Hatsune Miku Menjelma Menjadi Boneka pada Hina Matsuri di Jepang

4 months ago

Bro sis tau kan kalau di Jepang biasanya ada perayaan festival boneka atau yang biasa dikenal dengan nama Hina Matsuri. Nah, festival yang identik dengan anak perempuan ini diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Jadi, sudah bukan jadi pemandangan yang tidak asing bagi keluarga yang memiliki anak perempuan menempatkan satu set boneka (terdiri dari Kaisar, Permaisuri, Putri istana dan pemain musik istana) dengan panggung bertingkat di rumahnya.

Biasanya boneka tersebut akan di-set saat hari perayaan tersebut saja, kemudian akan disimpan setelah perayaan tersebut selesai. Boneka yang mengenakan pakaian tradisional Jepang tersebut juga dijadikan simbol kebudayaan Jepang yang populer.

Tak hanya boneka saja, biasanya masyarakat Jepang juga mendekorasi rumahnya dengan buah persik segar. Buah persik merupakan simbol dari pernikahan yang bahagia. Dipercaya pula, bahwa kelak gadis perempuan yang mengikuti tradisi ini akan memiliki hidup rumah tangga yang bahagia dan dibekali keberuntungan.

Sumber: live-japan.com

Sumber: live-japan.co

Untuk menyambut dan meramaikan festival ini, toko pembuat boneka asal Tokyo membuat boneka Hina Doll versi Hatsune Miku yang bernama Hatsune Miku Hina Doll. Meskipun sempat terjadi perdebatan apakah anime dapat menjadi simbol boneka Hina Matsuri, akan tetapi Mataro tetap bersikeras untuk menciptakannya. Hmm, karakter anime dipadukan ke dalam festival tradisional, yes or no?

Hatsune Miku, Sumber: Google Images

Hatsune Miku, Sumber: Google Images

Beda dengan konsep tradisional boneka Hina (yang memerlukan kaisar sebagai pendamping untuk melambangkan sebuah keluarga yang bahagia dengan kelak memiliki anak), Mataro mengungkapkan bahwa boneka Hatsune Miku Hina Doll melambangkan impian seorang anak untuk hidup bahagia tanpa harus terikat pernikahan.

Sumber: soranews24

Sumber: soranews24

Tak seperti Miku yang kalau pada edisi animenya hanya mengenakan rok pendek. Miku versi hina doll ini akan mengenakan kimono tradisional serta wajah yang didesain secara tradisional pula. Hanya saja rambutnya masih khas Hatsune Miku anime dengan warna hijau.  Oh iya, boneka Hatsune Miku edisi Hina Doll ini ternyata tidak dapat dibeli loh. Mataro hanya akan men-display-kan boneka Hina Miku di tokonya yang beralamat di Tamaro Ningyou di kawasan Ueno, Tokyo sampai tanggal 9 Maret 2018 saja.

Sumber: sorenews24

Sumber: sorenews24

Sumber: sorenews24

Sumber: sorenews24

Sumber: sorenews24

Sumber: sorenews24

Bagaimana bro sis lebih suka Hatsune Miku versi anime atau jelmaan boneka Hina Matsuri? Share pendapatmu di kolom komentar ya. O iya, jika bro sis berkunjung ke Jepang dalam waktu dekat ini, jangan lupa kunjungi toko Tamaro Ningyou buat ketemu sama Hina Miku ya!

About Author

Tivanny Claranita

Tivanny Claranita

"Nothing ever lasts forever, so enjoy your life!"

Comments

Most
Popular

(viz.com)

Eiichiro Oda: Tolong Dukung Luffy dan Kawan-Kawan Sedikit Lebih Lama Lagi

Ucapan terima kasih kepada para fans terlontar dari mulut Eiichiro Oda, sang maestro di balik kesuksesan manga One Piece.. more

Anime 90an yang layak di-live action-kan. Sumber gambar: downthetubes.net

Hollywood Seharusnya Membuat Film Dari Manga 80-90an Ini

Padahal jika Hollywood mau melihat agak jauh ke belakang, ada banyak manga atau anime yang cocok menggunakan aktor berku.. more

Hasil Studi Banding Saya Ke Jepang: Tamparan Keras Bagi Indonesia

Beberapa waktu lalu, saya pergi ke Jepang untuk melihat Sakura. Namun saya belajar banyak hal... more

00-d-isao-takahata

Sutradara Ghibli Isao Takahata Meninggal Dunia

Dunia anime kembali berduka. Sutradara kesohor Isao Takahata meninggal dunia. Ia merupakan otak di balik Grave of the Fi.. more

Sumber: athpod.com

Review Hostiles: Mata Christian Bale yang Banyak Bicara

Apa cerita paling masuk akal yang akan kalian bayangkan jika melihat film dengan genre western? Pastinya tidak jauh dari.. more