Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kepribadian Yandere, Is It Real?

12 months ago

Sering mendengar istilah Yandere? Yandere adalah sebuah sebutan untuk orang yang awalnya terlihat manis, lembut dan sangat pengertian kepada seseorang, namun tiba-tiba, sifatnya berubah atau ‘dirusak’ karena suatu kejadian. Yandere yang tadinya polos dan berkarakter baik ini berubah menjadi ber-kepribadian brutal dan bahkan gak segan untuk melakukan kekerasan kepada orang lain.

Sebutan ini berasal dari bahasa Jepang ‘yanderu’ yang berarti sakit jiwa dan ‘deredere’ yang berarti menunjukkan kasih sayang atau rasa suka kepada orang lain. Sesuai dengan artinya, karakter Yandere mempunyai jiwa yang rusak atau gak stabil seperti orang normal lainnya.

Sumber: twitter.com/mehrzad4share

Sumber: twitter.com/mehrzad4share

Sebutan ‘dere’ sering dikaitkan dengan kepribadian karakter perempuan baik dalam manga maupun anime Jepang, terutama saat berada dalam hubungan romantis dengan karakter lain yang ada di dalam cerita. Selain dalam anime dan manga, karakter tokoh berkepribadian Yandere ini juga dipakai dalam game simulator. Tokoh wanita yang ada dalam game simulator itu nantinya gak akan segan untuk melakukan kekerasan demi orang yang Ia sukai.

Yandere mempunyai obsesi terhadap orang yang mereka sayangi sehingga rela melakukan segalanya, bahkan hal yang gak masuk logika sekalipun seperti membunuh orang lain. Yang lebih creepy dari hal ini adalah gak hanya rasa obesesi ke orang aja, tetapi mereka bisa juga memiliki obsesi terhadap makhluk yang gak bernyawa.

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Ada banyak pendapat mengenai perilaku Yandere ini, mengenai awal mula mengapa seseorang bisa menjadi Yandere. Awalnya Yandere memiliki seseorang yang ia sukai dan menjadi sangat attached dengan orang tersebut. Mereka merasa, hidup mereka hanya untuk orang yang mereka sukai dan akan selalu berada di sekitar mereka.

Setelah terobsesi dengan seseorang dan orang tersebut mulai merasa gak nyaman, Yandere ini bisa merasa sakit hati dan gak membiarkan orang lain untuk memiliki orang yang ia suka, apalagi kalau ia sendiri gak bisa bersama dengan orang tersebut. Mulai di bagian ini lah Yandere gak akan segan untuk melakukan kekerasan untuk ‘menghilangkan’ orang lain dalam hidup orang yang disukai. Hal tersebut dilakukan agar,  orang yang ia sukai itu hanya memiliki dirinya dan gak berhubungan dengan orang lain.

Sumber: zerochan.net

Sumber: zerochan.net

Apakah karakter Yandere ini benar ada di kehidupan nyata? Atau Cuma ada dalam manga dan anime? Jawabannya adalah, ada. Hampir sama seperti gangguan OCD (Obsessive Compulsive Disorder) yang menyebabkan seseorang akan melakukan hal yang sama berkali-kali karena merasa gak memiliki ‘kontrol’ dalam hidupnya, selalu takut dan khawatir.

Sumber: unitedkpop.com

Sumber: unitedkpop.com

Yandere juga takut kalau orang ia sukai akan menyukai orang lain dan akan melupakan dirinya. Bahayanya, seorang penggemar atau fans biasanya juga tanpa disadari bisa memiliki kepribadian Yandere. Mereka menganggap, idola mereka adalah pusat dari hidupnya, dan mereka gak akan segan untuk mengancam orang yang berusaha untuk dekat dengan idol itu. Hati-hati dan kenali lebih dalam mengenai kepribadian Yandere ini ya bro sis? Selalu waspada dengan lingkungan sosial kita. Apakah bro sis pernah bertemu dengan seseorang yang memiliki kepribadian Yandere?

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

(www.gameprime.asia)

Lima Game Keren dari Exhibitor-Exhibitor BEKRAF GAME PRIME 2017

Kamu udah tahu belum games karya developer-developer Indonesia yang akan jadi exhibitor di BEKRAF GAME PRIME 2017? Kalau.. more

Game Uncharted: Lost Legacy Meneruskan Tradisi Uncharted­­

Serial game Uncharted merupakan  sebuah game aksi petualangan dari Naughty Dog yang sangat populer di kalangan gamers d.. more

00-d-playstation-vita

Sony Hentikan Produksi Cartridge Game PSVita

Dengan menurunnya produksi game Playstation Vita, Sony memutuskan untuk tidak membuat cartridge game PS Vita dan fokus k.. more

00-d-tabletop-game

Tabletop Game, Board Game, dan Perkembangannya Selama Ini

Catur? Go? Ludo? Ular Tangga? Dungeons & Dragons? Berbagai board game dan tabletop game barusan telah hadir sejak lama s.. more

Papers Please – The Short Film: Intrik Dan Drama Di Perbatasan

Film pendek Papers Please berhasil menangkap nuansa kelam dan ketegangan di perbatasan negara komunis, secara realistis .. more