Harry Potter Hogwarts Mystery: Game RPG Harry Potter untuk Smartphone

5 months ago
Sumber gambar: nerdmuch.com

Oleh: @HarryRezqiano

Franchise Harry Potter sudah beredar lama di dunia. IP yang bercerita soal dunia penyihir seru ini diciptakan oleh pengarang novel J.K Rowling yang berkebangsaan Inggris sejak tahun 1997.

Novelis sukses dari Inggris, J.K Rowling (Sumber gambar: thisisinsider.com)

Novelis sukses dari Inggris, J.K Rowling (Sumber gambar: thisisinsider.com)

Harry Potter merupakan serial novel super sukses di dunia yang sudah terjual lebih dari 400 juta buku dan terus bertambah. Sejak seri pertama novel Harry Potter yang berjudul “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” diterbitkan di Inggris 26 Juni 1997, rangkaian kepopuleran dari IP ini menggurita hingga ke berbagai lini seperti film, merchandise, theme park, dan banyak lagi produk lainnya.

Wahana taman bermain Harry Potter / Hogwarts (Sumber gambar: telegraph.co.uk)

Wahana taman bermain Harry Potter / Hogwarts (Sumber gambar: telegraph.co.uk)

Dan, tentu saja, termasuk video games bertema Harry Potter. Ada banyak video games bertema dunia Harry Potter diciptakan. Sebenarnya tidak hanya video game; game jenis ‘board game’ dengan tema Harry Potter pun ada dibuat dan sama larisnya dengan video game, yang merupakan mainan elektronik. Tercatat ada 13 jenis video game yang diciptakan dan bertema dunia Harry Potter beredar sejak 2001.

Board Game Harry Potter (Sumber gambar: geekandsundry.com)

Board Game Harry Potter (Sumber gambar: geekandsundry.com)

Harry Potter dalam format video game (Sumber gambar: kotaku.com)

Harry Potter dalam format video game (Sumber gambar: kotaku.com)

Dimulai dari game “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” yang muncul secara multiplatform alias ada di semua console tahun 2001 (PS1, PS2, Xbox, GameCube, Game Boy Color, Game Boy Advance hingga ke Windows PC dan Apple Mac) sampai yang sebentar lagi akan muncul di tahun 2018 ini. Game untuk platform smartphone iOS dan Android berjudul “Harry Potter: Hogwarts Mystery”.

Game Official (Sumber gambar: pickedbox.com)

Game Official (Sumber gambar: pickedbox.com)

Pertama kali diumumkan pada 18 January 2018, Hogwarts Mystery merupakan game Harry Potter yang akan mengambil tema role-playing game alias RPG. Tapi karena akan muncul di smartphone, game ini mungkin akan menggunakan ‘rute sederhana’ untuk gameplay serta kualitas grafis. Game RPG smartphone sebenarnya nggak jelek-jelek amat jika developer game-nya tahu apa yang mereka kerjakan.

Final Fantasy XV Pocket Edition contohnya. Game Final Fantasy XV versi console dan PC memang terlihat ‘wah!’ dan cakep banget. Mustahil mencapai level grafis seperti itu di smartphone yang jelas-jelas tidak sekuat PC ataupun console.

Jadi saat Square Enix mem-port Final Fantasy XV ke platform smartphone, mereka melakukan overhaul dan modifikasi engine agar game Final Fantasy XV di smartphone tetap dapat menarik dan memukau walau grafisnyaa jelas akan lebih lemah dibandingkan versi console maupun PC. Dan mereka berhasil. Final Fantasy XV Pocket Edition terlihat keren banget; tentunya untuk ukuran game RPG di smartphone masa kini.

Final Fantasy XV. Versi console di kiri, versi smartphone di kanan (Sumber gambar: gametransfers.com)

Final Fantasy XV. Versi console di kiri, versi smartphone di kanan (Sumber gambar: gametransfers.com)

Harry Potter: Hogwarts Mystery memiliki plot cerita yang dimulai dari lahirnya Harry Potter. Yang berarti saat sebelum dia dijemput oleh Hagrid dari rumah Keluarga Dursley dan menjalani masa sekolahnya di Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry. Tentu saja belum ada detail lebih lengkap dan jelas selain informasi tadi karena game-nya juga masih dalam proses penyelesaian.

Screenshot beta version Hogwarts Mystery (Sumber gambar: androidpolice.com)

Screenshot beta version Hogwarts Mystery (Sumber gambar: androidpolice.com)

Game ini di-develop oleh developer bernama Jam City. Mereka adalah developer game untuk mobile/smartphone yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat. Jam City terlibat di pembuatan game mobile/smartphone seperti Marvel Avengers Academy, Cookie Jam ataupun Panda Pop.

Sumber gambar: marvel.wikia.com

Sumber gambar: marvel.wikia.com

Seperti kebanyakan developer game smartphone lainnya, Jam City menawarkan game mereka dengan konsep ‘Freemium’ alias ‘gratisan yang berbayar’. Ini merupakan mekanisme pemasaran game mobile/smartphone yang sudah normal dilakukan. Bahkan oleh Nintendo sekalipun. Sementara mereka pada dasarnya bahkan bukan developer atau publisher game smartphone!

Gratis. Tapi bayar (Sumber gambar: chipchick.com)

Gratis. Tapi bayar (Sumber gambar: chipchick.com)

Info lainnya dari game Hogwarts Mystery ini adalah, karakter dalam game akan kita ciptakan sendiri dengan sistem Create-A-Player. Ini bisa jadi merupakan hal pertama kalinya terjadi di game-game Harry Potter, di mana karakter utama dalam game bukanlah karakter utama dari buku/novel. Di trailer singkat yang beredar untuk Hogwarts Mystery ini juga terlihat hal-hal yang menjadi khas dari dunia Harry Potter seperti pemilihan asrama oleh Sorting Hat hingga mempelajari penggunaan tongkat sihir serta belajar soal ramuan.

Hal lain yang menarik dari Hogwarts Mystery adalah publisher game ini: Portkey Games. Portkey Games adalah divisi game bentukan Warner Bros. Interactive Entertainment. Portkey Games diciptakan khusus untuk menangani game-game bertema dunia Harry Potter. Jadi boleh dibilang kalau Warner Bros. cukup serius menangani franchise Harry Potter dalam format video game dengan langkah tersebut.

Akhirnya… Kesempatan menjadi murid Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry (Sumber gambar: wix.com)

Akhirnya… Kesempatan menjadi murid Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry (Sumber gambar: wix.com)

Belum ada tanggal rilis resmi tapi fans bisa melakukan pra registrasi di website resmi game-nya http://harrypotterhogwartsmystery.com agar tidak ketinggalan informasi. Kalian penggemar Harry Potter? Buruan regis!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Jason David Frank

Jason David, Legenda Power Rangers

Ada yang inget sama kata-kata di atas? Mungkin bagi sebagian orang itu udah gak asing, ya. Itu adalah kalimat yang ada d.. more

00-d-tekad

TEKAD: Agen Rahasia Menyusup Ke Sekolah Berandal

Dalam komik TEKAD, demi mewujudkan keinginannya untuk naik jabatan, seorang agen rahasia bernama Fahri menjalankan misi .. more

Hotaru 6 ITB (CIAYO Pictures)

Liputan Hotaru 6 ITB: Event Gratis Buat Pecinta Budaya Jepang

Minggu, 21 Mei lalu, lapangan CC Barat dan Timur Institut Teknologi Bandung ramai dengan pengunjung, cosplayer, serta pe.. more

Yuk, Ikutan Voting dan Tentukan Juara CIAYO Comics Challenge!

CIAYO Comics Challenge udah masuk ke fase final. Yuk ikutan voting dan tentukan juaranya!.. more

Akhmad Fadly. Sumber: CIAYO Pictures

Akhmad Fadly: Berkarya Untuk Mengenalkan Budaya Lokal

bagaimana jadinya kalau ada komikus yang berkarya karena terinspirasi dari sebuah keris yang ia punya?.. more