Gotham VS Metropolis: Apabila Kedua Kota Ini Ada di Dunia Nyata, Kota Manakah yang Lebih Ideal Untuk Ditinggali?

2 months ago
Batman di Gotham & Superman di Metropolis (sumber: Wallpapervortex)

Setiap kali kita menyaksikan film live-action atau animasi Batman atau Superman, diantara kita pasti ada yang kerap berkhayal  untuk menjadi sang superhero. Di saat yang sama, pastinya juga ingin bisa tinggal di salah satu kota mereka, Gotham atau Metropolis.

Seperti yang kita tahu, kedua kota ini merupakan kota fiksi. Namun,  bukan berarti fakta ini lantas menghentikan fantasi liar kita tersebut bukan? Nah, ada halnya, kita bingung sendiri untuk memutuskan. Mau tinggal di Gotham atau Metropolis ya?

Namun, kalau ditelaah lebih jauh lagi, sebenarnya kedua kota ini memiliki tingkat argumentasi serta komparasi yang cukup tinggi. Penasaran? Hati-hati, karena akan membuat kita makin ribet sendiri untuk memutuskannya.

Metropolis & Gotham Banner (Sumber: MightyMega)

Metropolis & Gotham Banner (Sumber: MightyMega)

Melalui pembahasan ini, saya akan mencoba membantu bro sis untuk menentukan pilihan dengan memberikan pembahasan / penjabaran singkat dari masing-masing kotanya. Setelah dibahas, nantinya kita akan membandingkan sekaligus menentukan pilihan akhirnya.

Oke, daripada berlama-lama,  marilah kita mulai dari Metropolis terlebih dahulu.

Metropolis

Metropolis (Sumber: NotAFK)

Metropolis (Sumber: NotAFK)

Terlihat lebih “ceria” dan futuristik ketimbang Gotham. Tempat kerja sekaligus tempat tinggal kedua Clark Kent ini, (Smallville adalah tempat tinggal pertamanya di bumi) nyatanya cukup sering diteror.

Bedanya  dengan Gotham yang terornya kebanyakan berasal dari manusia biasa (baca: perampok, pembunuh, tukang begal, dsb), terror di Metropolis ini sebagian besar berasal dari mahluk-mahluk ekstraterestrial aka alien.

Walau demikian, tidak sedikit juga terdapat terror yang datangnya juga dari manusia biasa. Maxwell Lord dan si botak “ngeselin”, Lex Luthor adalah buktinya. Namun, apabila dibandingkan dengan Gotham, teror yang terjadi di Metropolis ini, agak jarang. Tapi, ketika sang villain bertarung dengan Superman, dapat dipastikan sebagian besar infrastruktur yang ada di Metropolis akan hancur tidak karuan. Mobil rusak dan bangunan gedung runtuh adalah dua contohnya.

Belum lagi, ketika ancaman datang, bisa dibilang hanya Superman lah sosok superhero yang mengatasi semuanya. Memang Steel, Booster Gold dan bahkan sepupu Clark. Kara AKA Supergirl, sesekali mampir untuk membantu. Tapi ya tetap saja, Superman lah yang paling banyak kerja keras.

Gotham

Gotham City-Batman V Superman: Dawn of Justice (sumber: siamedtaro)

Gotham City-Batman V Superman: Dawn of Justice (sumber: siamedtaro)

Mengutip ucapan penulis storyline Batman ikonik, The Dark Knight Returns (1986), “Kalau Metropolis adalah New York di siang hari, maka Gotham adalah New York di malam hari.” Pernyataan tersebut tidak salah sama sekali. Kota Gotham pada esensinya, adalah kebalikan dari Metropolis. Spesifiknya, ancaman / teror kejahatan selalu terjadi di setiap waktunya.

Oleh karena itu, tidak heran apabila penduduk kota Gotham merasa terancam kalau harus pergi sendirian di malam hari. Tapi ironisnya nih bro sis, sudah tahu begitu, mereka masih saja nekad untuk keluar. Aneh banget kan bro sis? *namanya juga film.

Akan tetapi, di balik kesuraman tersebut, Gotham adalah kota yang memiliki distrik bisnis dan perdagangan yang jauh lebih maju daripada Metropolis. Hal ini tentunya terbukti dengan banyak berdirinya gedung-gedung perusahaan (termasuk tentunya Wayne Enterprise milik Bruce Wayne), yang mendominasi sebagian besar isi kota.

Bat-Family (Sumber: hdwall.us)

Bat-Family (Sumber: hdwall.us)

Tidak seperti Metropolis yang hanya mengandalkan Superman atau Supergirl. Dengan statusnya sebagai kota kriminal, maka Gotham pun memiliki banyak pahlawan yang siap membantu. Beberapa diantaranya adalah Bat Family (Batgirl, Robin, Nightwing, Batwoman, Red Hood), Zatana dan beberapa superhero DC ikonik lainnya pun pernah membantu Batman dalam memberantas orang-orang jahat di kota Gotham.

Oh ya hampir lupa, ada Court of Owl juga alias organisasi pengawas kota Gotham (ya seperti Illuminati kalau di real-life).

Selain itu, kalaupun terjadi pertarungan super hebat antara Batman dengan salah satu musuhnya, sangat jarang peratrungannya sampai menghancurkan sebagaian besar infrastruktur bangunan atau benda-benda mahal yang ada di sekitarnya (baca: kendaraan).

Gotham juga terdapat berbagai macam hiburan malam menarik seperti salah satu contohnya adalah akrobat sirkus yang keren habis. Hmm, pantas saja 8 juta penduduk Gotham masih betah saja tinggal di kota suram ini.

Gotham City: The Dark Knight Trilogy (sumber: YouTube)

Gotham City: The Dark Knight Trilogy (sumber: YouTube)

Nah setelah membahas panjang lebar, mari kita bandingkan bro sis. Oke, Metropolis memang jauh lebih aman dan terlihat jauh lebih “ceria” ketimbang Gotham. Tapi, Metropolis tidak memiliki banyak back-up superhero seperti Gotham. Belum lagi, villain-villain yang ada adalah alien.

Ditambah, jika ada pertarungan besar, dijamin hampir sebagian besar kota akan hancur yang mana tentunya hal ini sangatlah membahayakan nyawa kita.

Sedangkan kalau di Gotham, tingkat kriminalitasnya jauh lebih “gila.” Tapi setidaknya di kota ini, banyak “guardian angels” yang siap menolong alias tidak harus selalu Batman. Selain itu, kalau pun kita terluka oleh salah satu villain, penanganannya akan jauh lebih cepat dan lebih variatif. Belum lagi, pemandangan malamnya sangatlah sedap dipandang mata.

Maka ya bro sis, berdasarkan  perbandingan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa, terlepas Metropolis terlihat jauh lebih aman, tapi Gotham, jauh lebih layak untuk ditempati sebagai tempat tinggal. Memang sekali lagi, tinggal di kota ini sangat riskan. Tapi lebih baik kita disakiti oleh penjahat bukan ketimbang rumah atau satu kota kita hancur? Well, sekali lagi ini kesimpulan dari pembahasan ini.

Kalau misalkan bro sis lebih kepingin tinggal di Metropolis, tentunya hal tersebut sah-sah saja. Nah, jadi bro sis pilih yang mana nih?

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

sumber: www.tripwiremagazine.co.uk

Film Unsane, Ketika Film Psychology Thriller Dibuat Menggunakan Kamera iPhone7 Plus

Gimana jadinya kalau handphone digunakan untuk membuat sebuah film? Mungkin Unsane bisa menjadi jawabannya... more

Sumber: Comic Book

Antologi Anime Horor Junji Ito Tayang Januari 2018, Bakal Membuatmu Merinding Ketakutan!

Di tahun 2018 nanti, sebentar lagi bakalan ada anime terbaru dari Junji Ito loh bro sis... more

Finalis Kontes Game Google, CHIPS: Monster Tap Masuk 15 Besar

Game perdana CIAYO Games, CHIPS: Monster Tap, dinominasikan sebagai finalis 15 Game Terbaik di Indonesia lho!.. more

Dilan 1990

Film Ini Ngalahin Star Wars di Trending Topic

Indonesia kemarin sempat dikagetkan dengan trending topic Twitter yang ada. Ternyata hal ini disebabkan oleh film Dilan .. more

(sumber: beobachter.ch)

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Video Game Nyatanya Memiliki Manfaat yang Menyehatkan, Loh!

Suka main game? Ternyata hobi yang satu itu juga punya manfaat yang bagus, loh. .. more