Hanya 999.000! Xiaomi Redmi 5A, Apakah Benar Memang Terbaik di Kelasnya?

12 months ago
Xiaomi Redmi 5A. Sumber gambar: mi.com

Di peta persaingan smartphone Indonesia saat ini, nama Xiaomi termasuk salah satu yang paling agresif menggempur pasar dengan deretan produk mereka. Penetrasi mereka sangat intens di segment entry-level dan mid-level smartphone. Dengan mantra “produk harga miring tapi kualitas bersaing” Xiaomi menggangu brand-brand yang sudah lebih dulu mapan seperti dari Korea (Samsung, LG), Amerika (Apple), dan bahkan yang berasal dari negara asal mereka sendiri Tiongkok (Oppo, Huawei).

Penantang serius merk yang sudah mapan. Sumber gambar: youtube.com

Penantang serius merk yang sudah mapan. Sumber gambar: youtube.com

Dan sejauh ini metode dan usaha pihak Xiaomi boleh dibilang cukup efektif, dengan massive branding mereka yang intens serta kepatuhan pada aturan pemerintah soal TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Walau belum ada laporan angka yang pasti namun mungkin hanya soal waktu untuk Xiaomi menggeser Oppo di penguasaan marketshare smartphone. Hingga akhir 2016 menurut survey dan data dari firma riset IDC merk Oppo masih menempati urutan kedua pabrikan smartphone terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 16.7%.

Si #2 penguasa pasar Indonesia. Sumber gambar: phoneworld.com.pk

Si #2 penguasa pasar Indonesia. Sumber gambar: phoneworld.com.pk

Beberapa waktu yang lalu (tepatnya tanggal 20 Desember 2017) Xiaomi meluncurkan smartphone terbaru mereka untuk pasar Indonesia di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Istimewanya lagi, launching ini dilakukan sendiri oleh CEO alias Chief Executive Officer Xiaomi, Lei Jun.

Boss Xiaomi, Lei Jun. Sumber gambar: kumparan.com

Boss Xiaomi, Lei Jun. Sumber gambar: kumparan.com

Produk yang diberi nama “Redmi 5A” ini langsung menyita perhatian publik karena pihak Xiaomi memberikan label harga yang terlihat sangat menarik sekali, yaitu Rp. 999.000,- saja.

999 ribu. Harga yang sangat menarik. Sumber gambar: sindonews.com

999 ribu. Harga yang sangat menarik. Sumber gambar: sindonews.com

Dari label harga sudah terlihat kalau smartphone ini dimasukkan dalam kategori entry level atau pemakai smartphone pemula yang baru migrasi dari basic phone. Atau bisa juga untuk pemakai smartphone yang butuh telepon kedua/substitusi harga terjangkau.

Smartphone kelas entry level biasanya memiliki kemampuan terbatas dengan desain yang ‘ala kadarnya’ saja. Apakah Xiaomi Redmi 5A memiliki hal yang demikian?

Entry level dengan rasa mewah? Sumber gambar: tekno.kompas.com

Entry level dengan rasa mewah? Sumber gambar: tekno.kompas.com

Ternyata tidak juga, bro sis. Spesifikasi yang diusung Redmi A5 terlihat tidak ala kadarnya.

Sebut saja bagian ‘otak’ alias prosesor di smartphone ini. Prosesor yang digunakan adalah dari Qualcomm Snapdragon 425. Ini merupakan prosesor yang masih lumayan ‘baru’ karena diperkenalkan ke publik tanggal 11 February 2016. Smartphone lain yang menggunakan prosesor ini antara lain Samsung Galaxy J3 atau Motorola E4; dan harga keduanya jelas tidak Rp. 999.000,- seperti Redmi 5A ini. Dengan kekuatan CPU Quad Core 1.4 GHz dan GPU Adreno 308, bermain game di Redmi 5A akan lancar jaya, bro sis.

Prosesor smartphone ini sama dengan Redmi 5A. Sumber gambar: gadgets.ndtv.com

Prosesor smartphone ini sama dengan Redmi 5A. Sumber gambar: gadgets.ndtv.com

Sementara di bagian RAM/Memory, Redmi 5A juga tampil pede dengan ukuran 2GB. Ukuran segini sudah pas untuk kegiatan sehari-hari dari sebuah smartphone seperti membuka web browser, menggunakan media sosial, foto-foto kamera maupun mendengarkan musik atau menonton film/streaming internet.

Gimana dengan Storage alias daya tampung data? Di bagian ini juga Redmi A5 memiliki ukuran yang enggak malu-maluin, yaitu 16GB. Walaupun ukuran yang dapat digunakan pemakai nantinya tidak murni sebesar itu (karena harus berbagi tempat dengan sistem operasi Android) tapi jatuhnya juga masih cukup lumayan untuk sekedar menyimpan hasil foto dari kameranya.

Nah… kamera. Gimana dengan kameranya? Apakah keren? Well, dengan kamera berukuran 13 MegaPixel dan teknologi ‘Phase Detection Autofocus’ menjanjikan hasil foto yang keren dari Redmi 5A ini. Dilengkapi lampu flash LED, kamera Redmi 5A juga di-klaim akan mampu merekam video Full HD alias 1080p dengan kecepatan 30fps. Terdengar menjanjikan yah, bro sis?

Hasil fotonya menjanjikan. Sumber gambar: twitter.com/xiaomiindonesia

Hasil fotonya menjanjikan. Sumber gambar: twitter.com/xiaomiindonesia

Semua fitur tadi tidak akan nyaman jika tidak ditunjang faktor seperti baterai, layar maupun sistem operasi yang oke. Dan di bagian ini Redmi 5A kembali menunjukkan taringnya. Baterai yang diusung Xiaomi Redmi 5A berukuran 3080mAh. Seharusnya cukup untuk aktifitas seharian bro sis di luar. Sementara ukuran layar juga cukup lega dan sesuai standar normal smartphone masa kini, yaitu 5 inchi. Semua pekerjaan dan komponen smartphone ini dikendalikan sistem operasi Android Nougat yang banyak digunakan berbagai smartphone kelas mid dan high entry level, sehingga bisa dipastikan kinerja Redmi 5A ini bakal smooth dan menyenangkan.

Xiaomi Redmi 5A akan mulai tersedia di toko online Indonesia mulai 27 Desember 2017 dengan harga seperti yang dipamerkan pihak Xiaomi saat memperkenalkan smartphone ini, yaitu Rp.999.000,- Buat bro sis yang mau migrasi ke smartphone ataupun butuh smartphone kedua, rasanya Redmi 5A ini memenuhi persyaratan. Gimana menurut bro sis?

Bakal jadi idola baru di pasar smartphone. Sumber gambar: androidauthority.com

Bakal jadi idola baru di pasar smartphone. Sumber gambar: androidauthority.com

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(CIAYO Pictures)

Keseruan Launching Komik Volt X Setan Jalanan di Popcon Asia 2017

Di hari ke-2 Popcon Asia 2017, CIAYO Comics meluncurkan komik digital Volt x Setan Jalanan. Acara ini langsung dihadiri .. more

Sumber: www.allkpop.cpm

Kata Siapa Korea Selatan Cuma Punya Girlband yang Bisa Lipsync? Ada Juga Loh, Soloist yang Bertalenta!

Korea Selatan memang terkenal dengan boyband dan girlband-nya. Tapi di balik itu, Korea Selatan juga punya loh soloist w.. more

The Kasuaris – Episode 2: Keblinger

Ravi nggak sadar apa yang udah terjadi semalem. Kepalanya masih keblinger. Ingatannya tentang hal-hal semalem belum terk.. more

00-d-menjaga-kesehatan

Jadi Komikus Bukan Alasan Untuk Tidak Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh jadi kewajiban semua orang, termasuk author komik dan pelaku industri kreatif lainnya... more

List Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Daftar pemenang One Shot Challenge Vol. 2!.. more