Gintama: Kisah Seorang Samurai yang Kini Menjadi Pekerja Serabutan

4 months ago
Gintama (Sumber: littleanimeblog)

Gintama adalah sebuah komik manga Jepang yang berlatar belakang di jaman Edo karya Sorachi Hideaki. Manga ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 2003. Sejak saat itu Gintama terus menjadi salah satu manga terpopuler di Jepang sampai sekarang. Gintama bercerita tentang kehidupan sehari-hari tokoh utamanya, yaitu Sakata Gintoki, yang mendirikan usaha bernama “Yorozuya” bersama dua temannya (dan satu anjing). Mereka bersedia mengerjakan tugas apa saja asalkan dibayar agar dapat membiayai kehidupan sehari-hari.

Suasana kota Edo dalam manga Gintama (Sumber: mangahere.co)

Gintama sangat terkenal akan selera humornya yang agak ‘nyeleneh’ dan tidak mengenal batas (sering sekali Gintama mengambil referensi humor dari manga lain), namun disaat yang bersamaan, memiliki adegan-adegan bertarung yang apik, disertai konflik politik yang pelik.

Salah satu parodi Gintama. (Sumber: mangahere.co)

Salah satu parodi Gintama. (Sumber: mangahere.co)

 

Kamui vs Okita, salah satu pertarungan yang paling dinanti oleh penggemar Gintama (Source: aminoapps.com)

Kamui vs Okita, salah satu pertarungan yang paling dinanti oleh penggemar Gintama (Sumber: aminoapps.com)

Bagi saya, yang menarik dari Gintama selain humor dan adegan bertarungnya, adalah karakter-karakter sampingannya. Di luar Gintoki, terdapat berbagai karakter lain dengan latar belakang cerita yang tidak kalah mendetail. Contohnya Tsukuyo, perempuan yang bekerja di rumah bordil sejak umurnya masih belia. Sekarang  Tsukuyo dijuluki Shinigami Tayuu (wanita malam pencabut nyawa) serta Shigeshige, shogun pertama yang adil, bijaksana dan sangat baik hati; bagaimana dia dijaga dan berteman dengan para Oniwabanshu.

Tsukuyo, petarung wanita yang ditakuti di Yoshiwara (Sumber: es.gintama.wikia)

Tidak ketinggalan juga, anggota polisi Shinsengumi (yang terinspirasi dari polisi di era bakumatsu) yang bernama Kondo Isao, Okita Sougo dan Hijikata Toushirou. Masing-masing dari mereka memiliki cerita yang menyentuh dan menarik untuk diikuti. Jadi kita tidak hanya dibawa untuk fokus kepada karakter utama, namun juga karakter-karakter sampingan lainnya. Sifat dan sikap tiap-tiap karakter pun beragam. Contohnya, Sougo yang memiliki sifat sadis, Hijikata Toushirou yang sangat menggemari mayonese, Kondo Isao, pemimpin anggota shinsengumi yang sehari-harinya hanya fokus mengejar kakak Shinpachi, Otae, namun sebenarnya memiliki kualitas sebagai pemimpin, Gintoki yang pemalas, serta Kagura yang hobi makan.

Fanart Shinsengumi. Dari kiri ke kanan: Kondou Isao, Hijikata Toushirou, Okita Sougo (Sumber: @rkgk3mm)

Elemen lainnya yang menarik dari manga ini adalah adanya alien dan kemajuan teknologi dalam latar cerita. Ya, dalam Gintama, terdapat alien, bahkan salah satu tokoh utama Gintama, Kagura, adalah seorang alien dari bangsa Yato. Dan dengan latar belakang cerita di jaman Edo, kita bisa menyaksikan para penduduk desa yang sudah dapat mengendarai mobil/motor, menonton televisi serta memiliki telepon genggam. Faktor ini pun membuat Gintama menjadi manga yang unik bagi saya.

Gintoki mengendarai motor vespa miliknya (Sumber: mangahere.co)

Meski di awal terlihat ‘membosankan’ dan ‘berantakan’, ceritanya berkembang dan dikemas sedemikian rupa sehingga kita menjadi terpikat. Begitu juga artworknya yang memanjakan mata. Terlihat jelas perkembangan sang mangaka dalam menggambar saat Gintama pertama kali dipublikasikan dengan gambarnya sekarang.

Secara keseluruhan, Gintama adalah sebuah karya yang sangat bagus dan sarat akan nilai persaudaraan. Saya sangat merekomendasikannya bagi orang yang ingin menikmati manga yang menegangkan, menyentuh, lucu, dan penuh akan unsur fantasi. Namun saya sarankan agar anak kecil untuk tidak membaca atau menonton seri ini, karena terdapat banyak lelucon yang tidak akan dimengerti dan tidak pantas untuk anak-anak.

 

About Author

Cynthia

Cynthia

I am a girl who have passion for writing, drawing, and learning languages!

Comments

Most
Popular

Tim CIAYO Comics berkunjung ke Basecamp Generasi 90an dan ketemu Marchella FP

Bernostalgia Lewat Generasi 90an

Kebahagiaan itu sederhana. Bernostalgia salah satunya. Begitulah kata Marchella Febritrisia Putri... more

Kenangan Manis Tatang Suhenra

“Salam manis tidak akan habis. Salam sayang tidak akan hilang, buat semua pencinta karya saya.” Kalimat itu mungkin .. more

Sabrina – Chapter 7: Pulau Dewata

Sabrina sampai di Pulau Dewata. Saat itu bulan Oktober. Panas menyeruak, 32 derajat celcius... more

Sabrina – Chapter 2: Berapa Lama Aku Harus Menunggu?

Siapa sih yang suka nunggu? Nggak ada yang suka nunggu lama-lama. Sabrina nyoba buat ngelatih kesabarannya. Tapi berapa .. more

CHIPS Membasmi Monster di Google Play Indonesia Games Contest 2017

Mau tau keseruan apa aja saat tim CIAYO Games menempati salah satu booth di The Warehouse, Plaza Indonesia? Yuk disimak!.. more