GDQ, Menggalang Dana dengan Speedrun Game

10 months ago
Sumber: Arstechnica.com

Ada banyak acara penggalangan dana yang menggunakan game sebagai tema utamanya, seperti Extra Life dan Gamers For Giving. Tapi ternyata ada juga acara penggalangan dana bertema Speedrun, lho!

Games Done Quick atau yang biasa disingkat GDQ, adalah acara penggalangan dana di Amerika Serikat yang dimulai sejak tahun 2010 dan menggunakan tema maraton Speedrun untuk mengumpulkan dana bagi pasien – pasien kanker. Dana yang terkumpul akan didonasikan melalui organisasi Prevent Cancer Foundation dan Doctors without Borders. Games Done Quick sendiri disponsori oleh perusahaan – perusahaan ternama seperti Bandai Namco, Humble Bundle, dan masih banyak lagi.

Salah satu sponsor ternama di Games Done Quick (Sumber: wikipedia.org)

Salah satu sponsor ternama di Games Done Quick (Sumber: wikipedia.org)

Acara ini diadakan 2 kali dalam setahun dengan nama yang berbeda, yaitu Awesome Games Done Quick, yang biasanya diadakan pada bulan Januari. Sedangkan Summer Games Done Quick diadakan saat musim panas atau biasanya pada bulan Juni sampai Juli.

Bagaimana sistemnya? Games Done Quick mengumpulkan speedrunner dengan metode volunteer. Jadi, mereka tidak menentukan tema game apa yang akan ditayangkan. Semuanya ditentukan oleh masing – masing speedrunner. Eits, tetap ada syaratnya, para speedrunner harus memberikan rekaman speedrun mereka dan  memberikan alasan kenapa mereka cocok untuk mengisi acara di Games Done Quick.

Daftar pengajuan speedrun di gamesdonequick.com (Sumber: Gamesdonequick.com)

Daftar pengajuan speedrun di gamesdonequick.com (Sumber: Gamesdonequick.com)

Acaranya berlangsung selama 7 hari, 24 jam, nonstop! Semuanya ditayangkan langsung secara online melalui Twitch. Setiap speedrunner akan diberikan jadwal dan penonton bisa memilih game mana yang mau mereka tonton sesuai dengan jadwal. Penonton yang ingin menonton secara langsung pun bisa datang ke tempat GDQ berlangsung. Cukup dengan mendaftar di websitenya, kamu pun bisa datang menonton secara gratis. Tentunya jika kamu berada di Amerika Serikat.

Umumnya, pada saat run berlangsung, speedrunner akan ditemani oleh satu komentator atau lebih untuk membahas trik – trik dan game yang sedang dimainkan. Tidak jarang pula mereka melemparkan lawakan untuk membuat speedrun tersebut menarik. Bahkan, para pemberi donasi pun suka memberikan lawakan melalui komentar yang mereka buat saat memberikan donasi.

Sumber: Youtube.com

Sumber: Youtube.com

Lalu, bagaimana cara Games Done Quick menarik penonton untuk memberikan donasi? Penonton diberikan insentif saat tayangan berlangsung seperti memberikan nama karakter saat run tersebut, menambahkan tantangan tambahan bagi pelaku speedrun yang sedang berlangsung, dan memenangkan undian hadiah. Tentu saja penonton tidak diwajibkan memberikan donasi demi mendapatkan hadiah.

Sumber: Twitch.tv

Sumber: Twitch.tv

Gak hanya dari donasi, GDQ pun bekerjasama dengan toko online “The Yetee” untuk menjual T-Shirt dan baju eksklusif serta perusahaan Fangamer yang menjual berbagai macam merchandise video game. Semua hasil penjualan akan disisihkan untuk donasi pasien kanker melewati Prevent Cancer Foundation.

Terkadang, apabila terjadi bencana di suatu tempat, pihak GDQ akan membuat event dadakan untuk menggalang dana bagi para korban. Salah satu contohnya adalah Japan Relief Done Quick, yang diadakan bagi korban gempa dan tsunami di Jepang pada tahun 2011. Acara itu berhasil mengumpulkan lebih dari 25.000 dollar. GDQ juga membuat Harvey Relief Done Quick bagi para korban badai Harvey yang terjadi pada September 2017 lalu dan berhasil mengumpulkan lebih dari 250.000 dollar.

Sumber: PCGamer.com

Sumber: PCGamer.com

Oh ya, bro sis bisa menonton dokumentasi speedrun dari Games Done Quick di channel Youtube mereka atau di website Archive.org.

Penulis sendiri senang melihat event – event amal dengan menggunakan game seperti ini. Semoga suatu hari nanti akan ada event amal serupa dengan Games Done Quick di Indonesia. Bagaimana pendapat kalian? Berikan komentar kalian di bawah, ya!

About Author

Yudha Tama

Yudha Tama

Seorang programmer, penikmat pop culture, dan a gamer at heart. Sekarang sedang mendalami dunia Speedrunning. Bisa dikontak lewat : prabaesayudhatama@gmail.com | facebook.com/maru027

Comments

Most
Popular

00-d-beta-ray-bill

Saudara Kembar Thor Tapi Kuda? Mari Kenalan Dengan Beta Ray Bill!

Thor punya saudara, tapi lebih mirip kuda? Beta Ray Bill adalah karakter superhero sekaligus supervillain yang merupakan.. more

Sumber: www.hdwallpapers.in

Red Sparrow: Bahkan Jason Matthews Pun Tak Mampu Mengawal Naskah Ini Untuk Jadi Baik

“Red Sparrow” bercerita tentang perempuan bernama Dominika. Seorang ballerina yang punya kesempatan untuk bersinar d.. more

Sumber: kpopexpose.com

Good Deeds Fans Kpop Lakukan Untuk Idol

Ada banyak kegiatan yang fans lakukan biar bisa di-notice oleh idol mereka. Walaupun sering kali muncul berita negatif s.. more

Sumber gambar: Kotaku

Saat Nintendo Mengabaikan Sumpah dan Akhirnya Merilis “Night Trap”

Melalui publisher ‘kecil-kecil cabe rawit’ Limited Run Games & Screaming Villains, “Night Trap: 25th Anniversary E.. more