Guest Star Ennichisai 2019: Ada Grup Taiko Sampai Financial Cosplayer!

9 months ago
guest star ennichisai 2019

Ennichisai 2019 tinggal menghitung hari lagi. Acara festival Jepang yang diadakan tanggal 22-23 Juni 2019 ini kembali hadir untuk kesepuluh kalinya. Mengusung tema Unity, Ennichisai 2019 ingin menunjukkan seberapa kuatnya hubungan antara Indonesia dan Jepang ewat sebuah festival kebudayaan pop dan tradisional.

Selain bisa merasakan suasana natsumatsuri ala Jepang, Ennichisai 2019 juga bakal menghadirkan berbagai jenis hiburan yang terbagi dalam tiga panggung berbeda: Main Stage, Pop Culture Stage, dan Chika Stage. Banyak sekali bintang tamu didatangkan untuk memeriahkan acara Ennichisai 2019. Siapa saja para guest star Ennichisai 2019?

Baca Juga: Tanggal Ennichisai 2019 Dipastikan 22-23 Juni

Guest Star Ennichisai 2019

Taiko Benten

Taiko Benten. Sumber: Instagram
Taiko Benten. Sumber: Instagram

Benten adalah grup taiko yang dibentuk pad atahun 2016 dan debut di tahun 2017. Grup ini dibentuk oleh pemain taiko profesional serta pendiri Mirai Taiko Dojo, Masataka Kobayashi. Hal yang membuat Benten unik adalah grup ini menonjolkan hubungan harmonis antara anggota Jepang dan Indonesianya. Hal ini bisa kamu amati jika mendengarkan dan menyaksikan penampilan mereka.

Teater Enjuku

Teater Enjuku. Sumber: Facebook
Teater Enjuku. Sumber: Facebook

Enjuku adalah kelompok teater musikal berbahasa Jepang yang sudah senantiasa menjadi bintang tamu Ennichisai setiap tahunnya. Tahun ini, Enjuku yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswi yang punya minat dalam kebudayaan Jepang akan membawakan sebuah drama original yang fokus kepada budaya tradisional. Salah satu kebudayaan yang jadi fokus utama dalam drama ini adalah kagura, pertunjukan tari yang diiringi taiko, suling, dan alat musik lainnya sebagai bentuk persembahan pada dewa.

Hiroaki Kato

Hiroaki Kato. Sumber: Kincir
Hiroaki Kato. Sumber: Kincir

Wah, siapa sih yang nggak kenal Hiroaki Kato? Ia populer karena mengalih bahasakan berbagai lagu pop Indonesia menjadi bahasa Jepang. Contohnya ada Kutsu (Sepatu) dari Tulus, Kokoro wa Sugu Soba Ni (Dekat di Hati) milik RAN, hingga yang terbaru adalah Moshimo Mata Itsuka (Mungkin Nanti) yang dibawakan Ariel NOAH secara akustik. Meski lebih populer di bagian itu, Hiroaki juga merupakan artis multi talenta yang pandai bernyanyi, bermain musik, hingga membawakan acara TV.

Jakarta Koto Club

Jakarta Koto Club. Sumber: Youtube
Jakarta Koto Club. Sumber: Youtube

Jakarta Koto Club akan membawakan permainan koto, yaitu alat musik mirip kecapi yang masuk ke Jepang pada abad ke-7. Jakarta Koto Club sendiri berdiri pada tahun 2009 di Jakarta dan telah tampil dalam beberapa acara Jejepangan seperti GJUI, APEC World Ethnic Music Festival in Bali, hingga tampil di asrama atlit Asian Games 2018.

Jakarta Keion Club

Jakarta Keion Club. Sumber: Facebook
Jakarta Keion Club. Sumber: Facebook

Mendengar kata keion (light music) pasti teringat dengan anime K-ON, kan? Nah, Jakarta Keion Club merupakan sebuah komunitas musik yang membentuk band, dan terdiri dari orang-orang Jepang yang bekerja dan tinggal di Indonesia. Di Ennichisai 2019, mereka akan tampil membawakan berbagai lagu Jepang populer.

ayuayu

ayuayu. Sumber: Ennichisai
ayuayu. Sumber: Ennichisai

Buat kamu yang suka main Bigo Live pasti kenal dengan ayuayu yang katanya merupakan live streamer Bigo nomor satu di Jepang. Awalnya ia mengupload berbagai video dancenya sejak tahun 2012, kemudian ayuayu tampil secara rutin di acara Nico Nico Douga seperti Nico Nico Dance Master dan Nico Nico Chokaigi. ayuayu kemudian mencoba go international dengan berpartisipasi di TFC Beijing 2016 dan Idol Fever Live Shanghai 2017. ayuayu sendiri termotivasi untuk menyebarkan kebudayaan pop Jepang seperti anime, cosplay, dan dance, ke masyarakat internasional.

Saaya x Akiho

Saaya x Akiho. Sumber: Ennichisai
Saaya x Akiho. Sumber: Ennichisai

Saaya x Akiho adalah duo unit yang terdiri dari kakak beradik Saaya dan Akiho. Masing-masing memiliki keahliannya sendiri. Saaya saat ini melebarkan sayapnya sebagai penyanyi, model, dan bintag iklan. Sementara itu Akiho merupakan songwriter yang telah malang melintang di berbagai live house Jepang sebagai one-man band. Tahun lalu mereka hadir di Ennichisai 2018 dan kini mereka kembali lagi menjadi guest star Ennichisai 2019.

Ola Aphrodite

Ola Aphorodite. Sumber: Pinterest
Ola Aphorodite. Sumber: Pinterest

Cosplayer dan ex-grup Shoujo Complex Ola Aphrodite baru saja merilis single perdananya, Baka Oniichan. Ola akan mendebutkan singlenya tersebut di Ennichisai 2019 day 1, sekaligus menjadi kick off tur Asia-nya di 5 negara.

CoLoN:

CoLoN:. Sumber: Facebook
CoLoN:. Sumber: Facebook

Untuk kedua kalinya, grup idol CoLoN: hadir sebagai guest star Ennichisai 2019. Mereka akan tampil selama dua hari di pop culture stage sekaligus menyapa para fans di booth mereka.

COSURA

COSURA. Sumber: Picdeer
COSURA. Sumber: Picdeer

COSURA merupakan tim cosplay asal Surabaya. Sebagai salah satu komunitas cosplay tertua di Surabaya mencapai 12 tahun lamanya, COSURA tidak hanya mempopulerkan kebudayaan cosplay namun juga menyelipkan semangat dan kearifan lokal dalam setiap penampilannya. Sebagai guest star Ennichisai 2019 mereka akan membawakan penampilan Dynasty Warriors 8 dalam Battle of Chibi.

Hikari Green

Hikari Green. Sumber: Facebook
Hikari Green. Sumber: Facebook

Hikari Green merupakan seorang cosplayer asal Jepang yang punya julukan “financial cosplayer.” Kok bisa? Hikari Green tidak hanya dikenal sebagai veteran dengan pengalaman cosplay 17 tahun, namun ia juga memiliki latar belakang pendidikan ekonomi dan punya 10 tahun pengalaman di bidang finansial. Cosplayer dengan nama asli Atsuko Sakai ini pernah bekerja sebagai ahli ekonomi dan investor institusional di Mitsui Sumitomo Bank, dan kini menjadi seorang kolumnis resmi Forbes Japan.

Tae Yeon

Tae Yeon. Sumber: Facebook
Tae Yeon. Sumber: Facebook

Wah, Tae Yeon SNSD hobi cosplay juga? Eits, ternyata Tae Yeon yang suka cosplay berbeda dengan Tae Yeon SNSD. Tae Yeon adalah salah satu cosplayer top dari Korea Selatan yang merupakan kontestan World Cosplay Summit 2012. Kini ia menjadi salah satu official staff untuk WCS.


Siapa guest star Ennichisai 2019 favorit kamu yang kamu tunggu kehadirannya? Stay tune terus di CIAYO Blog untuk berbagai update seputar Ennichisai 2019!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Pemimpin pasar toko game digital dunia. Sumber gambar: dualshockers.com

Steam Dalam Ancaman Blokir Pemerintah: Akankah Lord GabeN Bertindak?

Selama ini game-game yang dijual oleh toko digital Steam tidak memiliki tanda rating dari IGRS dan hanya menggunakan tan.. more

00-d-ciayo-class

Ini Semua Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang CIAYO Class!

Ngomik bareng komikus official, diajari editor pro, dan dibayar? Di CIAYO Class, author komik bisa belajar dan berkarya .. more

00-d-bandung-hallowland-talkshow

Komik Lieur Ungkap Style Kumaha Urang-nya di Bandung Hallowland

Author Komik Lieur, GHOSTY's Comic, Risa Comics dan Infernum buka-buka style kumaha urang mereka di talkshow Bandung Hal.. more

Canti Clarinta. Sumber: Canti Clarinta

Canti Clarita, Illustrator Fan art Kpop Dengan Kearifan Budaya Lokal

Pernah melihat fan art buatan fans kpop? Mungkin kamu sudah biasa. Nah, gimana kalau melihat fan art kpop dengan kearifa.. more

Game-Game Besar Nintendo Switch Untuk Musim Liburan 2017

Nintendo sebagai salah satu dari tiga nama besar penguasa bisnis video game dunia tentu juga sudah bersiap-siap menyambu.. more