Belajar Membuat Cerita dari “Hati Baja”: Membuat Opening Komik Action

5 months ago
00-d-hati-baja

Ketika membuat sebuah komik action, kebanyakan komikus (dan atau penulis) yang pernah saya tahu akan memasukkan banyak sekali adegan action, pertarungan-pertarungan keren, di chapter-chapter awal komik mereka. Tentunya, dengan harapan banyaknya adegan aksi tersebut akan menarik perhatian dan minat para pembaca untuk membaca komik tersebut dari awal sampai akhir. Akan tetapi, benarkah demikian?

Salah satu komik action buatan lokal yang menarik perhatian saya adalah Hati Baja. Komik ini mampu memadukan yang seimbang antara cerita dan aksi serta misteri kepada pembaca sehingga mengikat pembaca dari chapter ke chapter hingga akhir season 1. Nah, saya akan menggunakan Hati Baja sebagai contoh bagaimana membuat komik action dengan opening dan cerita yang menarik.

SPOILER ALERT!

Sebelumnya, bagi kamu yang belum tahu, Hati Baja menceritakan tentang petualangan Kheelan yang pergi ke kota untuk mencari temannya yang hilang, Sukma. Berbekal ilmu bela diri yang diturunkan kakeknya, Kheelan menghadapi berbagai macam rintangan seperti menghadapi preman hingga kalangan jin.

Para komikus action, biasanya ketika membuat sebuah opening chapter (bab awal/pembuka) komiknya akan terjebak dengan pola pikir seperti ini: tampilkan banyak sekali adegan action berantem super seru. Memang, menampilkan adegan action yang seru bukanlah sesuatu yang salah—tetapi tidak sepenuhnya benar.

Hati Baja dalam chapter pertamanya bahkan tidak menampilkan pertarungan sama sekali. Action yang ditampilkan pun sangat minim: hanya berupa adegan kejar-kejaran yang bisa dibilang biasa.

Baca Juga: Pemula dalam Membuat Cerita Bersambung? Perhatikan Tipsnya!

hati baja cerita

Art-nya keren banget!! *-* (Sumber: CIAYO Comics)

Akan tetapi, ada beberapa hal yang membuat Hati Baja menarik perhatian pembaca dan hal tersebut ditentukan oleh satu elemen yang dilupakan oleh komikus:

Misteri Dalam Hati Baja

Elemen misteri adalah sesuatu yang saya rasa tidak hanya harus ada di komik (atau kisah fiksi) ber-genre misteri. Akan tetapi, hampir semua genre komik membutuhkan sebuah misteri. Misteri yang saya maksud di sini adalah suatu hal yang menarik perhatian pembaca dan membuat mereka bertanya-tanya.

Dalam chapter pertama Hati Baja, diperlihatkan Kheelan bertemu dengan Sukma dalam mimpinya. Sukma diperlihatkan dalam keadaan penuh luka.

hati baja misteri

Waduh… (Sumber: CIAYO Comics)

Tidak diceritakan di sini bagaimana Sukma bisa mendapatkan luka tersebut karena adegan dipotong dengan Kheelan yang terbangun dari mimpinya. Akan tetapi, adegan ini mampu membangun dua hal untuk para pembaca: membuat mereka bertanya-tanya.

Jika itu tidak cukup membuat kamu bertanya-tanya atau tertarik dengan kisah Hati Baja, maka tunggu sampai adegan di akhir chapter pertama di mana kita diberi tahu kalau ternyata Kheelan bukanlah seorang pemuda biasa. Kheelan memiliki kekuatan unik yang dia gunakan untuk memanggil dan bahkan melihat “makhluk lain”. Lalu, ketika Kheelan berhasil memanggil salah satu makhluk tersebut—sesosok nenek-nenek bertubuh sangat tinggi dengan pakaian merah, chapter satu pun berakhir.

hati baja kuntilanak

Ini nenek Kunti katanya sering muncul di mimpi pembaca (dan bahkan komikusnya, lho!) Hihihi (Sumber: CIAYO Comics)

Dalam satu chapter, kita sudah disuguhi banyak sekali misteri: Kenapa Sukma menghilang? Kenapa Sukma terluka seperti itu? Bagaimana sih sebenarnya kekuatan unik Kheelan ini? Siapa sih nenek-nenek bertubuh tinggi itu? Lalu, apakah Kheelan berhasil mengejar si pencuri?

Memberi pembaca banyak sekali misteri di awal chapter sebenarnya bukanlah sesuatu yang baik, kecuali pertanyaan-pertanyaan itu esensial untuk membangun elemen berikutnya yang membuat sebuah komik action menarik:

Character Building Dalam Hati Baja

Mungkin istilah ini kurang tepat, karena saya sendiri lupa. Tetapi, saya menggunakan istilah Character Building ini untuk membedakannya dengan istilah yang sudah banyak diketahui: character development. Character building yang saya maksud di sini adalah pembangunan karakter yang membuat para pembaca mengenal karakter.

Dalam chapter pertama Hati Baja, pembaca sudah diberi tahu beberapa hal mengenai Kheelan: asalnya (dari luar kota/desa), alasannya pergi ke kota (mencari Sukma), dan keunikan karakter ini yang membedakannya dengan karakter lain (kekuatan untuk berinteraksi dengan makhluk lain).

Dengan mengetahui asal, tujuan, dan keunikan yang dimiliki oleh Kheelan, kita pun menjadi mengenal karakter Kheelan. Dengan mengenal Kheelan, kita pun jadi tertarik untuk mengetahui apa yang terjadi selanjutnya dalam petualangan Kheelan. Tentunya, selain tiga hal di atas, ada banyak sekali hal lain yang bisa membuat kita mengenal karakter. Akan tetapi, jika harus menyebutkan hal yang paling penting, saya akan menyebutkan:

Motivasi Karakter

Sebelumnya, saya sempat menyebutkan bahwa komikus sering terjebak dengan pola pikir untuk menyajikan adegan berantem, kejar-kejaran, atau ledakan-ledakan super keren di adegan pembuka komik action mereka. Nah, elemen yang sering para komikus ini lupakan adalah character building dari karakter-karakter mereka, dan salah satunya adalah: motivasi kenapa mereka bertarung/melakukan hal-hal tersebut.

Seringkali saya melihat komik-komik action melupakan elemen penting ini. Kita disuguhi dua karakter yang bertarung tanpa alasan yang jelas—atau cukup kuat—sehingga seringkali saya bertanya: Mereka berantem ini kenapa sih? Penting banget ya?

Dan seringkali, chapter tersebut akan ditutup dengan sebuah cliffhanger di mana dua karakter beradu kekuatan tetapi tidak dilihatkan siapa yang menang atau kalah. Karena karakter sudah gagal dalam “memperkenalkan diri”-nya kepada saya, saya pun menjadi tidak peduli apakah dia menang atau kalah.

hati baja aksi

Flow pertarungannya juga bagus. TOP! (Sumber: CIAYO Comics)

Hati Baja sendiri baru memperlihatkan adegan berantem full-action pada chapter 4. Tiga chapter sebelumnya digunakan untuk membuat kita mengenal lebih dekat dengan Kheelan, kekuatannya, dan juga masalah-masalah yang dia hadapi. Tentunya, tidak ketinggalan, kita juga diperkenalkan dengan dunia tempat Kheelan berada atau biasa disebut:

World Building Dalam Hati Baja

World building yang diceritakan secara perlahan, sedikit demi sedikit layaknya sebuah kisah misteri, membuat saya tertarik untuk mengetahui dunia Hati Baja lebih lanjut—dan inilah yang membedakan Hati Baja dengan kebanyakan komik lainnya. Alih-alih seperti kebanyakan cerita lain yang menjelaskan dunia mereka secara panjang lebar menggunakan narasi atau dialog, Hati Baja memperkenalkan kita pada dunianya seakan sambil berbisik: “Take your time” sementara kita mengikuti alur ceritanya.

hati baja jin

Cliffhanger yang bener-bener menohok! T^T #Season2Pls (Sumber: CIAYO Comics)

Dari awal cerita, kita juga diberitahu bahwa ada namanya bangsa Jin di dalam dunia Hati Baja. Jin-Jin ini ternyata juga punya daerah kekuasaan: tanah timur, utara, selatan—dan bahkan kerajaan jin bawah bukit. Semuanya tidak serta merta dijelaskan menggunakan narasi dalam satu chapter tanpa pembukaan apapun, tetapi menggunakan dialog dan kejadian-kejadian dalam komik yang disusun sehingga menjadi build up yang bagus ketika semua itu diperkenalkan.

Untuk pembahasan bagaimana World Building yang baik, mungkin akan saya jelaskan di catatan lainnya karena saya rasa itu bisa menjadi sebuah topik tersendiri. Hehe.

Baca Juga: Sebenarnya, Seberapa Penting World Building Dalam Sebuah Cerita Komik?

Kesimpulan

hati baja pocong

Mbak Pocong…. UwU (Sumber: CIAYO Comics)

Hati Baja menurut saya adalah sebuah komik lokal yang sangat bagus, underrated and need more love. Komik ini mampu menyajikan informasi-informasi penting yang kita butuhkan untuk mengenal karakternya dan juga dunianya mulai dari awal cerita. Memang, tidak ada patokan umum yang bisa digunakan untuk membuat sebuah komik/kisah fiksi yang bagus, bisa saja yang saya sebutkan mengenai dalam Hati Baja tidak bisa diterapkan untuk cerita lainnya. Akan tetapi, jika kamu membutuhkan referensi untuk membuat sebuah komik action, maka saya akan merekomendasikan Hati Baja kepadamu.

Kamu bisa baca komiknya melalui link ini.

Snow, Out!

About Author

Snow

Snow

Berawal dari hobi berimajinasi yang enggak-enggak, kini nyemplung ke dunia kepenulisan. Fans film dan game horror yang sekarang sudah terlalu kebal dengan horror. Satu-satunya yang ditakutkan adalah tidak bisa menyaksikan Liverpool jadi juara Premier League.

Comments

Most
Popular

(from : theverge.com)

Asyiknya Chatting dengan Pikachu Lewat Google Home

Pada tanggal 1 November, The Pokémon Company mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan aplikasi speaker cerdas yang.. more

hdwallpaper.com

Dengan Spidersuit yang Baru, Seberapa Kuatkah Spiderman di Avengers : Infinity War?

Spiderman resmi menjadi anggota Avengers pada film perdananya di MCU, Spiderman: Homecoming. Kita juga diperlihatkan sed.. more

Sumber gambar: otakumode.com

Kejutan di Gala Event Final Fantasy 30th Anniversary Exhibition

Tidak banyak serial game, khususnya RPG, yang mampu bertahan dan tetap populer selama 30 tahun beredar.. more

Sumber: YouTube

Sisi Gelap Harajuku Style Yang Mengejutkan: Yami Kawaii Fashion Sebagai ‘Coping Mechanism’ Keinginan Bunuh Diri

Yami Kawaii adalah fashion style yang merepresentasikan sebuah kondisi depresi dan atau masalah kesehatan kejiwaan dalam.. more

00-d-fakta-aquaman

Mengenal Fakta Aquaman, Raja Atlantis Pembela Manusia Daratan

Menjelang pemutaran filmnya, ini dia berbagai fakta Aquaman yang harus kamu ketahui. Seperti apa sosok sang raja Atlanti.. more