Gosip Panas PlayStation 5: Paling Cepat Muncul Di 2020

3 weeks ago
Sumber: CGMagOnline

Tentu buat banyak gamers di dunia, apalagi di Indonesia, berita atau gosip soal PlayStation 5 terasa bikin gerah.

“Punya PlayStation 4 aja belum, masa ini udah mau keluar lagi PlayStation 5?!”

Kira-kira demikian omelan dari banyak gamers saat beberapa hari belakangan muncul selentingan berita kalau Sony sudah mempersiapkan penerus Playstation mereka selanjutnya; yang hampir pasti akan dinamakan “PlayStation 5 / PS5”.

Kenapa rumor soal PlayStatio 5 ini muncul sekarang?

Salah satu alasannya adalah usia dari PlayStation 4. Sebagai bagian dari console video game generasi ke-8, Sony merilis PlayStation 4 pada bulan November 2013 di Amerika Serikat, Eropa, Amerika Selatan dan Australia. Sementara di Jepang baru dirilis pada bulan February 2014. Jika dihitung secara kasar, PlayStation 4 sudah berumur sekitar 5 tahun. Secara teori, itu adalah ambang batas ideal usia console gaming; baik dalam hal teknologi yang diusung maupun daya tahan mesin; walaupun pada prakteknya usia console bisa mencapai berkali-kali lipat dari predicted lifespan alias ambang usia yang diperkirakan.

Keluarga PlayStation 4. (Sumber: PlayStation.Com)

Keluarga PlayStation 4. (Sumber: PlayStation.Com)

Jadi tak heran jika gosip soal suksesor alias penerus PlayStation 4 mulai berhembus di berbagai media online. Salah satunya berasal dari Kotaku, yang lucunya justru mengonfirmasi kalau tidak akan ada PlayStation 5 dalam waktu dekat. Setidaknya hingga tahun fiskal 2020.

PlayStation 4 muncul setelah PlayStation 3 beredar di pasaran selama sekitar tujuh tahun. Xbox One malah lahir lebih lama lagi setelah rilis Xbox 360: 8 tahun. Sementara teknologi kartu grafis PC Gaming semakin hari semakin melesat meninggalkan console gaming. Dengan permintaan gamers belakangan ini yang semakin memuja keindahan grafis yang bisa ditawarkan oleh PC Gaming membuat console gamers seperti PS dan Xbox menuntut hal yang sama.

Sony dan Microsoft memang merespon permintaan itu dengan merilis PlayStation 4 PRO dan Xbox One X, yang di atas kertas lebih bertenaga dibandingkan dengan PlayStation 4 maupun Xbox One, Tapi tetap saja tidak membendung gosip akan kehadiran suksesor sejati dari kedua brand itu. Bukan sekedar ‘upgrade kecil-kecilan’.

PlayStation 4 PRO & Xbox One X. (Sumber: MyBroadband)

PlayStation 4 PRO & Xbox One X. (Sumber: MyBroadband)

Gosip soal ‘the next Xbox’ belum beredar, namun tidak dengan gosip ‘the next PlayStation’.

Masih menurut Kotaku, mereka mewawancarai lusinan game developers, game designers dan juga studio games dengan satu pertanyaan yang sama. Yaitu “kemungkinan lahirnya the next generation console mengingat usia mereka yang ‘sudah mencapai puncak’ di industri video game saat ini”.

Dari begitu banyak narasumber, ada dua yang mengaku dekat dengan pengambil keputusan di Sony bagian hardware PlayStation. “Di proyek multi-year yang dinamis seperti ini, segala hal tidak dapat diprediksi” terang salah satu dari dua narasumber tadi. “Di satu kondisi, bisa saja mereka menyatakan hal itu sebagai official (mengakui adanya proses kelahiran PlayStation 5). Semua tergantung apakah mereka merasa waktunya cocok atau tidak”.

Jika misalnya tiba-tiba Microsoft mengumumkan lebih dulu soal the next generation of Xbox mereka, bisa jadi Sony terpicu untuk melakukan hal yang sama. Atau sebaliknya.

Sumber tadi memastikan jika Sony memang merencanakan pengganti PlayStation 4, hal itu tidak akan terjadi di tahun ini. Paling mungkin baru akan muncul atau diumumkan di tahun 2020. Alasannya? Tahun ini muncul game AAA+ untuk PlayStation 4 seperti “God of War”. Game ini fenomenal dengan meraih review bagus dimana-mana. Logikanya: dengan kinerja yang sedang top seperti sekarang, buat apa “merusak citra” PlayStation 4 dengan mengumumkan keberadaan PlayStation 5?

Console PS4 Edisi Khusus God of War. (Sumber: Raru.Co.Za)

Console PS4 Edisi Khusus God of War. (Sumber: Raru.Co.Za)

Alasan lain ada rumor PlayStation 5 adalah beredarnya development kit dari Sony yang diduga kuat untuk game di mesin berikutnya. Dev kit ini konon mulai beredar di kalangan 1st party developers alias developer games yang berada di bawah kendali Sony langsung. Dan biasanya jika dev kit baru beredar, otomatis ada mesin baru yang sedang dalam pengerjaan. Dulu dev kit PlayStation 4 (dengan kode nama “Orbis”) muncul sekitar setahun sebelum rilisnya PlayStation 4 di pasaran.

Gambar tidak resmi dev kit PlayStation 4 “Orbis”. (Sumber : Shazoo)

Gambar tidak resmi dev kit PlayStation 4 “Orbis”. (Sumber : Shazoo)

Tapi perlu di ingat juga kalau PlayStation 4 berbasis mirip PC (berbeda dengan tiga console sebelumnya yang lebih proprietary alias khusus). Yang artinya membuat game untuk PlayStation 4 lebih mudah dengan dev kits yang berbasis PC.

Jadi abaikan saja gosip panas soal PlayStation 5 yang (katanya) akan muncul di 2018 atau 2019. Karena kalaupun muncul, console generasi ke-9 itu baru akan muncul di tahun 2020. Sementara ini nikmati saja dulu PlayStation 4. Toh masih banyak game-nya yang keren

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: POPCON Asia

Yuk Kenalan Sama 4 Nominasi Upcoming Game Terbaik Versi Archipelageek 2017

Namun tahukah kamu, kalau ternyata game-game yang lolos di kategori upcoming ini bukan game sembarangan. Dijamin, pastin.. more

(Sumber: Duniaku)

Meme Sebagai Media Advertising Film Indonesia

Masih ingat dengan Meme di Film AADC 2? Atau Dilan 1990? Nah, di film yang satu ini, sadar atau tidak, meme justru dijad.. more

(Sumber gambar: BGR)

Siapa Best Selling Games & Game Consoles di Jepang Tahun 2017 ?

Jepang memang terkenal dengan video gamesnya. Gak meherankan kalau penjualan video games di Jepang sangat tinggi. Teruta.. more

(Sumber gambar: HealthThoroughfare)

Pasca “Skandal Cambridge Analytica”, Facebook Mulai Goyah?

Skandal Facebook baru-baru ini memang bikin heboh. Tapi apa kira-kira pengguna Facebook masih bisa "percaya"?.. more