Goblin Slayer Anime Tersadis? Tunggu Dulu! Judul-Judul Ini Jauh Lebih Seram

4 weeks ago
Goblin Slayer - Thumb

Beberapa waktu terakhir ini kalangan penggemar anime, otaku dan forum-forum anime dunia dihebohkan dengan salah satu TV anime musim gugur 2018 berjudul “Goblin Slayer”.

Anime ini merupakan adaptasi dari light novel yang rilis February tahun 2016 ber-genre fantasi gelap oleh Kumo Kagyu (naskah cerita) dan Noboru Kannatuki (ilustrasi grafis). Light novel Goblin Slayer juga di adaptasi ke manga sejak Mei 2016. Genre fantasi gelap (atau “Dark Fantasy”), seperti sebutannya, merupakan genre dimana cerita dan situasi dalam kisah tersebut jauh dari kata ceria maupun gembira. Genre ini memiliki plot suram, dengan situasi suram dengan narasi kisah yang juga suram.

Goblin Slayer - The Goblin

Goblin Slayer. (Sumber: ComicBook)

Dan kesuraman Goblin Slayer bahkan sudah dimulai dari pemilihan judulnya.

“Penjagal Goblin”. Menandakan kalau tema ceritanya pasti soal bunuh membunuh goblin; makhluk fiksi yang sering digambarkan bertubuh kecil berwarna hijau, licik, jelek, culas dan dalam kisah Goblin Slayer juga digambarkan sebagai pelaku kekerasan seksual pada wanita ras manusia.

Saat manga Goblin Slayer di adaptasikan ke format TV anime, kehebohan muncul pasca episode pilot/perdana.

Goblin Slayer - Poster

Sumber: YouTube

Untuk yang sudah mengenal dan membaca light novel ataupun manga Goblin Slayer mungkin tidak mengejutkan. Namun untuk yang baru mengenal judul ini dari anime dan melihat adegan kekerasan seksual yang dilakukan oleh para goblin (gangrape), adegan itu jadi terasa mengerikan untuk mereka.

Dan mereka beramai-ramai komplain di berbagai tempat. Lewat forum diskusi, media sosial, bahkan lewat meme… Seakan-akan mereka baru saja menyaksikan anime dengan tingkat kesadisan sangat tinggi dan brutal di Goblin Slayer tersebut.

Goblin Slayer - Ekspresi Takut

Ekspresi ini jelas menunjukkan rasa takut yang luar biasa. (Sumber: Hallyunation)

Well, mereka tidak sepenuhnya salah sih…

Untuk penonton awam, yang terbiasa dengan kisah-kisah fantasi seru yang penuh petualangan berwarna dan ceria, Goblin Slayer jelas terasa menakutkan. Bernuansa gelap. Sadis. Brutal. Serta berbagai impresi negatif lainnya. Padahal jika dibandingkan dengan judul-judul dark fantasy lain yang sudah pernah ada di dunia manga dan anime, boleh dibilang kalau Goblin Slayer masih dalam kategori ‘lumayan aman’.

Sehingga jika mereka-mereka yang mengatakan kalau Goblin Slayer sadis dan sejenisnya melihat judul-judul anime berikut, mereka mungkin sudah muntah darah.

Daftar Anime Tersadis

Baca juga: TV Anime Jepang Pilihan untuk Musim Gugur 2018!

Hellsing

Goblin Slayer - Hellsing Poster

Sumber: Nefarious Reviews

Hellsing adalah manga dark fantasy ciptaan Kouta Hirano tahun 1997. Manga ini bercerita tentang organisasi rahasia “Hellsing Organization” yang memerangi makhluk jahat supranatural seperti vampire, ghoul dan berbagai jenis makhluk malam lain yang mengancam keamanan Inggris Raya. Bagian menarik dari judul ini adalah karakter utama yang bernama Alucard. Alucard sendiri adalah vampire dengan nama yang, jika dibalik, akan berbunyi “Dracula” sang vampire terkenal. Hirano memang banyak mengambil referensi dari kisah vampire populer “Bram Stoker’s Dracula” untuk manga Hellsing.

Anime Hellsing dirilis tahun 2001 dan mengambil jalan cerita serta plot yang berbeda dari manga walau tetap menggunakan karakter-karakter dari manga. Untuk pembaca dan penonton yang tidak tahan akan unsur gore alias sadis di manga maupun anime, tidak disarankan sama sekali untuk membaca manga maupun menonton anime Hellsing.

Goblin Slayer - Hellsing

Sumber: IMDb Amazon

Trailer “Hellsing” : https://www.youtube.com/watch?v=vykgCPi-fho

Berserk

Goblin Slayer - Poster

Sumber: Change.Org

Sama seperti Hellsing dan Goblin Slayer, Berserk juga merupakan manga dan anime ber-genre dark fantasy yang kelam serta suram. Soal ‘gore and violence’ atau kekerasan dan brutalitas sepertinya memang jadi tema jualan dari judul ini. Tidak hanya darah, adegan kekerasan seksual seperti yang terjadi di Goblin Slayer juga ada banyak di manga karangan Kentaro Miura yang terbit mulai 1989 dan masih berjalan hingga kini (walau sering hiatus alias istirahat). Bahkan adegan-adegan di Berserk di-klaim jauh lebih parah ketimbang yang digambarkan di Goblin Slayer sehingga manga Berserk pastinya tidak akan cocok untuk mereka yang tidak tahan dengan kekerasan di Goblin Slayer.

Plot di Berserk berpusat pada pengelana bernama Guts di kisah yang di adaptasi dari situasi asli “Perang Seratus Tahun” Eropa di abad ke-13. Cerita di Berserk juga mengandung unsur supranatural yang diwakili oleh kemunculan makhluk-makhluk neraka yang menyeramkan di sepanjang cerita. Anime Berserk memang sedikit lebih ‘aman’ ketimbang versi manga namun hal itu tidak lantas mengurangi unsur kesadisan yang menjadi ciri khas Berserk selama ini.

Goblin Slayer - Fire

Sumber: JRock News

Trailer “Berserk” (1997) :

Baca juga: Hunter X Hunter & Berserk: Dua Manga Yang Selalu Hiatus

Terra Formars

Goblin Slayer - Terraformars Poster

Sumber: CrunchyRoll

Tidak suka kecoa? Benci pada serangga bau dan jelek itu? Bayangkan jika kecoa berevolusi menjadi makhluk dengan struktur tubuh seperti manusia namun punya kekuatan fisik yang jauh lebih besar daripada rata-rata manusia. Seram nggak? Itulah konsep di manga yang ditulis naskahnya oleh Yu Sasuga dengan ilustrasi gambar dikerjakan Kenichi Tachibana sejak 2011 lalu. Diceritakan kalau di masa depan manusia Bumi berusaha mengubah planet Mars dengan ‘terraforming’, yaitu memodifikasi tanah dan atmosfer Mars agar dapat dihuni oleh manusia. Caranya? Dengan mengirimkan kecoa yang akan berfungsi menyuburkan tanah dan mengubah kondisi alam Mars agar mirip Bumi. Namun 500 tahun pasca usaha tersebut, situasinya jadi tidak terbayangkan oleh manusia Bumi.

Baik manga maupun anime Terra Formars mengandung unsur kekerasan yang brutal. Adegan seperti ‘dismembering’ alias putusnya anggota tubuh digambarkan secara utuh dan brutal. Bikin ngilu untuk mereka yang tidak terbiasa hal-hal gore seperti itu. Berbagai adegan eksplisit menjadikan Terra Formars sebagai satu dari manga dan anime yang akan membuat orang awam harus menahan diri untuk tidak muntah karena jijik.

Goblin Slayer - Terra Monster

Sumber: ComicBook Movie

Trailer “Terra Formars” :

Elfen Lied

Goblin Slayer - Elfen Lied Poster

Sumber: FanPop

Ini judul memang kelihatan aman dan damai (bahasa Jerman yang berarti “Nyanyian Dari Para Peri”). Tapi begitu melihat episode perdana anime Elfen Lied saja mungkin orang akan merasa perut mual dengan muatan kekerasan dan gore yang begitu pekat. Kisah di Elfen Lied berkisar soal perseteruan antara ras manusia dengan Diclonius, yang memiliki postur seperti manusia namun punya kekuatan ‘extra sensory perception / ESP’ yang disebut dengan ‘Vectors’ ; mirip lengan/pedang tak terlihat yang mampu membelah apapun. Termasuk tubuh manusia.

Elfen Lied adalah manga yang diciptakan oleh mangaka Lynn Okamoto tahun 2002-2005. Manga ini di adaptasi ke anime tahun 2004 dan tidak murni mengikuti jalan cerita dari versi manga. Sehingga fans manga perlu untuk menonton versi anime juga karena perbedaan yang ada cukup penting, seperti misalnya ending cerita. Untuk tingkat kesadisan baik versi manga maupun anime kurang lebih sama parahnya. Jika kamu kuat hati melihat seorang anak perempuan terpancung dan tubuhnya dijadikan perisai dari berondongan tembakan senjata api, coba saja lihat TV anime Elfen Lied yang dibuat oleh Studio Arms; juga populer dengan judul-judul seperti “Ikki Tousen” maupun “Queen’s Blade” yang penuh ‘fanservice’.

Goblin Slayer - Elfen Girls

Sumber: YouTube

Trailer “Elfen Lied” :

Judul-judul di atas boleh dibilang ‘lebih buruk’ dalam penggambaran kekerasan, termasuk kekerasan seksual, jika dibandingkan dengan Goblin Slayer. Tapi bisa jadi mereka yang menganggap Goblin Slayer ‘sadis’ memang tidak tahu dan terbiasa akan anime-anime ‘dark fantasy’ yang sudah banyak dibuat selama ini.

Kamu punya judul ‘dark fantasy’ favorit sendiri? Tuliskan saja.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber : CIAYO Comics

Hati-Hati Dibuat Baper Baca Komik Ini!

Komik yang satu ini bisa bikin kamu Baper, sama seperti judulnya. .. more

Sumber: www.gd05.tistory.com

Berbagai Ajang Penghargaan Musik Korea Selatan di Penghujung Tahun

Berbagai macam penghargaan terutama di bidang musik ada di Korea Selatan. Terutama di penghujung tahun. Gak heran kalau .. more

Sumber: yo-kai.nintendo.com

Yo-Kai Watch : Dunia Arwah Jepang Jadi Unyu Dan Gemesin

Kita tahu kalau setiap kebudayaan punya kepercayaan dan hal-hal mistikal, dan walaupun terkenal sebagai negara super maj.. more

Gal Gadot Menyelamatkan Wonder Woman dari Patty Jenkins

Wonder Woman sudah sepantasnya dibuat sempurna. Saya akan menulis review film Wonder Woman garapan Patty Jenkins sesuai .. more

Sumber: imdb.com

Review: The Lego Batman Movie

Udah pada nonton The Lego Batman Movie belom? Yang penasaran, nih Sultan Beny bakal kasih review nya. Cekidot! .. more