Girls Love Series: Potret Persahabatan Perempuan Dalam Bingkai Komik

9 months ago

Ajang Comic Frontier X di awal bulan Maret lalu merupakan lautan yang dipenuhi berbagai karya kreatif buatan para kreator berbakat Indonesia. Jika kamu pertama kali datang ke acara itu, kamu pasti bakal kewalahan untuk mulai “jajan” dari mana. Berkeliling sebentar saja, kamu akan disuguhi berbagai macam karya mulai dari komik, artbook, novel, dan berbagai macam merchandise. Jika mata kamu jeli, kamu bisa mendapatkan barang yang kamu suka, atau bahkan sebuah permata tersembunyi!

Permata tersebut salah satunya adalah antologi komik Girls Love Series. Antologi ini merupakan buah karya dari circle bernama Yuri Nakama. Hingga Comic Frontier X, Yuri Nakama sudah merilis dua volume antologi Girls Love Series, dengan judul A Journey With You dan The Magic Between Us. Keduanya menampilkan karya dari empat komikus yang sama: Hinagi FoxCradle, Matsuru, Drie, dan Redalba.

01-yuri-nakama

Sumber: Yuri Nakama

Setiap volume Girls Love Series menampilkan tema yang sama di setiap komiknya. Misalnya di volume pertama temanya kereta api, dan volume kedua bertema sihir/mistis. Selain memiliki kesamaan tema, antologi Girls Love Series juga punya satu keungulan, yakni senantiasa mengangkat kisah sehari-hari dan persahabatan dua karakter perempuan.

02-yuri-nakama

Sumber: Yuri Nakama

Di Jepang, genre komik yang menampilkan hubungan antara dua perempuan disebut dengan shoujo ai, atau populernya adalah yuri. Meski demikian, jangan langsung menganggap isi antologi Girls Love Series ini dipenuhi perempuan lesbian semua. Komik shoujo ai biasanya berisi hubungan antara dua perempuan yang manis dan dekat. Kadang mereka saling menggoda satu sama lain, tapi tidak ada unsur seksualitas di sini. Ketika saya bilang persahabatan dua perempuan, kenyataannya memang persahabatan perempuan kok.

Di antara dua buku Girls Love Series, saya sangat menyukai volume pertamanya, A Journey With You. Selain karena mengangkat tema kehidupan sehari-hari di tengah hiruk pikuk kota Jakarta dan padatnya gerbong KRL, berbagai kisah yang ditawarkan A Journey With You memiliki unsur drama menyentuh sambil tetap relevan dengan kehidupan sehari-hari.

03-yuri-nakama

Sumber: Yuri Nakama

Ambil contoh dalam komik Dari Bogor ke Jakarta-Kota, yang menceritakan pertemuan antara pegawai kantoran Sara dengan staf koas RS Cipto Mangunkusumo, Devi, di dalam KRL Bogor-Jakarta Kota. Lewat pertemuan mereka di kereta yang sama, keduanya saling berbagi cerita dan keluh kesah dalam hidup mereka.

Dalam (un)fortunate train karya Matsuru, Gita yang baru menjalani hari apesnya di kantor banyak belajar dari Edel, penumpang KRL yang kebetulan baru saja dipecat hari itu juga. Sementara itu, Kereta Kemana Saja dari Redalba mengisahkan Rini yang mencoba memperbaiki persahabatannya dengan Melinda, temannya sejak SD. Iseng membuntuti Melinda yang hendak bolos, ternyata Rini malah “terjebak” bersamanya di dalam gerbong KRL.

04 yuri nakama

Sumber: Yuri Nakama

Satu cerita yang buat saya cukup unik adalah Boleh Numpang Sebentar Saja? dari Drie. Komik ini mengisahkan seorang pegawai Stasiun Semarang Tawang, Melina Listanti, yang digentayangi hantu anak SMA korban tabrak lari bernama Irma. Irma meminta bantuan Melina untuk mencari temannya semasa hidup, bule bernama Grace Bennett, agar Irma bisa beristirahat dengan tenang.

A Journey With You merupakan antologi komik yang padat dan cukup memuaskan. Nggak cuma menghibur, namun juga menyajikan sebuah drama yang cukup emosional dan relatable. Teman-teman komikus dari Yuri Nakama mampu menyuguhkan interaksi antar karakter yang menarik dan juga simpatik, tanpa harus mengandalkan seksualitas di dalamnya. Saya jamin kamu bakal tersenyum setiap kali menghabiskan tiap komik di dalamnya.

05-yuri-nakama

Sumber: Yuri Nakama

Lalu, bagaimana dengan volume keduanya, The Magic Between Us? Karena mengusung tema yang lebih “fantasi,” sayangnya antologi yang satu ini sedikit kurang nge-klik buat saya. Meskipun 3/4 isinya masih bersetting di Indonesia, saya nggak merasakan attachment sekuat antologi pertamanya. Meski demikian, The Magic Between Us masih menyenangkan untuk dibaca. Tebalnya yang sedikit lebih tipis membuat antologi ini lebih straightforward untuk dinikmati.

Simak saja dalam komik Tolong Aku, Mbak Siti! dari Hinagi FoxCradle, dimana Mbak Siti yang seorang penyihir nyambi menjadi pustakawan, harus meladeni kerewelan Paulina, anak SMA yang suka main ke perpustakaan. Ada lagi Toko Antik Penyambung Hati dari Redalba, tentang persahabatan Anna dan Bella yang dihantui oleh arwah leluhur mereka.

06-yuri-nakama

Sumber: Yuri Nakama

Ada juga Serius, Dia Itu Magical Knight? karya Drie yang mempertemukan mahasiswa baru bernama Rosi, dengan Nana, ksatria sihir berkepala buntung. Ada pula kisah penyihir yang memanggil jelmaan seorang prajurit masa lalu untuk melayaninya dalam komik Magic Servant dari Matsuru.

Meskipun agak lemah dari segi cerita, The Magic Between Us memiliki keiunggulan dari segi genre yang variatif. Tak hanya menyajikan serangkaian komik bernuansa drama dan slice of life, beberapa komik di dalamnya juga menyelipkan adegan aksi yang oke, serta humor yang lucu dan menggemaskan.

07-yuri-nakama

Sumber: Yuri Nakama

Kesimpulannya, kedua antologi Girls Love Series dari Yuri Nakama bisa dikatakan sama bagusnya dan saling melengkapi. Antologi mana yang paling bagus, itu semua bergantung pada selera masing-masing. Namun, Girls Love Series merupakan pintu utama yang cocok bagi kamu yang ingin menyelami skena komik indie Indonesia dan subkultur Jepang di saat bersamaan.

Kamu bisa mendapatkan buku antologi Girls Love Series dengan mengontak fanpage Yuri Nakama di Facebook.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Kudjo (CIAYO Comics)

“Kudjo”, Karya yang Berawal dari Keisengan

Hai bro sis, di rubrik Chit Chat kali ini kita kedatangan Doni, author dari Komik Kudjo. Ngomongin soal komik, pasti gak.. more

Sumber: Kerrang

Selain Paramore, Musisi-Musisi ini juga Pernah Batal Konser di Indonesia loh!

Lumayan banyak juga musisi-musisi top dunia yang pernah membatalkan konsernya di Indonesia karena alasan tertentu... more

Kunjungan Tim CIAYO Comics kedua kalinya ke Bumi Langit (CIAYO Pictures)

CIAYO Comics Merapat ke Bumi Langit, Sarang Superhero dan Pendekar

Bumi Langit? Ketemu superhero dan pendekar?.. more

reboothoror-banner

Trend Reboot Horor Klasik: Bentuk Penghormatan Atau Hollywood Sudah Habis Ide Untuk Menakut-nakuti Kita?

Seperti kita perhatikan selama 1-2 tahun terkahir ini, Hollywood terlihat seperti sedang “demen-demennya” merilis re.. more

AOV

Serunya Grand Final Battle of Valor 2017

Kesuksesan Mobile Arena ini menjadi alasan digelarnya event game terbesar bertajuk “Battle of Valor”. Coba siapa yan.. more