Grand Blue: Anime Penyelam Dengan Semangat Anak Muda

2 weeks ago
00-grand-blue-review

Keseharian remaja yang beranjak dewasa dan mencari jatidiri tidak melulu dimulai ketika SMA. Ada pula yang baru menemukan keinginannya sewaktu menyentuh bangku kuliah. Kehidupan kampus yang berbeda membuat keseharian mahasiswa menjadi lebih beragam. Apalagi jika mengikuti suatu komunitas di kampus, tentunya kegiatannya menjadi lebih padat dan harus lebih pintar mengatur waktu. Namun, bagaimana jika komunitas yang diikuti bukan yang biasa saja seperti sepakbola, basket, ataupun literatur?

Grand Blue berkisah tentang kehidupan seorang mahasiswa baru bernama Iori Kitahara yang akan berkuliah di Universitas Izu, yang berada dekat laut dan disinari matahari terik. Ketika dia pertama kali datang untuk tinggal bersama pamannya di Grand Blue—toko scuba diving milik pamannya, dia membayangkan kehidupan kampus yang penuh dengan gadis-gadis cantik dan teman-teman yang baik.

Poster promosi Grand Blue (Sumber: Myanimelist)

Poster promosi Grand Blue (Sumber: Myanimelist)

Namun, tidak semudah itu, Ferguso. Pertama kalinya Iori masuk ke dalam toko, dia melihat sekelompok geng pria berotot dan telanjang yang langsung memaksanya untuk ikut pesta alkohol dengan mereka. Meski awalnya tidak mau, tetapi Iori dengan sekejap menyerah dan langsung menjadi pusat perhatian. Sayangnya, tindakannya ini justru membuat dirinya dianggap rendah oleh Chisa Kotegawa, sepupunya yang datang pada waktu yang salah. Walaupun awalnya Iori kaget dan merasa menyesal, tetapi hal itu tidak membuat dirinya mewujudkan kehidupan kampus yang ideal.

Iori yang tersadar dari mabuk semalam (Sumber: Youtube)

Iori yang tersadar dari mabuk semalam (Sumber: Youtube)

Hari pertama dilalui dengan kacau lantaran di malam sebelumnya dia mabuk dan pagi harinya terbangun di halaman kampus hanya dengan mengenakan celana pendek.  Dia pun dianggap aneh oleh mahasiswa seangkatannya dan dijauhi oleh hampir semua orang kecuali Kouhei Imamura, wibu yang tak sungkan menunjukkan kecintaannya kepada karakter 2 dimensi.

Iori seringkali berkelahi dengan Kouhei (Sumber: Youtube)

Iori seringkali berkelahi dengan Kouhei (Sumber: Youtube)

Lewat serangkaian kejadian yang kocak, Iori berhasil menjebak Kouhei untuk masuk ke dalam komunitas penyelam yang diisi oleh kakak kelas yang biasa pesta di toko pamannya. Sialnya, Iori pun terjebak pula untuk masuk ke sana. Mereka berdua pun terpaksa menjalani latihan agar bisa menjadi penyelam profesional dan mendapat lisensi untuk menyelam. Meski awalnya enggan, Iori perlahan jatuh cinta pada dunia bawah laut.

Pemandangan bawah laut menakjubkan disajikan di Grand Blue (Sumber: Myanimelist)

Pemandangan bawah laut menakjubkan disajikan di Grand Blue (Sumber: Myanimelist)

Apa yang ada di benak kalian tentang komunitas penyelam? Badan kekar, kulit merah lantaran terjemur sinar matahari, hingga pakaian renang yang menempel erat dengan tubuh. Bukan hanya itu, di anime dengan jumlah 12 episode ini memperlihatkan pria kekar yang seringkali nyaris tidak mengenakan apapun sehingga berpotensi merusak mata penonton anime pria. Meskipun demikian, ada pula karakter wanita bernama Azusa Hamaoka yang bisa menjadi penyejuk mata kaum adam.

Baca Juga: 10 Anime Summer 2018 Yang Harus Kamu Tonton!

Iori yang selalu dipaksa minum oleh kakak kelasnya (Sumber: Anime Planet)

Iori yang selalu dipaksa minum oleh kakak kelasnya (Sumber: Anime Planet)

Dari segi cerita, keunikannya terletak di pengambilan tema penyelam yang masih sangat jarang. Karena terfokus pada penyelam itulah kehidupan kampus tidak terlalu diceritakan dalam anime diangkat dari manga yang ditulis oleh Kenji Inoue ini. Unsur komedi yang ada di sepanjang cerita menjadi nilai tambah Grand Blue yang ditayangkan pada musim panas 2018 lalu.

Iori kencan di akuarium (Sumber: Grand Blue Wiki)

Iori kencan di akuarium (Sumber: Grand Blue Wiki)

Segi visualnya pun tak kalah menarik. Suasana pantai digambarkan dengan warna cerah dan mencolok. Tetapi karakternya pun tidak kalah menarik dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Iori menjadi karakter utama karena memiliki tujuan yang pasti dan dianggap paling normal di antara karakter pria yang lain. Kouhei selalu mengenakan kaos bergambar karakter 2 dimensi. Kedua kakak kelas digambarkan sebagai pria berotot yang tidak suka mengenakan baju.

Sementara karakter wanita yang paling menonjol justru Azusa, yang selalu berpenampilan seksi dan berperan sebagai penggoda, dibandingkan dengan Chisa yang seperti wanita normal ataupun Nanaka, saudara perempuannya yang sudah terbiasa menghadapi tingkah laku aneh anggota komunitas penyelam. Unsur ecchi pun sangat menonjol dan cukup berimbang antara pria berotot dan wanita seksi.

Chisa, sepupu Iori yang sangat menyukai laut dalam (Sumber: Youtube)

Chisa, sepupu Iori yang sangat menyukai laut dalam (Sumber: Youtube)

Deretan pengisi suara diisi oleh nama-nama yang tidak terlalu familiar seperti Chika Anzai, Yuuma Uchida, dan Ryouhei Kimura. Hanya Maaya Uchida yang cukup familiar di telinga para penggemar seiyuu lantaran beberapa kali mengisi suara karakter utama dari anime-anime seperti Ao Haru Ride, Rail Wars, dan juga Highschool DxD.

Untuk lagu pembuka, band reggae Jepang bernama Shounan no Kaze menyanyikan lagu yang berjudul Grand Blue, sementara lagu penutup diisi oleh beberapa lagu. Konpeki no Alfine dinyanyikan secara karaoke oleh para pengisi suara pria, sementara di episode 11 Nana Mizuki menyanyikan lagu berjudul sama.

Ingin melihat keindahan bawah laut? Tontonlah Grand Blue (Sumber: Youtube)

Ingin melihat keindahan bawah laut? Tontonlah Grand Blue (Sumber: Youtube)

Jadi, kalau kalian hendak menyaksikan kehidupan seorang penyelam pemula dengan humor yang terjalin di sepanjang episode tetapi tidak kehilangan inti cerita, Grand Blue sangat direkomendasikan untuk ditonton, baik secara maraton ataupun per-episode. Tapi ingat, lantaran banyak adegan ecchi dan juga mabuk-mabukan, harus cukup umur kalau mau menontonnya ya. Jangan lupa tuliskan pesan dan kesan kalian di sini jika sudah menontonnya.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Mas Is, Teh Alti, dan Kang Ario di event Anime Matsuri (CIAYO Pictures)

Bagaimana Perkembangan Industri Komik Indonesia di Tahun 2018? Yuk, Simak Pendapat Para Kreator!

Perkembangan industri komik di Indonesia terus berkembang tiap tahunnya. Bagaimana perkembangan indutri komik Indonesia .. more

Sailor Moon Café Kembali Di Tahun 2017

Bishojo Senshi Sera Mun, 美少女戦士セーラームーン, atau dalam versi internasionalnya dulu lebih dikenal deng.. more

DC vs Marvel

[SPOILER ALERT] After Credit Title DC dan Marvel, Mana yang Paling Kamu Suka?

Bro sis udah nonton Justice League? Walaupun kisahnya gak serumit film Marvel, tapi posisi karya DC Comics ini tidak mud.. more