Game Uncharted: Lost Legacy Meneruskan Tradisi Uncharted­­

5 months ago

Serial game Uncharted merupakan  sebuah game aksi petualangan dari Naughty Dog yang sangat populer di kalangan gamers dunia. Bro sis gamers yang sempat merasakan era PlayStation 1 tentu ingat pada game seru berjudul Crash Bandicoot bukan? Game itu juga dibuat oleh team Naughty Dog ini. Saat Sony melangkah dengan PlayStation 3, Naughty Dog mengiringinya  dengan game original terbaru mereka saat itu. Sebuah game petualangan yang cinematic berjudul “Uncharted: Drake’s Fortune”.

Yang pernah main Uncharted: Drake’s Fortune pasti ingat adegan kocak ini. Sumber gambar: ebgames.com

Yang pernah main Uncharted: Drake’s Fortune pasti ingat adegan kocak ini. Sumber gambar: ebgames.com

Game ini sukses luar biasa. Gabungan antara aksi, komedi, drama dan petualangan eksotis dari tokoh utamanya Nate Drake menciptakan sebuah game yang tidak hanya seru secara gameplay tapi juga menghibur secara sinematik. Walaupun banyak opini yang mengatakan kalau serial game ini mirip film Hollywood “Indiana Jones” dan game aksi petualangan populer lainnya “Tomb Raider”, namun serial Uncharted tetap dapat stand out dengan ciri khas permainan yang penuh baku tembak, panjat memanjat, dan adegan kejar-kejaran seperti sebuah film aksi.

Kejar-kejaran ala film aksi di Uncharted 2. Sumber gambar: youtube.com

Kejar-kejaran ala film aksi di Uncharted 2. Sumber gambar: youtube.com

Serial Uncharted sudah terjual lebih dari 36 juta unit sejak pertama diluncurkan tahun 2007. Ada empat canonical games / game sesuai kronologis, serta beberapa spin-off / game selingan. Hampir keseluruhan dari mereka sukses baik secara komersial maupun kritik.

Golden Abyss adalah spin-off Uncharted untuk PS Vita. Sumber gambar: play-asia.com

Golden Abyss adalah spin-off Uncharted untuk PS Vita. Sumber gambar: play-asia.com

Game canonical terakhir dari Uncharted dirilis tahun 2016, dengan judul “Uncharted 4: A Thief’s End”. Disana diceritakan sebagai akhir kisah petualangan Nathan Drake berburu harta karun dari sudut-sudut tempat eksotis di dunia ini. Cerita dalam game Uncharted memang bertemakan harta karun dan hal-hal mistis eksotis dari kisah-kisah legendaris; seperti emas El Dorado atau Mata Air Abadi (Fountain Of Youth) Cintamani Shangri-La yang legendaris itu.

Fans mengira Uncharted 4 adalah akhir dari serial Uncharted. Namun mereka salah, karena di pameran E3 2016 Naughty Dog memamerkan footage dari game terbaru Uncharted yang mereka beri judul “Uncharted: The Lost Legacy”.

Tapi bagian yang paling mengejutkan adalah keputusan Naughty Dog untuk menggunakan karakter bukan Nathan Drake di game Uncharted terbaru ini. Naughty Dog menggunakan karakter dua cewek tangguh yang terkenal lewat game Uncharted sebelumnya. Mereka adalah Chloe Frazer (mulai dikenal di Uncharted 2) dan Nadine Ross (debut di game Uncharted 4).

Cewek-cewek tangguh pemburu harta karun, Nadine & Chloe. Sumber gambar: youtube.com

Cewek-cewek tangguh pemburu harta karun, Nadine & Chloe. Sumber gambar: youtube.com

Uncharted: The Lost Legacy menceritakan tentang petualangan Chloe dan Nadine untuk menemukan sebuah benda pusaka dari Hoysala Empire bernama “The Tusk Of Ganesha” yang tersembunyi di pedalaman India. Dalam petualangan mereka akan juga berhadapan dengan Warlord setempat dan Mercenaries yang juga menginginkan benda tersebut. Chloe serta Nadine akan berada dalam situasi sulit dan terjebak dalam konflik sengit saat mencoba mendapatkan Tusk of Ganesha.

Formula yang sama dari game-game Uncharted sebelumnya dapat ditemukan di game Uncharted: Lost Legacy ini. Berlari, menembak, mengendap-endap, memanjat. Pemain veteran game serial Uncharted tidak akan mengalami kesulitan untuk mulai bermain karena Lost Legacy tidak memiliki perbedaan signifikan pada gameplay.

Satu-satunya hal yang boleh dibilang “baru” di Lost Legacy (jika dibandingkan dengan game-game Uncharted sebelumnya) adalah adanya “Photo Mode”.

Pause game-nya dan masuk Photo Mode! Sumber gambar: kotaku.com

Pause game-nya dan masuk Photo Mode! Sumber gambar: kotaku.com

Walaupun bukan hal yang benar-benar baru di ranah video game (game “Horizon: Zero Dawn” juga ada) tapi Photo Mode ini tetap menarik. Jadi dalam mode ini, kita bisa melakukan Pause saat game sedang berlangsung, dan kemudian bisa mengatur ekspresi wajah karakter yang ada di layar untuk kemudian “dijepret” sebagai foto/gambar dalam game.

Seru-seruan dengan Photo Mode. Sumber gambar: kotaku.com

Seru-seruan dengan Photo Mode. Sumber gambar: kotaku.com

Bukanlah sebuah fitur penting secara keseluruhan namun tetap menarik bermain dengan Photo Mode di game ini.

Nape, mpok Chloe? Murung aje? Sumber gambar: playstationlifestyle.net

Nape, mpok Chloe? Murung aje? Sumber gambar: playstationlifestyle.net

Jadi kalau bro sis gamers fans serial Uncharted dan ingin kembali bermain dengan nuansa sedikit berbeda dari Uncharted 4: A Thief’s End, game Uncharted: Lost Legacy ini cocok sebagai pilihan. Mainkan dan ikuti petualangan Chloe serta Nadine mencari harta karun di pedalaman eksotis India di “Uncharted: Lost Legacy”.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: pinterest.com

Remaja Korea Selatan Sama Sekali Gak Takut Dengan Ancaman Nuklir!

Kamu pernah penasaran gak, apakah orang-orang Korea Selatan gak takut dengan ancaman bom nuklir dari Korea Utara yang te.. more

Kontroversi Kemono Friends Yang Sedang Heboh Di Jepang

Beberapa hari belakangan ini jagat internet khususnya di bagian penggemar anime Jepang sedang heboh soal berita & rumor .. more

brightside.me

Komik Strip Lucu 2017, Kesukaan Kamu Yang Mana?

Perkembangan Komik di Indonesia semakin pesat. Perkembangan komik ini juga didukung oleh munculnya komik strip di berbag.. more

Sumber: Youtuber

Mengenal Catherine: Game Puzzle Dengan Cita Rasa Dewasa

Jarang ada game puzzle dengan gebrakan gameplay ataupun visual yang membedakannya dari game puzzle lain. Disinilah game .. more