Google Play Indonesia Games Contest 2017

12 months ago

Seperti yang sudah diberitakan di artikel sebelumnya bahwa CHIPS: Monster Tap masuk 15 besar finalis Google Play Indonesia Games Contest. Nah… kali ini, kita bakal ngebahas apa aja yang terjadi di event Google Play Indonesia Games Contest pada Rabu, 26 April 2017 yang bertempat di The Warehouse, Plaza Indonesia.

Final acara Indonesia Games Contest menghadirkan top 15 finalis game developer Indonesia. Di event ini, Google juga menyajikan snack gratis loh! Gak hanya snack, berbagai macam minuman, bahkan stand coffee juga tersedia. (Memang khas Google banget yah!)

Snack gratis dari Google (Dokumentasi Natasha Elizabeth)

Tidak hanya snack, pengunjung juga dimanjakan dengan 15 booth dari para finalis yang bisa dimainkan secara langsung. Nah, di situlah pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para developer game dan memberikan vote pada game favorit pilihan masing-masing.

Suasana venue (CIAYO Pictures)

 

Interaksi antara developer dan pengunjung (CIAYO Pictures)

 

Suasana Venue (CIAYO Pictures)

Sebelum 15 finalis mempresentasikan game buatannya, David Yin, selaku Business Development Manager Google Play, memberikan opening speech terlebih dahulu. Beliau memaparkan lima aspek yang akan dinilai dalam ajang perlombaan ini, yaitu localization, innovation, fun, design excellence, dan technical & production quality. Selain kelima aspek tersebut, aspek presentasi juga sangat berpengaruh terhadap penambahan poin.

David Yin, Business Development Manager Google Play (CIAYO Pictures)

Google berharap dengan diadakannya event seperti ini akan menambah semangat para developer Indonesia untuk menunjukkan potensinya, bahkan bersaing dengan para developer global lainnya. Indonesia diharapkan tidak hanya tersedia sebagai market saja, tetapi mampu menjadi developer untuk market itu sendiri. Google juga berkomitmen membantu para developer Indonesia untuk semakin berkembang dan dipandang di kancah lokal maupun mancanegara.

Saat presentasi berlangsung, masing-masing peserta diberikan waktu selama 2 menit dan diberikan tambahan waktu 60 detik untuk memaparkan “Mengapa game ini pantas untuk menjadi pemenang?”. Berikut merupakan urutan presentasi 15 finalis,

  1. Badminton Stars (IPlayAllDay Studio)
  2. Bubur Ayam Rush (Milkish Game Studio)
  3. Bunbu Dance Tour: Idol Clicker (Regulus Studio)
  4. CHIPS: Monster Tap (Dragon Capital Centre, PT.)
  5. Cute Munchies (Niji Games)
  6. Football Saga Fantasista (Agate Games)
  7. Marbel Pemadam Kebakaran (Educa Studio)
  8. Nonstop Show (Wisageni Studio)
  9. Number Rumble: Perang Otak (Game5mobile)
  10. Si Udin: om telolet om (Tebak Gambar)
  11. Tahu Bulat (Own Games)
  12. Telolet Bus Driving 3D (LOCOS)
  13. TTS Lontong (Gambir Game Studio)
  14. Vimala: Defense Warlords (MassHive Media)
  15. Warung Chain: Go Food Express (Touchten)

Dari ke 15 finalis, Warung Chain: Go Food Express berhasil meraih posisi pertama, kemudian diikuti oleh Tahu Bulat dan Vimala: Defense Warlords yang menduduki posisi kedua dan ketiga. Masing-masing pemenang mendapatkan Android TV Set dengan 4K resolution dan pemenang pertama akan di-feature dalam Android Developer Story Video yang diproduksi Google serta dipromosikan di channel Play Developer.

Dari kiri ke kanan: Andika Pradana (Founder MassHive Media), perwakilan game Vimala: Defence Warlords. Eldwin Viriya (game producer Touchten Games), perwakilan game Warung Chain: Go Food Express, Albertus Agung (Founder Own Games), perwakilan Tahu Bulat (CIAYO Pictures)

 

David Yin & pemenang pertama (CIAYO Pictures)

 

“Kita percaya temen-temen sekolah, temen-temen kampus sebenarnya punya passion yang sama untuk membuat game paling bagus. Tapi membuat game itu baru langkah pertama. Kita yakin bahwa di Indonesia, kita gak kalah kok sama negara global. Kita punya talent yang sangat hebat. Tapi masalahnya adalah setelah buat game yang bagus, kita harus tahu cara monetize nya. Itu yang sampe sekarang, even Touchten sekarang masih cari formula yang paling baik. Nah, itu juga yang akan jadi pekerjaan rumah temen-temen developer.” kata pemenang pertama, Eldwin Chain, Game Producer Warung Chain : Go Food Express saat dimintain keterangan mengenai industri game di Indonesia saat ini.
Saat diminta untuk memberikan motivasi pada game developer lainnya, Eldwin mengungkapkan bahwa memotivasi diri sendiri adalah hal terpenting. “Karena kadang orang tua bahkan temen sendiri pun bisa meragukan. ‘Emang lu yakin bisa kerja di industri game?’. Yang penting, quote terakhir yang sampe sekarang gue pegang adalah, ‘where there is a will, there is a hope, there is a way’.” tambahnya.

Para pemenang lomba (CIAYO Pictures)

Perwakilan BEKRAF Muhammad Neil El Himam, mengatakan bahwa sektor aplikasi dan game merupakan salah satu hal yang saat ini giat-giatnya diperhatikan pemerintah. “Dengan adanya Bekraf, salah satu sub sektor yang diampuh adalah aplikasi dan games. Hanya saja memang selama ini kita selalu ketinggalan, selalu jadi pasar. Penduduknya banyak, sekarang mobile sendiri juga banyak, kalau menurut APJII ada 300 juta lebih nomor seluler yang aktif. Kalau smartphone nya ada 100 juta lebih, tapi sebenarnya produknya masih kebanyakan produk luar. Padahal kita punya orang-orang yang dari sisi modal dasarnya cukup ya. Hanya saja mungkin tinggal dipoles, mungkin mereka ngerti masalah teknisnya tapi nggak ngerti masalah bisnisnya. Itu juga harus didorong, diperhatikan supaya mereka bisa berkembang sesuai dengan potensinya. Kata dasarnya adalah pasar yang kita sendiri harus ngisi kalo bisa.”

Muhammad Neil El Himam perwakilan BEKRAF (CIAYO Pictures)

Sesuai dengan kutipan Muhammad Neil El Himam, Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi target market, tetapi juga mampu menjadi kreator. Dengan adanya event-event seperti ini diharapkan dapat memacu semangat para developer Indonesia untuk tumbuh dan bersaing dengan developer global. Pasar sudah tersedia, kreatornya mana nih? Hehe . Semangat para developer Indonesia! Kualitas kita ga kalah kok! CIAYO CIAYO CIAYO!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Para pemenang CIAYO Comics Awards (CIAYO Pictures)

Tantangan dan Harapan Komikus Indonesia

Gak hanya merayakan hari ulang tahun CIAYO yang sudah berumur satu tahun, event CCC atau CIAYO Comics Club juga menjadi .. more

Happy Death Day: Dibunuh dan Terbangun Lagi Berulang-Ulang

Ada film thriller menarik yang wajib ditonton buat kalian yang gak begitu suka dengan film horror. Film yang berjudul .. more

The 90's Festival

Anak 90an Diajak Nostalgia Lagi Bareng The 90’s Festival

Tanggal 25 November 2017 kemarin ternyata ada acara kekinian ala anak 90an! Bro sis anak 90an lagi-lagi diajak nostalgia.. more

Sumber: Jakarta Games Week

Jakarta Games Week 2017: Jawaban Indonesia Untuk Komunitas FGC Dunia

Sebagai bagian dari gamer yang antusias dengan FGC dan game fighting secara general, pasti kalian uda ga asing dengan b.. more