Sutradara Ghibli Isao Takahata Meninggal Dunia

6 months ago
00-d-isao-takahata

Komunitas animasi dan animator dunia kembali berduka. Salah satu sosok berpengaruh dalam dunia animasi telah meninggal dunia. Beliau adalah Isao Takahata, seorang sutradara dan salah satu pendiri Studio Ghibli.

Dilaporkan, Takahata meninggal di usia 82 tahun. Menurut sumber anonim, kesehatan Takahata sudah menurun sejak satu tahun terakhir. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Kamis di sebuah rumah sakit di Tokyo.

01-isao-takahata

Tiga besar Ghibli: Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki, dan Isao Takahata, (Sumber: A113Animation)

Semasa hidupnya, Isao Takahata dikenal sebagai salah satu tokoh penting dalam Studio Ghibli, selain sutradara kenamaan Hayao Miyazaki. Semasa hidupnya, Takahata telah menyutradarai berbagai judul anime klasik; entah itu untuk siaran TV atau film bioskop. Judul-judul seperti Heidi, Anne of Green Gables, Secret Akko-chan, Only Yesterday, dan masih banyak lagi.

02-isao-takahata

Grave of the Fireflies, bukan untuk yang berhati lemah. (Sumber: Letterboxd)

Namun, satu film Takahata yang paling sukses bisa dinobatkan kepada Grave of the Fireflies. Film anime ini mengangkat sisi gelap Perang Dunia II dari sudut pandang dua orang kakak beradik yang masih anak-anak. Bisa dibilang plot yang disajikan cukup depresif, tergantung bagaimana kamu melihatnya.

Kritikus film Roger Ebert menjadikan Grave of the Fireflies sebagai salah satu film terbaik yang pernah ia tonton. “Ya, film ini memang kartun dan mata karakternya sebesar piring. Meski demikian, film ini pantas masuk ke dalam daftar film perang terbaik yang pernah ada.”

03-isao-takahata

Roger Ebert memuji Grave of the Fireflies. (Sumber: Medium)

Dalam kesempatan yang sama, Ebert juga mengakui ulasan Grave of the Fireflies dari Ernest Rister. Menurutnya, Grave of the Fireflies pantas disandingkan dengan film Schindler’s List dari Steven Spielberg. Anime ini juga merupakan film animasi paling humanis yang pernah ia saksikan.

04-isao-takahata

Setiap frame dalam Princess Kaguya adalah karya seni. (Sumber: Sanctum in Heremis)

Film terakhir yang disutradarai Takahata adalah The Tale of the Princess Kaguya di tahun 2013 silam. Film ini mendapatkan nominasi dalam ajang Academy Awards di Amerika. Keunikan dari anime ini adalah presentasi visualnya yang sangat artistik; dengan meniru estetika lukisan klasik Jepang.

Dalam wawancaranya bersama Variety di tahun 2016, Takahata mengaku masih punya beberapa ide untuk film anime selanjutnya. “Saya punya beberapa proyek di kepala saya yang tengah saya upayakan untuk bisa diproduksi. Apakah nanti akan jadi film atau tidak, tak ada yang tahu, bahkan saya sendiri.”

05 isao takahata

Kreator sekaliber Takahata pantas mendapatkan apresiasi tinggi. (Sumber: Culturebox)

Pada akhirnya, The Tale of Princess Kaguya memang menjadi film terakhir yang dibuat seorang Isao Takahata. Namun, apa yang telah ia berikan kepada dunia animasi merupakan salah satu mahakarya yang patut mendapatkan penghargaan tertinggi.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

sumber: www.tripwiremagazine.co.uk

Film Unsane, Ketika Film Psychology Thriller Dibuat Menggunakan Kamera iPhone7 Plus

Gimana jadinya kalau handphone digunakan untuk membuat sebuah film? Mungkin Unsane bisa menjadi jawabannya... more

00-d-playstation-vita

Sony Hentikan Produksi Cartridge Game PSVita

Dengan menurunnya produksi game Playstation Vita, Sony memutuskan untuk tidak membuat cartridge game PS Vita dan fokus k.. more

Art yang tipikal khas game simulasi kencan Jepang. Sumber gambar: noelworks.net

Single? Yuk Main Game Simulasi Kencan Buatan Anak Sekolah Jepang!

Game Dating Sim ini memang biasanya ditujukan untuk pangsa pasar gamer cowok yang mungkin mengalami kesulitan mencari pa.. more

iPhone X, Simbol Kegagalan Inovasi Apple?

Siapa sih yang gak mau punya gadget bagus? Apalagi buat handphone, soalnya jaman sekarang kan apa-apa dilakukan pake han.. more

Ario Anindito (instagram.com/arioanin)

Ario Anindito: Dunia Komik Adalah Rumah Saya

komik, dunia komik, komikus, baca komik.. more