Gundam NT: Gundam Angkat Isu Transhumanisme

1 month ago
gundam nt

Jika bicara soal Gundam, tentu banyak fans bisa menamai berbagai seri favorit mereka. Entah itu seri Gundam Wing, SEED, 00, Iron Blooded Orphans, Build Fighters, dan masih banyak lagi. Namun bagi para fans berat Gundam, seri Gundam original dari dunia Universal Century menjadi sebuah tontonan wajib.

Bagaikan Star Wars, Universal Century mencakup banyak sekali serial anime, manga, hingga film. Dimulai dari seri Gundam orisinal di tahun 1979, serial Gundam dari dunia Universal Century terus diproduksi hingga hari ini, berbarengan dengan serial Gundam dari dunia alternatif lain. Di tahun 2019 ini pun, fans bisa menyaksikan cerita terbaru dari dunia ini lewat film Gundam NT.

NT dari Gundam NT adalah singkatan dari Narrative. Sumber: Ungeek
NT dari Gundam NT adalah singkatan dari Narrative. Sumber: Ungeek

Gundam NT (Narrative) merupakan kelanjutan dari kisah Gundam di dunia Universal Century, hanya berselang beberapa tahun setelah akhir dari serial film Gundam Unicorn. Gundam NT sendiri merupakan adaptasi dari salah satu cerita novel Gundam Unicorn, yaitu Phenex Hunting. Setelah diungkapnya isi dari Laplace Box, yaitu piagam Universal Century yang asli, ternyata dunia tak begitu berubah banyak. Peperangan masih terjadi, dan kemunculan Gundam Unicorn Phenex yang mengamuk membuat situasi menjadi rumit.

Pihak EFSF dan Republik Zeon mengadakan operasi gabungan untuk menangkap Phenex. Namun, masing-masing pihak punya tujuan tersendiri. EFSF yang berniat untuk menangkap dan menyegel Gundam Unicorn terakhir ini ditunggangi oleh perusahaan Luio & Co. dimana Michelle Luio dan pilot Jona Basta mengincar Phenex untuk mencari teman lama mereka, Rita Bernal, yang menghilang. Sementara itu Zoltan Akkanen, berambisi untuk mendapatkan Phenex dan menciptakan perang baru.

Baca Juga: Gundam Live Action: Bisakah Memuaskan Fans?

Jona Basta, salah satu karakter utama Gundam NT. Sumber: 123Movies
Jona Basta, salah satu karakter utama Gundam NT. Sumber: 123Movies

Sebagai peringatan, menonton Gundam NT tidak disarankan bagi fans baru ataupun fans yang tidak akrab dengan setting Universal Century. Film ini bakal banyak menyinggung plot dari serial lama seperti Z Gundam, Char’s Counter Attack, dan tentu saja Gundam Unicorn. Dan bagi kamu yang sudah khatam berbagai serial Gundam, menonton Gundam NT akan memberi sebuah insight baru.

Serial Gundam biasanya identik dengan aksi mecha dan juga intrik politik, sehingga membuat Gundam menjadi serial real robot yang menampilkan aspek saisn fiksi dalam pendekatan realisme. Namun satu elemen penting dalam Gundam yang tak boleh dilewatkan adalah unsur fiksi yang disebut dengan Newtype. Newtype adalah konsep evolusi manusia setelah terekspos kehidupan di luar angkasa, yang memungkinkan mereka memiliki kemampuan psikis dan mental yang lebih superior dari manusia biasa. Gundam NT mengeksplor ide Newtype ini lebih jauh.

Perkembangan dan chemistry antara Jona, Rita, dan Michelle jadi fokus utama film ini. Sumber: Mecha Catalogue
Perkembangan dan chemistry antara Jona, Rita, dan Michelle jadi fokus utama film ini. Sumber: Mecha Catalogue

Dalam berbagai seri Gundam, kekuatan Newtype biasa digunakan sebagai alat untuk menggerakkan plot. Kekuatan Newtype digunakan untuk memberikan keunggulan bagi karakter utama maupun antagonis, untuk menyelesaikan sebuah konflik. Namun dalam Gundam NT, konsep Newtype ini dijelajah dengan lebih mendalam dan menyinggung isu transhumanisme serta rasisme. Apakah Newtype berbeda dengan manusia pada umumnya? Apa yang ingin dicapai oleh Newtype untuk memajukan harkat martabat umat manusia?

Hal ini yang coba disampaikan oleh Gundam NT melalui tiga tokoh utama kita. Kita diperlihatkan kehidupan Jona, Michelle, serta Rita sebagai seorang Newtype dari usia muda. Kita melihat bagaimana mereka dimanfaatkan oleh banyak orang demi kekuatan Newtype mereka, dimana hal tersebut ternyata berdampak pada persahabatan ketiganya. Unsur drama jadi hal yang tidak terpisahkan jika berhubungan dengan tiga sekawan yang biasa disebut “anak ajaib.”

Gundam NT sajikna aksi dan set pieces menegangkan. Sumber: Animeflasho
Gundam NT sajikan aksi dan set pieces menegangkan. Sumber: Animeflasho

Meskipun kelihatan cukup melankolis dan thoughtful dari segi cerita, Gundam NT tetaplah sebuah film aksi mecha yang menghibur. Justru dengan fokus pada aspek Newtype, ada banyak momen-momen menegangkan yang bisa bikin mulut menganga saking takjubnya. Apalagi didukung oleh musik gubahan komposer anime Hiroyuki Sawano yang teruji lewat musik-musik sinematiknya yang bisa melipat gandakan perasaan penonton.

Jika kamu ingin menonton Gundam NT tapi kamu takut nggak bisa menikmati seluruh ceritanya, masih ada waktu untuk maraton serial Universal Century sebelum pergi ke bioskop. Secara cerita, film ini mungkin tidak begitu kuat, namun jika ditambah dengan konteks pendukung yaitu dunia Universal Century secara keseluruhan, maka Gundam NT akan memberikan sebuah pengalaman yang baru dan cukup segar.

Kamu bisa melihat trailer Gundam NT di bawah ini, atau kamu bisa menonton 23 menit pertamanya di Youtube resmi Gundam Info.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

(from : creativedisc.com)

Menyambut Hadirnya Event Pop Culture Terbesar “Indonesia Comic Con 2017”

Guys, jika kalian penggemar budaya populer seperti komik, game dan berbagai film serta serial ala western, udah pasti ka.. more

00-d-searching

Review Film Searching – Apakah Internet Telah Menghubungkan Kita Dengan Benar?

Searching bercerita tentang seorang ayah bernama David Kim yang mencari tahu keberadaan anaknya, Margot setelah sang ana.. more

Battlefield 1: In The Name Of Tsar (Sumber: IGN)

E3: Update Tiga Game EA di E3 2017

Hi bro sis, dateng lagi nih kabar terbaru dari E3 2017. Kali ini update-nya khusus dateng dari EA. Dalam konferensi pers.. more

thumb-keberagamanhollywood

Kampanye Keberagaman Hollywood yang Semakin Rancu

Keberagaman bukan lagi hal aneh di dunia ini. Tapi bagaimana kalau justru salah satu publisher komik Amerika terkenal DC.. more

Hasil Studi Banding Saya Ke Jepang: Tamparan Keras Bagi Indonesia

Beberapa waktu lalu, saya pergi ke Jepang untuk melihat Sakura. Namun saya belajar banyak hal... more