Sutradara Ghibli Isao Takahata Meninggal Dunia

2 years ago
00-d-isao-takahata

Komunitas animasi dan animator dunia kembali berduka. Salah satu sosok berpengaruh dalam dunia animasi telah meninggal dunia. Beliau adalah Isao Takahata, seorang sutradara dan salah satu pendiri Studio Ghibli.

Dilaporkan, Takahata meninggal di usia 82 tahun. Menurut sumber anonim, kesehatan Takahata sudah menurun sejak satu tahun terakhir. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Kamis di sebuah rumah sakit di Tokyo.

01-isao-takahata

Tiga besar Ghibli: Hayao Miyazaki, Toshio Suzuki, dan Isao Takahata, (Sumber: A113Animation)

Semasa hidupnya, Isao Takahata dikenal sebagai salah satu tokoh penting dalam Studio Ghibli, selain sutradara kenamaan Hayao Miyazaki. Semasa hidupnya, Takahata telah menyutradarai berbagai judul anime klasik; entah itu untuk siaran TV atau film bioskop. Judul-judul seperti Heidi, Anne of Green Gables, Secret Akko-chan, Only Yesterday, dan masih banyak lagi.

02-isao-takahata

Grave of the Fireflies, bukan untuk yang berhati lemah. (Sumber: Letterboxd)

Namun, satu film Takahata yang paling sukses bisa dinobatkan kepada Grave of the Fireflies. Film anime ini mengangkat sisi gelap Perang Dunia II dari sudut pandang dua orang kakak beradik yang masih anak-anak. Bisa dibilang plot yang disajikan cukup depresif, tergantung bagaimana kamu melihatnya.

Kritikus film Roger Ebert menjadikan Grave of the Fireflies sebagai salah satu film terbaik yang pernah ia tonton. “Ya, film ini memang kartun dan mata karakternya sebesar piring. Meski demikian, film ini pantas masuk ke dalam daftar film perang terbaik yang pernah ada.”

03-isao-takahata

Roger Ebert memuji Grave of the Fireflies. (Sumber: Medium)

Dalam kesempatan yang sama, Ebert juga mengakui ulasan Grave of the Fireflies dari Ernest Rister. Menurutnya, Grave of the Fireflies pantas disandingkan dengan film Schindler’s List dari Steven Spielberg. Anime ini juga merupakan film animasi paling humanis yang pernah ia saksikan.

04-isao-takahata

Setiap frame dalam Princess Kaguya adalah karya seni. (Sumber: Sanctum in Heremis)

Film terakhir yang disutradarai Takahata adalah The Tale of the Princess Kaguya di tahun 2013 silam. Film ini mendapatkan nominasi dalam ajang Academy Awards di Amerika. Keunikan dari anime ini adalah presentasi visualnya yang sangat artistik; dengan meniru estetika lukisan klasik Jepang.

Dalam wawancaranya bersama Variety di tahun 2016, Takahata mengaku masih punya beberapa ide untuk film anime selanjutnya. “Saya punya beberapa proyek di kepala saya yang tengah saya upayakan untuk bisa diproduksi. Apakah nanti akan jadi film atau tidak, tak ada yang tahu, bahkan saya sendiri.”

05 isao takahata

Kreator sekaliber Takahata pantas mendapatkan apresiasi tinggi. (Sumber: Culturebox)

Pada akhirnya, The Tale of Princess Kaguya memang menjadi film terakhir yang dibuat seorang Isao Takahata. Namun, apa yang telah ia berikan kepada dunia animasi merupakan salah satu mahakarya yang patut mendapatkan penghargaan tertinggi.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-comifuro-11

CIAYO Comics Akan Bawa Nuansa Jejepangan ke Comifuro 11

CIAYO Comics bakal boka booth yang Jejepangan abis di Comifuro 11. Bakal ada games, portfolio review, meet and greet, da.. more

Sumber: Mini en Monde

Cafe yang Wajib Kamu Kunjungi Kalau Kamu ke Jepang dan Korea!

Sebagai anak muda, kita pasti suka banget nongkrong buat ngabisin waktu bareng temen atau bahkan ngerjain tugas di kafe... more

Isle Of Dogs: Propaganda Historis untuk Memanipulasi Massa Melalui Xenofobia

Wes Anderson membuat film animasi stop motion lagi? Gimana pendapat kalian? Sudah jelas ini merupakan hal yang sangat me.. more

List Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Daftar pemenang One Shot Challenge Vol. 2!.. more

Gundam Live-Action, Akankah Kerjasama Sunrise dan Legendary Pictures Memuaskan Penggemar?

Lewat acara Anime Expo 2018, tiba-tiba saja pihak studio Sunrise membuat kejutan lewat Presiden dan CEO Sunrise, Yasuo M.. more