Good Deeds Fans Kpop Lakukan Untuk Idol

9 months ago
Sumber: kpopexpose.com

Ada banyak kegiatan yang fans lakukan biar bisa di-notice oleh idol mereka. Walaupun sering kali muncul berita negatif seperti fanwar antar fandom atau sasaeng fans(stalker), gak semuanya seperti itu kok!

Sekarang ini fans Kpop lebih banyak melakukan kegiatan positif. Selain bisa membantu orang lain yang membutuhkan, bisa membuat sang idol bangga terhadap penggemarnya. Gak hanya penggemar Kpop aja, tapi idol boy/girlband Korea juga beberapa kali sering ketahuan menyumbang dana besar ke sebuah organisasi khusus amal. Beberapa bahkan terjun langsung untuk menjadi volunteer di negara lain loh.

Sumber: beyondhallyu.com

Sumber: beyondhallyu.com

Kegiatan positif yang dilakukan juga gak hanya di Korea aja melainkan di seluruh dunia. Penggemar yang melangsungkan good deeds ini biasanya membuat event atau projek untuk merayakan hari ulang tahun atau hari perayaan debut idol favorite mereka. Kali ini kita akan membahas dulu apa aja kegiatan positif yang meskipun jarang dibahas oleh media (karena sadly, mereka lebih sering bahas bad traits about fans).

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

1. Rice Wreaths

Kegiatan positif satu ini gak pernah ketinggalan saat penyanyi, boy/girlband di Korea menggelar acara konser musik. Penggemar dari idol itu nantinya bersama-sama melakukan project untuk mengumpulkan sejumlah uang untuk membeli beras dalam karung yang besar banget lalu dipajang di depan venue concert.

Karung besar berisi beras yang berisi 350-500kg bahkan lebih itu juga dipasangkan pesan hangat untuk idol seperti “selamat atas konsermu!”,”kami akan selalu mendukungmu”, atau “sukses dan sehat selalu!”. Beras yang dikumpulkan nantinya akan disumbangkan ke orang yang kurang mampu atas nama fandom atau nama sang idola.

Donasi dari fans EXO (twitter.com/baekhyowed)

Donasi dari fans EXO (twitter.com/baekhyowed)

2. Donasi atau amal

Untuk kegiatan amal ruang lingkupnya luaaas banget. Ada fans yang melakukan donasi untuk anak-anak panti asuhan, donasi korban bencana alam, donasi untuk pembangunan gedung sekolah, donasi pembuatan sumber mata air dan tenaga listrik di daerah yang membutuhkan, atau bahkan donasi untuk keberlangsungan hewan yang terancam punah.

Uniknya, donasi yang dilakukan biasanya memiliki keterkaitan dengan idol yang disukai. Misalnya, salah satu fansite master dari GOT7 Mark pernah ‘mengadopsi’ seekor penguin atas nama Mark!

Mark memang sempat membagi kalau dia merasa penguin adalah binatang terimut. Penguin itu nantinya akan dirawat dalam sebuah area konservasi yang dibuat oleh WWF. Ada juga beruang kutub untuk member BTS dari fans mereka. Super cute!

Sumber: www.torontoobserver.ca

Sumber: www.torontoobserver.ca

3. Volunteer

Penggemar menjadi relawan pada kegiatan sosial seperti berpartisipasi secara langsung dalam menanam bibit pohon, donor darah atau membantu korban bencana alam. Kegiatan volunteer ini diikuti oleh banyak penggemar sekaligus ketika hari ulang tahun idola.

Selain untuk merayakan hari kelahiran sang idola, penggemar yang berkumpul jadi lebih akrab satu sama lain. Kegiatan positif seperti ini pastinya akan diakui oleh idol! Terutama karena sekarang-sekarang ini idol atau boy/girlband Korea sedang aktif sekali dalam media sosial seperti Twitter dan Instagram. Jadi idol yang melihat kegiatan amal seperti ini bisa sangat bangga dengan penggemarnya.

Sumber: techinasia.com

Sumber: techinasia.com

Meskipun idol Korea memiliki kepopuleran dan penghasilkan yang luar biasa , mereka juga sering memberikan donasi amal secara rahasia. Biasanya organisasi yang menerima amal dari artis yang akan mempublikasikan kepada media sebagai bentuk rasa terima kasih atas amal yang diberikan. Kedepannya, semoga lebih banyak lagi kegiatan positif yang bisa dilakukan oleh seluruh fans di dunia!

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber: kingdom.wikia.com

Rekomendasi Manga Kolosal Untuk Mengisi Waktu Liburan

5 manga kolosal ini tak hanya menyajikan pertempuran epik dan besar, namun juga potongan sejarah yang penuh dengan wawas.. more

Sumber: Vazurea Studio

Segera Hadir, Visual Novel Produksi Indonesia-Amerika, Our Feelings!

Dengan semakin banyaknya rilisan VN lokal di kancah internasional, membuktikan bahwa skena game indie lokal kita masih d.. more

maghfirare

Adelia Maghfira : Berkarya dengan Tujuan ‘Berkarya’, Bukan untuk Nyari Uang

Bro sis suka baca komik strip di Instagram ? Pastinya udah tau akun Instagram-nya Maghfirare, kan. .. more

Extinction - review

Review Film Extinction – Mencoba Bertahan Dengan Misteri

Extinction, film bergenre thriller dan sci-fi buatan Netflix yang siap menghantui mimpi-mimpimu. .. more

Maggio Phil

Maggio: Cosplayer yang Bangkitkan Sosok Duke Nukem

Bro sis masih ingat sama Duke Nukem? Nah, pas di Indonesia Comic Con 2017, Chika berhasil bertemu dengan cosplayer Duke .. more