sis penggemar video game yang sempat merasakan kejayaan era arcade/dingdong tahun 90an hampir pasti pernah melihat dan memainkan video game yang satu ini.

Game klasik arcade shooter. Sumber gambar: youtube.com

Game klasik arcade shooter. Sumber gambar: youtube.com

The House of the Dead alias HotD adalah sebuah game arcade genre menembak atau light gun game dimana kita memainkannya dengan pistol khusus yang di desain untuk mesin arcade. Di dalam game kita harus menghadapi segerombolan zombie yang ganas sambil terus mengikuti storyline hingga final boss. Di sepanjang perjalanan kita juga dapat (namun tidak harus) menyelamatkan warga sipil yang akan diserang oleh sekawanan zombie dengan cara menembak zombie-zombie tersebut. Awas salah tembak! Karena jika yang tertembak adalah warga sipil, bro sis akan mengalami pengurangan point.

Nyawa berkurang kalau salah tembak warga sipil. Sumber gambar: houseofthedead.wikia.com

Nyawa berkurang kalau salah tembak warga sipil. Sumber gambar: houseofthedead.wikia.com

Serial HotD memiliki sejarah line up yang cukup panjang. Game pertama mereka,The House of the Dead, rilis tahun 1996 dalam format arcade cabinet sebelum di port ke Windows PC dan Sega Saturn. Game ini memiliki plot sederhana: seorang ilmuwan sinting bernama Dr. Roy Curien menciptakan berbagai monster (yang direpresentasikan dalam bentuk karakter kartu Tarot seperti Hangman atau The Magician) yang mengancam kemanusiaan. Agent AMS Thomas Rogan bersama si misterius Agent G berusaha menyelamatkan tunangan Rogan, Sophie Richards, yang terjebak di mansion Dr. Curien.

Arcade cabinet The House of the Dead klasik. Sumber gambar: youtube.com

Arcade cabinet The House of the Dead klasik. Sumber gambar: youtube.com

Gameplay HotD dikategorikan sebagai “rail shooter” dimana karakter di dalam game bergerak dalam satu “rel/jalan” yang sudah ditentukan di sepanjang perjalanan. Hal ini berbeda dari game shooter lain seperti Call of Duty atau Battlefield yang relatif lebih bebas dalam pergerakan dan sama-sama mengusung genre shooter. Pemain HotD mendapatkan senjata berupa pistol dengan unlimited bullet. Pemain perlu melakukan reload alias mengisi peluru kembali jika peluru di pistol mereka habis dengan cara menembak ke luar dari layar (akan lebih cepat dengan menutup ujung pistol dengan jari sehingga fokus target tidak lari). Pemain juga akan menemukan senjata lain seperti shotgun atau machine gun, namun dengan peluru yang terbatas. Selain dari points, pemain juga bisa mendapatkan extra life dan extra health dengan menyelamatkan warga sipil dari kepungan zombies yang ada di mansion tersebut.

The House of the Dead mendapatkan sambutan lumayan saat diluncurkan walau versi port nya di kritik karena terlalu lamban (versi Sega Saturn berjalan hanya di 20 fps). Game ini juga sempat mendapatkan ancaman banned di wilayah Indianapolis, Amerika Serikat walau akhirnya tidak terjadi.

Karena dianggap sukses maka Sega sebagai pengembang dan publisher melanjutkan game ini sehingga menjadi franchise seperti sekarang. Setelah game pertama, HotD dilanjutkan dengan The House of the Dead 2 (1998), The House of the Dead III (2002), The House of the Dead 4 (2005), The House of the Dead 4 Special (2006), serta The House of the Dead: Overkill (2009). Sementara game spin-off nya juga banyak dibuat dan tercatat ada 9 judul, mulai dari The Typing of the Dead (1999) hingga Darts of the Dead (2017). Hampir semua sukses secara komersial.

Versi PlayStation 3 HotD: Overkill diberi tambahan judul “Extended Cut”. Sumber gambar: youtube.com

Versi PlayStation 3 HotD: Overkill diberi tambahan judul “Extended Cut”. Sumber gambar: youtube.com

HotD juga memiliki kisah yang bersambung, seperti yang terlihat di seri ke-2 dimana kisahnya dimulai 14 bulan setelah insiden Curien Mansion di game sebelumnya. Dan hampir semuanya dirilis lebih dulu di arcade cabinet sebelum di-port ke mesin lain. Pengecualian ada di The House of the Dead: Overkill (2009) dimana game ini dirilis ekslusif hanya di console tanpa pernah punya versi arcade cabinet. Tapi Overkill tetap masuk kategori canonical karena bercerita tentang Agent G di masa-masa awal karirnya.

Game terbaru dari franchise ini akan berjudul “House of the Dead: Scarlet Dawn” dan akan dirilis tahun 2018. Beta testing dari arcade cabinet HotD terbaru ini sudah dilakukan Sega di Jepang dan hasilnya cukup menggembirakan. Para fans arcade game, terutama penggemar IP The House of the Dead, disuguhi sebuah game light gun klasik dengan sentuhan modern di game terbaru franchise HotD ini.

Kate Green terlihat seksi di grafis modern. Sumber gambar: epicplay.com.br

Kate Green terlihat seksi di grafis modern. Sumber gambar: epicplay.com.br

Mengambil kisah tiga tahun setelah HotD 4 dengan fokus karakter Kate Green & Ryan Taylor (saudara dari tokoh sebelumnya James Taylor), HotD: Scarlet Dawn juga akan memiliki kemampuan online, interactive leaderboard serta trophy. Hal ini akan menjadikan HotD: Scarlet Dawn sedikit berbeda dari arcade cabinet HotD sebelumnya. Bukan hanya itu: menurut laporan Dengeki Online dotcom cabinet Scarlet Dawn punya gimmick seperti semburan udara dari bagian atas ke arah pemain hingga “tombol kejut” di bagian belakang yang bisa ditekan penonton dan akan membuat monster mendadak muncul dan meraung pada pemain. Bakal seru mainnya saat rame-rame bareng teman ya, bro sis.

Arcade cabinet HotD: Scarlet Dawn. Sumber gambar: dengekionline.com

Arcade cabinet HotD: Scarlet Dawn. Sumber gambar: dengekionline.com

Pistol yang digunakan di Scarlet Dawn. Sumber gambar: dengekionline.com

Pistol yang digunakan di Scarlet Dawn. Sumber gambar: dengekionline.com

Cut scene antar game. Sumber gambar: famitsu.com

Cut scene antar game. Sumber gambar: famitsu.com

Serbuan zombie dan monster-monster menyeramkan! Sumber gambar: dengekionline.com

Serbuan zombie dan monster-monster menyeramkan! Sumber gambar: dengekionline.com

Performa pemain di setiap akhir Stage dinilai. Sumber gambar: dengekionline.com

Performa pemain di setiap akhir Stage dinilai. Sumber gambar: dengekionline.com

House of the Dead: Scarlet Dawn saat ini sedang di uji coba di kiblatnya otaku dunia, Akihabara Tokyo dan akan segera resmi diluncurkan tahun ini juga. Mari kita tunggu bersama, bro sis!

Video beta testing gameplay:


About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: gigazine.net

Satu Lagi Themed-Cafe Khas Jepang: Cafe Ranma ½ Telah Dibuka di Tokyo!

Seberapa populer Ranma ½ Café ini? Antriannya membludak!.. more

1 Komik Strip = 1 Kebaikan (Sumber: CIAYO Comics)

[Update] Berbagi Kebaikan #UntukSemua Bersama CIAYO Comics

Selama bulan Ramadhan, CIAYO Comics mengadakan campaign Berbagi Kebaikan #UntukSemua dengan mengajak seluruh komikus tan.. more

Pendapatan seorang artist dalam streaming services. Sumber: pinterest

Berapakah Pendapatan Seorang Artist Dalam Aplikasi Streaming Service (Apple Music, Spotify, Joox, MelOn dll)?

Kalau penjualan CD album fisik, sudah jelas penghasilannya bisa langsung masuk ke distributor atau label tempat penyanyi.. more

CHIPS Membasmi Monster di Google Play Indonesia Games Contest 2017

Mau tau keseruan apa aja saat tim CIAYO Games menempati salah satu booth di The Warehouse, Plaza Indonesia? Yuk disimak!.. more

In This Corner of the World. Sumber: youtube.com

In This Corner of the World, Kisah Manis di Tengah Peperangan

Sebagai pecinta anime anti perang,tentunya kalian ga boleh melewatkan anime satu ini. Meski sudah sempat ditayangkan pad.. more