Hatsune Miku Menjelma Menjadi Boneka pada Hina Matsuri di Jepang

2 years ago

Bro sis tau kan kalau di Jepang biasanya ada perayaan festival boneka atau yang biasa dikenal dengan nama Hina Matsuri. Nah, festival yang identik dengan anak perempuan ini diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Jadi, sudah bukan jadi pemandangan yang tidak asing bagi keluarga yang memiliki anak perempuan menempatkan satu set boneka (terdiri dari Kaisar, Permaisuri, Putri istana dan pemain musik istana) dengan panggung bertingkat di rumahnya.

Biasanya boneka tersebut akan di-set saat hari perayaan tersebut saja, kemudian akan disimpan setelah perayaan tersebut selesai. Boneka yang mengenakan pakaian tradisional Jepang tersebut juga dijadikan simbol kebudayaan Jepang yang populer.

Tak hanya boneka saja, biasanya masyarakat Jepang juga mendekorasi rumahnya dengan buah persik segar. Buah persik merupakan simbol dari pernikahan yang bahagia. Dipercaya pula, bahwa kelak gadis perempuan yang mengikuti tradisi ini akan memiliki hidup rumah tangga yang bahagia dan dibekali keberuntungan.

Sumber: live-japan.com

Sumber: live-japan.co

Untuk menyambut dan meramaikan festival ini, toko pembuat boneka asal Tokyo membuat boneka Hina Doll versi Hatsune Miku yang bernama Hatsune Miku Hina Doll. Meskipun sempat terjadi perdebatan apakah anime dapat menjadi simbol boneka Hina Matsuri, akan tetapi Mataro tetap bersikeras untuk menciptakannya. Hmm, karakter anime dipadukan ke dalam festival tradisional, yes or no?

Hatsune Miku, Sumber: Google Images

Hatsune Miku, Sumber: Google Images

Beda dengan konsep tradisional boneka Hina (yang memerlukan kaisar sebagai pendamping untuk melambangkan sebuah keluarga yang bahagia dengan kelak memiliki anak), Mataro mengungkapkan bahwa boneka Hatsune Miku Hina Doll melambangkan impian seorang anak untuk hidup bahagia tanpa harus terikat pernikahan.

Sumber: soranews24

Sumber: soranews24

Tak seperti Miku yang kalau pada edisi animenya hanya mengenakan rok pendek. Miku versi hina doll ini akan mengenakan kimono tradisional serta wajah yang didesain secara tradisional pula. Hanya saja rambutnya masih khas Hatsune Miku anime dengan warna hijau.  Oh iya, boneka Hatsune Miku edisi Hina Doll ini ternyata tidak dapat dibeli loh. Mataro hanya akan men-display-kan boneka Hina Miku di tokonya yang beralamat di Tamaro Ningyou di kawasan Ueno, Tokyo sampai tanggal 9 Maret 2018 saja.

Sumber: sorenews24

Sumber: sorenews24

Sumber: sorenews24

Sumber: sorenews24

Sumber: sorenews24

Sumber: sorenews24

Bagaimana bro sis lebih suka Hatsune Miku versi anime atau jelmaan boneka Hina Matsuri? Share pendapatmu di kolom komentar ya. O iya, jika bro sis berkunjung ke Jepang dalam waktu dekat ini, jangan lupa kunjungi toko Tamaro Ningyou buat ketemu sama Hina Miku ya!

About Author

Tivanny Claranita

Tivanny Claranita

"Nothing ever lasts forever, so enjoy your life!"

Comments

Most
Popular

cloverlines

Komik Cloverlines Akan Go International Lewat Kickstarter!

Cloverlines, komik Indonesia karangan Wednesday Ash, asteriesling dan nachocobana akan terbit secara internasional lewat.. more

sumber: www.playcubic.com

Game DC Unchained: Pilih Mana, Menjadi Pahlawan atau Penjahat?

Game DC Unchained, game asyik buat kamu para pecinta DC Universe... more

Sumber gambar: slashgear.com

Robot Anjing Sony AIBO Dilahirkan Kembali di Tahun Anjing 2018

Resminya AIBO diposisikan oleh Sony sebagai “robot hiburan untuk rumah Anda”, dan berfungsi seperti halnya anjing pe.. more

Semakin minimnya angka kelahiran di Jepang (Sumber: Reuters.com)

Mengapa Angka Kelahiran Jepang Semakin Menurun Tiap Tahunnya?

Data pemerintah di tahun 2016 menunjukkan hanya  976,979 bayi yang lahir di Jepang, angka kelahiran yang kurang dari sa.. more

Sumber gambar: youtube.com

PewDiePie Mencoba Memperbaiki Reputasi dengan Memanfaatkan Drama Logan Paul?

Setidaknya ada dua kejadian besar yang membuat PewDiePie menuai kecaman akibat aksi di channel YouTube dia... more